Bingo

dibaca binggo. Adalah sebuah permainan memakai kartu dengan angka-angka dari 1 sampai 99  (5 baris, 5 kolom) dan alat pemutar angka. Jika angka yang disebutkan ada di kartu kita, maka kita bisa melipat angka tersebut ke belakang. Bagian tengah adalah free, dan jika kita bisa melipat 5 angka (termasuk free) ke belakang dan membentuk satu garis vertikal/horisontal atau miring maka kita berhak menyebut “Bingo”. Jika sudah 4 berarti sisa satu lagi kita menyebut “Rich”. Dengan mencapai bingo maka kita berhak mendapat hadiah.

5 angka diagonal sudah terbuka...BINGO

5 angka diagonal sudah terbuka...BINGO

Cara ini merupakan alternatif  pelaksanaan undian berhadiah, yang biasanya untuk menentukan pemenangnya, meminta kesedian “tamu terhormat” untuk mengambil potongan kertas berisi nomor yang beruntung. Kesannya “birokrasi” banget kan.  Sedangkan bingo memang agak makan waktu untuk menunggu siapa yang bisa duluan mendapat bingo. Tapi memang lebih “fun” daripada hanya menunggu dan melihat bapak-bapak menyebutkan nomor.

Nah hari minggu tanggal 6 Desember lalu, kami sekeluarga pergi ke Ikebukuro naik kereta. Hmmm buat yang belum tahu kota Tokyo, Ikebukuro itu termasuk wilayah  bagian Tokyo yang  juga setara dengan Shibuya, Ginza  dan Shinjuku. Naik kereta dari rumah kami  kira-kira 15 menit kalau yang express. Tujuan kami Sunshine Building 60, skyscaper berlantai 60, yang bagian atasnya memang dijadikan tempat wisata untuk melihat sekeliling kota Tokyo. Sampai dengan tahun 1991, gedung ini merupakan gedung tertinggi di Tokyo (240 meter), yang kemudian digantikan oleh Balaikota Tokyo yang hanya melebihi 3 meter saja (243 meter).

Tapi di tengah jalan kami mampir di Toyota Show Room. Bukan… bukan mau beli mobil, tapi cuma cuci mata, dan karena kok kami lihat rame sekali, seperti ada acara. Begitu lihat tulisan “Masuk, gratis” ya sudah, sekalian aja tanya-tanya harga mobil Prius Hybrid, kita join acaranya Toyota ini. Dan di situlah kita ikutan main bingo, dan aku mendapat bingo… Hadiahnya Riku yang ambil, sebuah boneka figur  One Piece film Strong World.

pemutar bola untuk undian. alat ini diberi nama gara-gara kujibiki

pemutar bola untuk undian. alat ini diberi nama gara-gara kujibiki

Setelah foto-foto di bawah boneka maskotnya Toyota dan pohon Natal, kami juga ikutan undian untuk hadiah hiburan. Caranya dengan memutar bundaran yang berisi bola berwarna. Hadiahnya disesuaikan dengan warna bila yang keluar. Biasanya warna putih adalah hadiah murah seperti tissue atau coklat. Alat pemutar bola ini menimbulkan bunyi yang khas, yang menyemarakkan suasana natal dari toko-toko di sekitarnya.

pemandangan dari lantai 60. Naik liftnya 1 menitan dan tidak terasa euy.

pemandangan dari lantai 60. Naik liftnya 1 menitan dan tidak terasa euy.

Akhirnya kami sampai di Gedung Sunshine Building 60 ini jam setengah dua. Sudah lapar sih, tapi karena tujuan utama belum selesai ya ditahan-tahan dulu deh. Kami memutari gedung untuk melihat pemandangan sekeliling Tokyo, dan tiba di tengah-tengah tempat dua orang pelukis karikatur  menggambar pengunjung yang berminat. Ini tujuan kami sesungguhnya, yaitu minta digambar sekeluarga sebagai ilustrasi kartu tahun baru kami.

Dan terus terang gambar 4 orang dan 2 di antaranya anak kecil butuh kesabaran banget.  Ilustrator mirip wajah atau Nigaoe yang kami pilih memang telaten sekali sehingga butuh waktu cukup lama untuk menggambar satu orang (yang katanya 10 menit padahal). Tapi tidak rugi deh kami antri, dan bersabar menunggu karena hasilnya memuaskan. Kalau aku malah lebih suka sketchnya yang belum diwarnai. Hasil yang diwarnai nanti ya aku kasih lihat kalau kartu tahun barunya sudah jadi hehehe. (Dan semoga jadi tepat waktu deh hihihi, entah kenapa menjelang akhir tahun gini kok sibuk banget sih?)

21 gagasan untuk “Bingo

  1. hamidah

    kegiatan rutin tiap tahun yang diindonesia sdh menguap.
    Dulu waktu msh belum ada internet masyarakat rajin kirim kartu, sekarang setelah ada fasilitas internet, kirim kartu otomatis ditinggalkan karena terlalu ribet dan terus terang terlalu mahal jg harus beli kartu ucapan terus beli perangko dsb.

    salam kenal

    Balas
  2. aurora

    hmm.. kalau ga salah, bingo itu mirip sama main kim ya mbak??
    .-= aurora´s last blog ..Sedikit coretan: ketika hati bertutur =-.

    Balas
  3. Bro Neo

    wah ada yach yg bisa bikin karikatur sekeluarga utk kartu ucapan gitu.. kayaknya aseek banget tuh kalo ada, kartunya bisa sangat personal, bukan spt buatan pabrik yg massal ..
    .-= Bro Neo´s last blog ..Bergelayut =-.

    Balas
  4. Chandra

    Si Mba hoki banget, maen games gitu bisa dapet hadian, aku mah bisaanya kalahan…haha…pokoknya yg urusan kuiz/games/undian kalahan dah… :p

    Balas
  5. Henny

    Spektakuler!

    Pengalaman sekeluarga yg asyik: bingo trus dpt hadiah pdhal mampirnya cuma iseng aja hehehe, trus foto2 yg menakjubkan!! dan… wuiih! dilukis kartun, keren nian… Hasil lukisannya bikin penasaran krn gak terlalu jelas… Keliatan bulet2 aja 🙂

    Mmh..apakah Kai duduk manis dan tenang selama dilukis *yg makan waktu lumayan lama itu?* dan eemh.. Pelukisnya ganteng xixixixi…

    Mbak Em, kartu dgn ilustrasi lukisan karikatur wajah ini -nantinya dicetak- gitu ya? Penasaran nih gimana mengaplikasikan hasil lukisan ke sebuah kartu ucapan…

    Oya, skrng udah bisa baca TE via mobile… Bookmarknya diganti bbrp kali, terakhr baru sukses. Makasih utk sarannya mbak..

    Balas
  6. Ria

    keren…gedungnya tinggi banget mbak sampe kecil2 gitu gedung yg lain ya 😀

    dan mbak imel sibuk banget karena urusan belanja2 kan? 😛 semoga persiapan natalnya lancar ya mbak dan mendapatkan suasana natal yg mirip2 dengan di indonesia 😉

    ayooo karikaturnya berwarnanya di upload…pengen liat…
    .-= Ria´s last blog ..Hatiku =-.

    Balas
  7. elindasari

    Hem, binggo…mengigatkan pada berbagai jenis permainan yang sering ada juga di Mall2 disini mbak. Hanya hadiahnya harus mengumpulin point yang banyak, kalau mau dapatin hadiah yang agak bagus.
    Wah…menjelang tahun baru kesibukan mbak Imelda makin banyak yach…. rencananya malam thn baru nanti dihabiskan dimana mbak ?. Hahaha…sudah ngebayangin suasana libur 🙂 🙂 🙂

    best regard,
    Bintang
    .-= elindasari´s last blog ..DEMI SEBUAH BONEKA “BARBIE”… =-.

    Balas
  8. nanaharmanto

    Bingo…hehehe…
    mengingatkan aku waktu ngajar dulu. kalau anak-anak bosen…aku juga lg ga mood ngajar dei jam “rawan ngantuk” kukeluarkan jurus andalan…copi-an kertas bingo…suka-suka aku nyebutin angka. yang pertama teriak bingo! dapat pembatas buku atau permen hehe..
    sederhana tp seru tuh…
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Antara Ada dan Tiada (part 2) =-.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *