Youtuber

28 Apr

Aduh maaf, ternyata halaman TE sudah berdebu tebal, akibat aku tidak tulis-tulis 😀 Hampir 3 bulan ya? Sebelum ambruk TEnya aku tulis sedikit ya 😀

Tahu Youtuber? Kalau anak muda pasti tahu deh. Karena “youtuber” atau pembuat video clip di youtube ini menjadi salah satu jenis pekerjaan terbaru di kalangan anak-anak di Jepang. Mereka あこがれる terpesona pada “artis” youtube yang bisa menjelaskan atau membawakan sesuatu dengan menarik, sehingga “pengikut” atau followernya banyak.

Ada beberapa yang terkenal di Jepang, dan salah satunya sering ditonton anak bungsuku, Kai. Tapi karena aku sering marah karena tidak suka suaranya, dia jadinya sering menonton doraemon atau pokemon di youtube. TAPI sebetulnya ada beberapa youtuber yang dia suka, yang isinya mengadakan eksperimen-eksperimen. Nah, kalau yang begini aku juga tidak bisa melarangnya.

Suatu hari dia bilang padaku: “Mama aku mau menyiangi ikan! Aku tonton rupanya menyiangi ikan itu ada 2 macam ya? 二枚おろし Nimaiosroshi (membelah ikan menjadi dua)  dan 三枚おろし (membelah ikan menjadi tiga) ya. Aku mau coba”

atas nimai-oroshi bawah sanmai-oroshi

Jadi aku mengajak dia pergi ke pasar bersama dan membiarkan dia memilih ikan apa yang mau dia potong. Begitu sampai rumah, dia ambil mulailah menyiangi ikan, sambil mengingat yang dia lihat di youtube. Aku berikan contoh, terutama waktu membuang insang ikan. Ada satu ikan yang akhirnya dia buat untuk sashimi (ini sulit karena harus mencabut semua duri-durinya), sedangkan yang lainnya aku bakar.

Hari yang lain, dia minta aku belikan kepala susu 生クリーム sepulang ngajar. Tanpa tanya untuk buat apa, aku belikan saja. Begitu pulang, dia masukkan kepala susunya ke dalam botol plastik dan mengocoknya. Katanya dia mau membuat mentega 😀

Sudah dari hari Jumat dia minta aku belikan (lagi) kepala susu. Tapi karena aku tidak bisa mampir toko sebelum pulang, tadi siang aku suruh dia beli sendiri. Rupanya dia mau membuat es krim vanila. Begitu pulang dia langsung siapkan alat-alat dan dia buat sendiri. Aku hanya menyediakan tempat kecil supaya bisa dimasukkan lemari pembeku.

Dia salah takaran gulanya, sehingga tidak manis sama sekali! Tapi aku bilang padanya, toh nanti kalau sudah jadi bisa dikasih madu, atau sirup atau karamel.

Es krim hasil eksperimen Kai

Anakku yang satu ini lucu juga. Dia tidak hanya mau eksperimen masak, tapi juga yang lain. Sekitar seminggu lalu dia minta dibeikan pemoles logam, dan dia poles uang logam 10 yen jadi mengkilap. Rupanya dia menemukan uang logam 10 yen langka tahun 64 Showa (1989)  yang hanya berlangsung  seminggu karena kemudian Kaisar Showa meninggal dan diganti Heisei. Setelah dia poles mengkilap, dia bawa ke sekolah untuk diperlihatkan pada gurunya… yang sangat heran tentang keberadaan uang Showa64 itu.

Tapi untung bahan yang dia cari untuk melakukan eksperimen itu masih terjangkau untuk dibeli. Kalau dia minta yang aneh-aneh, akunya yang pusing 😀

2 Replies to “Youtuber

  1. aku baca ini jadi senyum-senyum sendiri. “gue banget!” hehe. aku juga suka coba-coba sendiri seperti itu. tapi seringnya hanya seputar masakan–dan sabun, tentunya. rasanya seneng banget kalau berhasil. dan itu bikin kecanduan loh.

  2. Bagus sih ya mb kalau habis nonton youtube anak jadi dapat pengaruh positif seperti ini, anakku kalau nonton youtube masih berkisar review mainan atau robot. Semoga besok kalau sudah masuk SD bisa lah seperti Kai yang buat-buat eksperimen sendiri 🙂

    Lama banget ga main ke TE, maaf lahir batin ya mbaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *