Sewa

Kata “sewa” ini ada juga dalam bahasa Jepang, yang artinya mengurus, memelihara, melayani. Saya bertemu kata ini pertama kali waktu saya datang ke Jepang dalam rangka karyawisata mahasiswa FSUI, dan diwanti-wanti oleh seorang sempai (senior) kami untuk mengucapkan “Osewaninarimashita” お世話になりました pada orang tua host family yang menerima kami menginap di tempat mereka. Waktu itu yang saya tahu hanya, “Arigatou Gozaimasu”  ありがとうございます sebagai pernyataan terima kasih. Tapi ternyata ada kata-kata lain yang lebih hormat seperti “Kanshaitashimasu” 感謝いたします atau “Osewaninarimashita” tadi itu. Osewaninarimashita itu artinya meliputi “terima kasih karena Anda sudah mengurus dan melayani kami”. Karena itu jika kita bertemu dengan orang Jepang yang selalu membantu kita selama ini, kita juga mengatakan, “Osewani natte orimasu“ お世話になっております.

Hanya ada satu kata dengan kata sewa ini yang tidak disukai, jika ungkapan ini ditujukan pada kita. Karena artinya agak berlawanan dengan arti sebenarnya. Kata itu adalah “Ookina osewa“ 大きなお世話. Kata ini ditujukan kepada orang yang maunya mengurus orang lain tapi orang yang diurus itu tidak suka (tapi tetap dilakukan). Situasinya seperti ini. Seorang lajang berusia 30-an, ditanya oleh si A, “Kapan kamu menikah?” “Jangan pilih-pilih, kalau tidak cepat menikah jadi perawan tua loh” bla bla bla. Mungkin maksudnya si A itu baik, tapi merepotkan dan menyusahkan si lajang itu. Tentu saja bukannya si lajang tidak mau menikah. Intinya… “Mind your own bussiness” deh. Rese’ amat ngurusin orang lain aja hihihi. (Dan kalimat ini tentu saja tidak disebutkan langsung ke orang itu). Betapa banyak orang Indonesia yang sering melakukan “Ookina osewa” ini ya. . Dan tidak ada kata yang tepat kan untuk orang-orang itu dalam bahasa Indonesia? Jadi kalau nanti, pas mudik lebaran, yang single single ditanya dan sebel, bilang aja “Ookina osewa” …. kan mereka ngga ngerti bahasa Jepang. Daripada bilang “Rese lu ahhh” hihihi.

Sekian dulu pelajaran bahasa Jepang, dan kembali ke awal kata “sewa” dalam bahasa Indonesia. Artinya hanya satu yaitu “memakai atau meminjam sesuatu dengan membayar sejumlah uang”. Bahasa Inggrisnya RENTAL deh. Mulai dari rental mobil, rental baju dll.

Kemarin saya menonton televisi, dan ada beberapa jenis “barang” baru yang bisa dirental, disewa akhir-akhir ini. Yang pertama adalah sepeda motor, racing bike. Bagi pengendara motor di Tokyo, biaya untuk membeli, merawat motor racing itu sangat mahal. Padahal jarang dipakai kan? Paling-paling sebulan 4 kali. Nah, untuk mereka itu ada rental racing bike yang harganya kira-kira sama dengan sewa mobil, yaitu 8 jam 12.000 yen. Ini biasa!

Sepeda Motor Balap.... mustinya ambil foto Mas Nug naik Ducati tapi belon ada ijin sih hihihi

Sepeda Motor Balap.... mustinya ambil foto Mas Nug naik Ducati tapi belon ada ijin sih hihihi

Yang kedua adalah Rental Kamera. Kamera yang biasa dipakai profesional, dengan fungsi macam-macam itu memang sangat mahal. Kalau membeli bisa satu bulan gaji deh. 300ribu yen lebih. Padahal apakah jenis itu sudah “sreg” atau cocok dipakai untuk event-event tertentu. Misalnya untuk pergi ke pengunungan perlu spec kamera yang begini, sedangkan ke laut perlu yang waterproof dll. Nah, untuk orang yang suka/hobi memotret misalnya seperti mas trainer, tapi belum tahu jenis kamera yang sreg atau belum punya tabungan untuk membeli kamera sendiri, disediakan Rental Kamera. Rentalnya juga murah, cuma 4000 yen sehari! Hmmm saya sedikit berminat dengan rental ini. Ini cukup menarik!

Camera Single Lens

Camera Single Lens

Yang aneh menurut orang Indonesia mungkin rental yang ketiga ini. Rental ANJING! Banyak keluarga Jepang yang menyukai binatang yang satu ini. Tapi karena tinggal di Mansion, biasanya tidak boleh memelihara anjing/binatang piaraan. Ataupun kalau tinggal di rumah, tidak punya halaman yang luas untuk membiarkan anjingnya berlari-lari. Selain itu sibuk, sehingga tidak bisa setiap hari mengajak anjingnya berjalan-jalan. Pokoknya repot deh kalau pelihara anjing sendiri. Nah, untuk mereka disediakan rental anjing ini. Untuk satu pagi, sekitar 4000 yen bisa bermain sepuasnya dengan anjing pilihan. Terkadang ada keluarga yang memilih satu anjing secara rutin, sehingga sudah menganggap sebagai anjingnya sendiri yang dititipkan. Hmmm, Ini menarik untuk orang Jepang! Saya? Saya suka anjing tapi ngga sampe segitu-gitu amat deh hihihi.

Bersama DAI chan, anjing Shiba kepunyaan ibu mertua

Bersama DAI chan, anjing Shiba kepunyaan ibu mertua

Sambil saya menonton televisi itu, lalu saya pikir, memang akibat kondisi ekonomi yang tidak mendukung, orang akan lebih senang menyewa daripada membeli. Dan semua bisa dirental. Sampai anjing saja disewa. Tapi ada satu yang mungkin tidak akan bisa dimasukkan dalam list sewa-menyewa, yaitu anak! Padahal saya tahu banyak keluarga Jepang yang tidak punya anak dengan alasan ekonomi atau kesehatan pasti (mungkin) akan mencoba rental anak ini.

Dan saya akhirnya juga bertanya pada Gen,
“Pa… di Jepang tuh ngga ada Panti Asuhan ya?”
“Ada dong”
“Kok aku ngga pernah dengar atau tahu?”
“Ya, itu kan pasti menyangkut privacy. Tapi kalau kamu tanya di gereja, pasti akan ada akses ke situ”
Hmmm… jadi masyarakat awam Jepang tidak bisa dengan mudahnya mengakses mereka. Seperti laporan teman-teman blog saya seperti Mas Totok KelirUda Vizon dan Ria yang mengadakan kunjungan ke panti asuhan atau kegiatan dengan anak yatim. Bisa dimengerti juga sih. Sedangkan untuk single mother saja, pemerintah memberikan tunjangan yang cukup, apalagi untuk anak-anak tanpa orang tua, bukan? Pertanyaan saya ini nampaknya masih belum selesai, belum terjawab tuntas tapi saya sudahi dulu untuk hari ini.

Nah, rental “aneh” atau tidak lazim apa yang pernah Anda dengar atau pakai? Atau ada ide untuk membuat rental apa lagi yang belum ada di Indonesia, sebagai usaha baru?

NB: kelihatannya dalam minggu-minggu ini akan tercapai 8888 komentar di TE ini. Karena angka ini angka keramat untuk saya, maka saya akan mengirimkan sesuatu kepada komentator yang 8888. Tapi komentar hetrik yang Out Of Topik (OOT) mulai sekarang akan saya delete. Terima kasih atas perhatiannya.

31 gagasan untuk “Sewa

  1. AtA chan

    Wah keduluan..
    Cuman ngasih tips kalau berwisata ke bali mending sewa motor atau mobil lebih murah drpd kemana-mana pake’ taxi, kendaraan umum laen susah dicari..
    Untuk akomodasi yg budget minim mending sewa kamar kost, biaya menginap dihotel bisa di pake ngekost sebulan hahaha..
    Daerah bandara, wana segara dan legian banyak tmpt sewa kamar kost..
    Ini ngirit apa pelit ya hehehe…

    ehhehe..iya ntar dipikirn ata chan
    EM

    Balas
  2. Didien®

    kalo di jepang ada sewa ladang utk sekian thn ga bun?? *biasanya buat petani seh*
    Cuma yg saya g ngerti knp di jepang ada rental hewan piaraan seperti anjing,heuheu… macem² aja jepang tuh. kalo di Indonesia rental hewan paling kerbau ato sapi buat bajak sawah… :mrgreen:

    salam, ^_^
    .-= Didien®´s last blog ..Find the best hosting at findmyhosting.com =-.

    Ada sewa kebun/tanah untuk nanam sayur-sayuran. misalnya 1 m x 1 m. Maklum kan yang tinggal di Mansion/apartemen juga pengen berkebun. Kalo aku sih ngga hihihi

    Sewa kerbau atau mending sewa traktor aja sekalian ya? hihihi
    EM

    Balas
  3. krismariana

    wah, bisa sewa anjing ya di Jepang? hihi. kayaknya kalau di Jepang aku bakal sewa anjing deh :p aku suka banget anjing, dan sampai sekarang nggak bisa pelihara anjing karena lingkungan sekitar tidak memungkinkan. kalau bisa nyewa, kan enak juga…
    .-= krismariana´s last blog .. =-.

    Ya udah ke Jepang aja Kris hihihi
    EM

    Balas
  4. vizon

    Aku suka menyewa pesawat kalau pulang kampung nechan… hehehe… itu mah numpang… tapi, membayar ongkos pesawat itu bukannya disebut sebagai menyewa juga? hahaha…. 😀

    Aku berharap suatu saat pemerintah kita dapat memperhatikan kehidupan anak-anak yang tidak beruntung itu, sebagaimana halnya Jepang. Saat ini, untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah, dalam hal ini Dinas Sosial, sulitnya minta ampun. Bahkan menurut kabarnya, bila ada yang dapat, kudu rela dipotong sama oknum… huh, bikin emosi jiwa aja… 🙁

    Kalo nyewa pesawat itu Charter dong Uda… charter jet wow…

    Nyebelin ya sama oknum yang suka malakin duit utk orang susah. Rasanya ingin bilang GO TO HELL!!!!!

    EM

    Balas
  5. Ria

    gimana kalau rental notebook? jadi keren kan kalo bisa rental mac atau merek notebook brand new…atau rental BB secara alo pulang kampung punya BB pasti keren *padahal cuman rental aja…hahahahahaha*

    banyak kejadian mbak di indonesia mereka tidak rental, jadi sebelum mudik mereka beli mobil bagus brand new nah begitu pulang mudik mobilnya di jual lagi…huhehehehehe…*emang orang indonesia itu suka pamer ya 😛 *
    .-= Ria´s last blog ..Berbagi Cinta =-.

    Hmmm rental alat kantor pasti ada di Jepang, nama tempatnya KINKO’s, sewa alat-alat kantor. Tapi kalau mau pake lama sih jatuhnya mahal. Di sini banyak kok barang yang bisa disewa, wanita untuk nemenin datang ke acara-acara juga ada. Namanya kompanion hihihi. Kalau untuk barang-barang, coba aja jcari di Duskin, perusahaan ini bergelut di bidang kebersihan rumah sih…. jadi mau sewa pembantu juga bisa loh hihihi (masalahnya skr kan berapa duit)

    Orang Indonesia tukang pamer? EMBERRRRRRRR>…… aku juga heran tuh sifat kayak gitu kok dipelihara. (EH Narsis termasuk mamer ngga????)

    EM

    Balas
    1. Ria

      wanita untuk di ajak ke pesta2???
      kalau lelaki ganteng untuk nemenin ke pesta2 ada gak? lumayan tuh buat di gandeng kalo ada pesta2 disini…import langsung dari jepang…huhehehehehe….

      Narsis itu percaya diri berlebihan mbak:P jadi beda sama Mamer…
      kalo tukang pamer itu gak ada di ada2in hihihihi…klo narsis kan potensi diri sendiri…huhahahahaha…betul…betul…betul? 😀
      .-= Ria´s last blog ..Berbagi Cinta =-.

      Balas
  6. Ria

    ohya…
    menenai panti asuhan, mungkin dijepang itu dibiayain pemerintahnya banyak ya jadi panti2 dan anak2 itu tidak terlantar seperti di indonesia 🙁
    .-= Ria´s last blog ..Berbagi Cinta =-.

    Ya I think so…. wong banyak orang yang bekas napi misalnya, mendapat perlindungan dr pemerintah (seikatsu hogo 生活保護) , jadi selama dia belum bisa bekerja, setiap bulan mendapat uang tertentu… meskipun ada pula beberapa (sedikit) kasus orang yang tidak dapat dan harus hidup miskin, sehingga akhirnya bunuh diri…. miris juga. Cuma jumlahnya sedikit.

    EM

    Balas
  7. wita

    hmm….klo kawin kontrak itu termasuk kategori “sewa” gk ya? sewa istri…soalnya banyak kasus tuh di puncak. udah hal yang umum sih katanya lho…
    .-= wita´s last blog ..Bad News is A Good News =-.

    Dibayar perjam/hari kan? Masuk dong hihihi. Tapi jangan dibudidayakan dong yang negatif kayak gitu.
    EM

    Balas
  8. nh18

    HHmmm …
    Rental kamera ? … ogah ah …
    mending pake Pocket … tapi punya sendiri … (biar miskin asal belagu …)(hahahaha)

    Rental yang tidak lazim ?
    mmmm … apa ya ? HP …, Play Station …, Traktor … mesin berat lainnya …

    Ada sih yang agak bagemanaaaa gitu … yaitu rental … rental … rentaaaall
    (ah nggak jadi aaaahhh …) ..
    .-= nh18´s last blog ..BENDA IDAMANKU =-.

    Rental PS kayaknya udah ada tuh
    EM

    Balas
  9. Yusahrizal

    Baru tau kalau di Jepang ada sewa anjing, belum pernah liat tuh. Mungkin krn aku tinggal dikampung kali??
    Mumpung udah mulai musim hujan, ntar aku mau buka usaha sewa payung dan jas ujan.
    Laku nggak yah??? 😆
    .-= Yusahrizal´s last blog ..Maafkan aku Indonesiaku =-.

    Balas
  10. henny

    Wah, ternyata banyak sekali jenis sewa-menyewa di Jepang! Dan salut buat mereka, yang sangat memperhatikan kesejahteraan warga negaranya… Semoga dengan luasnya wilayah NKRI dan banyaknya jumlah penduduk di negara kita -suatu saat- kita juga dapat maju seperti di sana…

    Mbak Em, Makasih ya…
    .-= henny´s last blog ..PK 18; Kain & Kertas… Belajar Yuuk! =-.

    Balas
  11. Gandi Wibowo

    ada sewa otak (Alias Joki pas ujian) ama sewa badan (alias Calo) mba ..
    Oh iya, ada juga sewa penumpang, di jalan2 three in one 😀

    BTW keren.. jadi tahu kata2 jepang, walau baca postingnya aja abis bermenit2 panjang oi.. Thx infonya mba.. salam kenal juga..
    .-= Gandi Wibowo´s last blog ..Senyumnya semakin tipis =-.

    Balas
  12. Pakde Cholik

    Enak kayak gitu ya mbak, bisa sewa-sewa untuk beberapa hari daripada beli ( karena nggak punya uang).
    Saya jadi ingat Mrs.Yoseph di India, kami bisa sewa kasur, selimut, kulkas, kompor gas, etc. Lebih enak karena kami hanya 11 bulan disana. begitu mau pulang barang2 segera dikembalikan.
    Saya senang lihat ilustrasi-2 pada artikelnya lho.

    Salam hangat dari surabaya.

    Balas
  13. Hadi

    Salam kenal mba, dr rumah pakde nyasar kesini. Bisa belajar bahasa jepang gratis nih. Sy taunya cuma arigato. Mampir ya mba ke gubuk saya, kl datang nanti sy jawab salamnya deh ‘arigato juga’

    Balas
  14. DV

    Whattttt!!! Rental anjing? Kasian banget anjingnya…
    Btw rental kamera aku pernah dengar memang betulan ada di Jogja.
    Seingatku itu laku terutama untuk mahasiswa fotografi yang sering mendapat tugas pemotretan tapi karena muahalnya kamera jenis dSLR beserta lensanya maka mereka hanya sanggup menyewa saja.

    Saya lagi mikir … hmm rental istri atau suami barangkali laku terutama bagi para artis ya? Ketimbang kawin eh besoknya cerai eh besoknya kawin lagi, mending rental aja xixixixixi :))
    .-= DV´s last blog ..Yang Satu Ini Untuk Ayahku =-.

    Balas
  15. hp

    Hmmm… kayaknya ada deh istilah seperti sewa negatif itu dalam bahasa Indonesia. Nanti ta lihat kamus, kalau ga ada ya buat saja istilah baru lagi. 🙂

    Balas
  16. Kiki

    duh dah lama ga baca tulisan kk, seneng bgt hari ini bisa baca.. thanks yah kak,jd tambah pengetahuan ttg jepang,dan kosakata jepang jg hehe

    btw, pgn sewa kk bisa ga yah? brapa ribu yen yah kalau sewa 5 thn?

    Aihhhh kiki schatje…. dank je wel. Sewa aku? wah berapa ya? Soalnya kalo kamu sewa aku paling sedikit si Kai musti ikut loh ehehehe. (Dan aku ngga jamin si Riku dan papanya mau ditinggal di Tokyo berduaan heheeh)

    EM

    Balas
  17. nanaharmanto

    Mbak, akhirnya aku bisa komen juga disini (lagi)…
    kemaren-kemaren berat….
    kan ada tuh perempuan yang menyewakan rahimnya untuk perkembangan janin hasil bayi tabung? nggak jelas status hukumnya juga deh kayaknya…
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Bu RT =-.

    Balas
  18. Yoga

    Yang disebutin di atas udah ada semua di Indonesia, termasuk rental alat-alat berat, escort lady/gents dsb tapi kalau rental anjing belum pernah dengar. Yang nggak ada di Jepang, mungkin rental bayi untuk dijadikan pengemis. Sad but true, inilah Indonesia kita.

    Balas
  19. Lala

    Kalo yang aku tau, di pesta-pesta Hollywood, ada rental perhiasan, baju, dan escort 🙂

    Tapi seperti yang lain2… rental anjing bikin aku ternganga! Wow! Ada ya, yang sampe segitunya?
    .-= Lala´s last blog ..Clever Decision, eh? =-.

    Balas
  20. Tuti Nonka

    Anjingnya yang di foto itu lucu banget Mbaaak … 😀 Kok DV komen kasihan anjing yang disewakan? Lho, kalau penyewanya sayang sama anjing itu, kan nggak apa-apa? Anjingnya juga seneng, ganti-ganti majikan. Emang nggak bosen punya majikan satu nggak ganti-ganti? Hihi …

    Teman saya yang berprofesi guru dansa (pria), tinggal di Jakarta, katanya bisa disewa untuk beberapa jam. Eh, ini bener-bener disewa hanya untuk menemani dansa saja, soalnya banyak wanita suka dansa tapi nggak punya pasangan berdansa. Tapi kalau saya mah nggak pernah nyewa pasangan untuk dansa … wah, nggak deh … hahaha …
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Minggu atau Senin? =-.

    Balas
  21. Nesta

    Waktu musim pemilu kali lalu sempat ngeliat di TV, perusahaan yang rentalin macam-macam keperluan tuk kampanye di Jepang. Mulai dari alat kantor, elektronik sampe kendaraan..
    Hmmm, kayanya rental kameranya menarik banget tuh^^

    Balas
  22. marshmallow

    ini nih yang tempo hari sempat aku mau komentari, tapi koneksi tiba-tiba lelet.

    kalau di medan ada isitlah “sewa” untuk perempuan yang profesinya jadi escort gitu, mbak. *dihalusin bahasanya biar gak vulgar, padahal mau bilang pecun*

    nah, kalau meneriaki perempuan dengan perkataan “sewa” itu konotasinya kasar sekali, dan bisa bikin masalah.
    .-= marshmallow´s last blog ..Mudik by All Means =-.

    Balas
  23. Ade

    Suamiku baru aja nyewa lensa kamera mba..lensanya aja loo tanpa kamera.. lumayan juga sih daripada beli karena kan makenya juga ga terlalu sering cuman klo ada event2 tertentu aja..
    .-= Ade´s last blog ..Mudik 2009 =-.

    Balas
  24. Clara

    Di sini kbrnya Ada rental gaun Dan furniture. Panti asuhan Jepang suka sy liat di film2 Jpg. Ada Batas umurnya Dan si anak harus keluar Dari panti untuk cari kerja

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *