Ungu di mana-mana

Ungu di mana-mana

Pecinta warna ungu pasti akan senang sekali melihat ladang Lavender. Bunga yang minyaknya sering dipakai sebagai parfum dengan baunya yang khas ini, ternyata bisa tumbuh di mana-mana. Saya belum pernah melihat di Jakarta, tapi banyak artikel koran Indonesia yang menyebutkan lavender jika ditanam bisa mengusir nyamuk.

rumpun lavender di Kuil
rumpun lavender di Kuil, Yokohama 12-07-09

Saya sendiri tidak begitu suka wangi lavender. Pernah suatu kali saya mendapat teh dengan aroma lavender. Bunga dan biji lavender begitu saja dimasukkan dalam daun teh sehingga begitu membuka kalengnya, akan tercium aroma lavender yang menyengat. Sayang sekali menurut saya baunya amat menusuk, sehingga meskipun teh itu pasti amat mahal karena berlabel “Marriage”, pembuat teh dari Perancis, saya terpaksa buang semua. Tentu saja saya sudah berusaha sebelumnya mengakali dengan menyisihkan kelopak dan biji bunga dari daun tehnya (yang melakukannya saja sudah membuat saya mabok) tapi baunya tetap tidak bisa hilang setelah diseduh air panas.

Padang Lavender di Tomita
Padang Lavender di Tomita (wikipedia)

Bulan-bulan ini banyak ditemukan bunga lavender bermekaran di halaman rumah di Jepang. Kemarin kami mengunjungi rumah tradisional Yokohama, “Yokohama Yashiki”, dan melihat kupu-kupu menari-nari di atas rumpun bunga lavender. Meskipun rumpun lavender tidak banyak, bisa tercium baunya sesekali menyebar tertiup angin.

Kupu-kupu dan lavender di Yokohama 12-07-09

Bahkan jika mau menikmati liburan musim panas di Hokkaido, Anda bisa  melihat hamparan bunga lavender bak permadani sekitar pertengahan Juli -awal Agustus. Indah memang meskipun saya tidak yakin saya tahan mencium baunya. Meskipun mungkin jika saya pergi ke sana, selain tidak akan diganggu oleh gigitan nyamuk, juga tidak akan sengsara dalam terik matahari yang menyengat seperti di Tokyo, karena tentu saja Sapporo lebih sejuk daripada Tokyo.

Padang Lavender di Nakafurano
Padang Lavender di Nakafurano

Tapi warna lavender, atau ungu ini dikatakan adalah warna khas untuk homosexual.  Ada juga yang bilang yang suka warna ungu itu cemburuan. Tapi yang pasti di Jepang, warna ungu adalah warna bangsawan/ elegan, dan sering dipakai dalam upacara-upacara di kuil agama Buddha.

26 Comments

wah adem banged kalo bangun tidur trs bisa lihat padang lavender kayak gitu…
.-= zee´s last blog ..Kulit Item? Siapa takut? =-.

Wah, kita sama tante, desya juga suka pusing kalau cium aroma lavender 🙂

mungkin karena baunya yang menusuk itu, nyamuk jadi ikut pusing, so.., kalau dipikir-pikir, desya jadi kayak nyamuk ya… 😀

Wuiiiy cantik bangeeeet warna ungu itu 🙂 Dulu saya punya sahabat yg suka banget sama aroma Lavender, juga pencinta warna ungu, untung saja saat itu dia ga tau kalo warna itu dikatakan sebagai warna khas untuk homoseksual, xixixxi… Tapi jadi pingin tau, knp kok bisa dikatakan gitu ya? Sedangkan kalau di Indonesia dikatakan sbg warna janda, kok bisa juga yah? Klo warna bangsawan, ya pantes, sbb kan kain ungu itu mahal pembuatannya (pd jaman dahulu) jadi biasanya cuma para bangsawan yg bisa membeli dan dianggap pantas memakainya. Nah, jadi ada sejarahnya. Tapi klo yg warna khas homo dan janda itu… darimana???

Ttg bau lavender bisa mengusir nyamuk saya juga udah denger, dan pernah ingin sekali menanamnya sebab di rumah mmg banyak nyamuk banget, apalagi kalo duduk2 di teras. Sayangnya blum juga mendapatkan tanamannya, trus jadi lupa deh, nah skarang inget lagi dan jadi kepingin lagi, hehehe..
.-= G´s last blog ..Tanpa Idola =-.

Wuih… keren…

Jadi ketawa-tawa sendiri, inget tadi malam, Aku dan Cindy ketawa (sesaat setelah berlalu) saat melihat seorang Bapak2 tua mengenakan celana dan baju warna “UNGU” ngejreng “rada centil” gitu… dan ngotot minta difoto pada anaknya disebelah bunga UNGU di salah satu sisi lantai 2 Grand Indonesia… Sepertinya mau dimasukin ke fb tuh.. Huahahahaha… Ampuuun deh…
.-= Nug´s last blog ..Bermain dan Keceriaan di Pantai Kuta =-.

Istriku sangat suka lavender 🙂
Kalau pusing ia segera mengoleskan migrastick (stick berisi ekstrak lavender), lama-lama aku juga suka.

Beberapa waktu yang lalu aku juga plesiran ke kebun lavender, sayang memang waktu ke sana sedang winter. next spring, aku bakalan kembali dan motret yang ungu-ungu kayak yang kamu tampilkan di sini, Imel 🙂
.-= DV´s last blog ..Sydney, Raksasa Lengang =-.

Saya suka aroma Lavender, tapi yang tidak terlalu kuat. Ada sabun mandi dengan aroma Lavender yang sering saya pakai, tapi kalau parfum saya nggak pakai aroma lavender. Warna ungu saya juga suka (meskipun tidak berharap menjadi janda atau homo … hihihi … )

Di rumah saya pernah menanam lavender, tapi ternyata tidak berbau harum (tanaman palsu ‘kali). Sekarang sudah saya cabut, karena sudah tua dan bentuknya jelek.

Asyik juga ya kalau bisa ke padang lavender. Tapi harus ke Nakafurano? Wew …
.-= Tuti Nonka´s last blog ..Bromo …. brrrr …. dinginnya! =-.

wah, keren banget gambarnya..purple banget ^^
kalo di indonesia , ungu dengan warna janda kali yaa…
.-= olvy´s last blog ..hmm..hmmm..merdeka!!! =-.

Wangi lavender itu suka di buat wangi sabun di hotel-hotel berbintang …

Tapi kalo aku … Ingat Lavender … kok jadi ingat pomade/minyak rambut jadul itu ya ?
kenapa ya ?
.-= nh18´s last blog ..TOILET AGAIN =-.

Kalau pijat di hotel (maklum suka teler sehabis ngajar seharian…jadi terus mencoba pijat), harum minyaknya suka wangi lavender…dan memang memabukkan, karena terus tertidur nyenyak, entah karena pijatannya atau bau lavendernya…hehehe

Waduhh ungunya indah sekali…dipake untuk baju mesti cantik, tentu saja jika berkulit putih akan lebih cantik lagi…

Wuih keren euy. Di Taman Bunga Nusantara Cipanas yang ada cuman sebaris doang.

Ungu yang saya tau lambang jomblo.. 😀
.-= mangkum´s last blog ..A Rendezvous =-.

ya Allah bawalah daku keladang lavender. Subhanallah ciptaanmu membuat saya ingin sekrang juga bisa berada disana. terimakasih yang sudah sharing ladang lavender.

Subhannallah cantik dan secantik- cantiknya. Ya Allah terbangkanlah aku ke ladang lavender. Bunga ungu itu yang konon orang bilang dapat meningkatkan libido seksual . Aromanya itu lo….. cocok tuk tema bulan madu….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

Previous Post :