Hatsuyume: Mimpi Pertama

Orang Jepang mempunyai sebuah peribahasa “Satu: Gunung Fuji, Dua: Burung Elang, Tiga: Terong”. 一富士、二鷹、三なすび。Dipercaya jika bermimpi mengenai ketiga tema ini pada malam tahun baru (tanggal 1 dan 2) maka pasti akan ada kejadian yang bagus yang terjadi dalam tahun itu. OK, saya mengerti jika Gunung Fuji menjadi tema mimpi. Bukan orang Jepang pun senang melihat keindahan gunung Fuji yang mistis, yang jika di Indonesia bentuknya mirip dengan gunung Merapi. Selain gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, kata “Fuji” menyerupai kata BUJI yang artinya selamat (keselamatan).

Elang? Ya jika membayangi seekor Elang melayang tinggi, dapat dimengerti bahwa Elang mewakili pencapaian cita-cita. Jadi kehadiran gunung Fuji dan Elang dalam mimpi bisa dipahami. Tapi Terong? Mengapa harus ada terong? Memang di sini ada permainan kata dari bahasa Jepang, yaitu nasu, yang berarti terjadi atau terlaksana. Dan menurut saya, warna dari terong yang ungu itu juga melambangkan “keanggunan” dan “kemewahan”.

Selain “Mimpi Pertama” 初夢, orang Jepang juga mengenal “Sembahyang Pertama”初詣, “Matahari Pertama”初日の出, “Penjualan Pertama” 初売りdan “Kantong Keberuntungan”福袋, dan PR Riku yang pertama adalah”Tulisan Pertama” 書初め. Segala sesuatu yang pertama jika dilaksanakan dengan bagus, dipercaya akan membuat kehidupan selanjutnya akan menjadi bagus. Awal yang baik.

Semoga mimpi pertama Anda bagus….

12 gagasan untuk “Hatsuyume: Mimpi Pertama

  1. fatma

    mmm, awalnya mikir
    terong? kok bisa?
    ternyata “nyambung”-nya di tata bahasanya ya…

    saya jarang mimpi tuh mba
    keblug hehehehe….

    meski jarang mimpi tapi saya punya mimpi yang ingin saya wujudkan
    dan prosesnya sdh dimulai dari tanggal 1 kemarin..
    doakan bisa konsisten ya mba imel,,
    btw thanks for sharing the miyashita’s new year card-nya…^^
    omoshiroidayo..
    .-= fatma´s last blog ..satu =-.

    Balas
  2. edratna

    Terong? Kenapa terong ya?
    Tapi saya ingat, kayaknya orang Jepang suka terong. Ada pengusaha Indonesia, yang cukup terkenal, mendapat order mengekspor terong yang telah dibuat asinan ke Jepang. Dia kerjasama dengan para petani di Lembang, Indramayu, dan daerah ke arah Wonosobo.

    Terong Jepang beda dengan terong Indonesia, terongnya lebih kecil-kecil.
    Imel,mungkin ada arti lain nggak? Seperti di kampungku dulu, setiap acara tertentu selalu ada buah pisang, dan ternyata itu ada artinya
    .-= edratna´s last blog ..Kunjungan pertama di tahun baru =-.

    Balas
  3. Bro Neo

    oh warna ungu di situ melambangkan keagungan yach.. kalo di sini warna ungu identik dengan warna kedukaan (eh bener gak sih??), ada juga yg bilang warna janda.. ntah mengapa disebut warna janda

    btw yg pertama-pertama td hrs di tgl 1-2 yach.. kalo misalnya br mimpi tgl 4, apakah masih bisa disebut mimpi pertama??
    .-= Bro Neo´s last blog ..Slamat Jalan Gus Dur =-.

    Balas
  4. elindasari

    Hahaha kalau saya berharap mimpi saya bisa jadi kenyataan / terwujud mbak 🙂 🙂 🙂
    Pokoknya mimpi apa aja, yang penting yang bagus-bagus, hahaha 🙂 🙂 🙂
    Salam to keluarga mbak Imelda yang lain yach mbak (Mas Gen, Kai & Riku) 🙂 🙂 🙂

    Best regard,
    Bintang
    .-= elindasari´s last blog ..The Dream Come True =-.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *