Makan sushi malu-malu

Makan sushi malu-malu

Kemarin ada kebiasaan di sini untuk makan sushi gulung malu-malu. Loh kok malu-malu? Sebetulnya sih bukan malu tapi maru. Tapi bagi orang Jepang kan pengucapan “malu” dan “maru” itu sama, jadi ya saya pilihkan kata malu-malu untuk judul.

Maru itu adalah bulat. Jadi kalau yang pernah pergi ke Jepang dan mengenal sebuah departemen store yang bernama Daimaru, ya artinya Bulat Besar. Saya juga pernah bingung melihat nama toko di Shibuya yang hanya bertuliskan OIOI kok dibaca Marui. Ternyata O nya itu Maru = bulat dan I nya ya dibaca i. Memang membaca tulisan di Jepang perlu putar otak untuk bisa mengerti artinya, meskipun kamu sudah bisa bahasa Jepang.

Tapi dengan adanya kata maru yang berarti bulat itu juga, bisa membuat orang Jepang yang belajar bahasa Indonesia cepat hafal kata Malu. Biasanya saya mengajarkan “Maru hadaka de Malu” (Telanjang bulat jadi Malu). Biasanya sih tokcer tuh untuk menghafal kata malu.

Lalu apa hubungannya dengan makan sushi malu-malu? Ya kemarin itu adalah hari SETSUBUN, yang merupakan hari peringatan (tidak libur), sehari sebelum RISSHUN, hari dimana mulai mempersiapkan kedatangan musim semi, meskipun tidak berarti bahwa musim dingin sudah berlalu dan menjadi hangat.  Dan pada peringatan SETSUBUN ini ada kebiasaan untuk makan sushi bulat-bulat, sushi yang berbentuk gulung, yang memang juga “bulat padat” berisi 7 macam “lauk”. Namanya “Marukaburi” まるかぶり atau “Ehomaki” 恵方まき. Dan ternyata waktu aku mencari informasi, eho berarti lucky direction, arah mujur.

Marukaburi atau ehomaki, sushi gulung berisi 7 lauk, untuk perayaan SETSUBUN

Aku membeli satu batang ehomaki ini, dan dibungkusnya terdapat cara makan sushi gulung ini. Di situ tertulis bahwa arah mujur tahun ini adalah barat-barat daya. Jadi sambil menghadap ke arah barat daya dan makan bulat-bulat satu batang sushi gulung ini. Dan sembari makan membatinkan keinginan untuk tahun ini. Misalnya supaya lulus ujian, dapat pacar, sehat dll. Wah memang kalau makan sushi satu batang seperti begini ditanggung badannya kuat dan sehat, dan siap menghadapi dinginnya hari-hari yang masih harus dilalui… sampai musim semi nanti.

kertas berisi cara makan ehomaki

Cerita lainnya mengenai perayaan SETSUBUN ini bisa dibaca di postingan saya tahun lalu yang berjudul Pergilah Kesialan, Datanglah Keberuntungan.

37 Comments

Hihihihi,… ga nyangka jd yg pertama,…. Btw, rasa sushinya seperti apa mbak?,… Lihat dari gambarnya bikin pengen nyoba,…”isinya 7 macam lauk”….. apa aja tuh mbak?
.-= avartara´s last blog ..Bapisah Bukannyo Bacarai =-.

7 jenis lauk itu adalah kanpyo (sejenis mentimun yang dikeringkan), ketimun, jamur, rumput laut, unagi (belut) dan abon denpun, telur dadar, atau yang lainnya.

EM

beberapa kali saya makan sushi. enak, seger..heheh.. saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya ( hanya menyantapnya ) sampai sekarang masih terheran2, itu kulit luar yg menutupi sushi gulung itu dibuat dari apa ya?
.-= Riris E´s last blog ..Mzm 121 : 8 =-.

Terjawab sudah pertanyaanku mbak.. Semalam aku kebingungan sendiri kok jadi energik banget ya souji sampe tengah malam tetap semangat, ga seperti biasanya…
Ternyata karena ngabisin ehomaki 1/2 batang, gimana kalo 1 batang yaa.. Hehehe

bisa di wakilkan mbak?
kalo bisa tolong wakilkan aku sambil doain aku bisa ngelewati semua pekerjaa yang bikin otak mikir terus dan sampe kebawa ke mimpi…hihihihihi

PS : ini sushi yg paling aku suka selain yg pake alpukat itu tuh 😀

salah satu tokoh dalam komik naruto ada yang namanya shikamaru. apakah ini artinya shika bulat? hehehe… 😀

melihat bentuknya jadi ingat dengan arem-arem, bentuknya juga bulat dan berisi berbagai sayuran…

Sushi, oh Sushi..
Lama sekali nggak makan Sushi..
Kapan hari sempat pingin bikin sendiri dan minta ajarin dirimu, Sis… hehehe…

Anyway,
Seru banget ya, sampai cara makannya pun ditentukan sama arah segala..

saya belund penah makan sushi mau dunt hehhehe

berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya
.-= darahbiroe´s last blog ..jumong prince of the legend | serial drama korea terbaik =-.

wew…dari dulu sampe sekarang, aku belum pernah makan Sushi …dan gak berniat mencobanya juga.

Katanya sih sekarang udah ada sushi yang mulai bersahabat dengan lidah yanggak begitu suka mentah-mentah? iya gak mbak?
.-= yessy muchtar´s last blog ..Lagu Minggu Ini. =-.

Ada yang gak mentah juga koq yess…

Asli gue lupa namanya…
tapi ada kow skr ragamnya buat yg gak terlalu suka mentah.
Anw, sushi kan ada campuran nasinya… biasanya bahan mentahnya dikit and rasanya blendid ama nasi jadi enak lho yess 😀

*mulai ngeracunin yessy biar seneng sushi hihihi
.-= Eka Situmorang-Sir´s last blog ..Surat Tanpa Perangko =-.

suatu hari aku pernah diajak Prof Loektamaji makan itu ke restoran jepang, kemudian kenapa nggak habis Ka? Sepertinya lidah saya belum mau diajak kenalan Prof… Jadilah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :