8 Besar dari Nerima 2014

8 Besar dari Nerima 2014

Seperti biasanya, setiap tahun deMiyashita membuat pilihan berita besar dari keluarga kami, yang oleh Gen dipilih 10 tetapi karena aku suka angka 8, aku hanya pilih 8 besar saja.

Delapan kejadian besar di rumah kami selama tahun 2014:

1. Kai lulus dari TK dan masuk SD negeri dekat rumah kami. Karena aku mulai sibuk dengan pekerjaan baru, sejak awal masuk sekolah, Kai sudah bisa pulang sendiri dan menunggu di rumah sendiri, bahkan awal-awalnya makan siang sendiri dari apa yang sudah kusediakan di atas meja. Anak kedua memang lebih “mandiri” ya.

2. Riku, naik kelas 6 dan menunjukkan semangat belajar yang tinggi (dibanding tahun sebelumnya). Nilai-nilainya mulai naik, terutama untuk sejarah dan matematika. Setiap dua kali seminggu pergi ke bimbingan belajar. Selain itu dia membaca banyak buku, meskipun lebih banyak manga (komik) nya. Uang saku yang didapat dari “arbaito” menjaga adik dan pergi-pergi belanja/buang sampah dia belikan buku/majalah terus. Kadang dia membelikan coklat/kue untuk adiknya. Selain uang saku, uang angpao -kebiasaan tahun baru- yang didapat dari kakek/neneknya dia tabung dan membeli kamera sendiri. (Ssst dia bisikin aku bahwa kalau dapat angpao tahun 2015 dia akan tabung untuk beli laptop sendiri)

3. Imelda, mendapat dua pekerjaan baru yang cukup memakan waktu (dan otak) sehingga membuatku harus bekerja setiap hari selama bulan April, Mei, Juni. Karena semakin sibuk itu mungkin yang membuatku sakit punggung sehingga harus pergi ke chiropraktik. Begitu pekerjaan selesai bulan Juli, sakit punggungnya hilang hehehe.

4. Ternyata selama tahun 2014 ini, kami cukup banyak melakukan perjalanan. Bulan Maret, kami pergi ke Kyushu : Fukuoka (Fukuoka Castle, Oono Castle dan Dazaifu-ato, Dazaifu Tenmangu), Kumamoto (Kumamoto castle), Nagasaki (Shimabara Castle, Nagasaki Peace Park, Urakami Cathedral, Oura Church,  Twenty Six Martyr Museum), Saga (Yoshinogari dan Saga Castle). Bulan April Kayama Castle, Misato Shibazakura. Bulan Juli ke Jakarta, Makassar, Surabaya, Malang, Klaten, Jogja. Bulan Agustus sekeluarga pergi ke Nagano bersama bapak-ibu mertua : Komoro Castle, Ueda Castle, Matsushiro Castle, Kawanakajima kosenjo, kuil Zenkouji, Kasugayama Castle, Takada Castle. Bulan November : pulang kilat ke Jakarta dan Makassar,  Nikko Toshogu dan Kegon Waterfall

5. Papa Gen seperti biasanya sibuk sekali karena ada akreditasi, sehingga begitu ada waktu libur, kami pergunakan untuk driving (ke Nagano dan Nikko). Tapi tahun ini tidak bisa ikut ke Indonesia. Semoga tahun depan bisa lebih banyak istirahat dan ikut mudik ke Indonesia.

6. Tahun 2014, untuk pertama kalinya Riku mengikuti lomba penulisan karya ilmiah tentang Castle. Dia menulis tentang perbandingan Kastil di Indonesia (Fort Rotterdam di Makassar) dan di Jepang (Kastil Segilima Goryokaku di Kusatsu). Meskipun karyanya tidak terpilih, ini merupakan pengalamannya yang pertama. Semoga dia bisa lebih aktif lagi di masa datang, mengingat bulan April 2015 dia akan masuk SMP. Sedangkan Kai tahun ini, sebagai murid kelas 1, terpilih hasil gambarnya tentang dinas pemadam kebakaran yang dipamerkan di balai pemerintah daerah kami.

