Kotor

17 Okt

Dua hari ini aku tepar! Akibat leher yang terganggu amat sangat, aku harus memaksakan diri untuk minum obat teratur dan tidur, setiap ada kesempatan. Hari Senin terpaksa aku memboloskan Kai, tapi aku tidak bisa tidur siang karena harus mengambil mobil yang dibawa Gen ke tempat kerjanya. Untung waktu itu kondisiku tidak seberapa parah. Bisa tanpa obat, sehingga bisa menyetir ke mana-mana, sampai malam. Tapi hari Selasa, terasa sekali aku harus tidur. Jadi setelah mengantar Kai ke TK, aku langsung tutup jendela, minum obat, pasang alarm sampai waktunya jemput Kai (13:45) dan tidur… Enak sekali rasanya tidur dengan tenang, tanpa ada gangguan apa-apa. Memang cuma 3 jam tapi cukup lah. Demikian pula hari ini aku sempat tidur siang dan masa bodoh dengan rumah yang berantakan.

Tapi ya begitu, waktu aku jemput Kai, aku harus sabar melihat dia. Karena Selasa dan Rabu itu lumayan cerah, Kai minta untuk diperbolehkan main di halaman TK nya. Dan biasanya aku perbolehkan, karena memang aku toh tidak perlu cepat-cepat pulang. Selain itu Kai perlu menghabiskan energinya di lapangan supaya tidak ‘meledak’ di rumah 😀 Biasanya dia langsung pergi ke permainan ‘Kubah’ untuk memanjat. Dia sudah menemukan cara yang jitu untuk memanjat, meskipun tidak ada tali tambang yang bisa dipakai. Suatu waktu aku yang mengajarkan dia, bahwa dia harus menggulung celana panjangnya, sehingga tidak licin waktu memanjat dan menjadi penahan badannya waktu memanjat. Jadi sejak itu dia merasa sebagai ‘jagoan’ berhasil naik tanpa tali.

Permainan di TK Kai

Setelah ‘Kubah’ dia biasanya lari ke perosotan pendek berbentuk gajah, lalu ntah lari ke mana lagi. Yang lucu waktu aku lihat dia tiba-tiba berada di sebelah teman sekelasnya, sebut saja X kun yang sepatu, baju dan topinya sudah berdebu kotor sekali. Seperti dia bergulingan di pasir saja. Tapi, (mungkin) di mata Kai, dia itu ‘jagoan’. Jadi Kai mengejar kemana saja X kun itu bermain. Hmmmm Kai memang agak sulit bergaul, tidak seperti Riku yang bisa bermain dengan siapa saja. Tapi baru kali ini aku menyaksikan bahwa dia sudah memilih teman! Sampai waktu aku ajak pulang, dia masih tetap mau bermain dengan X kun. Memang pihak sekolah memperbolehkan anak-anak bermain di lapangan TK selama 30 menit setelah jam TK selesai (jadi boleh sampai jam 2:30). Jadi aku mengalah dan memperbolehkan dia bermain terus sampai waktunya. Dan… dia mencari-cari di mana si X kun itu. Rupanya si X kun itu naik mobil jemputan, sehingga sudah pulang. Dengan kecewa, Kai bermain sendiri, naik perosotan yang tingginya 2 meter, rangka besi pesawat terbang untuk memanjat, dan palang besi yang tersedia di lapangan sekolah.

Di lapangan TK Kai ada 7 jenis mainan yang besar untuk dipakai bersama. Tapi ada 1 jenis mainan yang sejak awal aku menyekolahkan anak-anak di sini itu tidak pernah dalam kondisi ‘bisa dipakai’. Mainan itu adalah Ayunan. Sebetulnya ada 3 tempat ayunan, tapi tanpa tali dan tempat duduknya. Dulu mungkin anak-anak bisa bermain, tapi entah sejak kapan ayunan itu ditiadakan. Tapi memang aku jarang menemukan ayunan tersedia di taman-taman di sekitar rumahku. Rupanya ayunan, sudah dianggap “BERBAHAYA” untuk anak-anak. Memang aku juga sering merasa takut jika melihat anak bermain ayunan, terutama anak-anak tanggung yang bermain sambil berdiri, dan dengan didorong temannya dari belakang.

Pihak TK memang membolehkan anak-anak bermain selama 30 menit setelah waktu TK selesai, TAPI harus diawasi orang tuanya masing-masing. Pihak TK tidak bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan pada anak-anak waktu bermain ini. Karena meskipun permainan-permainan yang tersedia diperiksa berkala keamanannya untuk dipakai anak-anak, Tetap saja anak-anak tidak bisa mengukur apakah perbuatannya aman atau tidak. Seperti aku pernah komentar di postingan mas NH tentang “Jungkat-Jungkit“, tentang kecelakaan yang terjadi pada mainan di taman sehingga masuk TV.

Semua alat mainan di taman-taman Jepang pasti dimonitor/diperiksa berkala oleh pemda, karena kadang timbul korban. Semisal perosotan di bagian pinggirnya ada besi yang mencuat, sehingga waktu ada anak yang merosot turun sambil berpegangan, kena besi itu, dan… putus jarinya. Atau semacam besi (jungle jim) berputar, ada anak yang kejepit jarinya hingga putus, dsb. Oleh karena itu biasanya di taman-taman, ada papan peringatan supaya ibu-ibu memperhatikan anaknya yang sedang bermain supaya tidak terjadi kecelakaan, atau melaporkan jika terlihat sesuatu yang kurang beres.

Jungkat-jungkit memang tidak ada di halaman TK dan hampir di semua taman sekitar rumah kami. Tapi ada satu wahana permainan yang biasanya ada di taman-taman Jepang, tapi aku jarang/tidak pernah melihatnya di Indonesia. Yaitu BAK PASIR. Dengan bak pasir ini, memang anak-anak akan kotor, tapi banyak sekali bentuk yang bisa dibuat di sini sehingga daya kreatifitas anak-anak bisa dikembangkan. Yah, dua hari ini setiap pulang dari TK, aku harus mencuci baju seragam TK nya dan menyuruh Kai mandi! Dan tahu apa yang dia bilang tadi?

Bermain pasir dengan X kun

“Mama, maaf ya mama musti cuci baju Kai”
“Ngga papa Kai. Mama senang kamu main, kotor pun tidak apa-apa. ASAL KAMU CUCI TANGAN DI TK, DAN WAKTU PULANG GANTI BAJU DAN MANDI. Kalau tidak…. nanti ada ulat masuk ke badan kamu bagaimana?”
“Iya ma…”

Kotor itu SEHAT! betul ngga? 😀

Lihat betapa kotornya si KAI (5th)

27 Replies to “Kotor

  1. kirain lagi ikut kontes yg diadakan deterjen yang selalu bikin heboh itu mbak 😀
    kan mereka juga punya slogan apa gitu deh yang berkaitan dengan kotor2an 😀
    gpp lah kotoran ya Kai, klo gak gitu nanti kerjaan mama gak banyak xixixi
    btw, itu baju putih sekotor itu, apa gak susah mbak mbersihkannya?
    saya paling trauma nih sm baju putih. jadi suka penasaran klo ada yg bisa mbersihinya dengan sempurna 😀

  2. huaaaa … bajunya kai kotor bangeeet. haha. untung mamanya sabar. 🙂

    dulu pas TK, ada temanku yang kepalanya kena ayunan. dia nangis lama sekali dan darahnya keluar terus. aku takut banget. memang bahaya ya ayunan itu. tapi sampai sekarang aku kok selalu senang ya kalau lihat ayunan. bawaannya pengen main. hihi, nggak inget umur. :p

  3. hahaha iya sih kotor itu sehat…
    tapi saya tetep masih harus menahan2 diri kalo udah ngeliat anak2 main pasir di park, rasanya sih pengennya gak usah main pasir gitu. huahahaha

  4. yang selalu dimonitor saja tidak luput dari kecelakaan ya kak, gimana disini yang jarang sekali dimonitor. aku pernah lihat jungkat jungkit yang bawahnya disimpan ban bekas, ada anak naik jungkat jungkit itu menjepit kakinya

  5. hahahahah iklan nya detergent merk R**** wkwkwkw… kaya nya boleh tuh kai jadi model nya… kakooii!!

    karena belom pernah merasakan punya anak gimana kayanya aku bakalan asik2 aja tuh kalo lait anak kecil maen gt… cuma satu sisi aku pasti akan bilang iiiih koook joroook gt yaa??? trus abis itu bakal keluar serentetan kalimat2 yang seperti melarang… ga boleh masukin jari ke mulut, ga boleh pegang muka, ga boleh langsung makan harus cuci tangan dan bersih… muka di cuci juga… kalo baju kotor gpp tapi kalo kotoran yang masuk badan?? khaaan bisa sakiit ….

    hahahaha

    berani kotor itu kreatif… 😀 😀 ^___________^ teruskaaan dedek kotornyaa.. masih di cuciin kok bajunya… nanti kalo uda cuci baju sendiri stop yaa maen kotor2 nya… capee taauuu kalo cuci baju kotor banget wkwkwkwk 😀

    • aku saluuut ama mami… even masi sakiiiit tetep aja menjalankan tugas nya sebagai mommy and wife!!! kuereeeeeen sangaaat mommy ini 😀

  6. Pingback: Dari BERAT menjadi BERKAT | RyNaRi

  7. Soalnya, Bu, kalau di Indonesia bak pasir begitu bukannya sering jadi tempat bermain anak-anak, melainkan kucing-kucing. 😀

    Sayang juga, ya. Padahal bermain ayunan tuh menyenangkan, lho.

  8. Iya, bu Imel, anak kecil itu biarin aja kalau mau maen yg kotor2 biar dia bebas..tp yg penting diperhatikan.
    main pasir itu pasti kotor, tp bisa melatih kreatifitas anak2.

    Aku jd inget dulu suka maenan pasir di gundukan pasir milik warga yang mau bangun rumah..
    di pasir itu bisa buat apa saja, rumah2n, istana, dsb..

  9. kenapa Mba, kok tidak ada jungkat jungkit disana? apakah karena terlalu berbahaya? di Indonesia sih masih ada, tapi memang banyak memakan korban. Keren juga disana pemeriksaan alat alat main secara berkala ya… penting sekali tuh menurut saya itu..

  10. Kalo di indonesia ada permainan bak pasir, hampir bisa dipastikan jadi tempat pup nya kucing mbak 😀

    Btw da lama ga berkunjung kesini 🙂
    Kai makin ganteng 😀

  11. Untuk Bak Pasir …
    Jaman anak saya TK … ada EM …
    walaupun luasnya hanya sekitar 3 x 3 meter …

    Jadi kalau ada banyak anak yang mau main pasir … rada penuh itu bak … hahahaha …

    Dan satu lagi …
    Pihak sekolah juga harus pintar-pintar menjaga bak pasir tersebut …

    Mengapa ?
    Soalnya ini makanan empuk … Kucing … !

    Untuk apa ?
    Yaaaaa … gitu deh … (heheheh)

    salam saya EM

  12. kotor itu menyenangkan apalagi jika ditambah sama orang tua yang juga mengerti bahwa kotor itu baik..bukannya karena alasan kotor itu banyak kuman makanya dilarang anak-anak main yang kotor-kotor, padahal orang tuanya saja yang kadang malas mencuci baju anaknya…makanya di Indonesia banyak iklan yang mencanangkan bahwa “kotor itu baik” …

  13. Soapn banget kai ya Mbak..masih ngggak enakan mamanya nyuci bajunya yang kotor.

    Ah..kita juga waktu kecil barangkali lebih kotor dari Kai, Mbak he he. Nggak apa-apalah kotor,yang penting anak kita bisa bermain maksimal.Daripada kita batasi eksplorasinya hanya gara-gara keberatan mencuci pakaiannnya yang kotor..

  14. Kalo ga salah pernah suatu waktu di sini dijelaskan di TV bahwa debu, daun kering dan smua yang alami dan natural itu bukan sesuatu yang nggak baik dan kotor.

    Tapi kalo sampah2 kimia itu adalah sesuatu yang membahayakan.

    Jadi, setuju denganmu, selama kotornya itu kotor alami apalagi dari domestik/rumah, itu tak menjadi soal.

    Get well soon, Mel!

  15. Aku ingat dulu waktu TK ada bak pasir besar 3×2 meter. Dan juga ada jungkat-jungkit… kayaknya dulu aku menikmati banget mainan ini asal partner-nya bener dan nggak suka iseng. Pernah ada anak yang main baik-baik aja, tapi karena partnernya iseng, sengaja “menyentak” dengan tiba-tiba, sehingga anak yang mainnya bener jadi jatuh dan terluka…

    sekarang aku lihat beberapa TK meniadakan jungkat jungkit ini.

  16. Saya setuju Mb, membiarkan anak-anak bermain meskipun akhirnya mereka kotor, asalkan kita tau kotornya itu karena apa. Apalagi kalau kita tau kotornya karena bermain pasir khusus untuk anak-anak.
    Btw, tadi malam (Sabtu, 27/10) saya ke Bndung dan ketemu dengan teman yang adiknya pernah tinggal di Jepang, menemani suaminya (diplomat) bertugas di negara ini. Adiknya itu juga mengisi waktunya dengan megajar bahasa indonesia.
    Saya langsung ingat dengan Mb Imelda… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *