my journey from dawn to dusk

Topeng Monyet? BUKAN!

Waktu saya baru datang ke Jepang, saya sempat kaget waktu berjalan di daerah pertokoan, dan mendengar suara musik seperti topeng monyet. Tentu saja lebih berirama dan lebih lengkap, tapi pasti mengingatkan saya pada topeng monyet di Indonesia. Karena pertunjukan musik sambil berjalan yang ada di Indonesia hanyalah topeng monyet, bukan?

sumber: wikipedia japan

sumber wikipedia Japan

Tapi yang pasti orang Jepang akan marah kalau kita menyamakan Chindon-ya ini dengan topeng monyet. Karena Chindon-ya adalah artis terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan komposisi 3 atau 5 orang dengan pakaian kimono. Mereka membawa tetabuhan dan alat tiup dan berjalan ke sana ke mari. Untuk minta uang seperti pengamen jalanan?

Tidak! Tugas mereka adalah mempromosikan sebuah toko yang akan dibuka atau memanggil tetamu supaya datang ke toko tersebut. Kadang kala mereka akan membagikan selebaran/pamflet yang berisi keterangan toko. Memang kebanyakan toko yang memakai jasa chindon-ya ini adalah toko pachinko (semacam pinball).

Chindon-ya ini awalnya di Osaka pada akhir abad 19, dan sekarang sudah mulai jarang terlihat. Jika Anda sedang berlibur ke Jepang, dan masih berkesempatan melihatnya, pasti Anda beruntung!



Category: LIVING

17 Comments to “Topeng Monyet? BUKAN!”

Add Comments (+)

  1. suryaden berkata:

    wahaha,… pernah juga lihat kalo promosi toko di jogja, kapan itu ya… lupa, tapi agak mirip pake gituan pula…

    suryaden´s last blog post..still it takes me by surprise

  2. abrus berkata:

    lain padang lain ilalang…
    disini topeng monyet…disana bukan…
    disana monyet…disini beruang …?!

    abrus´s last blog post..VAKSIN BABI…?!

  3. bro neo berkata:

    ada “sapaan” khas untuk mereka tidak? seperti halnya “sarimin” utk topeng monyet di sini

  4. ami berkata:

    promosi yang lumayan efektif ya mbak, mendengar tabuhannya pasti orang refleks akan menengok

    ami´s last blog post..nikmat nan haram

  5. Muzda berkata:

    Mungkin hampir mirip dengan jatilan ??
    Tapi ya memang, jatilan itu mengamen …

    Muzda´s last blog post..That’s What Friends Are For

  6. Ozan berkata:

    Tak tahu mbak, saya tak pernah nonton topeng monyet. Trus orang Jepang tak marah waktu mbak postingan Topeng Monyet Bukan?
    Hehehehe…

  7. mascayo berkata:

    cara promosi yang unik.
    buat para pebisnis bisa nih dicoba,
    pake topeng monyet aja,
    menghibur sekalian promosi.

    mascayo´s last blog post..Rasanya saya perlu belajar ilmu beladiri

  8. edratna berkata:

    Kenapa sekarang mulai kurang ya Imel? Atau mungkin hasilnya kurang efektif?

    edratna´s last blog post..Mengobrol santai dengan salah satu cawapres di Angkringan Wetiga

  9. Tuti Nonka berkata:

    Di Yogya, beberapa kali saya lihat sebuah provider telepon seluler melakukan promosi dengan memakai anak-anak muda yang menutup seluruh tubuh mereka dengan bentuk-bentuk lucu yang memvisualkan produk provider tersebut. Anak-anak muda ini berdiri di perempatan-perempatan besar, dan cukup menarik perhatian dengan aksi-aksinya …

    Tuti Nonka´s last blog post..Nyopir Ampe Mati

  10. achoey berkata:

    Hehehe
    Beda sekali Bu
    Mereka marah lho 😀

    achoey´s last blog post..Di Balik Layar Jelang Siang Mie Janda

  11. AFDHAL berkata:

    tapi mereka gak ada atraksi-atraksi’an seperti “sarimin” indonesia kan???

  12. Ade berkata:

    wew kreatif sekali yaa..

  13. Didien® berkata:

    Perasaan di Indonesia saya pernah liat cara promosi seperti yg ini…cuma dimana yah..? *mikir keras*
    tp saya berikan aplause buat kreatifitas orang² yg punya keinginan utk maju…

    salam, ^_^

    Didien®´s last blog post..Pelajaran Berharga [Adzab & Karma]

  14. wita berkata:

    Sayang udah jarang yah….tp heran deh kp sih di setiap sudut kota tuh selalu ada yg namanya Pachinko? g kota gede kota kecil psti ada..

    Gile bener…bising bgt pula (klo di dalem) hehehe neechan ulas ttg pachinko dong…

    wita´s last blog post..Daruma, Si Bundar Pembawa Keberuntungan

  15. Heeem jadi inget di Arha Gading
    ada toko Jepang yang pelayannya suka teriak2 di depan toko manggil pelanggan untuk datang…
    Baru tau namanya Chindon – ya…
    tapi kalo yg di Indo koq gak pake dandanan medok gitu ya…

    Eka Situmorang – Sir´s last blog post..Eforia Tubuh

  16. 1nd1r4 berkata:

    TOpeng orang kali ya mbak 🙂 …. menarik juga

    1nd1r4´s last blog post..You can feel it…

  17. Clara berkata:

    Ondel-ondel juga pake lagu seperti topeng monyet Mba, kalo ga salah musiknya namanya tanjidor ya?