Tetangga

13 Okt

Tidak biasanya aku ingin bergossip di sini. Tentang tetangga sih, terutama yang muncul dalam berita seminggu ini di Jepang.

Mengenai tetanggaku sendiri?  Aku cuma kenal tetangga sebelah kiriku, sebuah keluarga dengan anggota 5 orang, bapak-ibu dan anak kembar dua, serta neneknya. Karena ada neneknya, kami cukup akrab sampai saling memberikan oleh-oleh berupa makanan atau sayur/buah kiriman. Osusowake お裾分けnamanya dalam bahasa Jepang, artinya membagi sedikit. Sayangnya keluarga ini anggota sebuah partai politik, sehingga agak mengganggu jika dia membawa misi partainya. Dan untungnya aku tidak punya hak pilih di Tokyo jadi aku cuma jawab, “OK saya sampaikan suami saya” hihihi.

Tetangga sebelah kanan? Aku tidak kenal, tapi yang aku tahu dia punya anak perempuan yang masih di TK, karena kadang bertemu di parkir sepeda, atau waktu mau naik lift. Well, kami memang sudah tinggal di apartemen yang sama selama 13 tahun, jadi banyak penghuni yang sudah berganti, kecuali penghuni kamar yang tinggal di bawah kami, yang pernah jadi korban banjir, seperti kutulis di sini.

Tuntutan kehidupan di Tokyo memang membuat tetangga tidak saling mengenal. Untuk yang punya rumah (bukan apartemen) mau tidak mau harus mengenal tetangga, karena mereka harus mengerjakan tugas se-rt (chonaikai) termasuk mengedarkan pengumuman dari kelurahan, dan utamanya penanganan sampah. Biasanya (menurut yang aku dengar dari ibu mertua) mereka mempunya grup yang wajib membersikan tempat (titik) pengumpulan sampah yang sudah ditentukan. Petugas sampah tinggal mengambil saja, jadi mereka yang membereskan jaring net penghalau burung gagak atau jika ada sampah yang tidak terangkut karena salah hari (Di sini sampah diangkut berdasarkan hari pengambilan, misalnya hari senin pengambilan kertas bekas, selasa sampah dapur dsb). Belum lagi setiap rumah, harus menyapu dan membersihkan jalanan di depan rumahnya, tentu setiap hari. Jadi kalau ada jalan yang kotor itu merupakan tanggung jawab rumah yang ada di dekatnya. Keruwetan ini pun yang membuat aku agak malas pindah (sewa atau beli) rumah, karena apartemen punya tempat pengumpulan sampah sendiri, dan kami sudah bayar orang yang memelihara kebersihan sekitar apartemen kami.

Nah, di perumahan seperti beginilah biasanya terjadi masalah antar tetangga. Dua hari yang lalu kami dikagetkan dengan berita bahwa seorang ibu berusia 60-an mati ditusuk seorang kakek tetangga depan rumahnya yang berusia 80 tahun, Berita ini menjadi besar, karena si kakek adalah mantan polisi ranking tinggi. Dan si kakek akhirnya bunuh diri dengan pedang (samurai) miliknya, dengan menebas lehernya sendiri. Masalahnya apa? Kalau aku dengar dari beritanya, sebetulnya masalahnya hanya dari kesukaan si nenek untuk merawat kebun, dan dia meletakkan tanamannya sampai di depan rumah, sehingga agak mengganggu jalanan. Ya memang, orang seperti itu ada! Menimbun rumahnya dengan tanaman sampai meluap ke jalan. Tapi sebetulnya kalau tanaman masih mending! Ada yang menimbun sampah! duh… Dan sepertinya si kakek sering memperingatkan dia tapi dicuekin.

Aku setiap mengajar hari kamis pasti naik sepeda ke stasiun terdekat, dan di salah satu pojok ada sebuah rumah berlantai 3 yang sekilas seperti rumah kosong, tapi BAUUUU sekali. Bau kucing! Sepertinya pemilik rumah seorang nenek yang suka kucing, dan mungkin karena sedih kucingnya hilang, dia menyimpan semua barang-barang milik kucingnya begitu saja, dan dia sendiri tinggal di luar rumah 🙁 Aku benar-benar kasihan pada tetangganya, karena bau pesing itu bisa tercium sampai jarak 100 meter loh. Aku belum sempat tanya gossip mengenai rumah itu sih, tapi sepertinya pihak kelurahan harus turun tangan menyelesaikan masalah itu. Nah, kan… takut kan kalau pindah rumah lalu dapat tetangga yang aneh begitu 😀

Selain masalah tetangga yang berkelahi sampai menyebabkan kematian, akhir-akhir ini juga timbul kejahatan pada mereka yang tinggal sendirian di mansion/apartemen. Secanggih-canggihnya keamanan apartemen yang memakai pintu lock otomatispun jika memang ada yang “gila” ya kejahatan bisa saja terjadi. Karena itu biasanya aku (dan aku ajarkan kepada Riku juga) untuk tidak naik lift hanya berduaan dengan orang yang tidak dikenal. Lebih baik pura-pura lupa sesuatu di sepeda, atau pura-pura pergi beli minuman di toko tetangga, aau kalau perlu ke koban/pos polisi dan bilang takut, pasti akan ditemani pulang. Untung saja rumahku dekat sekali dengan pos polisi, tidak sampai 200 meter.

Tapi tetangga itu memang dibutuhkan jika terjadi apa-apa juga. Tetangga juga bisa meredam jika ada pertengkaran dalam keluarga. Aku ingat beberapa tahun yang lalu, di apartemen seberang kami, terdengar teriakan-teriakan. Anak remaja berteriak minta tolong, dan ntah siapa menelepon polisi, sehingga polisi cepat datang. Aku dan beberapa tetangga keluar di teras rumah dan melihat ke arah apartemen itu. Rupanya anak itu yang seperti “kemasukan” sampai ibunya keluar dan berteriak minta maaf kepada tetangga-tetangga. Waktu polisi datangpun, masalah sudah selesai.

Sampai sekarangpun aku binkan (alert) jika mendengar anak-anak yang menangis keterlaluan dan lama. Biasanya kami bisa dengar masalahnya apa, apakah ibunya memarahi atau karena ibunya memukul. Kejadian pemukulan ibu kepada anak-anak, akhir-akhir ini cukup banyak, bahkan sampai menyebabkan sang anak meninggal. Dalam satu bulan ini saja di seluruh Jepang ada empat berita besar yang menyorot pembunuhan ibu terhadap anaknya. Gyakutai 虐待(ぎゃくたい), mungkin kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia cukup KDRT saja. Dan tadi di TV dibahas kenapa ibu-ibu itu bisa sampai ‘hilang akal’ dan membunuh anak-anaknya sendiri. Kata kuncinya: Isolasi. Mengisolasikan diri dari masyarakat, tak punya teman, dan memikirkan semua masalah sendiri, tidak berbagi, tidak bisa curhat, sehingga sampai pada tahap ‘meledak’. Pantas saja setiap ada vaksinasi atau pemeriksaan berkala, dari puskesmas selalu ditanya, apakah kamu punya masalah dalam membesarkan bayimu. Dan aku selalu bilang: Tidak ada. hehehe.

kematian anak-anak usia s/d 3 tahun yang terbanyak menjadi korban meninggal akibat kekerasan yang dilakukan ibunya sendiri

Jadi, beruntunglah ibu-ibu Indonesia yang mempunyai teman berbagi, punya suami yang mendukung dan mau membantu, punya orang tua yang bisa tinggal sama-sama atau bisa dimintai tolong, punya baby sitter atau pembantu khusus untuk bayinya. Atau bahkan punya tetangga yang bisa dimintai tolong. Ini semua merupakan kemewahan bagi ibu-ibu di Jepang, yang harus merawat bayinya benar-benar sendiri.

Ibu-ibu… gambarou ne (semangat ya) dan tentu saja kita harus berusaha membina hubungan yang baik dengan tetangga kita.

Have a nice weekend!

19 Replies to “Tetangga

  1. iya ih, kalau jadi tetangga si nenek yg bau kucing itu gak kebayang aku mbak
    tetangganya punya kada toleransi yg tinggi banget tuh.
    soale dulu aku ada tetangga yang USIL, cuma karena aku gak ikut gotong royong aja sampai marahin ART-ku … 😀 Gelo yak

    kalau keadaannya gitu, mending tinggal di apartemen kemana2 ya wlo pun harus hati2 jangan terlalu berisik jangan sampai tetangga dengar urusan intern hihihi

  2. ternyata hidup di kota yang indivual sekali itu sulit yaaa mom… untung ada anak ( kalo ga ada anak=sepi) wkwkwkwkw

    kayanya mesti survey dulu d kalo mau punya rumah tetangga nya siapa gt trus uda gt di intai dulu sebulan wkwkwkw… trus kalo pinda apartemen juga gt d , kayanya di indo juga d ga kenal jga ampe jauh2 gt tetangganya kadang sebelah rumah aja ga tau… 🙂

    semangaaaat mommy 😀

  3. Tetangga memang saudara yang paling dekat …
    asal bisa membawa diri dengan baik …
    tidak terlarut pada pembicaraan yang tidak perlu ..
    saya rasa tetangga adalah tempat pertama kita untuk mencari pertolongan

    manusia itu makhluk sosial

    salam saya EM

  4. berttangga memang sangat diperlukan..apalagi di desa yang sekarang juga udah mulai renggang hubungan antar tetangga…kita bahkan kadang sekarang sudah mulai jarang kenal atau tahu nama tetangga sebelah rumah

  5. Bagaimanapun juga manusia itu adalah mahluk sosial. Dia ga bisa hidup seorang diri di muka dunia ini.
    Bagaimanapun juga manusia yang baik adalah mampu bermanfaat bagi orang lain.
    Bagaimanapun juga manusia wajib tolong menolong….
    Terima kasih mbak EM, kita jadi tahu masih ada nilai positif tinggal di Indonesia….hehehehe

  6. Memang tidak mudah membina hubungan sosial dengan sempurna ya Mbak. Apalagi kalau ada tetangga yang ekstreem seperti nenek itu. Susah juga rasanya buat kita bersabar.

    Syukurnya saya tinggal di Bintaro di perumahan kecil- cukupdekat dengan tetangga.kadang masih bisa menitipkan anak-anak pada tetangga kalau kepept banget..
    Take care ya Mbak..

  7. Tetangga adalah saudara terdekat, terutama untuk para perantau…
    Kalau ada apa-apa, yang bisa memberikan pertolongan ya tetangga…
    dan di mana-mana, pasti ada cerita tentang tetangga yang baik, yang cerewet, dan yang ngeselin.. mereka ternyata ikut memperkaya hidup kita…

    Aduh… rumah tetangga bau kucing? hiiyy… langsung merinding, soalnya aku benciiii banget sama kucing..

  8. waduh kok serem amat tetangga sampai saling bunuh… di Jakarta kayaknya kondisinya juga hampir sama. sama tetangga ga kenal… kalau saya disini hampir semua saya kenal… karena saya sengaja mengakrabkan diri dengan mereka, ada bisa saling bantu kelak…

  9. Waahh… di beberapa tempat di kota besar rasanya oermasalahannya sudah hampir sama neh mbak.. apalagi di kompleks.. rasanya udab jarang deh tetangga yg saling tegur sapa.. kayak aku sendiri aja gak terlalu kenal dengan tetangga. padahal klo ibu aku dari ujung gang sampe ke ujung lagi semuanya kenal beserta ibu bapak dan anak anaknya.. padahal pqnjang gang 400m aja gt.. dengan banyak jalur..

  10. aduh serem banget sih mbak berita yang si kakek ngebunuh tetangganya itu trus bunuh diri. emang sih kadang tetangga ada aja yang annoying ya… tapi masa sampe segitunya ya…

    kadang emang tetangga annoying tapi ya kita emang harus berusaha baik2 ya ama tetangga karena mereka orang yang ter’dekat’ ama kita. kalo sampe ada apa2 kan ya tetangga yang bisa ngebantu duluan…

  11. wah, pantesan, waktu 24jikan terebi, project nya Ninomiya tentang KDRT. dimana sang ibu ga sanggup jadi orang tua, mukulin anaknya. cuma ngerti sedikit sih pembicaraan mereka.

    tapi salutnya, si anak masih sayang sm ibunya, dan sepertinya mengerti kenapa ibu nya bisa berbuat seperti itu. salut.

  12. whoaaa … kalau punya tetangga yang rumahnya bau itu pasti siksaan deh. aku nggak kebayang. kurasa dapat tetangga aneh atau baik itu untung-untungan. kita biasanya nggak bisa milih kan siapa yang bisa jadi tetangga kita. bahkan kalau pun kita tetanggaan dengan saudara sendiri, belum tentu selamanya nyaman. menurutku memiliki tetangga yang baik itu keberuntungan

  13. Satuan komunitas paling kecil di masyarakat juga RT atau Rukun Tetangga, yang tentunya mensyaratkan kerukunan antar tetangga. Jadi ingat buku Selamat Ribut Rukun karya Pak Andar Ismail, tentang dinamika kerukunan. salam

  14. serem mbak yang gak bisa se lift berdua orang asing….
    trus tentang kemewahan ibu2 di Jepang itu…..gak bisa bayangin betapa stressnya membesarkan bayi sendirian tanpa ada support apapun dari orang lain….suaminya juga gak support mbak?

  15. Pingback: THE NINE FROM THE RED LOTUS « The Ordinary Trainer writes …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *