Coba (saya) tidak tahu

28 Jan

Pernah merasakan ini? Rasanya ingin tidak mengetahui sesuatu, karena begitu kita ketahui ternyata membuat kita malah sebel benci, jijik atau menyesal. 知らなければよかった。Seandainya saya tidak tahu ~~~

Kemarin malam hampir tengah malam aku menonton sebuah cara dengan topik itu di sebuah TV swasta, kebetulan kemarin itu membicarakan tentang laut. Ada beberapa fakta yang baru kuketahui dari acara tersebut juga, misalnya:

Ikan jenis Clownfish (anemonefish) atau yang kita kenal dengan Nemo itu, sering berlindung di koral ternyata orang tuanya sama sekali tidak memperhatikan anaknya. Padahal kan di dalam cerita Nemo, intinya si bapak mencari anaknya sampai ke mana-mana. Nah menurut kepala Aquarium itu sebetulnya anak-anak ikan jenis ini begitu lahir dari telur, langsung berpencar dan tidak pernah hidup berkelompok dalam satu “keluarga”. Jadi kalau kita lihat ada ikan “Nemo” besar dan kecil di dekat karang koral itu, kita tidak bisa mengatakan itu adalah Bapak dan Anak 😀

Wah image, bayangan atau pandangan kita tentang film Nemo yang begitu mengharukan bisa rusak dengan mengetahui hal ini kan?

Ada beberapa lagi seperti pasir putih di Hawaii itu sebenarnya adalah kotoran dari ikan Budai (Calotomus atau Parrotfish). Atau kadang kita melihat di rombongan ikan seperti tuna Bigeye trevally yang membentuk pusaran seperti tornado. Hampir semua fotografer dalam laut akan mencari pusaran ini, kalau bisa berada di tengah-tengahnya lalu memotret kondisi yang begitu “menakjubkan” itu. Tapi ternyata ikan-ikan ini “hanyalah” sedang mencari pasangan saja… Haduh…Atau ada informasi yang aku sudah ketahui sebelumnya bahwa harus berhati-hati waktu mengejar ikan pari di dalam laut untuk memotret, karena mereka punya ekor yang bisa menusuk dan mematikan….

Jadi memang ada beberapa informasi yang rasanya menyesal kita mengetahuinya karena bisa merusaka imaji, pandangan kita. Sama seperti kemarin waktu aku mencari informasi diet sesuai golongan darah, aku mengetahui bahwa aku tidak boleh makan daging sapi/babi harusnya daging ayam saja (kecuali ikan tentunya boleh). Aduh padahal aku tidak begitu suka daging ayam nih sekarang. Coba aku tidak tahu informasi ini, aku kan masih bisa makan yakiniku atau steak nih hehehe.

Bagaimana? Pernah merasakan situasi “Yaaaah coba aku tidak tahu info ini….”  (Sttt mungkin perasaannya sama seperti waktu aku tahu bahwa si George Michael itu hombreng hahaha. Cakep-cakep kok gitu sih… menyesal deh :D)

NB: aduuh sudah tanggal 28 kok aku jadi malas menulis ya akhir-akhir ini? Semangat ahhhh ~~~

11 Replies to “Coba (saya) tidak tahu

  1. Hmm biasanya kl lagi shopping sih mbak, udah beli barangnya terus jalan lagi ehh ketemu toko yang jualnya lebih murah (salah sendiri sih krn aku kepo cross cek harganya), atau ketemu toko yang barangnya lebih banyak model 😛

  2. paham banget gimana rasanya. aku juga kadang “nyesel” tahu sesuatu yang kurang menyenangkan mengenai seseorang. jadi, pandanganku terhadap dia berubah. tapi kupikir, tiap orang punya kekurangan kan? jadi aku berusaha untuk mengerti.

  3. Yang saya khawatirkan kalau dah berhubungan dengan hasil laboratorium…waduh kolesterol tinggi…padahal beberapa hari lalu asik saja hajar makanan berlemak …

    Semangat mba tetap menulis … 😀 # saya juga baru bangkit dari tidur panjang ngeblog …wkwkkk…

Comments are closed.