IBSN : Enam jam kehidupan

Saya pernah membaca cerita ini 5 tahun yang lalu. Renungan yang selalu membuat saya menangis. Dan saya ingat saya pernah memberikannya pada seorang teman yang sedang menderita kanker. Dia berkata renungan itu amat menguatkannya. Dan betapa senangnya saya mendengar dia sudah sembuh sekarang. Berkat teh hijau…..

Saya ingin menaruh renungan ini di sini sebagai ingatan akan makna kehidupan untuk semua orang… Dan terutama ingin mendoakan Sassie, seorang blogger, anggota IBSN yang berpulang karena sakit juga. Semoga Sassie bisa menjadi cahaya yang menerangi kita yang masih tinggal di dunia, sama seperti tulisan-tulisannya yang begitu memberikan inspirasi bagi kita teman-temannya.

Copy berita dari sms:

innalillahi wa innalilahi rojiun.. telah berpulang ke rahmatullah.. adik dan saudara kami tercinta SASSIE KIRANA Binti Abdul muthalib pada hari minggu dini hari/senin pukul 3 pagi di lahad Datu Hospital jenazah telah dikebumikan pada hari senin sore di tarakan kami atas nama keluarga Almarhumah mohon maaf atas segala kekhilafan almarhumah semasa hidupnya semoga almarhumah mendapat tempat yang layak di sisiNYA Amin.

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Sepasang suami istri hidup bahagia. Sejak 10 tahun yang
lalu, sang istri terlibat aktif dalam  kegiatan  untuk menentang
aborsi, karena menurut pandangannya,  aborsi berarti membunuh
seorang bayi. Setelah bertahun-tahun berumah-tangga, akhirnya sang
istri  hamil, sehingga pasangan tersebut sangat bahagia. Mereka
menyebarkan kabar baik ini kepada famili, teman2 dan sahabat2, dan
lingkungan sekitarnya. Semua  orang ikut bersukacita dengan
mereka.

Tetapi setelah beberapa bulan, sesuatu yang buruk terjadi.
Dokter menemukan bayi kembar dalam perutnya, seorang bayi laki2 dan
perempuan. Tetapi bayi perempuan mengalami kelainan, dan ia mungkin
tidak bisa hidup sampai masa kelahiran tiba. Dan kondisinya juga
dapat mempengaruhi kondisi bayi laki2. Jadi dokter menyarankan untuk
dilakukan aborsi, demi untuk sang ibu dan bayi laki2
nya.

Fakta ini membuat keadaan menjadi terbalik. Baik sang suami
maupun sang istri mengalami depressi. Pasangan  ini bersikeras untuk
tidak menggugurkan bayi  perempuannya (membunuh bayi tsb), tetapi
juga kuatir terhadap kesehatan bayi laki2nya. “Saya bisa merasakan
keberadaannya, dia sedang tidur nyenyak”, kata sang  ibu di sela
tangisannya.

Lingkungan sekitarnya memberikan dukungan moral kepada
pasangan tersebut, dengan mengatakan bahwa ini adalah  kehendak
Tuhan. Ketika sang istri semakin mendekatkan  diri dengan Tuhan,
tiba-tiba dia tersadar bahwa Tuhan pasti memiliki rencanaNya dibalik
semua ini.

Pasangan ini berusaha keras untuk menerima fakta ini. Mereka
mencari informasi di internet, pergi ke perpustakaan, bertemu dengan
banyak dokter, untuk mempelajari lebih banyak tentang masalah bayi
mereka. Satu hal yang mereka temukan adalah bahwa mereka tidak
sendirian. Banyak pasangan lainnya yang juga  mengalami situasi yang
sama, dimana bayi mereka tidak dapat hidup lama. Mereka juga
menemukan bahwa beberapa bayi akan mampu bertahan hidup, bila mereka
mampu memperoleh donor organ dari bayi lainnya. Sebuah peluang yang
sangat langka. Siapa yang mau mendonorkan organ bayinya ke orang
lain ?

Jauh sebelum bayi mereka lahir, pasangan ini  menamakan
bayinya, Jeffrey dan Anne. Mereka terus bersujud kepada Tuhan. Pada
mulanya, mereka memohon keajaiban supaya bayinya sembuh. Kemudian
mereka tahu, bahwa mereka seharusnya memohon agar diberikan kekuatan
untuk menghadapi apapun yang terjadi, karena mereka yakin Tuhan
punya rencanaNya sendiri.

Keajaiban terjadi, dokter mengatakan bahwa Anne  cukup sehat
untuk dilahirkan, tetapi ia tidak akan bertahan hidup lebih dari 2
jam. Sang istri kemudian berdiskusi dengan suaminya, bahwa jika
sesuatu yang buruk terjadi  pada Anne, mereka akan mendonorkan
organnya. Ada dua bayi yang sedang berjuang hidup dan sekarat, yang
sedang menunggu donor organ bayi. Sekali lagi, pasangan ini
berlinangan air mata. Mereka menangis dalam posisi sebagai orang
tua, dimana mereka bahkan tidak mampu menyelamatkan Anne. Pasangan
ini bertekad untuk tabah menghadapi kenyataan yg akan
terjadi.

Hari kelahiran tiba. Sang istri berhasil melahirkan kedua
bayinya dengan selamat. Pada momen yang sangat berharga tersebut,
sang suami menggendong Anne dengan sangat hati-hati, Anne menatap
ayahnya, dan tersenyum dengan manis. Senyuman Anne yang imut tak
akan pernah terlupakan dalam
hidupnya.

Tidak ada kata2 di dunia ini yang mampu menggambarkan
perasaan pasangan tersebut pada saat itu. Mereka sangat bangga bahwa
mereka sudah melakukan pilihan yang tepat (dengan tidak mengaborsi
Anne), mereka sangat bahagia melihat Anne yang begitu mungil
tersenyum pada mereka, mereka sangat sedih karena kebahagiaan ini
akan berakhir dalam beberapa jam saja. Sungguh tidak ada kata2 yang
dapat mewakili perasaan pasangan tersebut. Mungkin hanya dengan air
mata yang terus jatuh mengalir, air mata yang berasal dari jiwa
mereka yang terluka..

Baik sang kakek, nenek, maupun kerabat famili memiliki
kesempatan untuk melihat Anne. Keajaiban terjadi lagi, Anne tetap
bertahan hidup setelah lewat 2 jam. Memberikan kesempatan yang lebih
banyak bagi Keluarga tersebut untuk saling berbagi kebahagiaan.
Tetapi Anne tidak mampu bertahan setelah enam
jam…..

Para dokter bekerja cepat untuk melakukan prosedur pendonoran
organ. Setelah beberapa minggu, dokter menghubungi pasangan tsb
bahwa donor tsb berhasil. Pasangan tersebut sekarang sadar akan
kehendak Tuhan. Walaupun Anne hanya hidup selama 6 jam, tetapi dia
berhasil menyelamatkan nyawa saudaranya.  Bagi pasangan tersebut,
Anne adalah pahlawan mereka, dan sang Anne yang mungil akan hidup
dalam hati mereka
selamanya…

Sumber : Gifts From The Heart for Women – Karen Kingsbury

******************************

***************************************
2. REFLECTION

1.      SESUNGGUHNYA, tidaklah penting berapa lama kita hidup, satu
hari ataupun bahkan seratus tahun. Hal yang benar2 penting adalah
APA YANG KITA TELAH KITA LAKUKAN SELAMA HIDUP KITA, YANG BERMANFAAT
BAGI  ORANG LAIN.

2.      SESUNGGUHNYA, tidaklah penting berapa lama perusahaan kita
telah berdiri, satu tahun ataupun bahkan dua ratus tahun. Hal yang
benar2 penting adalah APA YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN KITA SELAMA INI,
YANG  BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN

3.      Ibu Anne mengatakan “Hal terpenting bagi orang tua bukanlah
mengenai bagaimana karier anaknya di masa mendatang, dimana mereka
tinggal, maupun berapa banyak uang yang mampu mereka hasilkan.
TETAPI HAL TERPENTING BAGI KITA SEBAGAI ORANG TUA ADALAH UNTUK
MEMASTIKAN BAHWA ANAK-ANAK  KITA MELAKUKAN HAL2 TERPUJI SELAMA
HIDUPNYA, sehingga ketika kematian menjemput mereka, mereka akan
menuju surga”.

*********************************************************************

33 gagasan untuk “IBSN : Enam jam kehidupan

  1. Ria

    Ikutan sedih mbak…sassie anak yang lucu dan baik banget…
    selamat jalan sie

    hiks 🙁

    Ria´s last blog post..Ha! Samaan?

    Balas
  2. mahardhika

    Banyak orang beranggapan bahwa karier, uang , dan pangkat adalah segalanya tapi setelah membaca ini semua itu salah total… semua itu tidak menjamin kebahagian, bisa berbagi saling memberi dan menerima adalah intinya…menjadi bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain sungguh adalah hal yang brilian….
    membaca ini membuatku semakin semangat untuk terus mencoba dan melakukan yang terbaik dalam hidup. AMIN
    thank’s bun… 🙂

    mahardhika´s last blog post..Sarapan, yukk..!

    Balas
  3. Muzda

    TETAPI HAL TERPENTING BAGI KITA SEBAGAI ORANG TUA ADALAH UNTUK
    MEMASTIKAN BAHWA ANAK-ANAK KITA MELAKUKAN HAL2 TERPUJI SELAMA
    HIDUPNYA, sehingga ketika kematian menjemput mereka, mereka akan
    menuju surga”.


    Mungkin itu sekarang yang Ibu saya pikirkan,, karena belakangan ini beliau tak henti menelepon…

    Muzda´s last blog post..Hey,, Kartini Digugat …

    Balas
  4. Yoga

    Mbak Imel, kehilangan satu blogger seperti kehilangan anggota keluarga. Masih berduka atas kepergian Sassie nih. Btw, cerita di atas inspiring banget. Thanks for sharing mbak.

    Balas
  5. Ersis Warmansyah Abbas

    Turut berduka … kirim doa … dan maksih pencerahan mBak Imel

    Ersis Warmansyah Abbas´s last blog post..Beristri Dua

    Balas
  6. Retie

    Tante, turut berduka atas kepergiannya Sassie yaaa…
    Yang ceritanya Anne aku juga pernah baca 2x di milis. sekarang baca ke 3x aku masih menitikkan airmata.

    Balas
  7. 1nd1r4

    turut berduka atas kepergian Sassie. Setuju mbak bukan soal lama atau sebentarnya kita diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati kehidupan du dunia, tapi bagaimana kita memaknai hidup di umur yang diberikan 🙂

    1nd1r4´s last blog post..NANTI…

    Balas
  8. edratna

    Semoga Sassie bahagia di sana.
    Mengingatkan kita bahwa pada akhirnya perjalanan kita akan kesana juga, cuma entah kapan waktunya.

    Berapapun lamanya kita di dunia, yang sangat berharga adalah apa yang kita perbuat selama kita hidup, apakah memberikan kebahagiaan bagi orang sekitar kita

    edratna´s last blog post..Mereka yang saling bahu membahu

    Balas
  9. Didien®

    Dia pergi terasa masih seperti mimpi bun…seakan² ingin cepat bangun dari mimpi ini… 🙁

    Didien®´s last blog post..IBSN : Selamat Jalan Sassie

    Balas
  10. sunardi

    “1. SESUNGGUHNYA, tidaklah penting berapa lama kita hidup, satu
    hari ataupun bahkan seratus tahun. Hal yang benar2 penting adalah
    APA YANG KITA TELAH KITA LAKUKAN SELAMA HIDUP KITA, YANG BERMANFAAT
    BAGI ORANG LAIN.”

    Ini poin yang selalu saya jaga. Turut berduka cita untuk Sassie.

    Balas
  11. Komandan

    hidup hanya sementara orang jawa mengatakan ( urip mung mampir ngombe ) maka akan kemabli kepadanya, hanya doa yang bisa menegirini nya salam kenal mbak

    Komandan´s last blog post..Earth Day

    Balas
  12. Septa

    Tulisan ini membuatku bersyukur atas nafas yg masih diberikan sampai detik ini, semoga kita tidak menyianyiakan waktu yg di berikan TUHAN..

    Makasih ya mba’ udah ngerepotin pake konfirmasi ke mas nug segala, harusnya ga’ perlu aku hanya mencoba menyangkal saat itu..

    Aku udah terSENYUM lagi meski dadaku seperti habis di tendang orang 🙂

    Balas
  13. Balisugar

    Semoga dia Bahagia di sisi Nya

    Blognya menjadi sebuah kenangan dan pelepas rindu bagi semua teman-teman

    Balisugar´s last blog post..A Surprising Lady who changed the world

    Balas
  14. vizon

    turut berduka atas sahabatmu itu neechan… semoga dia beroleh kedamaian di sisi Sang Pemilik Hidup…

    hidup memang tidak bisa ditebak. Tuhan selalu punya rahasia dg semua keputusan-Nya, tinggal kita yg harus bijak mengambil makna dari semuanya… 🙂

    vizon´s last blog post..gadang sarawa

    Balas
  15. tanti

    Membacanya membuat dadaku sesak oleh berbagai perasaan yang bercampur aduk. Thanks for sharing, mengingatkan bagaimana harus mengisi hidup (suatu karunia yang sangat berharga) sehingga berarti untuk sesama dan berkenan bagi Sang Penciptanya.

    tanti´s last blog post..Bukan Kambing Jantan

    Balas
  16. Nug

    Sassie, mengenalmu walau sesaat mendapat banyak hal..

    Sebuah pelajaran arti kehidupan
    Sebuah pelajaran tentang keikhlasan dan keberanian
    Sebuah pelajaran tentang indahnya berbagi
    Sebuah duka dan kehilangan yang dalam
    Sebuah dimensi yang ‘pasti’ dari kehidupan
    Sebuah kematian

    Selamat jalan Sie..
    Sayang dan doa kami selalu bersamamu..

    Nug´s last blog post..IBSN: Daddy tau gak?

    Balas
  17. Melati

    Tidak ada seorang pun manusia yang tidak berarti bagi pandanganNya.
    Karena itu, manusia seharusnya saling menyayangi.
    Tapi kok kenyataannya susah.
    Sering membenci orang yang jahat kepada diri sendiri.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *