my journey from dawn to dusk

Annual baby’s-breath

Napas Bayi Tahunan?

Nama latinnya Gypsophila elegans atau KASUMISOU カスミソウ dalam bahasa Jepang. Bunga yang imut-imut, kecil berwarna putih, dan biasa dipakai untuk mengisi kekosongan rangkaian bunga.

Kasumisou

Bunga yang kecil-kecil dan banyak ini dianggap menggambarkan bintang-bintang di galaksi. 天の川. Karena itu hari ini tanggal 7 Juli dinyatakan juga sebagai hari Kasumisou, selain sebagai hari Tanabata.

Asal usul perayaan Tanabata di Jepang berasal dari Legenda Tanabata yaitu kisah cinta Orihime dengan Hikoboshi. Orihime adalah putri Raja Langit (Tentei) yang pandai menenun. Dikatakan Orihime ini adalah bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang Lyra. Raja Langit sangat suka tenunan Orihime, sehingga Orihime kerjanya hanya menenun saja. Orihime sedih karena kalau dia hanya menenun saja, bagaimana bisa mendapat jodoh. Nah, sang bapak kemudian mengatur pertemuan dengan Hikoboshi yang merupakan penggembala sapi di seberang Amanogawa (Galaksi Bima Sakti). Hikoboshi ini dianggap sebagai Bintang Altair yang berada di rasi bintang Aquila. Begitu Orihime bertemu Hikoboshi, mereka jatuh cinta dan menikah. Tapi karena itu, Orihime tidak lagi menenun, dan Hikob tidak lagi menggembala (maklum lah pak… kan masih pengantin baru :D). Raja Langit kemudian sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi tinggal dipisahkan sungai Amanogawa (galaksi Bima Sakti) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali di malam hari ke-7 bulan ke-7. Tetapi ternyata meskipun mereka diizinkan bertemu, mereka tidak bisa menyeberangi sungai Amanogawa karena tidak ada jembatan yang menghubungi. Sekawanan burung kasasagi terbang menghampiri Hikoboshi dan Orihime yang sedang bersedih dan berbaris membentuk jembatan yang melintasi sungai Amanogawa supaya Hikoboshi dan Orihime bisa menyeberang dan bertemu. Tapi kalau kebetulan hujan turun, burung-burung itu tidak bisa datang dan membantu mereka menyeberang sungai sehingga harus menunggu setahun lagi ☹

Jarang sekali kasumisou ini bertindak sebagai bunga ‘primadona’, selalu menjadi peran pembantu 😀 Tapi terasa juga kalau ada dia, rangkaian lebih meriah loh. Jadi peran pembantu itu juga diperlukan dalam kehidupan ini, bukan?

Akhir-akhir ini banyak kasumisou berwarna, baik itu biru atau merah dan pink. Itu bukan warna asli, tapi warna celupan. Tapi konon cukup kuat menempel sehingga meskipun dikeringkan, warna tersebut akan tetap tinggal. Dan kasumisou ini memang tahan lama. Jika bunga primadona sudah layupun, biasanya kasumisou masih terlihat segar. Sehingga akupun kadang menghias kasumisou begitu saja. Ditaruh dalam jambangan kecil, airnya pun tidak banyak berkurang dan tidak cepat kotor dibandingkan bunga lain.

Bunga bakung jenis casablanca pink dari taman kecil di rumahku, dan ditambahkan kasumisou berwarna pink juga.


Category: Diary

1 Comment to “Annual baby’s-breath”

Add Comments (+)

  1. racheedus berkata:

    Masih setia, ngeblog, Bu. Salam hangat dari Tanah Air.

Leave a Reply