Hari Laut tapi…

Hari ini adalah hari libur di Jepang. Hari Laut. Hari Laut ini baru tahun 1996 ditetapkan sebagai hari Laut, setelah sebelumnya dari tahun 1941 hanyalah hari Peringatan Laut (tidak libur). Mungkin ada yang menganggap aneh atau …”duh orang Jepang ngga ada kerjaan amat sih, Hari libur kok hari laut?”, tapi sebagai negara kepulauan, bukankah laut amat penting. Kita juga masih menyanyikan, “nenek moyangku orang pelaut…gemar mengarung luas samudra”, tapi pernahkah kita, orang Indonesia, memikirkan tentang laut kita?

Mengapa Menteri Murata Shogo menetapkan tanggal 20 Juli sebagai hari laut? (dulunya selalu 20 Juli, tapi sejak diberlakukan Happy Monday, tahun 2002, tanggalnya berubah-ubah.) Tanggal 20 Juli 1876 adalah hari melabuhnya Kaisar Meiji di Pelabuhan Yokohama setelah melakukan kunjungan kerja ke daerah utara Jepang. Pada waktu itu, Kaisar tidak menggunakan kapal perang tetapi kapal pengamat mercu suar yang bernama Meiji Maru. (FYI: kapal Jepang selalu berakhiran Maru). Setelah itu Kapal Meiji Maru berubah fungsi menjadi kapal pelatihan.

sumber: wikipedia japan

pelabuhan Yokohama (sumber: wikipedia japan)

Sebetulnya ingin sekali kami sekeluarga pergi ke pelabuhan Yokohama, selain hari Laut, juga tahun ini Yokohama memperingati 150 tahun dibuka menjadi pelabuhan internasional. Banyak sekali kegiatan setahun ini, tapi kami belum sempat berjalan-jalan di Yokohama. Padahal yokohama adalah kampung halaman Gen, dan kota tenpat saya menimba ilmu di Jepang. Saya pribadi sangat mencintai Yokohama, meskipun belum pernah tinggal di Yokohama. Suatu kota pelabuhan tapi berbukit-bukit, modern tapi eksotik.

Ya, memang hari ini adalah hari laut, tapi maaf saya tidak bisa “melaut”, hanya mau “mengudara” supaya bisa sampai ke kampung kota halaman saya sesungguhnya, Jakarta. Sejak hari ini, saya, Riku dan Kai  mudik, dan semoga masih bisa terus menulis selama berada di kota kelahiran saya. Dan…. saya juga menanti-nantikan siapa yang akan menjadi komentator ke 7777 di Twilight Express. Jika dia berada di jakarta, maka mari kopdar. Jika tidak, silakan mengajukan permohonan ingin kenang-kenangan apa dari saya, dan akan saya kirimkan. Well, who’ll get the LUCKY Seven? Good Luck and ITTEKIMASU (I’m going)…..

34 gagasan untuk “Hari Laut tapi…

  1. AtA chan

    Wah saya td dapet 7.707 triple 7 semoga hari ini hidupku beruntung menang undian mobil dr bank hahaha..
    Lho Gen tidak ikut ya..?
    semoga perjalanannya lancar dan selamat sampai kampung halaman..

    Balas
  2. AL

    Ya ampun, di Jepang apa tiap hari ada artinya yaa.. Sampai ada hari makan belut segala. Yang ini hari laut. Kebayang jika Jepang seperti Indonesia, punya beragam budaya dan bersuku-suku berbeda-beda agama, lebih banyak lagi kali ya hari-harinya.
    .-= AL´s last blog ..PollDaddy ratings and polls =-.

    Balas
  3. suryaden

    wah… keren banget, sayang dong mbak nggak bisa ikutan ke Yokohama…, sulit mbayangin kota pelabuhan yang berbukit-bukit… pastinya itu dulu pertahanan militer kali ya…

    Balas
  4. JM Zacharias

    Aduh Mbak …cerita ttg Yokohama-nya menarik sekali … awal Agustus nanti disela-sela tugas di Tokyo lagi saya akan ambil cuti ke Yokohama. Jadi + semangat.Btw, nanti di Jkt kl ada kopdar bloger pembaca setia Twilight Express kasih tahu ya jadwalnya … saya usahakan (kl tdk ada halangan) untuk join.
    .-= JM Zacharias´s last blog ..Million … Billion eyes … even more! =-.

    Balas
  5. nanaharmanto

    nenek moyangku orang pelaut gemar mengarung luas samudra…

    dulu waktu kecil suka nyanyi lagu ini keras2, tapi aku nggak tahu arti “mengarung”, kupikir ya laut dikarungin gitu hihi..(mana bisa??)
    setelah lebih besar baru tau artinya oalahh….jauh banget dari karung! hihi…

    Balas
  6. mancing gembira

    Pemerintah jepang sepertinya sangat peduli dengan dunia bahari sehingga menetapkan hari laut. Seharusnya pemerintah kita juga begitu karena negara kita adalah negara kepulauan. Pemerintah harus peduli dengan konservasi laut karena dari sana rakyat kita hidup.

    Balas
  7. Tuti Nonka

    Kita memang aneh : negara kita sebagian besar terdiri atas laut, tapi sangat sedikit yang tertarik untuk menjadi pelaut atau mengelola budi daya laut …

    Selamat datang di Jakarta Mbak, semoga ada kesempatan untuk bertemu …
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Ultimate Beauty =-.

    Balas
  8. afwan auliyar

    wah …. ternyata masih di tunggu yak komentator 7777
    ehm…. sepertinya liburan d jakarta asik juga 🙂
    ktemu keluarga besar neh 😀
    .-= afwan auliyar´s last blog ..Plugin WordPress yang berbahaya =-.

    Balas
  9. Yusahrizal

    namanya boleh hari laut, tapi aku malah pergi naik gunung fuji. kena hujan badai lagi. capek deh 🙁
    .-= Yusahrizal´s last blog ..Storm at the peak of Mount Fuji =-.

    Balas
  10. heri koesnadi

    hua…. boro-boro mikirin laut… mikiran perut aja masih banyak yang susah..
    .-= heri koesnadi´s last blog ..RASCAL_Memory… =-.

    Balas
  11. mang kumlod

    Iya mestinya Indonesia juga memperhatikan lautnya. Yang aneh tuh tau negara kepulauan, tentara yang dikuatinnya malah Angkatan Darat. Emangnya kita negara daratan macem China or Oz? Aneh kan?

    *perasaan dari tadi komenku berisi keluhan terus… duh!*
    .-= mang kumlod´s last blog ..Dilarang Mengeluh! =-.

    Balas
  12. edratna

    Semoga angka 7777 kena di saya..
    Tapi lihat riwayat undian selama ini, yang nyaris tak pernah dapat undian…pasti deh tak dapat…tapi siapa tahu?

    Hari Laut?
    Betapa menariknya….btw saya belum pernah naik kapal laut besar…pernah diajak bos tapi saya pilih naik pesawat, kalau jatuh langsung mati. Lha kalau kapal, bocor, terkatung-katung di laut 3 hari, pake digigit ikan…hihihi..akhirnya mati juga..kan lebih sakit.

    Balas
  13. narpen

    Wah baru tahu ttg 7777 tante, tapi udah lewat 😀
    Maksudnya Happy Monday itu, hari libur digeser ke hari Senin kah?
    .-= narpen´s last blog ..Untung gak mepet2 =-.

    Balas
  14. basmin

    salam kenal mbak. Artikel nya sangat menarik untuk di baca.
    wah enak banget yah kehidupan di japan 😀
    .-= basmin´s last blog ..Samsung cellular phone =-.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *