Kedutan

Dua hari ini aku lagi tegangan tinggi. Rasanya syarafnya kering ketularan si kulit yang mengkeret karena dingin. Mau dibilang sakit kepala juga ngga. Sakit perut juga ngga. Malas dan kedutan!

Menurut KBBI daring : ke·dut n gerak jaringan krn tarikan urat;
ber·ke·dut v bergerak krn tarikan urat;
ke·dut·an v bergetarnya urat-urat pd kelompok mata dsb (yg dianggap sbg alamat atau pertanda)

Biasanya kedutan itu kan hanya sebentar, dan konon itu merupakan reaksi syaraf sekitar mata yang tegang. Kalau cari di primbon ya ada macam-macam artinya. Kelopak mata kiri akan bertemu saudara/kekasih, kelopak mata kanan akan kehilangan. Ada juga yang bilang itu pasti mau nangis. Ya iyalah emang pasti nangis karena syarafnya kan tegang terus di sekitar mata. Obatnya? Dinangisin atau tidur…hehehe.

Menurut situs-situs kesehatan tempat aku browsing, kedutan itu bisa terjadi karena :

1. stress…. iya sih menjelang akhir bulan, akhir tahun begini banyak sekali pengeluaran. Seorang ibu rt pasti stress buka dompet terus.
2. kurang tidur…… Hmmm sebetulnya ngga juga, karena aku tidur lumayan cukup kok. Tapi mungkin tidurnya dangkal.
3. Mata lelah …. kebanyakan menghadap komputer. Ya pastilah, seorang blogger, fb-ers, twitterian, anggota dumay (dunia maya) + mengerjakan terjemahan dan editing pakai komputer.
4. Kebanyakan kafein dan alkohol… Ah ngga juga kok, masih dalam batas yang wajar nih.
5. Mata kering.… ini ada hubungannya dengan dompet kering ngga ya? hehehe.
6. Tidak seimbangnya nutrisi… waduh sepertinya cukup deh, tapi ngga tau juga apa balance atau tidak. Jangan-jangan aku ini beri-beri bukannya gemuk hahaha.
7. alergi…. NAHHHH ini mungkin ya. Aku kan memang alergi. Tapi perasaan alergiku sudah keluar di bersin-bersin. Dan biasanya kalau alergen nya banyak mukaku gatal juga. Kali ini hanya kedutan saja.

Well, akhirnya tadi aku paksakan untuk siesta…tidur siang selama 2 jam. Sebelumnya juga sudah nangis sepuas-puasnya. Hasilnya? masih tuh hehehe. Malah ini sambil ngetik masih cenat-cenut aja. Jangan dikiran aku sedang main mata yaaaa…

Bagaimana teman-teman sering kedutan ngga? Bagaimana penangannya jika kedutan?

36 gagasan untuk “Kedutan

  1. advertiyha

    pernah mbak,, gak diobatin, soalnya paling cuma sebentar doang
    dan senengnya dulu pas kedutan kalo ada yang bilang,, “wah, mo ketemu pacar tuh,,” hihihih

    salam sayang mbak :)

    Balas
  2. CakCholik di BlogDetik

    Kalau di Jawa sana ada primbonnya tuh jeng.
    Keduten tangan kiri biasanya mau dapat rejeki, dll, dsb ha ha ha
    Ikut Kontes lagi. Mohon dukungan dan keplokan ya teman-teman.

    Salam hangat dari Surabaya

    Balas
  3. Tt

    Aku pernah kedutan sampai lama Kak. Lebih dari dua minggu.. Mungkin sampai sebulan. Sampai risih sendiri. Sudah kukompres dengan air dingin, sudah lihat ke pohon-pohon setelah lama memandangi komputer, tapi tetap sj masih kedutan. Sampai hampir kuperiksakan ke dokter karna takut ada saraf yang gk normal. Tapi gk sempat-sempat ke dokter dan akhirnya tanpa disadari sudah berkurang dan hilang. Puji Tuhan. Meski sampai sekarang masih penasaran, apa penyebab kedutanku yang sampai lama banget itu.

    Balas
  4. arman

    saya kadang2 juga suka kedutan. kalo kedutan bisa berhari2 pula. gak tau juga kenapa. emang banyak sih mitos2 tentang kedutan ya mbak. tapi saya sih so far gak pernah ada apa2 kalo kedutan. hahaha. katanya sih kalo kedutan berarti ada yang lagi kangen ama kita. huahahahaha

    Balas
  5. nique

    pastilah pernah kedutan, dan ajaibnya asal kedutan pasti mencoba mengingat2 mitos geje itu :D seru aja hahaha … tapi klo lama2 ya menjengkelkan, rasa2 gimana gitu

    saya kira soal kaitan mata kering dan dompet kering emang berkaitan erat deh mba, maklum sesama emak2 emang deh klo keseringan buka dompet bahkan jantung ikut naik heartbeatnya hahaha

    semoga kedutennya cepet ilang ya mba, mungkin dompetnya perlu diisi duu tuh biar kedutennya pergi *disogok* Huehuehue

    Balas
  6. edratna

    Mungkin karena matanya lelah, Imel. Mata saya mudah alergi, gatal, merah kalau kena debu. Karena suami di diagnosa glaukoma, saya ikutan periksa mata…ternyata bagi orang sehat (tak ada keluahan d imata) tetap harus cek kesehatan mata tiap 6 bulan sekali, terutama untuk yang berumur 40 tahun ke atas. Hasil pemeriksaan dokter, mata saya kelelahan, di beri obat tetes, dan dianjurkan mengurangi ngetik di komputer, me manage membaca….(Waduhh lha cari uangnya dari baca dan ngetik di komputer).

    Sebagai orang Jawa, orang-orang tua sering bilang, bahwa kedutan ada artinya. Saya tak terlalu memperhatikan…tapi yang sering terjadi kok kedutan mata kiri….dan biasanya dapat rejeki, apalagi mendekati akhir bulan seperti ini….hehehe

    Balas
  7. si.tukang.nyampah

    biasanya sih bakal ilang sendiri yah kalo kedutan. cuma ya nyebelin & ganggu aja gitu kalo kedutan. Saya seringnya kalo kedutan di mata atau bibir…hihihihihi. ada yang bilang kalo kedutan mo dapet duit/mo ilang duit…hahahahahah

    Balas
  8. nh18

    Banyak orang bilang …
    kalau kedutan itu tandanya mau dapat rejeki EM …

    (pengertian saya kedutan itu sesuatu yang berkedut di kelopak mata )

    salam saya EM

    Balas
  9. Farijs van Java

    Waduh, ada kata siesta-nya. Jadi kangen ama Delta Siesta. :D

    Iya tuh, Bu. Kalau kata orang-orang sepuh kedutan-kedutan itu ada artinya.

    Mungkin nggak ya kedutan itu karena ada peri yang iseng narik-narik bulu mata kita? :P

    Balas
  10. prih

    Bagaimana sudah sembuh dari kedutan jeng EM, bagi saya kedutan juga bioindikatror dari kelelahan perlu istirahat. Memandang hamparan hijau cepat pulih, namunnn ini kan winter ya. Salam

    Balas
  11. Lyliana Thia

    iya mbak aku juga pernah… ya sama seperti sahabat2 diatas.. didiemin aja ntar hilang sendiri… :-D

    semoga skrg kedutannya sudah hilang ya mbak… :-D

    oot, mbak Imelda.. benar mbak bahwa nggak semua orang yg mampu melaksanakan perjalanan haji, dapat mengambil hikmah dari ibadah yg dilakukannya… kalau orangnya tidak mau menerima cahaya Tuhan ya hatinya pun tertutup.. walau dia punya atribut2 agama sekalipun… terima kasih atas opininya mbak Imelda :-)

    Balas
  12. Elsa

    pernah Mbak…
    waktu SMA, mataku pernah kedutan tiada henti selama bebeberapa hari. lalu aku bawa ke dokter syaraf. ternyata kata dokternya, syaraf di wajahku gak tahan dingin, jadi semacam kena flu.
    nah lho… ada ada aja

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>