Kanji of The Year : 2014

12 Des

Setiap tanggal 12 Desember, sebuah lembaga Jepang yang biasa menyelenggarakan Ujian Kanji, 日本漢字能力検定協会 mengadakan pemilihan huruf Kanji yang mewakili tahun itu. Kalau tahun 2012 terpilih 金 (kin= emas) dan 2013 輪 (wa = lingkaran), maka tahun 2014 terpilih kanji 税 (zei = pajak). Memang sejak April tahun ini, pajak pembelian di Jepang naik dari 5 % menjadi 8%, dan itu menjadi topik terus, karena ada rencana untuk melanjutkan kenaikan dari 8% menjadi 10%.

Kanji tahun 2014 : 税 ZEI、foto dari Asahi Shimbun

Biasanya Kanji yang mewakili tahun itu memang yang terbanyak dipilih. Karena dua tahun terakhir, kanjinya berarti bagus, kali ini kok rasanya membuat “suram”. Dan kalau melihat calon berikutnya adalaj kanji 熱 (netsu = panas, dari yang positif dari “panas”nya olimpiade musim dingin, yang menghasilkan medali emas untuk Jepang, sampai “panas” negatid dari Ebola). 嘘 (uso = bohong, yaitu peristiwa ghost writer dari seorang komposer terkenal di Jepang serta penemuan STAP yang ternyata merupakan kebohongan juga). 災 (sai = bencana, terutama bencana tanah longsor di Hiroshima yang menimbulkan banyak korban). serta yang ke 5, adalah 雪 (yuki = salju, ini tak lain dan tak bukan populernya film FROZEN 😀

3 Replies to “Kanji of The Year : 2014

  1. Ternyata efeknya besar dan berkelanjutan juga ya Mba kenaikan pajak di Jepang awal tahun ini.. Sampe kanjinya terpilih jadi kanji of the year..

Comments are closed.