Kanji of The Year : 2015

22 Des

Biasanya setiap tanggal 12 Desember, aku menulis tentang Kanji of The Year, karena tanggal 12 Desember adalah Hari Kanji. Tapi entah kenapa tahun ini diumumkannya pada tanggal 15 Desember, dan gaungnya tidak begitu terdengar. Apakah karena sudah bosan? atau kanji yang terpilih tidak populer. Meskipun terlambat 10 hari dari Hari Kanji, aku ingin menulis tentang Kanji yang terpilih untuk tahun 2015, sekaligus melengkapi tulisanku untuk kanji tahun 2014, 2013, 2012, dan 2011.

Kanji tahun 2015 adalah 安 yang bisa dibaca sebagai AN, atau A untuk nama orang, lalu YASUI yang berarti murah. Yang jarang dipakai yang dibaca sebagai Yasunjiru (merasa aman, puas) atau izukunzo sebagai pengganti kata tanya doushite (mengapa). Nama perdana menteri yang sekarang bernama ABE 安倍 memakai kanji ini, dan tahun ini ada usulan 安保法案 UU mengenai keamanan nasional, yaitu mengaktifkan pasukan bela diri Jepang dalam keamanan negara/dunia. Juga ada kanji FUAN 不安 (secara harafiah fu = tidak) jadi tidak aman atau khawatir. Dengan adanya ancaman teror, diawali dengan berita awal tahun 2015 dengan pemenggalan warga Jepang oleh ISIS, peristiwa teror di beberapa negara juga termasuk dalam pemicu kekhawatiran. Sepertinya contoh yang berarti murah yang kurang ya? heheheh Harga-harga memang tidak menjadi murah, yang murah mungkin gajinya malahan 😀

Kanji tahun 2015: 安

Kanji 安 ini dipilih oleh 5632 orang dari129.647 orang pemilih, yaitu sekitar 4,34%. Pilihan yang menempati posisi kedua adalah kanji 爆 (berarti BOM)  dan 戦 (berarti perang). Hmmm sepertinya memang pilihan Kanji tahun ini tidak ada yang menyenangkan ya?

Untuk keluarga kami, yang terpikir olehku saat ini adalah kanji 部 dibaca sebagai BU, karena untuk pertama kalinya Riku mempunyai 部屋 (HEYA) atau kamar sendiri, dia juga masuk kegiatan extra kurikuler 部活 Badminton. Saya sendiri masuk seksi PTA 広報部 Bagian Publikasi.

Semoga saja tahun depan bisa terpilih kanji yang lebih menyenangkan artinya ya….

4 Replies to “Kanji of The Year : 2015

Comments are closed.