Enjoy shopping

18 Mar

Hari ini aku harus pergi ke Bank dan kelurahan untuk minta surat keterangan ID (semacam KTP) ceritanya mau nagih tunjangan dari kelurahan.Maunya keluar rumah jam 10-11 an eeeesi Kai bobo dari jam 11 sampai jam 2. Begitu dia bangun langsung dudukin dia di baby car, langsung naik mobil dan parkir dekat stasiun. Cepet-cepet ke Bank karena bank tutup trasnfernya jam 3 sore. Setelah selesai, ke kelurahan cabang …Lucunya yang tadinya namanya出張所 sekarang namanya事務所…moga-moga pelayanannya sama.

Di kantor kelurahan cabang itu lumayan nunggu lama, dan si Kai sempat nangis minta minum. Untung aku selalu bawa susunya. Selesai dari situ aku menepati janji pada Riku yaitu ke Mac Donald. Dia minta Happy set karena mau goods dari Naruto dan Sasuke. Kemudian ke Lantai dua….penuh…untung ada tempat di pojokan dekat mainan game yang Riku suka. Aku sudah bilang sama Riku bahwa kita tidak bisa lama-lama. Jadi sekitar jam 4:30 an kita keluar dari Mc D. Lalu aku tanya dia, mama mau beli buah, Riku mau ikut ya… Tumben dia mau. Dia bilang dia mau beli Anggur. Waaah mana ada anggur bulan segini. Akhirnya beli jeruk aja.

Sesudah itu kita pulang. Waktu mau turunin Kai, ternyata dia udah ketiduran. Kasian juga sih terpaksa aku pindahin dia ke Baby car, lalu bawa dia ke atas. Tangan kanan aku udah lumayan tidak begitu sakit lagi, karena aku kurangi gendong Kai, biarpun dekat aku selalu pakai Baby Car. repot tapi efeknya besar.

Sesampai di rumah sekitar jam 5, Antaran aquaclara datang, dan sesudah itu aku masukin surat ke kantor pos. Ngga tau kenapa tapi hari ini aku enjoy banget jalan sama anak-anak. Mungkin karena ngga merasa dikejar-kejar waktu, dan Riku juga mau aja diajak kemana-mana.

Oh ya ada beberapa perubahan di sekitar Stasiun aku. Lumayan lama juga tidak ke daerah stasiun. sekarang ada Mister Donut di bagian Utara Stasiun. Lalu beberapa toko yang aku sering lewati juga sudah berganti wajah. Misalnya dari toko benang, jadi toko baju wanita. Kadang aku merasa sedih dengan perubahan ini, karena aku tahu berarti tokoyang lama itu bangkrut dan terpaksa menutup tokonya. But thats life….

Photobucket

Karya Riku 陸の作品

18 Mar

Satu tahun berlalu sejak April 2007, saat Riku pertama kali masuk TK. TK di Jepang mulai umur 3 tahun (Nensho), tetapi Riku masuk pada umur 4 tahun (Nenchu). Perlu waktu yang cukup lama untuk dapat membiasakan diri hidup teratur, dan mau pergi ke TK. Apalagi sekitar bulan Juli dan Agustus saya melahirkan dan sibuk dengan bayi. Tapi perkembangan yang paling menyolok adalah bahwa dia sudah bebas mengekspresikan diri dalam bentuk gambar, origami, gunting, lego atau bahkan membuat kue. Satu tahun yang penuh kenangan di Baragumi (Kelas Mawar) harus diakhir tanggal 17 Maret 2008 yang lalu. Gurunya menangis waktu harus melepaskan anak-anak asuhannya. Ada satu teman yang harus pindah jauh. Sayang sekali saya tidak bawa kamera waktu upacara penutupan kemarin, padahal di sebelah tas ada 2 camera digital. Karena terburu-buru tidak terbawa. Mulai April nanti dia menjadi Nencho san, kelas terakhir di TK sekaligus persiapan masuk SD. Semoga dia dapat menikmati satu tahun mendatang.

Album ini berisi kumpulan foto karya Riku yang dijadikan satu jilid oleh gurunya. Masing-masing karya menggambarkan kehidupan di Jepang sesuai musim dan kegiatannya. Setelah jilid karya, saya masukkan juga karya Riku di rumah. Rumah tidak pernah bisa bersih karena pasti ada kertas gambar di mana-mana. Tapi saya tidak mau menghalangi kreatifitasnya, selagi dia mau berkembang.

rumah idaman

18 Mar

hmmm setiap orang punya keinginan…malah bahaya jika manusia sama sekali tidak punya keinginan. ibaratnya sudah tinggal menghitung hari. So? apa keinginan ku?

aku suka sekali design rumah ini, sederhana…lain dari pada yang lain di Jepang. Mungkin kalo di Indonesia biasa…. kapan bisa punya rumah seperti ini ya?

Photobucket

Duhhh teganya

17 Mar

Tadinya mau kasih judul MIRIS BANGET. Karena aku baru ketemu kata ini dipakai di blognya doel waktu itu. Tapi karena aku belum yakin artinya, aku cari di KBBI, ternyata:
2mi·ris Jw a was-was; risau; cemas
Jadi kayanya kurang tepat untuk judul aku.

Well, yang aku mau tulis kali ini yaitu berita tentang seorang ibu yang tega membiarkan anaknya yang berusia 2 tahun kelaparan selama 10 hari. Tanggal 14 Maret kemarin, anak itu ditemukan meninggal, tanggal 15 nya Polisi Saitama menangkap si ibu dengan tuduhan ”tidak bertanggung jawab selaku orang tua dan membiarkan meninggal”保護責任者遺棄致死. Sebelumnya aku baca berita itu berjudul, anak 2 tahun ketinggalan waktu pindahan. Jadi si ibu pindah rumah lalu anaknya yang berusia 2 tahun itu ketinggalan. Mana ada sih ketinggalan orang…. guoblok banget.… barang sih mending….. (sumpah serapah deh yang keluar dari mulut saya).

Saya pikir kasian juga ya si ibu mungkin dia punya masalah ekonomi, jadi terpaksa membunuh anaknya. Karena sebenarnya dia punya 3 atau 4 anak gitu. Mungkin dia dicerai, jadi ngga punya uang dst dst….
Ternyataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sodara sodara, waktu baca berita ketemu tuh foto rumahnya. BUSET deh (ngga pernah deh aku tulis katak-kata kayak gini sebelumnya). Ini mah orang kaya. Kok tegaaaaa? Menurut pengakuan si ibu dia stress dalam membesarkan anak 育児ノイローゼ….paranoid. Aduh… ampun deh.

Ujian Kemampuan menjadi PAPA yang baik

17 Mar

Di Jepang semakin banyaknya wanita berkarir setelah melahirkan, sehingga partisipasi seorang ayah dalam membesarkan anak sangatlah diharapkan. Selama ini partisipasi itu dapat dikatakan tidak ada. Apalagi sekarang Jepang dihantui kekahawatiran menurunnya sumber daya manusia untuk beberapa tahun ke depan karena masyarakat semakin cenderung mempunyai anak sedikit少子化. Peta demografi jepang akan menjadi kerucut terbalik, dan ini akan memicu kenaikan pajak yang tidak terhindari.

Sekarang ada beberapa perusahaan yang memberlakukan “cuti membesarkan anak” 育児休暇 untuk wanita (ini sudah wajar, meskipun kadang kala harus rela melepaskan pekerjaannya) dan untuk pria (ini baru 0,5% padahal pemerintah bermaksud menjadikan 10% dalam 10 tahun). Saya sendiri sampai saat ini belum pernah bertemu dengan teman pria yang mengambil cuti membesarkan anak ini. Kalau teman wanita ada yang mengambil cuti 3 tahun  (profesinya guru). Ada teman pria yang tidak bekerja di kantor (wiraswasta) sehingga dia fleksible mengatur waktu dan membantu istrinya membesarkan anak.

Anyway, bagi ibu-ibu sendiri mungkin agak ragu (ngga enak juga tulis meragukan) akan kemampuan si suami untuk merawat anak. Apakah tidak lebih baik memasukkan anaknya ke penitipan anak saja, daripada menyerahkan bayinya pada seorang lelaki (wahhh gender deh). Tapi sekarang ibu-ibu bisa sedikit 安心 (merasa lega, aman) karena tahun ini tepatnya hari Minggu kemarin tanggal 16 Maret, telah diadakan suatu Ujian Kemampuan menjadi PAPA yang baik. Namanya 子育てパパ力検定 . (kalau sekilas kok terbaca パパバカ (papa bodoh) ya….hihihi).

Ujian ini biayanya 3900 yen, atau 7000 yen jika diikuti sepasang suami-istri. Diselenggarakan di Tokyo, Osaka dan 5 tempat yang lain, dan diikuti kurang-lebih 1000 orang. Wow….
Pertanyaannya ada 50 pilihan a,b,c,d dan karangan. Dan dari hasilnya akan diranking menjadi 4 tingkatan yang tertinggi 一級 (ikkyu) dinamakan SUPER PAPA, dan yang terendah DOKIDOKI PAPA (Papanya gemetaran hihihi).

Dasar orang Jepang suka banget yang namanya Ujian Kemampuan. Seperti yang pernah saya tulis di blog saya yang lain, Ujian Kemampuan di Jepang benar-benar beragam jenisnya, dan merupakan suatu kebanggaan jika bisa menuliskan banyak LICENSE/ sertifikat 検定 di curriculum vitae 履歴書. Sampai saya bingung waktu menuliskan CV saya, dan oleh suami saya diberitahu untuk menulis SIM A sebagai License/sertifikat saya, selain dari Ujian Kemampuan Bahasa Jepang 日本語能力試験. Waktu itu saya heran kenapa SIM  aja ditulis. Tapi memang untuk mencari pekerjaan di Jepang, terutama untuk bagian marketing punya SIM  akan lebih disukai. (Laaah aku ngga mau jadi supir  yeeee…)

Riku weekends with papa

16 Mar

3 kali weekend yaitu tanggal 3 Maret pergi ke Itabashi Botanical Garden; tanggal 9 Maret ke Itabashi Bugs Garden, 16 Maret ke Kichijoji Zoo lalu potong rambut. Yang pertama ke Itabashi Botanical Garden sukses, dia banyak tanya soal pohon yang ngga ada di jepang. Yang ke dua di Bug Garden gagal karena berantem sama onisan tachi….padahal abis itu pergi nonton Keroro Kunso…papanya sampai sedih. Yang ke tiga sukses, bisa main soalnya. Setelah itu Riku pertama kali pergi ke Barber Shop. 5 tahun aku terus yang potong rambutnya. Sayang ngga bisa foto pas rambutnya dipotong hehehe, soalnya gilirannya papanya bersamaan. Potongnya tentu saja di Barber shop murah yang cuman 1000 yen. Terus Mamanya di rumah terus sama Kai, jaga gawang deh….

Coba dan berhasil……..

16 Mar

Coba bermacam plugin di WordPress, mengasyikkan tapi juga mencapekkan…hehehe. Tapi aku berhasil mendapatkan sebuah plugin yang memungkinkan orang mendengar lagu di blog kita (kalau ini biasa) dan download lagu itu. Cuma memang lagu itu harus dipasang di sebuah URL yang di link. Waktu aku coba link ke multiply aku ternyata bisa…. yatta. Mungkin ini merupakan salah satu cara terbaik untuk share. but juga merupakan salah satu cara untuk memarakkan pembajakan. hehehe. Anyway aku tidak mau sampai ketangkep juga sih. So mungkin, aku harus memberlakukan sistem user (mendaftar) dulu baru bisa…. hmmm kok ribet ya. anyway, kalau ada saudara/teman yang memang butuh bisa rikues ke aku jadinya.

lagu Chrisye yang berjudul Negeriku

Banana cake

15 Mar

Sudah beberapa hari ini mau coba buat banana cake dengan resep dari lettyleksono, contact di multiply. Apalagi Riku sudah berkali-kali minta mau buat cake. So hari Sabtu ini aku putuskan buat banana cake, sebelum pisangnya terlalu busuk hehehe. 200 gr terigu, 4 telur, 200 gula…hmmm yang tadinya kelihatan sedikit jadi mengembang lumayan besar, jadi aku bakar do loyang chiffon aja. Memang banana cheese cake sih judulnya, jadi ya rasanya begitu. Mungkin aku akan lebih suka kalau dibuat banana almond chocolate cake hehehe.
Photobucket Photobucket
Kasihan juga sih oven microwave aku kerja keras hari ini. Karena aku juga buat macaroni schotel. Aku pikir biar ada makanan yang bisa dijadikan kudapan kalau lapar. Maklum anakku si Riku sedang suka sukanya makan.

Gen kerja hari ini dan pulangnya lumayan malam. Bahkan pulangnya sesudah Riku tidur. Kesel juga dia kebanyakan kerjaan bertumpuk. Aku temanin dia ngobrol sambil minum Mantensei…. glek…. Oh ya dia pulang bawa pocky, dan baru kali ini menemukan kata ATARI dalam kotaknya. Dia dapat kupon berhadiah 500 yen hehehhe.
Photobucket Photobucket
Hari ini aku bobo jam berapa ya? yopparachatta

Jam Tangan

15 Mar

Pagi-pagi iseng liat di Amazon.jp. Kalau weekend mereka ada obral jam dan elektronik. Aku sudah lama tidak pakai jam. Di Jepang, dimana-mana ada jam jadi aku rasa tidak perlu. Atau bisa lihat jam di HP. Kalau punya bayi apalagi, selain jam aku tidak pernah lagi pakai anting-anting, kalung, bahkan make up. Duuuh jelek deh mukanya saat-saat begini.
Photobucket
Ini jam lucu deh, dari Swacth…. Inget dulu suka pesan beliin Swatch sama papa kalau papa ke Luar Negeri. Ternyata pas aku cari di Amazon sudah sold out. Sayang deh. Coba kalo masih ada… beli kali ya ….