my journey from dawn to dusk

Musim Baru Awal Baru

**Edisi Ulang Tahun Twilight Express yang ke 3**

Setiap tanggal 1 April, semangat baru terasa di Jepang. Karena tahun fiskal baru dimulai, juga tahun ajaran baru meskipun upacara masuk sekolah tidak persis tanggal 1 nya. Di kantor-kantor juga sibuk dengan penerimaan karyawan baru, mutasi dan kenaikan pangkat. Semua kegiatan seakan dimulai dengan semangat hari ini, apalagi hari ini cerah dan…. bunga Sakura mulai bermekaran.

Pucuk-pucuk sakura penuh dengan kuntum yang membawa harapan baru

Sejak ulang tahun pertama Blog yang kuberi nama Twilight Express ini aku menetapkan ulang tahun TE jatuh pada tanggal 1 April, mengikuti semangat Jepang, meskipun sebetulnya tepatnya jatuh tanggal 2 Maret. Tanggal 2 Maret 2008, aku memulai blog ini di domain pribadiku. Sebelumnya sejak Mei 2005 aku menulis blog pribadi di blogspot. Jadi kalau mau menghitung lamanya aku ngeblog sih sudah 6 tahun.

Blog di domain pribadi ini kuberi nama Twilight Express, dari nama sebuah kereta express di Jepang yang menghubungkan Osaka dan Sapporo selama 23 jam perjalanan. Hampir satu hari. Dan taglinenya a journey from dawn to dusk, dari subuh sampai senja…. semua pengalamanku yang kudapat selama di Jepang, seakan aku naik kereta express tersebut. Apa yang kulihat di perjalanan kehidupan ini. Kehidupan selama 18 tahun di Jepang.

Menoleh kembali ke laporan setiap HUT TE, “A New Begining” untuk ultah pertama, dan “Laporan” untuk HUT ke 2. Aku mendapatkan bahwa di posting yang ke 905 (edisi ULTAH ke 3) ini, rata-rata pengunjung sebanyak 609-an orang perhari, turun sedikit dari ulang tahun ke 2. Sedangkan Alexa Ranking naik ke 130.000, terutama dalam bulan Maret ini. Pasti gara-gara gempa :(. Page Rank juga naik menjadi PR4.  Tapi terlihat bahwa jumlah posting setahunnya hanya 175 posting. Semoga di tahun ke 4 TE aku bisa menulis lebih konsisten lagi.

 

Memang di pertengahan tahun ke 3 aku mengalami mundurnya semangat untuk menulis, terutama karena kehilangan banyak teman-teman blogger yang sekarang sudah tidak menulis atau frekuensi menulisnya amat menurun. Pengaruh teman-teman ini memang cukup besar, karena aku merasa TE adalah ajangnya silaturahmi.

Berbicara tentang ajang silatirahmu, aku senang juga banyak teman-teman pembaca TE yang kemudian saling berkenalan dan berteman, bahkan sampai kopdar segala (dan sering kali aku tidak bisa ikut karena diadakan di Jakarta). Well, senang sekali melihat keakraban itu, dan aku berharap semoga akan banyak lagi teman-teman baru yang bergabung. Aku akui aku sedikit sekali blogwalking di tahun kemarin, sehingga aku banyak kehilangan calon pembeli teman maya. Maafkan aku, dan semoga dengan masuknya Kai ke TK, aku bisa lebih sering blogwalking dan berkenalan dengan teman-teman semua.

Sebagai kata penutup untuk posting ini, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pembaca TE, baik yang “lama” maupun yang “baru” atau silent reader yang “baru muncul dan menyapaku lewat blog atau FB”  atau yang masih terus berpredikat “silent reader”. ROM istilahnya Gen yaitu “Read Only Member”. Kehadiran teman-teman semua sungguh membuatku bersemangat dan trus berusaha menulis apa saja yang kira-kira berguna sebagai informasi, atau menuliskan kenangan yang mungkin, biarpun sedikit, dapat menjadi masukan bagi teman-teman semua. Selayaknya tujuan awalnya aku ngeblog.

Inginnya sih mengganti theme TE tapi aku sampai sekarang belum menemukan yang lebih bagus, lebih ringan dan praktis seperti theme ini.

Akhirnya aku juga mau menulis “Happy Birthday Twilight Express”, yang mengisi hari-hariku selama ini.

 



Category: Blogthing, Diary

34 Comments to “Musim Baru Awal Baru”

Add Comments (+)

  1. asfarian berkata:

    Wah, selamat ulang tahun buat blognya 😀

    arigatou
    EM

  2. vizon berkata:

    Selamat ulangtahun TE; sebuah blog luar biasa yang dimiliki oleh seorang yang luar biasa juga… 🙂

    Nechan.. aku sungguh beruntung bisa berkenalan dengan nechan lewat blog ini. Ada banyak manfaat yang kuperoleh. Aku sangat bersyukur akan itu.. Semoga TE tetap terus eksis sampai kapanpun.

    Nechan, akhir-akhir ini aku benar-benar puasa blogging. Alasannya tentu nechan tahu. Tapi, aku tetap berniat akan terus ngeblog dan berusaha menjalin silaturrahmi dengan narablog, baik yang lama maupun baru…

    Sekal lagi, selamat buat TE dan Nechan… 🙂

    Terima kasih Uda…aku juga senang sekali bisa berkenalan dengan Uda sekeluarga melalui blog. Dan ternyata banyak yang cocok ya pemikiran kita.
    EM

  3. fety berkata:

    Tiga tahun, mbak. Masih banyak hal yang akan tercatat di TE hingga belasan tahun nnt, mbak imel. Semoga aku tetap bisa membaca tentang Jepang, mbak imel, meski mungkin suatu saat aku tidak lagi berada di negeri sakura ini.

    Makasih Fety. Kamu akan pulang? kapan?
    EM

  4. monda berkata:

    selamat ulang tahun buat TE ,
    mbak sudah lama banget ngeblognya, 6 tahun,
    salut bisa bertahan selama itu, mudah2an bisa meniru mbak EM dan kita bisa terus berteman

    akupun sempat mogok dan buntu beberapa hari, karena ada juga teman yang tak mau menulis lagi, ternyata ngaruh ke kita juga ya,
    tapi biarlah, hilang satu tumbuh seribu

    btw, sudah 18 tahun di Jepang?
    kirain baru lamaan dikit dari umurnya Riku

    Hehehe iya sudah 18 tahun, menjalani tahun ke 19 nih
    pertama datang untuk tinggal tahun 1992
    EM

    EM

  5. Misfah berkata:

    Selamat Ulang Tahun Twilight Express, aku kagum sama blog ini sekaligus empunya blog. Ditengah kesibukannya bekerja sekaligus mengurus keluarga Mbak Imel masih sempat meluangkan waktunya untuk posting di TE setiap hari, postingannya juga bernas berisi, aku aja kadang perlu “semedi” dahulu baru dapat ilham buat posting, itu juga udah di tulis kadang suka ngga selesai-selesai kepotong sama kerjaan lain. TE tidak hanya mempererat silaturahmi antara Mbak Imel dan pengunjung blognya juga, memberiku banyak pengetahuan yang bermanfaat sekaligus obat kangen tentang segala sesuatu tentang Jepang. Postinganmu selalu kunantikan, Mbak Imel. Keep on Blogging ya…

    hehehe kadang aku juga susah menentukan tema apa yang mau ditulis. Kadang bawaannya serius banget. Nah kalau sudah begini biasanya aku cari sesuatu yang menarik, lalu diperluas tulisannya.

    EM

  6. Bibi Titi Teliti berkata:

    Whuaaaaa…
    hebat sekali mba Imelda…
    Bisa konsisten nge blog sampai 6 tahun???
    ckckck..
    *aku bisa gak ya?*

    Apalagi setiap postingan mba Imelda selalu padat, detail dan berisi…

    Selamat ulang tahun buat TE yaaaaa…
    Semangat nge blog terus ya mba 🙂

    Terima kasih erry…semoga bisa terus berkarya
    EM

  7. Iksa berkata:

    Selamat atas 6 tahun yang dilalui dengan menulis blog secara konsisten.
    Banyak yang dipelajari dari sini, semoga tidak bosan berbagi.

    Kalau nenekmoyangku akan ucapkan “pakatuan pakalawiren”

    Salam.

    wah pakatuan pakalawiren… aku dulu kok sering dengar ya?
    Artinya apa pak?
    Maaf aku juga baru berkunjung ke blognya…. keren-keren deh fotonya
    EM

  8. arman berkata:

    happy birthday twilight express!!!
    semoga tetep rajin menulis… hebat lho mbak imel ini.. tiap hari ada postingan baru. salut dah! 😀

    Terima kasih Arman. Kamu juga termasuk yang reguler menulis
    EM

  9. Chandra berkata:

    Happy Birthday, TE!!!! Aku baca terus lho… :)))
    Btw mba, Alexa apaan sih mba? Kalo nilainya turun artinya ga bagus?

    Chaaaaaan, I know… terima kasih ya selalu membaca.
    Alexa itu prediksi kunjungan tamu selama 6 bulan. Semakin kecil semakin bagus.
    Banyak narablog spt pakdhe cholik dan pak marsudiyanto yang sudah 60.000 an.
    Duitnya banyak tuh kalo memang di-moneytized
    EM

  10. niQue berkata:

    Hehehe …. ulang tahunnya gacek sehari sama kbsnet yang ultah tgl.2april 😀

    Semoga saya bisa mengikuti jejakmu membuat postingan setiap hari,
    sampai bertemu tahun depan lagi hehehe

    ketemunya tiap hari dong nique hihihi
    EM

  11. edratna berkata:

    Imel…
    Yang saya suka, Imelda masih rajin menulis, diantara teman blogger yang makin sibuk dan makin jarang menulis.

    Saya sendiri juga kacau balau untuk menyediakan waktu menulis di blog, dan merasa bersalah karena rata-rata pengunjung malah naik (mungkin karena saya sering berkeliling mengajar dan yang mengunjungi mungkin para murid2ku, karena yang dikunjungi adalah bidang manajemen dan keuangan).

    Saya ingin meniru Imel, untuk bisa sering posting, tapi entah kenapa sering nya draft ya tinggal draft….memang sulit nih penyakit malas ini.
    Hari ini saya bergembia, melihat foto di FB Imel dan anakku, yang sama-sama meng up load bunga sakura yang mulai kuncup..semoga berseminya sakura, juga menandakan musim semi di Jepang, dan sejenak bisa melupakan kepedihan hati. Yang membuatku tenang, saya melihat Imel masih tenang-tenang di Tokyo, teman suami yang putrinya sekeluarga di Tokyo juga mengabari suami agar tenang, karena kadang berita di media suka berlebihan, sudah mirip infotainment.

    Dan tulisan Imel yang selalu ada, menandakan bahwa kondisi aman-aman aja.
    Salam buat Gen, Riku dan Kai….terus menulis ya

  12. ekawati Sudjono berkata:

    Happy Birthday TE, a must-read blog ever 🙂
    Kicup-kicup sayang yaa, k Imel 🙂

    makasih ya Eka
    EM

  13. Tuti Nonka berkata:

    Selamat ulang tahun untuk Twilight Express ya Mbak …

    Saya bener-bener salut pada konsistensi Mbak Imel menulis setiap hari. Yang saya kagumi adalah kemampuan Mbak Imel menyediakan waktu untuk menulis, tak pernah kehabisan topik tulisan, tulisannyapun selalu komplit dan panjang. Dan masih sempat bw pula …

    Saya sendiri setahun kemarin sangat sedikit menulis, seminggu hanya satu posting. Alasannya sama seperti Uda Vizon. Juga, saya bukan penulis cepat. Untuk menulis sebuah posting kadang saya memerlukan waktu untuk membaca referensi, mencari foto, dan proses menulisnya sendiri. Selain itu saya juga perlu waktu untuk menjawab semua komen dan berkunjung balik. Posting dua kali seminggu bagi saya sudah maksimal, sudah cukup menyita waktu.

    Oh ya, Februari kemarin TV ultah ke 3, tapi saya nggak sempat memperingati. Soalnya, posting cuma seminggu sekali, padahal banyak topik yang mau ditulis, akhirnya ‘persaingan’ antar topik dimenangkan oleh topik lain … 🙂

    Terima kasih mbak Tuti…. dulu waktu mulai menulis memang susah sekali rasanya menuangkan pikiran secara tertulis. Tapi semua ya harus dijalani sebagai latihan. Pengalaman demi pengalaman sehingga bisa “lumayan” menulis. Tapi kalau soal fiksi saya nyerah deh mbak 😀

    EM

  14. wah, pertama kali main kemari…pas banget lagi ultah blognya 😀

    HAPPY BIRTHDAY TE!!!

    salut juga sama mbak imelda…6 taon ngeblog. Hadeeeuh, itu saya ngeblog dari taon 2004 on-off melulu, hahahahah. sampe pindah sana-sini kayak manusia nomaden 😀

    salam kenal yah mbaaaak…keep on writing mbak. walopun emang rasanya malesin banget waktu temen2 blogger yang seangkatan udah pada MIA *missing in action* semua, wkwkwkwkwkwkwk

    wah baru tahu ada MIA di dunia blog hehhehe
    salam kenal juga ya
    EM

  15. bayu berkata:

    wihhh hebat mbak udah 6 tahun. wahhh ngak kebayang dah selama itu. dan aku liat pas tahun pertama ada 510 postigan???????? waw 1 tahun 550 postingan. artinya 1 tahun ada 365 hari. arti nya 1,4 postingan sehari. wihhhh. 2x sehari posting. mantap. ikut ahhh. keren keren. salam kenal ya mbak

    hahaha, iya waktu itu semangat banget tuh, masih muda hahaha
    salam kenal juga ya Bayu
    EM

  16. kezedot berkata:

    met ultah y
    semoga selalu sukses
    salam persahabatan

  17. Necky berkata:

    happy anniversary buat TE……blog ini salah satu pemicu saya untuk tetap konsisten untuk posting meskipun kualitas tulisannya masih ajuh banget sm TE. Seperti mbak EM bilang latihan… latihan dan latihan akan semakin terbiasa. Saya udh buktikan…untuk awalnya cari topik susahnya minta ampun…namun dengan rajin BW akhirnya dapat inspirasi dan malah bingung mana topik yang mau duluan ditulis….hehehehe.
    Tetap…menulis terusss…saya akan tetap mampir (karena udh di taruh di web sahabat saya) salam buat Kai dan Riku…

  18. itikkecil berkata:

    Happy anniversary untuk blognya mbak….
    saya terus terang saja iri dengan mbak Imel yang bisa konsisten dalam menulis dan selalu menghasilkan tulisan yang bagus…
    semoga blog ini ke depannya akan semakin bagus…

  19. monda berkata:

    mbak aku mau coba2 masukkan komen gambarnya di sini,
    maaf ya , nanti delete aja,

    kucopy paste kode HTMLnya

    • monda berkata:

      ngak muncul gambar bunga Tachioinya, meskipun udah pakai kode HTML

      tachioi

      kodenya : < (tanpa space) img src="http:......." / panah tutup

  20. achoey berkata:

    Salam persohiblogan
    Daku kembali menyapamu kawan
    Kembali ke dunia yang penuh persahabatan ini
    Rindu rasanya
    Ada puisi anget untukmu, sobat 🙂

    Wow, dah 3 tahun nih
    Salut, semuanya makin bagus
    Postingan turun secara kuantitas tapi naik secara kualitas 🙂
    Selamat ya

  21. niee berkata:

    Wah,,, jumlah pengunjung perharinya banyak banget ya mbak, sampe 600an gitu..
    Klo aku palingan 20an aja perhari (masih newbie banget yak)..

    Sama mbak, aku juga gak bisa klo ada kopdar2 gitu, secara aku tinggalnya di Kalimantan, jadi susah klo ada acara di Jakarta atau Jawa gitu 🙁

  22. nh18 berkata:

    Selamat Ulang Tahun TE …
    Semoga bisa terus memberikan informasi-informasi bermanfaat bagi semua …

    Saya senang bisa menjadi salah satu sahabat TE

    Salam saya EM

  23. anna berkata:

    selamat ulang tahun TE 🙂

    wah.. luar biasa deh… bisa menghasilkan tulisan segitu banyaknya dalam setahun..

    tapi emang kok, mbak Imel termasuk yang aktif banget nulisnya.. dengan info2 baru khas mbak Imel..

    semoga tetep semangat ngeblog mbak 🙂

  24. zee berkata:

    Mbak.
    Konsistensi dirimu so far sungguh luar biasa. Aku sendiri sudah ngeblog sejak 2003 (or 2004? ) dan baru pakai domain sendiri since 2007. Itupun setelah pakai domain sendiri malah jadi gak aktif hahahaa…

  25. Farijs van Java berkata:

    Hoho. Seumuran dengan si Vaya rupanya. 😀

    Oh, jadi Twilight itu nama kereta. Ternyata… Pantas saja OST Densha Otoko itu lagu Twilight.

    Jumlah postingan harus diperbanyak tuh, Bu. Semangat!

  26. Yulis Samoa berkata:

    Kebetulan banget mampir.. Pas momentnya..
    Selamat ulang tahun mbak untuk blognya..
    Semoga makin sukses ya mbak…
    Btw, mbak di Jepang ya? *hmm… sudah tau koq nanya?* qiqiqiiqi
    Berarti sedang mulai menikmati indahnya Bunga Sakura ya mbak.. 🙂

    Atashi mo hoshiiiiiii naaaaa…
    Yoroshiku mbak… 🙂

  27. jumialely berkata:

    Mbak EM, Aku Kagum, 6 Tahun yang luar biasa. Inilah yang selalu patut ku contoh, menjadi seseorang yang loyal dan konsisten.

    Congrats ya mbak EM, aku masih akan setahun di domain ini tgl 9 nanti

  28. keblug berkata:

    happy birthday TE, suka deh bacanya, banyak ilmu banyak info, dan banyak belajar 🙂
    keep writing yaa ^.^
    *silent reader yang udah ga silent lagi*

  29. whita k berkata:

    hihihi telat nih..tapi tetep pembaca setia Loh wlpn jrg komen..
    Selamat ultah TE..semangat nulis trs ya neechan..mmuaaach

  30. Ceritaeka berkata:

    Ucapan ultahnya udah di YM kemarin ya mbak EM 🙂
    Aku pribadi seneng banget bisa kenal mbak EM, baca2 TE (walo mungkin intensitasnya gak spt dulu). Buatku TE itu informatif mbak…
    Keep writing ya mbak, mau baca ultah TE yg ke 4, 5, 6, dst ^_^
    Ciums

  31. aan berkata:

    met milad TE semoga tambah semangat dalam memberikan informasi dan sharingnya. selalu ditunggu tulisan2 berikutnya :)…….

  32. Liona Lee berkata:

    Terus berkarya & berbagi kasih lewat Twilight Express
    Congratulation for the third anniversary, TE & tante Imelda of course

April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

yang mau cari-cari

yang bersahabat