7. Hobi kedua anak kami memang berbeda. Riku tahun ini lebih banyak baca. Dimana saja kapan saja pasti membawa buku. Dan kemarin tgl 30 Desember untuk pertama kalinya dia membaca novel 200-an halaman selama 3 jam! Duh, semakin lama semakin mirip aku waktu kecil nih anakku yang sulung. Oh ya satu lagi hobi Riku yaitu menonton film cerita yang dia sudah baca bukunya, yaitu Rurouni Kenshin dan Naruto. Selama 3 kali pemutaran film itu, dia pergi menonton sendiri dua kali  karena aku dan Kai tidak mau menonton film dan untuk film Naruto, Riku dan Kai pergi berdua saja karena aku ada janji di tempat lain. Setiap mereka pergi sendiri, aku membeli tiket secara online dan memberitahukan passwordnya untuk mencetak tiket di bioskopnya. Dan biasanya aku memberikan uang 500 yen untuk membeli popcorn+ cola. Untuk pertama kalinya juga tanggal 25 Desember yang lalu, aku mengijinkan Riku pergi dengan 6 temannya untuk “pesta Natal” di sebuah departemen store dekat bioskop, dari jam 5 sampai jam 8:30 malam! Temanku yang anak gadisnya termasuk dalam “grup” yang pergi pesta itu menanyakan padaku: Kamu tidak apa-apa Riku pulang jam segitu? Lalu aku katakan: “Tidak apa-apa. Aku percaya Riku tidak akan berbuat apa-apa dan dia tahu apa yang harus diperbuat jika terjadi apa-apa”. Saat itu aku merasa…. ah aku juga orang tua yang dewasa ya hehehe

8. Hobi Kai? menulis! Dia menulis kanji yang dia suka dan asal tulis (sebetulnya kanji ada aturannya, tapi kalau aku ajarkan menurut aturan dia marah hehehe). Dia juga punya buku hariannya sendiri dari kertas-kertas yang dia jadikan satu. Selain menulis dia juga suka memasak loh. Dia yang sering memintaku untuk mengajarkan masak. Tapi kalau aku sedang sibuk biasanya aku ajarkan yang cepat-cepat saja hehehe.

Tahun 2015 akan menjadi tahun yang lebih sulit bagi kami. Di usia pernikahan yang memasuki tahun ke 16, Riku akan masuk SMP, sedangkan Kai kelas 2. Pekerjaanku masih sama seperti tahun 2014 tapi semoga tidak perlu ke chiropraktik lagi 😀

Well, selamat menghabiskan tahun 2014 yang tinggal beberapa jam dan menyambut tahun 2015!

Happy New Year!!

 

Tulisan yang lama :

http://imelda.coutrier.com/2010/12/31/8-besar-dari-nerima/

http://imelda.coutrier.com/2011/12/30/8-besar-dari-nerima-edisi-2011/

http://imelda.coutrier.com/2012/12/31/8-besar-dari-nerima-2012/

 http://imelda.coutrier.com/2013/12/31/8-besar-dari-nerima-2013/

8 Comments

mbak Imel…Happy new year!!!
Semoga thn 2015 nanti lebih meriah dari pada 2014 yg ditulis diatas.

Wow jempol banyak buat perjalanan dan cerita 2014

wah banyak peristiwa penting dalam 2014 ya mba semoga tahun 2015 lebih sukses lagi utk kai dan riku,

gilaak itu satu tahun banyak banget perjalanannya mb!keren, sepertinya aq juga harus bikin catatan kayak gini.

happy new year mbaaaa imell! best wishes for the new year ahead 🙂

hah,200 hal dalam 3 jam???beneran mbak?? *tepuk tangan ^^
Hobi yang positif tertular dengan baik ya mbak hehehe….
selamat tahun baru mbak,semoga tahun ini menjadi lebih baik lagi aamiin

Anak kedua lbh mandiri yaa mbak (bener juga sih, liat diri sendiri yg anak pertama :P). Happy new year, mbak imelda! Hopefully 2015 will treat us kind and more travelling for de miyashita 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :