Hari untuk Makan Belut!

Belut? Hewan yang berbentuk seperti ular itu? Memang saya tahu bahwa orang Indonesia juga makan lele, yang biasanya dimasak sebagai pecel lele.  Kalau belut saya kurang tahu. Belut dalam bahasa Jepang = Unagi, sedangkan Lele = dojo. Terus terang, pecel lele Indonesia pertama kali aku makan 3 tahun yang lalu. Di sebuah warung di daerah blok M sana, malam-malam diantar adik tersayang, Andy. (Masih ingat bro, abis itu kita pesan ragi tempe pada tukang warung itu)

Padahal dulu, ada seseorang yang pernah akrab dengan saya.,  sukaaaaa sekali makan pecel lele, dan dia bilang ….”Wah kalo aku sih bisa tuh makan sampe 3-4 ekor” (Herannya…aku ngga pernah diajak makan hihihi). Dan pernah ada orang Indonesia bertanya pada saya, “Kamu bisa makan unagi berapa ekor?”… weks..

pecel lele bukan pecel belut

Yang pasti belut atau bahasa Jepangnya Unagi itu tidak sekecil belut/lele Indonesia (baca belut di Jepang itu jauuuuh lebih besar), jadi tidak pernah kita bertanya, “Kamu bisa makan berapa ekor?”. Selain itu unagi Jepang amat mahal. Jika kita mau makan Unaju, nasi dengan unagi yang dimasukkan dalam kotak  yang enak, maka kita harus menyiapkan minimum 2000 yen. Dan itupun mungkin hanya mendapat sepotong kecil saja. Well, unagi di Jepang memang mahal. Kalau mau murah? beli unagi di pasar swalayan yang berasal dari Cina. Ada rasa ada harga!

Hari ini merupakan hari doyounoushi, suatu perhitungan kedudukan bumi dengan matahari yang sekitar 117-135 derajat, jatuh pada musim panas.  Untuk menghadapi hari-hari panas, supaya tetap kuat dan tidak natsu bate, badan lemah/sakit, maka disarankan untuk makan UNAGI yang bergizi tinggi.  Diperkirakan kebiasaan ini baru karena baru tahun 1822, kebiasaan makan unagi itu tercatat dalam karya sastra.

Menurut karya sastra tersebut, pada hari doyouno ushi, disarankan untuk makan makanan yang berawal huruf  “u”. Pada saat itu perdagangan unagi lesu, dan dengan menuliskan “hari ini doyouno ushi, makanlah unagi!”, pemasaran unagi dapat menggeliat kembali. Padahal sebetulnya makanan berhuruf awal u, bukan hanya unagi, tapi ada udon (mie putih tebal) dan udo (sejenis batang untuk sayur).  Selanjutnya kepopuleran makan unagi pada doyouni ushi ini berlanjut yang sebetulnya lebih berdasarkan komersialism (seperti coklat valentine) daripada latar sejarahnya.

Unagi di Jepang yang terkenal dengan cara masak kabayaki. Yaitu unagi yang dibelah dua menurut panjangnya itu, dioleskan dengan saus kecap racikan(Kabayaki no tare : sake 2 sdm, kecap asin shoyu 5 sdm, mirin 4 sdm, gula pasir 2 sdm, air jahe 1 sdt), kemudian dibakar, dan proses itu diulang berkali-kali. Rasa manis yang merata dan warna coklat berkilap itu memang bisa menggugah selera makan orang-orang dalam musim panas.

Unaju , nasi dengan unagi yang dimasak cara kabayaki

Unaju , nasi dengan unagi (belut) yang dimasak cara kabayaki

gambar dan keterangan tambahan dari wipedia japan.

29 gagasan untuk “Hari untuk Makan Belut!

  1. G

    Aduuuh…. saya suka banget Unagidon, itu makanan paliiiing enak deh pokoknya 🙂
    .-= G´s last blog ..To Kill or To Love–That Is the Question =-.

    Balas
  2. vizon

    aduh nechan… belut adalah masakan ibuku yang paling aku suka. terutama belut yang masih fresh, trus digoreng dan dicampur dg cabe ijo… alamaaak… aku bisa makan berpiring-piring (lebay!) 😀

    eh… kapan2 kita makan belut di kampungku yuk… hehehe… 😀

    Balas
  3. Muzda

    Aku gak suka belut atau lele, bentuknya kaya ular. :p
    Eh Mbak, katanya malah kalo anak bandel dikasih makan belut, bisa jadi nurut lhoh ..
    Berdasarkan analisa tanpa penelitian sih, hehee..
    .-= Muzda´s last blog ..Misuh =-.

    Balas
  4. mascayo

    dari ganbarnya dah kelihatan beda bu, unaju vs pecel lele.
    eh … saya biasa nyebut lele .. ya lele,
    kalo belut … yang persis kayak uler itu bu.
    So kalo di Jepang, belut yang persis kayak uler itu disebut apa?
    .-= mascayo´s last blog ..SpongeBob SquarePants =-.

    Balas
  5. exort

    iya mba, bnr tuh kata mascahyo, kali dilihat dr gambar pertama itu emang masakan pecel lele, ikannya namanya lele (catfish), beda dengan belut (eel), nah di Indonesia belut ama lele sama2 dikonsumsi, dan keduanya juga sama2 enak
    .-= exort´s last blog ..truly madly deeply =-.

    Balas
  6. ALRIS doyan belut

    Belut, masakan yang paling aku suka. Dulu waktu di kampung kalau lagi musim menanam benih padi adalah waktunya panen belut. Jaman itu sawah di kampung saya belum banyak memakai pupuk bahan kimia dan obat-obatan produksi pabrik. Sekarang belut di sawah sudah jarang, karena petani sudah keranjingan memakai pupuk dan obat-obatan kimia. Hiks…
    .-= ALRIS doyan belut´s last blog ..Bom Meledak Lagi, Sebel… =-.

    Balas
  7. Chandra

    Belut, yang badannya bulet-panjang-licin-tak berpatil, aku senengnya digoreng, kalo yang masih bayi-bayi biasanya dijadiin kripik belut, digoreng tepung kriuk kriuk gitu, di Bandung banyak deh yang jual…

    Kalo lele, yang badannya gepeng-panjang-berkumis-licin-berpatil, emang buatku paling TOP ya dipecel lele…hehehhe

    Balas
  8. Chandra

    Eh tapi kalo liat saus bakarnya unagi…kayanya enak juga ya…apalagi makannya disaung-saung pinggir sawah, sarungan, pake nasi panas, pake sambel ulek, pake lalapan..haha…judulnya Kabayan makan unagi.. :p

    Balas
  9. dyahsuminar

    mbak imel…
    waktu bunda ke Jepang ,kita diajak ke sebuah restoran yang cukup enak dan mahal..
    nah…berhubung Bunda dan beberapa teman demikian asing dengan belut…jadi nggak dimakan deh…setelah tahu harganya…dr tulisan mbak Imel…waduuuh mhalnya.

    Balas
  10. Ade

    mba, klo di padang belutnya digoreng sampai garing.. kriuk.. kriuk gitu.. yummy 😀
    .-= Ade´s last blog ..Saya member Oriflame loo.. =-.

    Balas
  11. kartiko

    iya belut dan lele sih yang enak yang kecil mbak..
    lebih terasa..
    saya sih gak seneng belut dan males makan lele..
    karena sudah sangat bosen sih..
    habis dulu tiap hari makan lele goreng…
    .-= kartiko´s last blog ..KEMINGGRIS =-.

    Balas
  12. Tuti Nonka

    Mbak Imel, setahu saya belut dan lele itu beda …
    Belut lebih kecil dan panjang, mirip ular. Kalau lele, besar dan pipih. Lele saya doyan, tapi kalau belut … hiii … seperti kata Muzda, ngeri karena kayak ular …
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Ultimate Beauty =-.

    Balas
  13. mancing gembira

    Mbak, belut dan lele itu species berbeda. Judulnya makan belut, tapi fotonya pecel lele hihihi bikin bingung euy.
    maap yah mbak.
    salam mancing

    memang berbeda, api saya tidka menemukan foto makanan belut di Indoensia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *