Kata Populer 2014

3 Des

Seperti yang pernah kutulis juga di tahun-tahun sebelumnya, Jepang punya kebiasaan memilih kata populer, kata yang “merakyat” setiap tahunnya. Seperti yang pernah kutulis di sini, setiap bulan Desember, tepatnya tanggal 2 Desember, perusahaan U-Can (penyedia pendidikan luar sekolah melalui korespondensi)  dan Buku Pengetahuan Dasar Bahasa Populer (現代用語の基礎知識) Gendaiyougo no Kiso chishiki memilih kata populer atau 流行語 Ryuukougo di Jepang selama satu tahun yang akan berlalu. Pengumuman Kata Populer tahunan ini sudah yang 31 kalinya.

Aku masih ingat tahun lalu, kata yang populer adalah Je-je-je yang populer bersama sebuah serial NHK mengenai gadis pemungut kerang/mutiara yang di sebut Amasan 海女. Ternyata waktu berlalu begitu cepat ya…. Tapi tahun ini rasanya tidak begitu banyak kata baru yang akrab di telingaku. Kata baru/populer yang terpilih itu sebetulnya bisa saja kata yang memang merupakan kata bahasa Jepang (atau asing), tapi dirangkaikan sehingga menjadi satu “idiom” baru seperti Wairudo daze ワイルドだぜ (Wild dong!) atau seperti je-je-je yang sebelumnya belum pernah ada.

foto diambil dari http://www.oricon.co.jp/news/2045284/

Tahun ini terpilih “Dame yo dame dame” だめよ~ダメダメ yang dipopulerkan sepasang “pelawak” nyeleneh  Nippon Elekiteru Rengo 日本エレキテル連合. Sebuah kata yang disebutkan si Janda bermake up seperti zombie, artinya “Ngga bisa (boleh) dong, jangan jangan”. Memang kata-kata ini sering sekali masuk ke telingaku, tapi kehadirannya tidak mengusikku seperti Let It Go hihihi. Kata lainnya adalah Shuudanteki jietai 集団的自衛権 yang disebutkan PM Abe.

Kata Let it go  ini sebetulnya juga termasuk dalam nominasi bersama beberapa kata yang lain, seperti STAP Saibo dan Ebola

輝く女性 STAP細胞はあります
バックビルディング まさ土
トリクルダウン デング熱
ダメよ~ダメダメ 2025年問題
危険ドラッグ アイス・バケツ・チャレンジ
家事ハラ マタハラ
ありのままで レリゴー
こぴっと ごきげんよう
リトル本田 J婚
ゴーストライター タモロス
マイルドヤンキー リベンジポルノ
JKビジネス 絶景
レジェンド ゆづ
妖怪ウォッチ 塩対応
マウンティング(女子) こじらせ女子
女装子 号泣会見
セクハラやじ 集団的自衛権
限定容認 積極的平和主義
勝てない相手はもういない カープ女子
ワンオペ ハーフハーフ
消滅可能性都市 壁ドン
ミドリムシ 壊憲記念日
イスラム国 雨傘革命
昼顔 塩レモン
ビットコイン エボラ出血熱

Nah, kalau tahun lalu mungkin Masbuloh (kata si Nie) yang merupakan singkatan masalah buat loe? tahun ini di Indonesia kata yang populer apa ya? Sakitnya tuh di sini? atau bahkan me-Jonru/di-Jonru-kan seperti kata pak HA? hehehe

(Kalau aku sih maunya milih kata barunya JKW aja 😉 )

2 Replies to “Kata Populer 2014

  1. Hihihihi. Lucu juga ya Mba. Dame yo dame dame.. kebayang kalp diucapkan sama si pelawak.. baru hari ini saya tahu kata terjonru atau dijonrukan atau menjonru. Hihihi.

Comments are closed.