6 Bulan Berlalu

Aduh, pertama kali ini aku menelantarkan blogku sampai 6 bulan! Tulisan terakhir bulan JUNI! Unbelievable…. hiks

Padahal aku pernah berkata bahwa aku ingin ngeblog sampai mati loh! (Nyengir kecut 😀 ). Keinginan menulis itu besar sekali, dan topik yang ingin ditulis juga banyak! Tapi kegiatan di dunia nyata tidak bisa dimungkiri banyak sekali menyita waktu dan tenagaku. Meskipun begitu aku juga masih tetap menulis untuk sebuah komunitas di FB mengenai bahasa an kebudayaan Jepang. Aku sudah minta ijin untuk nanti memuatnya di sini, sebagai dokumenku pribadi dan membagikannya bagi teman-teman pembaca yang bukan anggota grup tersebut. Nanti ya…. masih sibuk hehehe 😀

Kalau mau menoleh kembali, bulan Juli aku harus membuat ujian akhir semester dan laporan semester sebelum liburan musim panas. Liburan musim panas tahun ini aku lewatkan 10 hari di Indonesia, tepatnya di Jakarta, Makassar, Semarang dan Solo! Bisa bayangkan kan… 10 hari di 4 kota 😀 memang gila aku ini 😀 Biasanya aku menulis tentang perjalananku, tapi kali ini, untuk upload foto-foto pun aku tidak ada waktu.

Daeng Senga dan Daeng Bella di Galesong, bersama Riku dan Kai

Agustus kembali dari Jakarta, aku mengikuti upacara bendera pada saat proklamasi di Wisma Duta, bersama teman-teman. Juga mengadakan workshop Gamelan Sunda untuk Rumah Budaya Indonesia (RBI). Sendirian kali ini, karena partnerku sedang naik haji.

Bulan September disibuki dengan Seminar Tahunan APPBIPA (Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) cabang Jepang perdana. Seminar ini cukup sukses karena berhasil menghadirkan 4 pembicara ahli.

Oktober bulan Bahasa! Aku punya gawe besar bulan ini, yaitu melaksanakan Makassar Day. Persiapan sudah dimulai sejak Juli, termasuk belanja-belanja di Makassar. Penelitian untuk menyajikan keterangan tentang Makassar juga aku lakukan disambi kerja lain. Untunglah peserta cukup senang mendengarkan penjelasanku mengenai upacara Mapacci (midodareninya orang Makassar).

Seminggu setelah acara RBI, aku terbang ke Jakarta (lagi) untuk 6 hari guna mengikuti Kongres Bahasa di Jakarta. Sayangnya pas aku ke Jakarta, adikku yang tinggal di Jakarta sedang dinas ke Amerika hahaha. Selisih jalan deh. Untung ada Jumria yang selalu menemaniku ke mana-mana.

Selalu sempat berswafoto meski sedang kongres 😀

November diisi dengan seminar yang biasa disebut gakkai. Tahun ini diadakan di Nanzan University, Nagoya. Dan untuk pertama kalinya aku membawakan presentasi tentang APPBIPA sih. Tahun depan sepertinya harus presentasi yang ilmiah sedikit ah. Semoga. Kegiatan RBI tabrakan dengan gakkai, sehingga kali ini partnerku sendirian mengelola workshop wayang.

Desember bulannya menutup buku dan Natal! Tapi tanggal 8 Desember acara RBI adalah Dayak Day. Bersama sahabat Anyan yang asli Dayak Benuaq berhasil memberikan sedikit pengetahuan tentang Dayak kepada orang Jepang. Natal bersama KMKI (Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia) tgl 15 Desember merupakan aktifitas terakhir, tapi kuliah terakhir baru tanggal 22. Ada satu kelas yang sudah ujian, tapi 2 kelas lainnya baru tgl 11 Januari. Yang penting sekarang… istirahat dan beberes 😀

Kegiatan 6 bulan digabung dalam satu tulisan. Keterlaluan yah :D. Tapi daripada aku menutup tahun 2018 dengan tulisan bulan Juni, lebih baik dengan tulisan tgl 23 DESEMBER kan? 😀

Merry Christmas all <3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *