Apa permohonanmu?

Hari ini adalah Festival Tanabata, keterangannya bisa dilihat di posting saya tahun lalu. Dan selalu setiap menjelang Tanabata ini, siapa saja, terutama anak-anak bisa menuliskan permohonannya di kertas yang diberi nama 短冊 tanzaku, untuk kemudian digantungkan di daun Sasa (seperti bambu halus). Jadi hari ini Riku dan Kai membawa pulang daun Sasa itu beserta permohonannya untuk ditaruh dan menjadi hiasan di rumah.

Permohonan Riku yang dia tulis sendiri adalah : “はやくはしれますように Hayaku Hashiremasuyouni Semoga bisa berlari cepat”. Sedangkan permohonan Kai, tentu saja saya yang tuliskan, “Semoga sehat selalu”.

Peringatan Tanabata yang terkenal di Jepang diadakan di Sendai, Tohoku (Jepang Utara). Bermacam hiasan tanabata yang besar-besar dapat ditemui di sana. Tahun 1994, saya pernah keliling Tohoku (Jepang Utara) untuk mengikuti 3 festival musim panas yang terkenal di Jepang, dan salah satunya adalah Tanabata ini.

Berfoto di Stasiun Sendai

Berfoto di Stasiun Sendai (jadul banget yak)

Ada satu lagu yang khusus dinyanyikan pada waktu tanabata yang berjudul “Tanabata sama”. Lagunya bisa dinikmati melalui clip dari Youtube.

1、ささの葉 さらさら  Sasa no ha sara sara
のきばにゆれる  nokiba ni yureru
お星さま きらきら ohoshisama kira-kira
金銀砂子(きんぎんすなご) kin gin sunago

2、五色(ごしき)の たんざく  goshiki no tanzaku
私が書いた  watashi ga kaita
お星さま きらきら  ohoshi sama kira-kira
空から見てる Sora kara miteru

So, di hari Tanabata ini, jika ditanya apa permohonan Anda? Anda akan menuliskan apa di Tanzaku itu? (Mungkin untuk tahun ini saya akan tulis, semoga pemilihan presiden RI esok hari bisa lancar dan aman)

21 gagasan untuk “Apa permohonanmu?

  1. Kris

    permohonanku? supaya suatu saat nanti bisa mengunjungi jepang dan puas-puasin menikmati taman yang ada di sana 🙂
    .-= Kris´s last blog .. =-.

    Amin.

    Balas
  2. marsudiyanto

    Permohonan saya sudah terkabul Bu…
    Bu Em telah bisa buka blog saya dan nulis2 di sana…

    Iya Pak,…. waktu saya coba trsu bisa saya juga kegirangan hehehhe
    EM

    Balas
  3. imoe

    Permohonan saya, mudah-mudahan segera dipertemukan dengan seseorang yang bakal menjadi calon istri huahuahuahua

    Makanya musti bertemu yang single jangan yang udah nikah kayak gue moe hahaha
    EM

    Balas
  4. Bro Neo

    harapanku hari ini:
    semoga besok pilpres berjalan lancar, dan negeri ini semakin adil & sejahtera.
    smoga mereka siap menang dan terlebih lagi siap kalah

    -indonesia, dengan pedih kucinta kau –
    (ayu utami dalam bilangan fu – gw suka banget statement ini)

    amien…
    (*tumben agak bener neh*)
    .-= Bro Neo´s last blog ..Bayar Hutang =-.

    Amin…

    (emang selalu ngga bener ya bro?)
    EM

    Balas
  5. Tuti Nonka

    Mbaak, itu foto tahun berapa? Kok masih langsing (*huahuahua … larii*)

    Permohonan saya tahun ini, semoga sehat, dan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik … (tugas saya berat banget, ihiks!)
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..4 – 7 – 09 = 51 =-.

    Oooh jelas masih langsing dong mbak… 15 tahun yang lalu jeh
    EM

    Balas
  6. esha di birulangit

    Permohonan saya apa yak……..semoga ketika karung-karung itu dibuka ……indoensia mendapatkan karung yang berisi kucing yang sehat….dan bukan kucing garong……….
    .-= esha di birulangit´s last blog ..Googlebot menggerus bandwith….? =-.

    Balas
  7. Zulmasri

    Suatu harmoni yg indah mbak imel, memadukan kemajuan dg kebiasaan yg telah berurat berakar. Harapan saya, semoga di negeri kita budaya lama bisa bersinergi dg kemajuan zaman

    Balas
  8. DV

    Permohonan saya simple, semoga istri saya sehat dan anak yang dikandungnya demikian juga adanya 🙂

    Gantungkan permohonanku ya dan doakan 🙂
    .-= DV´s last blog ..Menikah itu Bagaikan Kiamat =-.

    Balas
  9. narpen

    saya maunya.. maunya..
    duh.. permohonannya rahasia, tante.. gimana dong? 😀
    (kayanya kira2 tante juga tau sih salah satunya)
    kok saya tipikal malu2 ya mengungkap permohonan saya..
    lagian banyak juga list-nya, hehehe. tar kertasnya penuh, tante..
    .-= narpen´s last blog ..Kekerasan dalam pemilu? =-.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *