Plus Family

11 Mei

Sebetulnya nama acara televisi ini cukup panjang yaitu “Seandainya seleb tinggal bersama keluarga – membina kembali keutuhan rumah tangga”…. fuih panjang ya. Acara ini ditayangkan setiap Selasa di TV Tokyo jam 7 malam, dan diasuh oleh 3 “komentator” yaitu Tokumitsu, Pinko dan Mitsu (transgender yang pernah kubahas di sini).

Sesuai judulnya memang acara ini khusus menugaskan seleb untuk tinggal bersama keluarga-keluarga yang bermasalah selama 3 hari 2 malam. Diharapkan dengan kehadiran “orang luar” yang juga idola dari salah satu/semua anggota keluarga itu, dapat membantu keluarga-keluarga itu untuk mengobati luka/ menyelesaikan masalah mereka.

Nah hari Selasa kemarin ini, temanya tentang single father. Kebetulan kedua keluarga yang ditampilkan adalah keluarga yang terdiri dari bapak dan anak perempuan. Bapak-bapak ini menjadi single father karena istrinya lari atau bercerai. Yang mengharukan adalah keluarga pertama, anak perempuannya baru berusia 10 tahun (aku ngebayanginnya seusia Riku). Entah karena masalah apa, si istri minta cerai dari suaminya dan membawa pergi anak perempuan itu, kemudian menikah kembali. Dengan suami baru itu dia mempunyai anak juga. Tapi sekitar 2 tahun yang lalu, tiba-tiba si ibu ini menghilang! Entah melarikan diri ke mana. Si anak (namanya Misaki chan) tidak tahu bahwa “bapak” yang tinggal bersama dia sebetulnya bapak tiri. Dan karena masalah ekonomi si bapak (yang sebetulnya sayang pada Misaki) harus memasukkan dia ke Panti Asuhan.

Si bapak tiri kemudian mencari bapak asli Misaki untuk memberitahukan keadaan Misaki, dan mempertemukan mereka berdua. Bapak asli ini tentu saja menerima Misaki, dan mengurus alih hak kepengurusan, serta tinggal bersama Misaki, berdua di Nerima (satu daerah denganku). Tapi…. masalahnya selama 1 tahun mereka tinggal bersama, mereka jarang bicara. Si ayah sibuk bekerja dari subuh sampai malam, dan tidak tahu bagaimana berkomunikasi dengan Misaki karena tidak terbiasa. Bisa dibayangkan sih, tinggal bersama seorang anak gadis, padahal sebelumnya tidak tahu apa-apa.

Artis yang bertugas, bernama Okuyama (tentu saja wanita) kemudian tinggal bersama keluarga Misaki selama 3 hari dan 2 malam. Meskipun singkat, dia berhasil menjadi “teman” bagi Misaki chan, dan berhasil mengusahakan supaya Misaki bisa mengatakan keinginannya kepada papanya. Misaki, yang sebatang kara, kelihatan takut minta ini itu atau menyatakan keinginan karena tidak mau kehilangan papanya. Tapi…. diam saja, sehingga si papa juga tidak tahu isi hati anaknya.

Akhir cerita, mereka merayakan ulang tahun Misaki yang terlambat 3 bulan (seharusnya bulan Januari dan tidak dirayakan… ah seorang anak pasti ingin sekali merayakan ulang tahun meskipun sederhana). Saat itu pula kedua bapak anak bisa “mengaku” dan menceritakan keinginan mereka, disaksikan artis Okuyama ini. Ah mengharukan sekali, betapa seorang anak 10 tahun menahan diri terhadap papanya yang juga sejak muda sudah kehilangan ibu karena meninggal.

Kadang kala memang perlu campur tangan orang luar untuk bisa menyelesaikan masalah keluarga. Dan kebetulan orang itu adalah idola atau seleb sehingga bisa didengar. Tentu saja ada kamera yang berputar, sehingga belum tentu itu keluar dari hati. Tapi selama aku menonton acara ini, reality show ini cukup “jujur” dan bagus untuk dinikmati.

So, jika ada acara seperti ini di Indonesia, kira-kira kamu mau siapa (seleb) yang tinggal bersama kamu dan menyelesaikan masalah keluargamu? 😀

Selamat hari Jumat….. nyangkul dulu ya 😀

40 Replies to “Plus Family

  1. g mau ah seleb Indo sok tau semua Mba, xixixxi… tapi kalo yang datang bangsanya Nicolas Saputra gapapa juga sih 😀

  2. duh gimana rasanya ya hidup serumah tapi komunikasinya buruk? kaya mimpi buruk kayaknya. hmmm …. ternyata ada ya keluarga seperti itu?

    kalau aku, maunya sama artis siapa ya? kayaknya idem sama clara aja, mau sama nicolas saputra. cakep bangeeeet! hehehe. ntar jangan-jangan malah timbul masalah baru? hihihihi :p

  3. di Indonesia kapan itu pernah deh acara yang mirip2 begini mbak, tapi tidak 3h2m, tapi cuma 1 malam deh, dan misinya pun beda. cuma mendekatkan sang artis dengan fans nya saja.

    bagus sekali ya misinya mendekatkan yang sedang renggang hubungannya, atau setidaknya bisa mencarikan solusi bagi yang sedang berselisih.

    hmm … klo aku kayaknya kepengin didatangin … siapa yaaa .. hmm … artis/aktor luar boleh gak? xixixi *bersiap mengkhayal*

    • Wah, bener tuh. Setuju. Mana enak ada orang asing tinggal ama kita gitu.

      Lagi pula menurut saya budaya di Indonesia tidak cocok untuk reality show semacam itu.

  4. aku pilih didatangin pierce brosnan ajah.. 😛

    di rumah lagi banyak masalah, setrikaan numpuk..
    kali aja beliau mau nemenin nyetrika.

  5. kasihan banget nasib Misaki ini
    aq ngebayanginnya juga gak tahan
    *suka inget anak sendiri*

    artis dtg ke rumah qta…?
    kalau cm dtg doang sih mauuuu
    apalagi yg dtg teuku wisnu
    tapi kalau hrs nginep…..
    gak mau aah….kasihan rumahku kamarnya suma 2
    hihihi…..

  6. Jadi ingat, dulu di tv Indonesia ada acara namanya Nanny 911. Orang tua yang merasa kerepotan dengan tingkah laku anak2 akhirnya meminta tolong Nanny Center untuk menyelesaikannya. ternyata masalah kadang tidak hanya ada pada sang anak, namun juga orang tuanya.

    Kalau yang ini mungkin bisa dibilang family 911 🙂

  7. wah seru nya bu mel ada acara beginian, bentar lagi ditiru indonesia gini ini 😀

    Mau sama artis sapa yaa……sama mbak2 yang main ayat2 cinta ajah deh, sapa tau ketularan jadi wanita yang baik 😀

  8. Hmm…aku malah jd punya inspirasi untuk menulis cerita fiksi setelah baca postingan ini nechan hihihi…

    makotoni arigatou ^-^

  9. artisnya harus yang benar2 bisa membawa diri ya. klo di kasih artis yang manja dan pengen dimanjain jgn2 malah bikin masalah baru.
    klo keblug pengennya iko uwais ajah. biar masalah keamanan di rumah teratasi 😀

  10. Beberapa kali sempat saya melihat reality show yg mengharuskan artis menginap barang satu atau dua malam. tapi seingatku bukan untuk ikut menjadi mediator, tapi hanya sekedar menjadi host suatu acara sosial gitu, mbak.

  11. kalau aku maunya sih sesama blogger aja yg nginap dirumah
    jangan artis ….emoh akh……… 🙁

    karena sekarang sedang ada masalah, males …….
    males up date postingan, males reply komen dan males be we…. hehehe… 😀

    kalau ada sesama blogger yg nginap
    khan bisa selesai tuh urusan males nya ….hahahahaaaa… 😀
    salam

  12. Hahaha…
    Kayaknya kalo ada seleb yang tiba2 masuk dalam kehidupan kami, yang terjadi malah nambah masalah Bu…
    Sementara ini saya merasa aman nyaman dengan masalah kecil yang pasti ada.

    Nggak tau juga sich, pendapat istri saya sama dengan saya apa beda 😀

  13. Acara seperti ini bagus juga agar para seleb tidak selalu berada di menara gading ya jeng.
    Di Indonesia juga ada acara seperti itu, judulnya “Jika aku menjadi..”. Seleb tinggal di rumah orang tak punya,membantu pekerjaan mereka dan sebelum pulang memberikan sesuatu untuk dikelola sehingga menjadi sumber penghasilan mereka.

    Salam sayank selalu

  14. Aku juga lihat acara itu Mbak…meskipun ga sepenuhnya ngerti karena kemampuan bahasa jepangku yang cetek. Bagus acaranya. Sayang ga nonton sampai selesai…

  15. kalau buat ngurusi masalah keluarga aku gak mau ah mbak.. tapi kayak yg lain.. kalau nicholas saputra dateng dan mau nginep.seh aku rela banget deh.. hihihi :p

  16. Sangat menyentuh sekali Mb Em, tidak kebayang bagaimana seorang anak umur 10 tahun mampu menahan diri mengungkapkan keinginannya. Saya yakin Misaki chan kelak akan menjadi anak yang teguh dan sukses.
    Btw jika ada acara seperti ini di Indonesia, saya mau ditemani Luna Maya saja Mb Em… 🙂

  17. Kalau saya … kebalik …
    Saya pengen tinggal di rumah celebritis …
    dan kalau bisa … menyelesaikan masalah mereka …

    hahahaha

    (ini namanya … pahlawan kesiangan …kepagian … kesorean dan kemalaman sekalian )

    Salam saya

  18. mmm… 🙄 artis ya… susah juga ya pertanyaannya…

    saya mau farah quinn aja deh yg datang… trus ga usa bantuin menyelesaikan permasalahan, cukup masakin saya sekeluarga aja deh hehe :mrgreen:

    salam kenal mbak 🙂

  19. Baca kisah ini, trenyuh hati. Tampak sepele, tapi ternyata ada cukup banyak kejadian, dimn sso tak cukup mampu berkomunikasi dg baik, sekalipun seorang guru yg terbiasa berhadapan dg anak didik… ketika berhadapan dg anggota-keluarganya yg sdg ber-masalah… hanya krn emosinya tlh teraduk.
    Bagus mbak. Salam.

  20. inspiratif banget acaranya.

    Semoga ga akan pernah masuk ke acara semacam itu. Tapi kalo misalkan ada acara itu di Indonesia saya pengen banget ngeliat Syahrini bisa masuk ke keluarga yang bermasalah dan menyelesaikannya. Menyelesaikan permasalahannya maksud saya.

    Yes Syahrini.

    Eh Imelda san tahu Syahrini yang mana gak ya? 😀

  21. Ogah akh kedatangan artis Indonesia…plus kamera TV pula….males beres-beres rumahnya hahahaha….. Tapi cerita ini mengharukan juga…ga kebayang deh ada ibu yang tega ninggalin anaknya dengan kondisi kayak gitu…(rumit amat kayaknya ya…)

  22. seru juga tuh acaranya, baca komeng2nya juga lucu-lucu…xixixixi…

    kalo Oyen pengen didatengin garing nugroho (eh, sutradara artis bukan seh?), kali bisa ngorbitin jadi artis jujjaaa…. xixixixi…

    *ihiks, pengen ke jepun 🙁

  23. ah, nggak mau kedatangan dan diinepin artis… ntar susah lagi ngeladeninnya… urusan rumah tangga kalau bisa ya diselesaikan sendiri dulu tanpa melibatkan pihak ketiga, apalagi artis yang bener2 orang asing yang sebenarnya nggak tahu-menahu persoalan kita…

Comments are closed.