Si hitam yang manis dan tidak manis

Hitam manis hitam manis
Yang hitam manis
Pandang tak jemu pandang tak jemu
Yang hitam manis pandang tak jemu

(Hitam Manis, Emilia Contessa)

Ayo…. Siapa yang merasa hitam? Yessy kah yang selalu mengatakan kulitnya hitam (dan manis)? Padahal jelas-jelas bukan hitam atuh, tidak seperti orang-orang dari benua Afrika sana kan? Dan bukan hitam seperti arang juga kan? Istilah uniknya…. kulit sawo matang. Hmmm yummy buah yang berkulit tipis dan halus dengan daging yang lembut dan manis. Jadi ingat mendiang Opa dan Oma Coutrier yang amat suka buah ini, sehingga setiap melihat sawo pasti saya beli dan mengenang kehadiran Opa dan Oma dalam hidupku. Kadang ikut cara oma, makan sawo matang yang sudah dimasukkan freezer… beuh seperti shorbet/frozen yoghurt deh. Sayang di Jepang tidak ada, dan di Jakarta pun tidak setiap saat ada.

Tuh kan ngga fokus lagi. Aku cuma mau cerita bahwa hari Kamis yang lalu aku ketemu dua roti hitam. Benar-benar hitam. Dan aku coba membelinya untuk makan siangku di kampus.

Yang sebelah kiri adalah “Ikasumi Pescatore” . Ika (jp) = cumi-cumi, sumi (jp)= tinta, pescatore (italia) =nelayan. Biasanya kalau memesan spaghetti pescatore kita akan diberikan spaghetti dengan base tomat dan berisi seafood (kerang, cumi,udang) . Nah bisa terbayang kan rasa roti ini? Untung tidak amis dan pakai keju. Ah mungkin kalau bologneis (meat sauce) aku akan lebih suka. Ini memang hitam yang tidak manis!

Yang sebelah kanan adalah coklat hitam dengan isi coklat putih. Kalau ini yummy sekali (emang penggemar coklat sihhh). Hitam tapi tidak pahit, bahkan boleh dibilang manis (enaknya coklat di Jepang tidak pernah “terlalu” manis untukku… maklum orang Jepang tidak suka gula, tidak seperti orang Jawa yang kebanyakan pakai 2-3 sendok teh gula untuk teh/kopinya. Aku? cukup satu sendok saja). Kalau lihat gambar yang kanan, jadi teringat lagu dari Benyamin yang berjudul “Item Manis”…emang yang putih cuma giginya ya 🙂

Item bukan bukan sembarang item
Biar item puti dalemnye
Nyang gua tau smuanye item
Nyang puti cuman giginye

Aku mau membandingkan lagi dua makanan yang hitam juga. Masih dari tinta cumi, yaitu Ikasumi Spaghetti. Benar-benar hitam deh. Tapi kalau aku mau pesan Spaghetti tinta cumi ini, pasti dimarahin Gen, karena katanya cuma orang yang iseng yang pesan spaghetti itu. Hmmm memang bukan favorit saya, tapi saya suka kok tinta cumi. Pernah masak tumis cumi? Kalau di keluargaku di Jakarta duluuuu sekali cukup sering menumis cumi. Makan dengan nasi panas uuuh yummy loh. Tapi memang di Indonesia tidak ada cumi yang sebesar cumi di Jepang. Cumi kecil di Jepang namanya “hotaru ika” (cumi kunang-kunang).

Kalau foto kiri atas adalah spaghetti tinta cumi, hitam yang tidak manis, maka yang sebelah kanannya hitam yang manis. (Untung aku pakai baju merah ya, jadi kelihatan es krimnya hihihi. Ayoooo yang manis eskrimnya atau aku? hehehe) . Eskrim yang sedang aku dan Riku makan bukan eskrim tinta cumi. Tadinya memang aku pikir tinta cumi, karena cuma tinta tinta cumi yang bisa membuat warna sehitam ini. Ternyata waktu aku pesan, namanya Kurogoma softcream, Es krim Wijen Hitam. Wijen memang ada yang putih dan ada yang hitam. Rasanya enak loh… ya seperti peanut butter deh hehehe. Eskrim ini saya beli di Ice Cream City, Sunshine Building Ikebukuro seharga kira-kira 400 yen (lupa persisnya).

Selain dodol, baik dodol garut atau dodolnya Jepang (youkan) yang berwarna hitam, bubur/tape ketan hitam (aku baru ingat pernah dibawakan kue ketan hitam buatan Wita di jakarta…enak!), Madumongso (aduuuh pengen banget nih Madumongso, sayang aku tidak bisa bikin tape ketan karena tidak ada raginya), apalagi ya makanan yang berwarna hitam pekat?

Well, setelah aku pikir, hitam yang manis ternyata lebih banyak daripada hitam yang tidak manis. Jadi berbanggalah mereka yang merasa hitam coklat sawo matang deh … Dan aku mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk seorang sahabat yang berkulit sawo matang juga di Jakarta, yang sedang berwisata dengan suami tercinta ke “hometown” nya di Yogya. So, Eka Situmorang Sir, Selamat ulang tahun yang ke 17 (always seventeen) tanggal 27 November yang lalu. Semoga Tuhan selalu menyertai dan membimbing langkah hidupmu ya dik. Mau pilih makanan hitam yang mana nih? Kalau eskrim pasti lumer sesampai di Jakarta, jadi jangan pilih eskrim ya hehehe.

Postingan ini merupakan postingan yang ke 666. Sebetulnya Ata-chan berpesan padaku, “Mbak postingan nomor 666 cerita yang horor dong” hehehe. Tapi karena aku sudah pernah cerita tentang  Obake (hantu) , jadi bingung deh mau cerita tentang apa. Jadi postingan ke 666 juga rada telat, seharusnya bisa di publish kemarin-kemarin hehehe.  Cullen? Ah …biar saja Cullen direbut cewe-cewe Indonesia, tidak masuk ke list aku tuh hahaha.

38 gagasan untuk “Si hitam yang manis dan tidak manis

  1. Henny

    Ada makanan khas Palembang namanya; Lempo. Dibuat dari daging buah duren dan gula pasir, diaduk teruuuus sampai pekat. Kebayang kan rasa dan aromanya? Manis bgt dgn wangi duren. Bentuknya mirip dodol tapi gak berminyak. Termasuk item manis juga… Doyankah Mbak EM dgn lempo? *acung jari* mbak EM, apakah Mas Gen doyan makan buah durian??

    Aku juga punya kenangan dgn buah sawo. Dulu setiap naek kereta api bersama alm. Papa, pasti di siang yg panas Papa akan beli sawo yg banyak dijual orang di kereta..manis dan segar!. Kata Papa, tidak pernah ketemu buah sawo yg busuk atau berulat.

    Balas
  2. fatma

    iya setuju,,!
    yang item manis lebih banyak daripada yang item g manis,,.

    di bandung ada kue dari ketan warnanya hitam kecoklatan ditaburi gula jawa yang dilelehkan namanya gemblong,
    ada juga kue aliagrem yang mirip donat tapi gepeng dan lebih kecil,,
    dua-duanya manis

    di rumah lumayan suka bikin tumis cumi,,habis makan pantang nyengir,,
    soalnya giginya pasti pada item2, mesti minum, kumur2, dan gosok gigi dulu,,
    hehehe repot ya,,

    ya udah cullennya untuk aku aja ya mba,,;p
    yuk mas edward qt jalan
    *gandengan tangan*
    .-= fatma´s last blog ..boyz II men-tracks of my tears =-.

    Balas
  3. kartiko

    mmmm… Rawon mbak..

    di surabaya semakin hitam semakin mantab rasanya …
    dibuat dari kluwek.. (eh bahasa indonesianya apa ya??)

    kedua … Rujak Petis… ..

    petisnya yang bikin hitam .. dibuat dari udang yang dihancurkan (kayaknya .. hihihi)..
    kalo gak hitam namanya gado-gado…

    kebanyakan orang yang belum pernah makan rawon + Rujak petis.. gak selera uantuk makan …
    Lha penampakannya hitam gitu…
    tapi rasanya maknyus deh….

    Waaah rawon dan petis sih saya suka pak.
    Sering masak rawon di sini pakai bumbu instant+alfa… kalau petis belum pernah masak sendiri. Rujak cingur kan maknyuss tuh pak hihihi
    (imelda apa sih yang ngga dimakan?)

    EM

    Balas
  4. AtA chan

    ..
    Deket kampungku ada desa penghasil sawo mbak, tiap rumah punya pohon sawo..
    Dan sepanjang tahun berbuah, tidak mengenal musim..
    Tahun depan kalo mau maen ke jatim, tak kasih sawo deh hihi.. 😀
    ..
    Selamat untuk postingan ke 666, semoga tetep eksis dan konsisten..
    Pencapaian yg luar biasa, menginspirasi aku untuk terus menulis 😉
    ..

    Balas
    1. henny

      Selamat untuk postingan ke 666, semoga tetep eksis dan konsisten..
      Pencapaian yg luar biasa, menginspirasi aku untuk terus menulis 😉

      … dan Aku juga!! (untuk semangat menulis…)

      Balas
  5. Lala

    Bener, bener. Rawon juga item… Uenak banget… Rujak petis juga item.. Enak banget juga 🙂
    Tapi jujur, Sis.. ngeliat spageti tinta cumi gitu, beuughh.. kok aku jadi mirip si Gen, sih? Hehehehe…. Sampai sekarnag, aku nggak pernah makan cumi beserta dengan tintanya… 🙂
    .-= Lala´s last blog ..I’m Invisible! =-.

