Kanji of the Year : 2013

12 Des

Setiap tahun tanggal 12 Desember (hari Kanji) akan dipilih satu kanji yang mewakili satu tahun itu. Tahun lalu (2012) terpilih  金 kin/kane  yang bisa berarti emas, bisa berarti uang. Nah tahun ini bagaimana?

Ternyata yang terpilih adalah 輪 (wa) yang berarti lingkaran mendapatkan 9.518 suara dari 170.290 suara dari seluruh Jepang. Selain 輪, yang menduduki ranking ke dua dan ke tiga adalah 楽 (raku/tanoshii = menyenangkan) dan 倍 (bai = berlipat ganda).

Kalau dikaji mengapa kanji 輪 (lingkaran) ini yang terpilih sebagai Kanji 2013, bisa diberikan alasan bahwa dengan lingkaran kebersamaan, Tokyo berhasil terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2020, juga Gunung Fuji bisa terpilih masuk sebagai Warisan Dunia dan tim sepak bola Jepang bisa ikut dalam pertandingan Piala Dunia FIFA, dalam desain baju tim sepak bla juga dipakai lingkaran-lingkaran. Selain itu di dalam negeri, dengan lingkaran kebersamaan daerah Tohoku, grup baseball berbasis di Sendai yang bernama Rakuten berhasil menjadi grup Base Ball nomor satu di Jepang.

Kanji 2013

 

Untuk tulisan mengenao Kanji of the year yang lain bisa dibaca:

Kanji of The Year : 2012

Kanji of The Year : 2011

 

3 Replies to “Kanji of the Year : 2013

  1. Baru tahu Mba Em bahkan ada pemilihan kanji of the year. Btw tulisan kanji menurut saya nyeni banget. Kanji Jepang sih. Kalo kanjinya bahasa Cina terlalu ribet menurut sayah. Dulu jatoh cinta sama Jepang karena banyak tulisan kanji di Manganya. Padahal ga tahu artinya juga. Hehehe

Comments are closed.