my journey from dawn to dusk

Oden

Memasuki musim gugur, temperatur udara mulai menurun sehingga cukup membuat badan menggigil jika berpakaian tipis. Saat kutulis posting ini pukul 3 pagi temperatur sekitar 15 derajat celsius. Sambil kemulan selimut duduk di depan komputer, dan browsing menemukan suatu artikel berjudul “Isi oden apa saja yang disukai orang”.

Oden adalah semacam rebusan dengan memakai kaldu ikan dan ayam, berisi daikon (lobak), chikuwa dan sumire, (semacam bakso ikan dengan cara pembuatan yang berbeda), satsuma age (bakso ikan goreng berbentuk pipih), tahu goreng, tulang muda sapi, sosis, telur rebus, shirataki (semacam soun) , kulit tahu berisi mochi dan lain-lain. Semua bahan direbus dalam kaldu untuk waktu yang lama, dan tentu saja disajikan dalam keadaan panas. Oden ini selalu dijual di toko-toko konbini (convinience store) begitu musim mulai menjadi dingin.

menurut angket isi oden yang paling laku adalah Daikon (lobak), telur, chikuwa dan kulit tahu isi mochi... yummy

menurut angket, isi oden yang paling laku adalah Daikon (lobak), telur rebus, kulit tahu isi mochi dan konyaku (devil tounge) ... yummy

Kecuali sosis (jika ada), semua bahan oden yang dijual sebenarnya adalah halal. Tentu paling aman kalau masak sendiri, sehingga bisa memilih bahan apa saja yang dimaui. Bumbu oden instant juga banyak dijual di toko-toko. Tinggal rebus saja deh. Dulu aku pernah masak oden di acara bazaar kebudayaan Jepang di kampus UI, dan saat itu saya masukkan potongan ayam…. jadi deh seperti sup ayam hehehe.

Dulu waktu masih single,  kalau saya kangen bakso, saya akan membeli oden terutama sumire (bakso ikan) di konbini, dan makan panas-panas pakai sambal ABC (kalau orang Jepang biasanya memakai karashi, mustardnya orang Jepang berwarna kuning). Memang lain sih dengan bakso daging, tapi bisa sedikit mengobati kerinduan akan makanan tanah air. Sekarang? Kangen bakso sih tinggal buat sendiri hihihi (Jadi ingat Sigi yang tinggal di Mie, minta resep bakso. Sudah coba belum ya dia?)

Huh ngomongin makanan dini hari begini jadi lapar deh. Mendingan tidur dulu deh. Oyasuminasai! (Selamat tidur).



Category: Gourmet

30 Comments to “Oden”

Add Comments (+)

  1. suryaden berkata:

    15 derajat.. wohoho.. harusnya daging kambing aja deh… kok malah maem tahu… 😀
    .-= suryaden´s last blog ..Googlebot dan deteksi Malware dari Google =-.

    hihihi di sini ngga ada kambing, kecuali di toko khusus. adanya lamb (domba) lain rasanya. Dan saya juga ngga begitu suka kambing.
    EM

  2. umi berkata:

    slurph…kayaknya enak oden-nya…salam kenal 🙂

  3. Lala berkata:

    Jiaaahh….
    kayaknya aku dateng di saat yang tidak tepat…
    Perut lapar dan ngeliat photo makanan yang kayaknya nyam-nyam itu! 😀

    Sisku emang hebat.
    Bisa bikin bakso, bisa bikin tart, bisa masak ina inu…. huhuhu, aku juga bisa nggak ya, someday jadi ibu seperti Imelda Coutrier??? 🙁
    .-= Lala´s last blog ..Walk in Someone Else’s Shoes =-.

  4. AtA chan berkata:

    Kenapa ya orang jepang suka bgt sama daikon..

    Tokyo dah dingin rupanya, jaga kesehatan ya mbak.. 😉

  5. Bro Neo berkata:

    bengawan solo mengalun di perutku…

    kayaknya uenak banget mbak…

    ada baby octopusnya juga yach.. hemmm…. :-p
    .-= Bro Neo´s last blog ..Mamma Mia vs Rujak =-.

  6. mangkum berkata:

    Oden pengen nyoba euy… Nanti deh di sana (di mana?)… 😀
    .-= mangkum´s last blog ..Akhirnya Nongol Lagi… =-.

  7. asep berkata:

    Wah kemarin di tengah teriknya Monas, kita makan Oden, keringetan hehe.
    Isinya hampir sama, tapi tanpa octopus.
    Emang enak, yummy.
    @mangkum: kan di Japan Matsuri yg kita makan tuh Oden, Mang.

  8. Ria berkata:

    aku blom pernah tuh nyobain yg ada di foto itu mbak 😀
    kalau ke indonesia lagi, ajakin aku makan sushi ya…..

    aku laper baca postingan ini…
    mo ngupas magga ah tadi bawa dari rumah 😀
    .-= Ria´s last blog ..Kijang, Rusa dan Tanduk vs Mobil =-.

  9. aurora berkata:

    ini nih, makanan yang lengkap, semuanya ada….. taruhan deh, kalau harganya murah, aku pasti makan itu mulu kalau aku tinggal di jepang….

    NB: gambarnya bikin ngiler…
    .-= aurora´s last blog ..buat temanku di dunia sana =-.

  10. vizon berkata:

    waduh, ini tulisan kedua tentang makanan yang aku baca dalam menit-menit ini. pertama tulisannya uni marshmallow, kedua yang ini… duh, aku benar-benar kelaparan nih nechan. di udara yang dingin di kota curup, hujan pulak dan terkurung di lab kampus… wuih, lapernya… 😀

  11. Oemar Bakrie berkata:

    Wah kelihatannya lezat sekali tuh … Waktu di Jepang saya dan teman Indonesia masih belum berani makan makanan Jepang yg “aneh-aneh” … Di kantim mahasiswa kami punya menu favorit yg kami sebut “senar raket” alias spaghetti dan “sendal jepit” alias steak (karena steak-nya gede hampir memenuhi piring jadi mirip sendal jepit … hehehe).
    .-= Oemar Bakrie´s last blog ..Menunggu telepon ? =-.

  12. Sigi berkata:

    Belum mbak, hihi. Kebetulan suamiku mau dinas ke Jakarta minggu depan, bisa nitip bakso dan bumbu2 deh. Mau nitip apa gitu nggak mbak sekalian?

    Wah, ide mbak bener juga tuh, aku jadi pingin nyoba sumire yg dimakan pakai sambal ABC!

  13. hilda berkata:

    mbak Imel, pada waktu ke Jepang musim panas tahun lalu, saya sudah beberapa kali nyobain Oden. Gara-garanya, kangen pengin makan bakso. Enak, segar, dan murah harganya. Saya menyukai Oden dengan campuran bakso ikan yang pipih

  14. wita berkata:

    Pertama kali makan oden isinya telur, soun, tahu goreng sama konyaku…emang cocok dimakan kalau cuaca sudah mulai dingin. Wah, jadi kangen sm si oden nih hehehhe
    .-= wita´s last blog ..Tentang Servis =-.

  15. shalimow.com berkata:

    ini pasti uenaxxxx
    kaya masakan sunda ya

  16. Nesta berkata:

    Oden, yes! Hatiku gembira karena besok bakal ditraktir sama temen kantornya hubby makan oden di Asagaya ^^
    Di kedai odennya aja yang murah, tapi plus minuman, sashimi, dllnya bisa bikin tongpes juga, hihihi

  17. wah oden, baca posting ini jadi pengen makan oden lagi, ada ga ya takdir makan oden di negeri oden lagi. itu termasuk makanan jepang pertama yang saya coba dan enak. saya paling suka konyaku (soalnya jadi inget pempek palembang), chikuwa dan paling gak suka justru daikon.

    salam kenal mbak imelda

  18. nh18 berkata:

    Jadi inget Film jaman dulu EM …
    Judulnya …

    “Return To Oden” …

    🙂
    Dibintangi oleh Rebecca Gilling dan Peta Toppano
    .-= nh18´s last blog ..SAYA HANYA MENJALANKAN TUGAS =-.

  19. Didien® berkata:

    duhhh..jd laperr baca postingan ini… *krucuk-krucuk*
    pasti rasanya oden tenan.. heuheu 😀

    salam, ^_^
    .-= Didien®´s last blog ..IBSN : Jalanan =-.

  20. Caride™ berkata:

    nyam-nyam-nyam-nyam…rasanya pasti enak bgt tuh….
    kapan² nyoba deh bikin hehehe… *kek yg bisa aja??*
    .-= Caride™´s last blog ..Smartphone Acer Liquid Berbasis Android =-.

  21. d-Gadget™ berkata:

    kapan yah bisa ngerasain makanan seperti itu..??? hmmmm mamamiya…
    .-= d-Gadget™´s last blog ..Si WokWok =-.

  22. mbak baca ini, sore2 nunggu adrian pulang.
    aku kelaparaaaaaaaaaaaaaaaaaan 🙁

    btw pengen nyobain Oden ah.. lobak?
    hmmm rasanya kayak apa ya…
    .-= Eka Situmorang-Sir´s last blog ..Kemeja Putih Berkancing Tujuh =-.

  23. nanaharmanto berkata:

    agak mirip-mirip suki ya Mbak?
    hmmmm….it looks yummy…..
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Teknik Delapan =-.

  24. putri berkata:

    Mbak EM tahu aja bagaimana membangkitkan selera makan..hm…hm… :d

  25. Chandra berkata:

    itu tentakelnya bayi gurita ya?

  26. Tuti Nonka berkata:

    Saya baca posting ini dua jam sesudah makan ayam goreng Jogchick (Jogja Chicken). Kayaknya, ayam yang saya makan dua jam tadi kok sudah nggak berbekas ya … alias sudah lapar lagi 😀

    Ohya, Jogchick ini laris manis di Jogja, soalnya enak dan murah, jadi cocok dengan kantong pelajar dan mahasiswa (kantong saya juga … hehehe). Ini ayam goreng ala KFC, tapi sepotong harganya cuma Rp. 5.000,- separo dari harga KFC. Di Jogja gerai Jogchick ada 10 lebih (lho, kok malah promosi … 🙂 )
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Rumah Teletubbies Vs Barrataga =-.

  27. whita kutsuki berkata:

    yumiii,,hari ini menu makan malam ku oden loh mba,,hahaha,,bingung mau masak apa gitu,,

    favorite banget loh,apalagi daikon,,halah,,halah,,ngeces,,ces,,

    diatas ngomongin bakso jadi inget,,Kapan kita makan bakso bareng nih bu,,?

  28. edratna berkata:

    Wahh..Ani mesti baca ini…..hehehe…soalnya masak keliru melulu, ntar dia saya sms.

  29. Ade berkata:

    Mba, ajarin bikin bakso doong.. pls..
    .-= Ade´s last blog ..Setahun kemudian… =-.

  30. frozzy berkata:

    enakan mana sama nyuknyang makassar mbak ?? hehehehe
    .-= frozzy´s last blog ..KUPU-KUPU AKSARA =-.

Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

yang mau cari-cari

yang bersahabat