Seberapa Sering Anda Mengganti….

28 Apr

Pacar? Oh no… jangan diingat-ingat lagi deh kalau itu hohoho. Tapi kalau mengganti baju dalam sehari tentu boleh ditanyakan dong ya? Atau mengganti kaus kaki (biasanya sih sehari sekali bukan? ….yang jawab bukan, aku ngga ngerti deh seberapa baunya kakinya hehehe. Kecuali kalau basah kena hujan yaaaa). Atau mengganti gelas/mug dalam sehari? Nah ini aku tahu pasti ada yang bilang setiap kali minum, tapi kalau yang “environmentalist” pasti berkata satu hari sekali, pakai satu gelas diberi tutup/nama. Aku termasuk orang yang pakai satu mug satu hari 😉

Entah kenapa pagi ini aku sambil menjemur pakaian teringat pada sebuah acara di TV yang bernama “Nandemo World Ranking” yang diasuh oleh Imoto dan Neptune (Sekai Bantzuke). Sesuai dengan namanya acara ini menampilkan G20, 20 orang dari berbagai negara yang menjawab tentang kebudayaan di negerinya. Dan tentu saja termasuk orang Indonesia, yang jika dilihat dari daftar namanya bergantian dengan 3 orang.

Biasanya staff menyediakan suatu ranking tentang topik tertentu dan dari hasilnya akan dikomentari wakil dari negara yang bersangkutan. Ranking itu memang bermacam-macam, dan ada yang sudah pernah aku tulis juga di Graffiti or Rakugaki. Untuk sebuah episode misalnya ada ranking mengenai:

・よく掃除をする国ランキング Ranking mengenai negara mana yang paling sering membersihkan rumah. Hasilnya nomor 1 adalah Chile dengan angka 17,8 kali/seminggu. Alasannya karena di Chile banyak laba-laba beracun sehingga perlu sekali sering membersihkan rumah agak laba-laba itu tidak sempat datang dan menghuni rumahnya. Sedangkan yang paling jarang membersihkan rumah adalah Norwegia dengan angka 3,4kali/minggu, karena kedua orang tua bekerja sehingga tidak sempat membersihkan rumahnya (dan tentu saja tidak ada ART seperti di Indonesia). Jepang sendiri berada di posisi 27 dengan 9,5 kali seminggu.

・お風呂(シャワー)に入る国ランキング Ranking negara yang paling sering mandi. Nah ini perlu berbangga karena Indonesia mendapat ranking no 1 dengan 13,8 kali/minggu, dan yang paling jarang mandi adalah negara China dengan 4,5 kali/minggu. Memang China luas sekali, sehingga daerah yang panas tentu lebih sering mandi, tapi di daerah yang dingin mereka tidak ada air panas untuk mandi, sehingga jarang mandi. Kebiasaan mandi ini memang bergantung pada suhu udara rata-rata. Yang menarik jawaban dari Orang India, yaitu bahwa mereka pasti makan kare setiap hari, sehingga badannya juga ikut berbau kare. Karenanya perlu sering mandi. (sambil ingat temanku pernah berkata bahwa orang India sering berbau bawang bombay)

´パンツを取り替える国ランキング Ranking negara yang paling sering mengganti celana dalam. Di sini juga Indonesia menempati posisi pertama dengan alasan bahwa setiap sembahyang ganti celana dalam, sehingga dalam sehari bisa beberapa kali ganti celana dalam. Sedangkan yang paling jarang ganti adalah China (lagi) . Hmm aku sendiri cukup kaget mendengar hasil ini, karena memang biasanya kita mengganti CD sesudah mandi (jadi 2 kali sehari), tapi aku baru tahu bahwa umat muslim mengganti CD setiap sembahyang. Wakil Indonesia yang perempuan bahkan mengatakan (sambil menunjukkan) bahwa dia selalu membawa tas isi peralatan sembahyan+CD untuk ganti).  Tapi dalam pembahasan soal ini, ada suatu fakta yang mengherankan yaitu orang NewZealand jarang mengganti kaos kaki. Wakil NZ mengatakan bahwa dia sudah pakai kaos kaki yang sekarang dia pakai selama 65 hari. hiiiiii jorok (Si Kai sering loh pakai kata “jorok” meskipun sering kebalik-balik dengan “jelek” hahaha)

Masih ada bermacam-macam ranking yang dibahas, tapi yang aku teringat waktu tadi menjemur baju ya yang tentang ganti CD itu. Jadi aku ingin tahu apakah benar setiap sembahyang umat muslim mengganti CD nya?  Lalu kira-kira apa lagi ya yang sebetulnya perlu diganti secara rutin secara berkala? Yang kutahu sahabatku si Nique pernah menulis tentang SIKAT GIGI. Oh ya, Aku juga pernah menulis tentang Handuk loh….

Selamat berakhir pekan! Dan untuk yang di Jepang, selamat menyambut Golden Week 😉

.

 

 

52 Replies to “Seberapa Sering Anda Mengganti….

  1. whuaaaaa….
    mba Imel kenapa nanya nya begetoooo…hihihi…
    *jadi malu*

    Kalo setahu aku nih yaaaa…ilmu aku masih cetek banget nih tapinya…
    jadi mohon maap kalo kurang tepat atau gimna gituh ya…
    Kalo mau shalat, gak boleh kena cipratan pipis, karena hukumnya najis…

    Jadi kalo abis pipis ceboknya bersih, dan pipisnya gak menciprat kemana mana sih, sepertinya gak apa apa gak ganti cd. Kalau aku biasanya suka di lap lagi pake tisu biar tambah bersih dan gak lembab…*duh, too much info gak sih???…hihihi…

    Makasih loh infonya…
    Karena bagi umat non muslim apalagi orang Jepang tidak akan tahu alasan-alasan ini kan?
    Terima kasih sudah menjelaskan dengan gamblang.
    Kalo boleh tanya, skr kan banyak panty liner tuh. Semisal ganti pantylinernya aja gimana?
    Laluuuuuuu ini berarti berlaku untuk perempuan saja kah? Apakah laki-laki juga ganti CD setiap sholat????
    Please jawab ya bi… kamu baik deh mau memberikan info yang delicate begini 😀
    Soalnya kalo ngga tanya, mana tau kan?

    • sama sama mba Imeeeeel 🙂

      pas waktu jaman kerja, trik aku emang pake panty liner tuh mba…
      walopun tetep gak nge jamin juga siiih,
      tapi yang paling penting sih ya itu aja mba…
      tidak boleh kena cipratan air pipis…dan hadast besar juga sih …
      pokoknya hadas kecil dan hadas besar lah yah…

      Laki laki juga sama lah mbaaa…
      Kalo abah sih selalu naro sarung di kantornya…
      jadi kalo sekiranya dia merasa tidak pede…tadi kecipratan atau ngga yah..
      biasanya suka ganti pake sarung…

      Tapi sekali lagi, kalo menurut aku nih yaaa…
      Tuhan pastilah maha mengerti kan, dan gak mau menyulitkan umatnya juga…
      Jadi kalo aku sih suka dirasa rasa sendiri ajah..
      Kalo dirasanya masih bersih yah, aku gak ganti…

      Tapi ilmu akyu masih cetek lho mba Imeeel…
      Jadi kalo ada yang mau nambahin atau gimana..silahkaaan 🙂

  2. memang setiap kali sembahyang, kita umat muslim, tdk mengenakan cd yg lama ,Mbak Mel
    namun begitu, tergantung juga sih pribadi masing2 orang …
    ada juga yg gak tiap kali sholat, tiap kali juga ganti cd….
    mungkin krn merasa masih bersih …….. 🙂

    hiiii….jijay banget sih tuh orang NZ….
    kebayang deh tuh kaos kaki baunya dah kayak terasi ….whoek…. 🙁

    salam

    ic ic bunda… berarti itu juga tergantung orangnya. Aku juga sih meskipun tidak sholat ya kalau musim panas, lalu merasa “tidak bersih” lagi ya aku ganti juga. Kadang bisa 4 kali sehari hahaha
    Nah itu soal si org NZ jorok yah hahaha. Masak abis itu dia copot kaos kakinya dan kasih org suruh cium hahaha
    Kalo menurutku sih pasti cuma dia aja, ngga semua org NZ begitu 😀
    EM

  3. Tapi yang paling parah sih sebenernya waktu Fathir belum lulus toilet training tuh mba…

    pipis berceceran kemana mana,…
    dan kadang kena aku juga…
    aku harus mandi besar berapa kali tuh, tiap mau shalat…hihihi…

    Untunglah sekarang masa suram itu telah berlalu…hihihi…

    wah sampai segitu ya? Ya ya ya untung masa itu sudah berlalu
    EM

      • masalahnya aku suka gak pede gitu mas 🙂

        karena Fathir sudah lepas ASI, jadi makanan dan minumannya udah hampir sama kayak kita…

        Kalo waktu masih ASI eksklusip sih aku cuman ganti baju dan dibanjur doang bagian yang kenanya…

        • hehe.. najis itu tidak membatalkan wudlu kok teh, cuman tidak sah jika sholat dalam keadaan najis 😀 jadi harus dicuci. baik itu bayi yg baru minum asi dengan orang dewasa (termasuk bayi yang sudah makan nasi) cara membersihkannya cukup dicuci. sedangkan kalao mandi besar itu untuk mimpi basah, nifas, haid 😀 demikian setau saya 🙂
          tapi jika tak yakin sih nggak apa-apa, daripada was-was..
          #Maaf nih bu Em, jadi tempat diskusi, hihi..

  4. Sepertinya tergantung orangnya ya nechan, pada dasarnya sholat itu harus bersih dr najis, interpretasinya beda2 deh :D. Aku sendiri ga ganti tiap kali mau sholat selama yakin membersihkan diri setelah beraktivitas di toilet, kalo merasa kurang yakin bersih atw tidaknya, yawda ga pake CD deh kyknya yg Bunda Ly bilang hihihi.

    FYI, orang Jepang waktu memakai Kimono juga tidak memakai celana dalam dan bh sih, tapi ada baju dalam yg seperti lingerie (tidka langsung kimono)
    EM

  5. Wah, meskipun belum akurat namun ini sesuatu yang mengembirakan Indonesia paling rajin mandi. Namun di negeriku ini juga aneh masalah mandi, khususnya air. Di satu tempat air melimpah sampai gak bisa ditampung namun di satu tempat kekurangan air banhkan harus berjalan berpuluh kilometer hanya untuk mencari air minum. Dan yang begini dapat dipastikan bahwa mereka jarang mandi 🙁

    Salam hangat serta jabnat erat selalu dari Tabanan

  6. Aku juga ga termasuk yg kudu ganti tiap sholat. Kalo dirasa kurang sip aja baru diganti. Hahahaha :p

    Aku ga bisa bayangin bau kaos kaki 65hari itu. Bisa pingsan kali ya:p

  7. Saya mandi tiap hari 2 kali di sini. Lalu teman saya yang orang Vietnam bingung? Hah? Setiap hari dalam 365 hari setahun? Kalo winter gimana? Eh, rupanya mereka mandi sekali saja saat winter, hahaha… saat itu saya bangga sekali jadi orang Indonesia (yang suka mandi) 😀

      • Iya Bu, rasanya kog bau banget kalo ga mandi 2 kali, hehehe… padahal ga banget-banget deh, orang sini kadang malah ada yang keluar rumah badannya berbau ga sedap 😀

  8. Negara kita yang penduduknya paling sering mandi ya, bila dilanjutkan akan didominasi pengguna gayung jebar/jebur dibanding shower. Bila perkapita menghemat 1 gayung/mandi secara nasional akan mengurangi beban PDAM dan memperluas kesempatan penikmat PDAM. Salam

  9. aku ganti baju sih sehari 2 kali tp kalau mandi cuma 1x mba,soalnya kan kerja pulang malam jadi kalau mandi malam takutnya malah jadi penyakit

  10. mbaaaak…..
    kalau aq ketika mau sholat kalau tdk yakin bersih lebih baik ganti CD
    kalau mandi sih 2x sehari terkadang kalau udara sedang panas-panasnya bisa 3x juga

    sama mbak,aq juga satu mug satu hari kok
    *kalau yg ini sih karena males banyak cucian aja*
    hihihi…..

  11. Mmmm …
    Saya rasa … at least di keluarga saya …
    Kami tidak mengganti CD setiap akan/habis Sembahyang …
    Yang pasti adalah … kami menggantinya … 2 kali sehari … Pagi … dan Sore …
    Setiap habis mandi … yang juga 2 kali sehari itu …

    Itu yang terjadi dikeluarga kami …
    Saya tidak tau keluarga yang lain …

    Salam saya EM

  12. kalau indonesia pasti juara tuh aklau soal mandi ya… apalagi kalau dibandingkan dengan penduduk negara negara 4 musim pasti menang deh. kita lebih mudah berkeringat sedangkan mereka tidak…. : ) makanya orang Indonesia lebih wangi wangi..

  13. Semacam itu pan ndak bisa langsung digeneralisasikan, Bu.

    Saya sendiri mandi dua kali sehari, ganti CD juga dua kali sehari, kaos kaki dua kali sepekan, dan membersihkan rumah jarang kali sepekan. 😛

    Kalau mug untuk minum air putih mah sekali sehari. Pan emang segitu takarannya. Kalau sering-sering mah boros namanya. Ha wong mug cuma punya tiga. Hwehe. 😀

    Salah satu yang bikin saya kagum akan orang Jepang itu ya acara-acara televisinya keren-keren semacam itu. Niat banget kalau mau bikin acara.

  14. Kayaknya kalau aku di bawah rata-rata mandi orang Indonesia, ahahaha xD
    Kalau ganti cd sebelum sembahyang, aku ga gitu sih hihi.
    Ganti biar mastiin bersih aja…

  15. Kalau soal ganti cd setiap salat, aku idem dengan jawabannya Bibi Titi Teliti dan Bunda Lily. Pada prinsipnya adalah harus yakin bahwa cd yang dipakainya bersih dari cipratan pipisnya. Sebab, salah satu syarat sahnya salah itu adalah sucinya badan, pakaian dan tempat salat dari najis. Ada banyak macam najis, salah satunya adalah air pipis..

    Kalau soal mandi, aku tergantung daerahnya, nechan. Kalau lagi di Jogja, minimal 2 kali sehari. Tapi, kalau lagi di Curup, seringnya cuma sekali sehari. Dingin banget sih soalnya.. 🙂

    • uda, saya sih walo di jkt yg panas ini, klo sore gak mandi ya terus mandinya baru besok pagi lagi. mandi pagi wajib, tapi klo sore malam sering lupa. itulah akibat di ruang ac sepanjang hari xixixi … tapi ya bagus juga kan, jadi hemat air 😛

  16. Setauku sih gak selalu ganti CD, BuEm,s etidaknya teman-temanku enggak, suamiku juga enggak sih 😀 Tergantung orangnnya kayaknya yaa.

    Tapi kalo sampai gak pake CD aw…aw…gak kebayang, semriwiiiing…. :mrgreen:

  17. iya, sebagai orang indo, emang terbiasa mandi 2 kali sehari ya. saya walaupun di sini lagi dingin pun tetep berasa harus mandi 2 kali sehari, kalo gak, gak enak rasanya… 😀

  18. lebih sering tidak pakai cd. untuk menghambat pertumbuhan di daerah anu. tapi bahayanya kalau ada cewe bupati (buka paha tinggi2) bisa oofside. kakaka

  19. jujur nyengir sendiri klo mau sholat mesti ganti celana Dalam. perasaan gak gt deh…. tergantung orgnya juga CD yg dipake bersih apa gak…

    tp boleh lah indonesia dpt peringkat….. hehehhehehe

  20. saya sih pengguna panty liner, jadi tinggal sedia stok panty liner aja di tas 🙂

    btw, itu orang NZ gak salah tuh??? Jangan2 walau 65 hari gak ganti kaos kaki, tapi kaosnya gak bau , mungkin? Sehingga dia pede aja untuk pakai kaos kaki itu terus hehehe … Mesti dtanya rahasianya, kalau bener kaos kakinya gak bau2 hahaha

  21. aaampunnn daaahhh, ampe 65hari? warna & baunya uda macem apa tuh? yang disebelahnya uda mau pingsan kalo nyium “aroma semerbak” kaos kakinya ^^

    *salam kenal*

  22. Kalau saya ganti CD hanya dua kali sehari (setelah mandi), kecuali kalau mau shalat tp tidak yakin kebersihannya (baru ganti). Klo di Indonesia mandi dua kali sehari. Waktu sekolah di Canberra saya hanya mandi di pagi hari saja, tapi teman2 di sana kadang mandinya hanya 2 atau 3 hari sekali. Mungkin tidak keringatan dan ding cuaca dingin kali Mb….

  23. Wah saya baru tau di NZ kaos kaki 65 hari ga tanti… iiih parah deh china juga gt jarang mandi 😀 hahahaha keren ini fakta nya. Oh ya ga ada ya negara mana yang paling rajin sikat gigi?

  24. Aku mandi sehari sekali 🙂 Ganti celana dalam sehari juga sekali… ganti kaos kaki?? Hmmm.. dua hari sekali 🙂

  25. kalau kaus kaki sehari sekali aku ganti kak. Gelas paling sering ganti,apalagi anak2 kadang tiap minum ambil gelas. btw kak share dong mengenai Pakaian dalamyang sudah tidak terpakai diapakan?maksudnya dibuang atau dibakar giamana gitu caranya?karena aku banyak nih mau dibuang takut

  26. Soal ganti atau nggak ganti itu nggak berhubungan langsung dengan ritual ibadah Bu…
    Masing2 ukurannya bersih atau “suci”.
    Kalau si empunya yakin CD nya masih dirasa sah buat ibadah, nggak ganti juga nggak apa2.
    Lagian kita nggak dipersulit dalam ibadah kok.
    Untuk memastikan bersih atau sucinya nggak harus cek laboratorium atau pakai mikroskop, tapi pakai perasaan aja.

    Saya punya transkrip hasil wawancara dari murid saya Bu…
    Ini selengkapnya

    Petugas : “Mas punya berapa celana dalam?”
    Responden : “Punya 2 Mbak”
    Petugas : “Bagaimana penggunaanya Mas?”
    Responden : “Ya gampang to mbak. Satu dipakai, satu dicuci, begitu bergantian… Gitu aja kok repot. Kok nanya2, emang mau bagi2 ya Mbak?”

    Petugaspun tersipu dan berlalu, nyari orang lain
    Petugas : “Bapak punya berapa celana dalam?”
    Responden : “Punya 7 Mbak”
    Petugas : “Bagaimana bapak memakainya?”
    Responden : “Saya berganti sehari sekali Mbak. Yang pertama saya pakai hari Senin, berikutnya hari Selasa, lalu Rabu, begitu seterusnya sampai Minggu…”
    Petugas itu berpikir, orang ini lebih sehat ketimbang orang pertama.

    Wawancara dilanjut ke orang ketiga
    Petugas : “Maaf Om, berapa banyak celana dalam yang Om koleksi?”
    Responden : “Punya 12 Mbak”
    Petugaspun mbatin dalam hati, ini nich… lelaki higienis dambaan gue. Celana dalamnya saja selusin… Mana diberi nomor urut 1 sampai 12 lagi. Apa ndak hebat?.
    Petugas : “Bagaimana cara Om memakai koleksi sebanyak itu?”
    Responden : “Yang nomor 1 saya pakai bulan Januari, nomor 2 saya pakai bulan Februari, begitu seterusnya sampai Desember…”
    Petugas : 😀

    Transkrip ini pernah saya posting di April 2009

  27. aku menyimak saja komentar-komentar soal apakah mesti ganti CD pas mau sholat. 😀

    aku dulu pas masih kerja, sukanya mandi sekali kalau libur. tapi itu duluuuu. dan jarang-jarang juga sih. tapi sekarang setelah kerja di rumah, mandi dua kali. itu wajib deh. kalau enggak, malah nggak konsen kerja. :p

  28. Ganti CD sebaiknya ya setiap mandi jeng.
    Pakaian Sholat memang semuanya harus bebas dari najis.
    Tapi semuanya tergantung tingkat kesadaran dan juga punya atau tidaknya stok CD.
    Kaus kaki ya setiap mau pakai sepatu ganti karena biasanya lembab atau bau.
    Salam hangat dari Surabaya

  29. tentang pakaian sholat harus bebas dari najis, bukan hanya CD, sarung juga harus diganti jika kena pipis atau barang2 lain yang termasuk nasjis. Kopiah juga kalau jatuh trus kena tinja ya harus ganti ha ha ha

  30. Indonesia negara tropis sih ya. Panas dan lembab, jadi sering keringetan dan lengket2. Dulu saya malah mandi 3 kali sehari: pagi, siang (pulang sekolah), trus sore/malem.

    Sedangkan di negara 4 musim, biasa tergantung cuaca deh, kalo lagi musim dingin, saya seringnya cuman sekali sehari. Kadaaanggg banget baru sekali dua hari. Kalo keseringan, kulit justru sering gatel2 ato pecah2 karena kekeringan gara2 keseringan mandi. Kalo lagi musim panas, nah itu minimal 2 kali, pagi malem. Kadang malah 3-4 kali kalo lagi bener2 panas dan keringetan terus.

    Saya juga ganti kaos kaki tiap hari. Dulu pernah shock denger temen yang ganti kaos kaki sekali seminggu (dan dia orang indo juga padahal), lol.

  31. aku kebiasaannya sama dengan om NH.. cuma ganti ya pas mandi.. tapi kalau ibu aku di rumah klo mau sholat gal pake cd.. ya aku berasa aneh aja gak pakr cd.. yg pasti seh kalau sholat sore dan magrib bersih.. coz kan habis mandi.. hihihi..

  32. Waaaahah…. ini mah soal pribadi,…. saya sebagai lelaki…. #nocomment

    Soal kaos kaki itu,… saya paling lama memakainya 30 hari, sama seperti salah satu koleksi celana jeans saya 😀

  33. kaos kaki sehari ganti atau setiap kali pakai ganti pasti..

    baju sekali pake begitu mandi ganti.. kalo kepepet yaa ga ganti…

    ganti seprei 2 minggu sekali atau sepengen nya :))

    ganti handuk 2 minggu sekali…

    ganti sepatu kalo rusak…

    ganti lens sebulan sekali

    ganti hp kalo rusak dan ada duit -______________-

    ganti pacar… hahahahhaa setahan nya LOL!!

  34. Yang jelas minimal ganti CD dua kali sehari, sekaligus saat mandi…tapi kalau bepergian dan merasa nggak bersih, mau sholat ganti CD.
    Adanya panty liner sangat menolong…jadi yang diganti panty liner nya.

Comments are closed.