Kata Populer 2013

3 Des

Setiap tahun di bulan Desember, tepatnya tanggal 2 Desember, perusahaan U-Can (penyedia pendidikan luar sekolah melalui korespondensi)  dan Buku Pengetahuan Dasar Bahasa Populer (現代用語の基礎知識) Gendaiyougo no Kiso chishiki memilih kata populer atau 流行語 Ryuukougo di Jepang selama satu tahun yang akan berlalu. Pengumuman Kata Populer tahunan ini sudah yang 30 kalinya.

PM2.5 NISA(ニーサ)
母さん助けて詐欺 弾丸登山
美文字 DJポリス
ななつ星 パズドラ
ビッグデータ SNEP(スネップ)
ヘイトスピーチ さとり世代
ダークツーリズム ご当地電力
ご当地キャラ こじらせ女子
富士山 日傘男子
バカッター 激おこぷんぷん丸
困り顔メイク 涙袋メイク
倍返し 今でしょ
ダイオウイカ じぇじぇじぇ
あまロス ビッグダディ
ハダカの美奈子 ふなっしー
フライングゲット マイナンバー
NSC アベノミクス
3本の矢 集団的自衛権
特定秘密 汚染水
ブラック企業 限定正社員
追い出し部屋 ナチスの手口に学んだら
ネット選挙 アホノミクス
引いたら負け 二刀流
スポーツの底力 シライ
お・も・て・な・し コントロールされている

Dari 50 calon kata, dipilih melalui pilihan warga serta panitia. Dari 50 kata itu dipilih 10 ranking dan kemarin diumumkan pemenangnya ada 4, padahal biasanya hanya satu saja. Rupanya panitia memang sulit menentukan siapa atau kata apa yang pantas menjadi pemenang.

Empat kata itu adalah : “Je je je” 「じぇじぇじぇ」yang dipopulerkan oleh Nonen Rena pada drama seri NHK : Amachan. Katanya kata ini dipakai untuk menyatakan keterkejutan. Kemudian kata “Ima desho” 「今でしょ!」(arti : Sekarang dong) yang dipopulerkan seorang guru bimbel bernama Hayashi Osamu. Kata “Bai kaeshi”「倍返し」 (arti : Balas berlipat ganda) amat sangat tidak kristiani ya hehehe, kata ini terdapat dalam drama seri TBS. Dan yang terakhir adalah kata “O-mo-te-na-shi” 「お・も・て・な・し」 yang dibawakan oleh Takigawa Christel, seorang free announcer dalam presentasi panitia pemilihan Tokyo sebagai pelaksana Olimpiade 2020. Omotenashi ini artinya hospitality (sifat melayanani)

4 penutur kata populer 2013

 

Kalau di Indonesia kata populer tahun 2013 apa ya? 😀

8 Replies to “Kata Populer 2013

  1. Saya sedang berfikir …
    kira-kira survey ini berguna untuk apa ya ?
    mengukur kadar kepopuleran tokoh yang mengeluarkan kata itu atau apa ya ?

    hmmm

    salam saya

    • untuk pencatatan kata-kata baru yang mampu bertahan lama untuk dimasukkan dalam Kamus Besar. Sekaligus melihat perkembangan bahasa dalam sejarah. Aku pernah beli kamus Kata-kata populer th 1992 waktu datang ke Jepang. Tapi setiap tahun keluar baru sehingga aku buang yang lama karena penuhin tempat dan sekarang tidak pernah beli lagi. Untuk pengamat sosio linguistik penting sekali.

      tabik

  2. Ada-ada aja ya ide orang Jepang buat mendokumentasikan sebuah fenomena.. Bagus juga tuh..

    Di Indonesia, kata yang populer sekarang kayaknya GALAU, hahaha… 😀

  3. waduuuh… idenya bagus amat ya mencatat dan memberikan pemilihan atas kata kata baru yang populer.
    Kalau di Indonesia apa ya… hmm.. kayanya belakangan cuma ada kata-kata yang alay lebay, cetar membahana gitu deh.. Tapi kalau sampai kata-kata itu mendapat juara sebagai kata terpopuler barangkali banyak yang tidak ikhlas juga ya…

  4. Kalau di Indonesia kata baru yang aku inget Masbuloh kali ya.. singkatan dari masalah buat loh.. hihihi.. tapi aku gak tahu deh yang ngepopulerin itu siapa

  5. Pingback: Kata Populer 2014 | Twilight Express

Comments are closed.