Ensoku TK

5 Mar

Hari-hari Kai berada di TK tinggal 2 minggu lagi. Salah satu kegiatan di TK yang paling disenangi anak-anak adalah Ensoku, atau pergi piknik bersama. Dan hari ini Kai pergi ensoku ke Akurium di Ikebukuro, setelah dibatalkan dari rencana semula yang taggal 15 Februari karena salju lebat. Tapi hari ini pun boleh dikatakan bukan waktu yang menyenangkan untuk bepergian karena hujan terus seharian. Meskipun hujan, acara ini tetap dilaksanakan karena mereka memakai bus untuk pergi ke akuarium, dan tentu saja setelah itu kebanyakan berada di dalam ruangan.

Mengantar Kai naik bus yang sudah disewa sekolahnya dalam hujan. Untuk kegiatan seperti ensoku ini kami membayar extra 3000 yen.

Aku sendiri sudah pernah pergi ke akuarium di Ikebukuro, kecil tapi cukuplah untuk ukuran anak-anak. Tentu jauh “ketinggalan” jika dibandingkan dengan Kasai Rinkai Koen atau Enoshima Akuarium. Menurut cerita Kai, mereka hanya melihat ikan-ikan, lalu makan obento (bekal makanan) di ruangan khusus, lalu pulang. Waktu aku tanya lebih detil dia hanya menceritakan bahwa tidak jadi menonton pertunjukan singa laut, karena pertunjukannya diadakan di luar ruangan (dan masih hujan). Tapi yang pasti dia ribut menceritakan bahwa dia dan teman-temannya tukaran snack. Ya, khusus untuk ensoku, anak-anak diperbolehkan membawa snack selain bekal makanan (nasi/roti). Dan ini ditunggu-tunggu setiap anak karena mereka bisa tukar-tukaran snack! Aku pikir sebetulnya apa menariknya ya? AHA! ya, mereka bisa makan sesuatu yang mungkin mereka tidak pernah dibelikan orang tuanya, atau bahkan tidak diperbolehkan! Pasti ada anak yang dilarang makan coklat tapi dengan bertukaran snack dengan temannya dia jadinya bisa makan coklat tanpa sepengetahuan orang tuanya! guilty pleasures ~~~

Tentu saja di SD nanti masih ada ensoku-ensoku sebagai kegiatan sekolah. Tapi kalau di SD biasanya setelah ensoku harus membuat laporan atau karangan, sedangkan di TK? Biasanya mereka hanya diminta menggambarkan perasaan atau suasana ensoku dalam selembar kertas, dan itu besok dilakukan di TK. Sementara itu orang tua murid sudah mulai menyiapkan acara wisuda tgl 18 Maret, acara pesta dengan guru-guru termasuk membuat buku kenangan, membuat hadiah untuk guru dan lain-lain. Oh ya sebagai sumbangan acara dari orang tua, aku juga harus berlatih menyanyi sebuah lagu yang sudah dipilih. Tidak susah sih….asal jangan pakai gaya sih aku bisa saja 😀 Dan setelah tanggal 18 Maret, aku musti mempersiapkan baju dan perlengkapan SD tentunya, sambil menemani Kai di rumah karena dia libur terus sampai upacara masuk SD tgl 7 April.

12 Replies to “Ensoku TK

  1. Kai dapat snack apa? Hihi. Kepo deh. Tapi rasanya pasti senang ya bisa mencicip jajanan milik teman. Gimana-gimana “rumput tetangga lebih hijau”. Dulu waktu kecil, aku juga kadang merasa jajan yang dibawa temanku lebih “wah”, padahal ya cuma roti tawar dioles mentega dan ditabur mesis. 😀

  2. ini pertama kali Kai pergi sendiri mbak…?
    hebat kai udah mandiri..
    hi..hi..lihat ikan2 mungkinKai bosan karena sudah sering pergi sama mama ke akuarium yang lebih besar
    lebih seru tuker2an snack ya..

    • ya sendiri, dengan teman-teman dan guru-guru tentunya.

      soal bosan… iyaaaa dia bilang cuma ada 4 ekor ikan gede yang dia suka 😀

  3. Iya tuh aku suka mi goreng punya teman padahal aku juga bawa mi goreng hihihihi.. heran deh klo bukan punya kita kayanya lebih enak.. seru banget ya anak sekolah jalan2 😀

  4. hehehhe….memang paling seru ya kalau bisa tukaran bekal dengan teman
    karena jadi bisa mencoba makanan yang kita gak boleh atau gak diberikan oleh ortu dirumah 🙂

    salam

Comments are closed.