    Balas
  6. desi eria

    mba aku ngeri liat spagheti -nya, malah ga selera deh makannya. hehe
    oiya aku pernah liat di acaranya kuliner pak bondan nasi goreng hitam karena dicampur tinta cumi. tapi sama aja, liatnya juga jadi ga selera hehe
    .-= desi eria´s last blog ..Just about me =-.

    Balas
  7. Fanda

    Mbak ngomongin hitam manis, di pikiranku udah bubur ketan item. Aku paling suka tuh, asal santannya ga terlalu kental. Duhh…jadi laper nih. Tapi bener mbak, kalo hitam n manis memang menggoda (selain coklat dan eskrim, ada biskuit Oreo mbak!). Tapi kalo hitam yg ga manis… kok jadi ga selera ya utk makan?
    .-= Fanda´s last blog ..Yunna Si Multi Talenta =-.

    Balas
  8. Pakde Cholik

    Masakan jepang selalu mengundang seleraku nich.
    <Mbaaaaaaaaaaaaaaak, anda mendapat tali asih sebuah buku dari saya, waktu acara lomba masak tuh. Mau dikirim kemana bukunya, minta alamatnya yaaaa.
    Duh bau masakannya sadap sekali.

    Adakah rasa cinta juga hadir pada saat memasak makanan itu ?
    Jika ada rasa cinta silahkan bergabung dengan sahabat yang lain dalam acara unggulan blog saya bertajuk PARADE PUISI CINTA.
    Soyvenirnya tak kalah menarik dengan lomba masak itu lho. Klik http://abdulcholik.com/acara-unggulan/acara-unggulan-parade-puisi-cinta.
    Saya tunggu alamat dan kehadirannya.
    Salam hangat dari Surabaya
    .-= Pakde Cholik´s last blog ..Acara Unggulan Parade Puisi Cinta =-.

    Balas
  9. vizon

    Kuliner Minang ada banyak yang berwarna hitam dan berasa manis. Biasanya berbahan dasar ketan hitam. Di antaranya ya tape ketan hitam itu. Dan aku sangat suka dengan tape ketan itam, biasanya itu adalah makanan khas di bulan puasa, dan cara makannya adalah dipadu dengan lemang ketan putih yang dicetak dengan bambu sehingga berbentuk pipa…

    Buat Eka: Selamat Ulang Tahun juga ya… (padahal sudah punya postingan khusus tuh) 😀

    Buat Nechan: apaa…??? 666 postingan? wuih… patut masuk MURI nih… 😀

    Balas
  10. Ria

    tau masakan makassar yg cumi di rebus itu mbak? yg warnanya item karena tinta cuminya di biarin meluber? mmmmm aku suka banget loh…hihihihi mamaku suka bikin…

    untuk mbak eka, ulang tahun 17? hihihihihi aku nanti ulang tahun yg ke 15 berarti 😛
    mbak…mbak…gimana kalau bikin tulisan 667 tentang pelakubunuh diri di jepang yg masih di percayai hantunya gentayangan…*ada gak ya?*
    .-= Ria´s last blog ..Koala Baruku =-.

    Balas
  11. nh18

    Kalau Saya suka …
    Black Soup with baby soybean seed … (alias RAWON …) hahaha

    juga
    Spicy Hot Black Meat with coconut extract (halah ngarang …) bilang aja RENDANG !!!

    hehehe

    Salam saya
    (Yang tidak Hitam … tetapi kok Manis ya …?)
    (jongkok.pasrah.com)
    .-= nh18´s last blog ..NONTON TV =-.

    Balas
  12. edratna

    Sawo…saya suka sawo. Dulu, isi sawo kecik (sawo kecil-kecil) yang berwarna pink dipakai untuk dakon (main congklak). sedang sawo yang besar isinya hitam. D rumah nenek, jika lagi musim sawo seneng sekali.

    Alm ibu suka membuat tape ketan, dan jika lebaran kue sejenis madumongso tak pernah lupa. Cumi hitam? Saya belum pernah coba, yang suka cumi goreng yang telah diberi bumbu tepung dan warnanya jernih.
    .-= edratna´s last blog ..Long week end =-.

    Balas
  13. marsudiyanto

    Mau dong, hitam manisnya…
    Lagunya Eddy Silitonga juga ada yg liriknya pakai item2 gitu Bu…

    “Hitam-hitam, kulitku memang hitam…. dst”

    [dan ternyata Ibu betul, hari ini postingan kita sama2 manis…] 😀

    Balas
  14. hany

    saya sangat membutuhkan gula pasir kering tapi kurang manis, tiap bulan nya sati kwintal saja lah, tapi kemana cari nya? muhon bantuan nya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *