Satu Putaran

Satu Putaran

Aku yakin teman-teman semua tahu bahwa kalender China mengenal Shio atau dalam bahasa Jepangnya Eto 干支. Yaitu Karakter binatang yang dipakai sebagai zodiak di China dan jumlahnya ada 12 binatang. Meskipun konon karakter binatang ini juga melambangkan bulan dan waktu (jam), tapi yang lebih dikenal di Indonesia dan diaplikasikan juga dalam kehidupan di Jepang adalah yang melambangkan tahun. Tahun 2011 ini adalah tahun Kelinci dan tahun depan 2012 adalah tahun Naga.  Keduabelas karakter itu dimulai dengan Tikus dan diakhiri oleh Babi.

Legenda tradisional terjadinya Shio :  

Suatu hari menjelang tahun baru, Tuhan bermaksud untuk mengumpulkan binatang-binatang untuk berkumpul pada tahun baru. Lalu Tuhan mengeluarkan pengumuman : “Harap datang ke puncak gunung pada hari Tahun Baru. Binatang yang pertama sampai ke 12 paling cepat datang akan menjadi Raja Binatang yang bertugas menjaga tahun itu setiap setahun sekali bergantian”

Pada awalnya kedua belas binatang berkumpul di dalamnya termasuk kucing. Kucing memberitahu berita ini kepada teman baiknya si Tikus, dan mereka setuju untuk pergi berdua keesokan harinya. Namun, Kucing tertidur dan sambil mengantuk dia lupa hari, dan bertanya pada Tikus. Tikus berbohong mengatakan bahwa pertandingan itu sehari setelah tahun baru. Jadi di malam tahun baru Tikus tidak membangunkan Kucing, dan pergi sendiri. Di tengah jalan Tikus menaiki Sapi yang sedang berjalan mendaki gunung, tanpa sepengetahuan Sapi. Tikus menghemat tenaga, dan begitu Sapi sampai di dekat Tuhan di atas gunung, Tikus melompat dari Sapi sehingga tiba di depan Tuhan lebih dulu dari Sapi.  Setelah Sapi binatang yang sampai di depan Tuhan adalah : Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing. Dan binatang terakhir adalah  Babi hutan. Oleh karena itu Tikus menjadi tahun pertama dari siklus shio, dan diakhiri oleh babi tanpa adanya shio Kucing dalam dua belas siklus tahun itu. Karena itu sejak hari itu kucing dan Tikus bermusuhan. 

Kedua belas tahun ini kemudian digabung dengan lima unsur bumi yaitu : kayu, api, tanah, emas, dan air mengalami 5 putaran untuk mencapai kesempurnaan 60 tahun. Dalam kebudayaan Jepang, orang Jepang merayakan ulang tahun ke 60 dengan sebutan Kanreki 還暦 putaran sempurna. Ulang tahun berikutnya yang dirayakan khusus adalah 70 tahun Koki 古希, 77 tahun Kiju 喜寿, 80 tahun Sanju 傘寿, 88 tahun beiju 米寿 dan 90 tahun sotsuju 卒寿、99 tahun hakuju 白寿 dan 100 tahun momoju 百寿.

Jadi dalam hitungan orang China (dan Jepang) 12 tahun merupakan satu putaran untuk membuat satu lingkaran untuk kemudian diulang kembali. Penentuan Shio di Cina dan Eto Jepang memang agak lain, karena Cina masih menghitung berdasarkan kalender cina yang dimulai sekitar bulan Februari (imlek), sedangkan Jepang menghitung mulai tanggal 1 Januari. Menurut Shio China aku termasuk shio Monyet, sedangkan menurut hitungan Jepang aku masuk Shio Kambing.  Begitulah bingungnya orang yang lahir di bulan Januari sebelum tahun baru Imlek, tapi tinggal di Jepang :D.

Dan hari ini kami, aku dan Gen sudah lengkap melewati 12 tahun perkawinan (menurut gereja dan yang selalu aku rayakan sebagai wedding anniversary). Sudah cukup lama ya? Eh tapi kalau mengukur dengan umur manusia, baru selesai SD. Mulai besok masuk SMP, yang tentunya lebih sulit pelajarannya dari SD :D.  Semoga kami masih bisa terus bersama melangkah masuk ke gerbang SMP dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada dalam keluarga kami. Terima kasihku pada Tuhan yang telah melindungi kami berdua dalam hidup berkeluarga. Terima kasih ya Gen untuk 12 tahun bersama. Terima kasih juga untuk Riku dan Kai yang menemani kami berdua.

Seperti yang kubaca tadi di sebuah status : Kebahagiaan bukan milik mereka yg hidup dalam kemewahan, tapi milik mereka yg hidup dalam kesederhanaan tapi tak lupa berucap syukur…  Keluarga kami tidaklah kaya materi tapi kami berusaha bersyukur setiap hari, setiap detik. Di kala aku lupa dan mengeluh, Gen mengingatkanku selalu. Dan ketika aku bimbang dan ragu, cukup kupandang wajah kedua anakku dalam tidur atau menikmati pelukan mereka…. damai dan bahagia menyebar di seluruh hatiku. Dan aku bahagia mempunyai keluargaku ini. Penuh cinta.

deMiyashita on 12 years wedding anniversary

 

 

32 Comments

Paragraf trakhir so sweet…. 🙂
“Kebahagiaan bukan milik mereka yg hidup dalam kemewahan, tapi milik mereka yg hidup dalam kesederhanaan tapi tak lupa berucap syukur… ”
memang hidup itu lebih indah kalau bersyukur mbak…

anyway jadi bulan Januari itu susah nentuin Shio ya 😀
ulang tahunku pas tahun baru cina hahahahaha…

ohya….Happy anniversary mbak…
12 tahun itu bukan waktu sebentar loh, salut sekali mbak imel dan om gen bisa melewati 12 thn itu penuh dengan cinta…

semoga langgeng jadi oma dan opa… :*

Happy wedding aniversary, Mama Imel dan Papa Gen, happy forever and ever.
Oktober lalu, pernikahanku juga sudah 12 tahun, tak terasa ya:D
Si Kakak Taruli lahir 2000 tahun naga emas, sesudah lahir sekamar sama orang China. Si Engkong percaya dengan shio2 itu, dan bilang kalau si Kakak (sebenarnya cucunya kali ya:D) yg lahir di naga emas akan menjadi orang hebat dan membawa kebahagiaan dan rejeki pada keluarganya. Saya sih mengaminkan:D
Btw, have a blessed Christmas, Kak Imel

Wow…12 tahun penuh cinta! Happy wedding anniversary Miyashita san..
Semoga cinta selalu menjadi kekuatan keluarga untuk mengarungi samudera kehidupan ini..
Sekali lagi selamat^^

GBU & family, always.

Quote:
Kebahagiaan bukan milik mereka yg hidup dalam kemewahan, tapi milik mereka yg hidup dalam kesederhanaan tapi tak lupa berucap syukur…
__________________________________

Indah sekali Imel….selamat ulang tahun pernikahan….semoga rukun dan bahagia selalu.
Saya percaya bahwa bahagia itu harus dibuat.

Seperti dikatakan oleh seorang Ustad: “Bahagia itu pilihan, kita hidup bukan di atas realitas, tetapi penafsiran atas realitas. Bahagia itu harus dipelajari. Orang yang arif akan bahagia, karena mampu menghadirkan Allah dalam setiap segi kehidupannya”

Sekecil apapun karunia Allah kita harus bersyukur…dan kalau kita mendapat cobaan, maka selalu berpikir apa yang dibalik hikmah dari cobaan tersebut.

Sekali lagi Selamat ya Imel dan Gen, bersama Riku dan Kai. (saya lupa…padahal ulang tahun pernikahan Imelda, bersamaan dengan ulang tahun anakku sulung)….

Happy anniversary mbak Imel… Semoga bahagia selalu..
Oiya.. selamat merayakan natal jg buat mbak Imel sekeluarga. Desember sepertinya bulan penuh kebahagiaan buat mbak dan keluarga..
Salam..

Selamat Hari Ulang Tahun Pernikahan untuk Mbak Imelda dan Om Gen 😀
Semoga bahagia selalu ya… ^_^

ohya, jd inget anime Jepang, Fruits Basket, di awal cerita juga diceritakan ttg Tikus yg curang itu, hehehe..

Huaaaa…… anniversary ke-12???
sehari ga online kok serasa udah setahun ga mampir di sini? Hehehehe

HAPPY ANNIVERSARY ya mbaaa
semoga sekeluarga sehat dan rukun selalu!

kelihatan mbak EM, emang bahagia gak kekira deh 🙂

Tahun depan adalah tahun shio aku, shio naga.. Katanya orang yang lahir tahun ini bagus yak buat tahun depan.. Aahh aku gak tahu juga seh, mudah2an aja deh..

Yang pasti aku berbintang leo dan bershio naga, yang membuat kata orang pantesan aku ‘keras’ banget.. hahahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :