Roti Sebagai Sumber Ide

Tanggal 4 April kemarin merupakan hari Anpan, yaitu roti yang berisi an, selai yang terbuat dari kacang merah. Roti ini pertama kali dibuat tanggal 4 April tahun 1875 oleh perusahaan roti Kimuraya, dan disajikan pada Kaisar Meiji. Roti ini merupakan roti khas Jepang, yang mengambil contoh dari Manju, kue tradisional Jepang seperti bakpau isi kacang hijau tapi kecil ukurannya. Dengan modifikasi roti berisi an atau selai kacang merah ini, Anpan dapat diterima masyarakat jepang. Selain berisi selai kacang merah, ada yang berisi selai wijen, ogura, selai kacang merah diberi keringan bunga sakura, rasa melon dan lain-lain. Pokoknya semua rasa yang cocok di mulut orang Jepang dicoba menjadi isi roti.

Roti berisi selai kacang merah - Roti An

Roti berisi selai kacang merah - Roti An

Dan saya terkagum-kagum bahwa ternyata roti An, atau Anpan ini bisa menjadi sumber ide bagi  penciptaan karakter ANPANMAN. Memang orang Jepang pintar menciptakan karakter-karakter dari sesuatu yang ada di keseharian kita. Seperti crayon atau kacang babi yang sudah saya bahas di tulisan Story of Black Crayon dan Tempat tidur si Kacang Babi. Saya tidak tahu apakah komik Anpanman ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau belum, tapi mari kita lihat tokoh-tokoh dalam cerita Anpanman ini.

Anpanman - Karepanman - Shokupanman

Tokoh utama tentu saja si Anpanman “Manusia Anpan” yang bermuka tembem dengan dua pipi merah, berkostum merah kuning dan memakai mantel untuk terbang berwarna coklat. Dia adalah si pembela kebenaran, Seigi no mikata, ciptaan Paman Selai (Jam Ojisan). Jam Ojisan ini membuat roti di pabrik rotinya dibantu oleh Batako san (asal kata =Butter) dan mempunyai anjing bernama Chizu (asal kata = Cheese).

Anpanman selalu menolong siapapun yang kesusahan dan terutama kesusahan itu diakibatkan kelakuan buruk Baikinman (asal kata = Baikin = bakteri yang merusak). Terkadang pula akibat keusilan Dokinchan (Bakteri perempuan yang menyukai Shokupanman, shokupan adalah roti tawar). Teman-teman Anpanman di antaranya adalah Karepanman (roti kare), Meronbannachan (roti Melon), Rorubanna (roll bread), Kurimubanda (roti krim).

dari atas kiri - kanan: Dokinchan - Meronpanchan - Anpanman - Baikinman

dari atas kiri - kanan: Dokinchan - Meronpanchan - Anpanman - Baikinman

Karakter Anpanman ciptaan Yanase Takashi ini pertama kali muncul tahun 1969. Tapi baru tahun 1975, muncul  sebagai cerita bergambar (picture book) berseri dengan judul “Soreike Anpanman”. Karakter ini cepat merebut hati anak-anak seluruh Jepang (juga hati Kai sekarang), sehingga dijadikan film dan anime. Karena karakter yang muncul dalam cerita ini amat beragam (dan kebanyakan berhubungan dengan makanan) maka sampai dengan tahun 2009 saja, dari seluruh cerita yang terbit karakternya sudah berjumlah lebih dari 1500 karakter (bahkan sampai 2000 jenis jika perubahan transfom juga dihitung) . Katanya sampai si penciptanya sudah lupa jumlah sebenarnya berapa …hehehe. Dan setiap tanggal 6 Februari, hari ulang tahun si pencipta Yanase Takashi( 6 Februari 1919 – ), diperingati juga sebagai hari ulang tahun Anpanman.

foto Yanase Takashi dan boneka Anpanman, karakter ciptaannya diambil dari sini

Hebat ya roti sebagai sumber ide… Kalau saya sih roti memang sebagai sumber ide untuk …MAKAN hehhehe. Padahal bagi Jepang, roti juga merupakan kebudayaan serapan dari luar negeri, sama juga halnya dengan Indonesia. Tapi kenapa orang Indonesia kurang ide untuk menciptakan karakter dari sekeliling kita ya? Kalau di Jepang ada Anpanman, mungkin di Indonesia bisa ada Roti Bakso, Roti Abon, Roti Coklat, Roti Sarikaya atau Roti Gambang (pernah dibahas Mas trainer juga) yang katanya khas Indonesia ? (Roti Bagelen tuh asli Indonesia ngga ya?)

Atau bisa saja dari kue-kue jajanan pasar kan? Semisal Kue Ku, Kelepon, Cenil dll … Uuuh jadi lapar deh…

35 gagasan untuk “Roti Sebagai Sumber Ide

  1. Daniel Mahendra

    Oh, jadi ini yang diceritakan tempo hari? ANPANMAN. Hihihi. Kreatif juga. Kalau di Indonesia bisa nggak ya bikin tokoh-tokoh kartun dari lemper, nogosari, cucur, cenil, klepon, dll. Hehe. :p

    (Sialan! Begitu mbaca tuntas tulisan ini, ternyata sudah dibahas di penutup cerita. Huh! Gini ini kalau pikiran sudah ingin berkomen di setiap paragraf. Ternyata di akhir tulisan malah keduluan dibahas 😀 )

    Perusahaan roti Kimuraya masih ada nggak sampai sekarang? Atau roti ini sudah dibuat massal ya?

    Keringan bunga Sakura? Bunga Sakura dimakan? Weh?

    Tokoh utama tentu saja si Anpanman “Manusia Anpan” yang bermuka tembem dengan dua pipi merah,

    Bermuka tembem dengan dua pipi merah?
    Kok jadi inget seseorang. Hmmm, siapa ya…
    Ohhh… Aku tau! Aku tau!
    Ya yang punya blog ini! Hihihi…

    Tanggal lahir Yanase Takashi sama dengan hari lahir Pramoedya Ananta Toer (1925-2006). Bedanya, kalau hari lahir Yanase Takashi diperingati sebagai hari ulang tahun Anpanman (hebat juga dia!), sementara 6 Februari di Indonesia belum diperingati sebagai hari apa pun.

    Daniel Mahendra´s last blog post..3 Pucuk Buku

    hehehe, ini bukan chat danny…
    thanks untuk komentarnya yang panjang 🙂

    Kamu dong buat ide menciptakan karakter seperti Peter Pan gitu. Pan dalam bahasa Jepang = roti, jadi Peter Pan – Roti Peter hahahah.

    Perusahaan Kimuraya masih ada sampai sekarang, dan selain menjual roti, toko itu membuka restoran dengan menu andalan : Nasi kare. Dan saking terkenalnya mereka menjual makanan jadi kare dalam paket kedap udara yang tinggal dipanaskan saja kalau mau dimakan.

    Yup bunga sakura dimakan. Ada teman di Facebook minta dibawakan bunga sakura. Katanya bunganya ditaburkan garam spy tahan lama. Bunga sakura selain dimasukkan dalam selai kacan merah untuk isi roti atau manju, juga bisa dimasukkan dalam teh hijau. Ada beberapa bunga yang dimakan di jepang. Nanti deh kalau ingat aku buat postingannya ya, soalnya lebih bagus kalau pakai gambar/foto.

    Muka tembem dengan pipi merah = aku? oooh aku selucu itu ya di matamu? baru tahu aku… kenapa ngga kamu cubit-cubit pipiku waktu ketemu dulu…. hihihi
    (Ntar aku ketemu kamu lagi, aku jitak kamu! ups…lupa… masih ada 2 kali jitak yang terhutang. Jadi nanti harus 3 kali tuh)

    Ahhh sedih ya, 6 Februari kok bisa sama, tapi perlakuannya berbeda?
    Itulah negaramu Danny hihihi (ngga deh itu juga negaraku kok, aku masih cinta Indonesia)
    (emang negara kita pernah menghargai pahlawan Danny? ingat Bung Tomo?)

    EM

    Balas
  2. Muzda

    Kue ku, kelepon, cenil, gatot, tiwul, (eh, itu dari singkong yaa..)

    Ah, ntar sore mo ke pasar ah, nyari tiwul,, Mba’ Imel mau ….??
    hahaa,, maapkan kelancanganku Mba’ 😀

    Muzda´s last blog post..Theme Song

    Tiwul aku ngga begitu suka deh. Kalau klepon atau cenil atau gethuk suka…beliin yah ;))
    pokoknya aku ngga suka kalo terlalu manis
    EM

    Balas
  3. 1nd1r4

    Aku suka mbak nonton kartun anpanman, semua karakternya adalah makanan. Masih diputar ga ya di Indonesia? jadi pingin ngerasain roti ni 🙂

    1nd1r4´s last blog post..WHAT??? Ada matematikanyaaaa????

    emang pernah diputar di Indonesia? Waaah aku ketinggalan banget nih
    Roti An? kapan ke sini In? ntar aku beliin 5 biji (aku ngga suka karena manis)

    EM

    Balas
  4. Melati

    Bagi lidah saya pun, roti berisi kacang merah enak.
    Tumben ada makanan jepang yang saya puji.

    hhahaha kan kamu suka yang manis…dan pedas
    EM

    Balas
  5. achoey

    Orang cerdas menjadikan semua yang ada sebagai sesuatu yang bisa menjadikannya lebih bermanfaat 🙂

    semoga kita bisa mendidik generasi penerus yang cerdas
    EM

    Balas
  6. Ria

    jadi inget buku fira basuki kemarin ada tokoh naga namanya nogosari…wakakaka aku langsung membayangkan kue yg dibungkus daun pisang beserta fla yg di dalamnya ada pisang…kekekeke…*sadar aku tukang makan ya mbak 😀 *

    aku bikin rotiabonMEN…hehehehe
    pembela kebenaran bagi orang2 yang kelaparan 😀

    bukan fla itu kan yang dalamnya nagasari, tepung beras seperti bubur sumsum tapi lebih kental.

    rotiabonMEN asyik juga tuh kayaknya.
    EM

    Balas
  7. kahfinyster

    ngahahahahha,, masi inget aja ama anpanman! hhahaha,,

    kahfinyster´s last blog post..dateng lagi,, d iringi kesialan penuh dalem seminggu,,

    Balas
  8. heri koesnadi

    he..he.. hafal aja nama2 kue khas indonesia, saya ja gak hafal,,, he..he.. klo di indonesia ada juga perubahan jaman jadi ide, kayak dulu pas awal tahun 2000, panji si manusia millenium….

    heri koesnadi´s last blog post..Raport Muridku..

    Balas
  9. mang kumlod

    Komentarnya udah diborong sama DM semua.

    Saya tanya aja deh mba. Di hari Anpan itu, biasanya suka diadain acara apa sih di Jepang?

    mangkum´s last blog post..Golput di Mata Saya

    Balas
  10. vizon

    kreatif betul ya… roti bisa dijadiin ide, trus ada korelasinya lagi dg makanan itu sendiri; roti vs bakteri… hebat..!

    di negara kita sebetulnya ada yg lebih kreatif lagi. yaitu menjadikan binatang sebagai ide nama dan bentuk makanan; “roti buaya”, turunannya: “buaya darat”, hehehe… 🙂

    vizon´s last blog post..contreng!

    Balas
  11. elindasari

    Hahaha, jadi laper nich mbak ngomongin makanan. Sebenernya orang Indonesia juga kreatif dalam membuat nama makanan mbak Imelda, misalnya aza nich ada : pempek kapal selam, kue cucur dibilang lumpur lapindo, kemplang, dll dech…Hanya belum sampai buat cerita / komik seperti orang jepang.

    Tapi kalau dibuat cerita berseri untuk pengetahuan anak dgn menggunakan nama-nama bumbu dapur sudah pernaha ada dan saya sempet koleksi buat anak saya seperti DVD seri : Mrico (Merica)& Kencur, Prof. Kura-kura (menggunakan nama2 binatang yg ada di Indo), Bawang Merah & Bawang Putih, dll.

    Ok, sampai jumpa lagi mbak Imelda 🙂 🙂 🙂
    Best regard,
    Bintang

    elindasari´s last blog post..What do you think about it ?

    Balas
  12. hmcahyo

    jadi inget nadia yang suka nggambar2 kartun!

    gimana kbrnya mbak?

    hmcahyo´s last blog post..Ibsn: “Nasihat” Prof. Valerie Miner buat Calon Penulis

    Balas
  13. Didien®

    nyam..nyam..nyam…
    keknya lebih enak di makan dari pada di liatin melulu heheheh.. ^_^

    Didien®´s last blog post..iPhone OS 3.0, Dilengkapi dengan Copy Paste

    Balas
  14. Didien®

    dari makanan aja bisa jadi tokoh kartun,,salut deh buat orang² sana.
    kalo di Indonesia dari makanan katro bisa di sulap jd makanan modern…salut buat org Indonesia.. ^_^

    Didien®´s last blog post..iPhone OS 3.0, Dilengkapi dengan Copy Paste

    Balas
  15. Didien®

    udh lama g comment bun, jd maaf kalo saya jd maruk comment…wkikikikkk..
    soalnya liat makanan ini jd laper..boleh kirimin satu..?? lewat email ato sms aja biar cepet sampenya… ^_^

    Didien®´s last blog post..iPhone OS 3.0, Dilengkapi dengan Copy Paste

    Balas
  16. AFDHAL

    busyett…gara2 roti aja jadi pilem kartoon…sampe ada hari peringatannya juga
    hmm, mudah2an di indonesia ada pilem MARTABAKMAN
    keren juga tuh…

    numpang nyampah dibawahnya om 🙂

    Balas
  17. p u a k™

    Mungkin aku bisa jadiin bakpau sebagai sumber ceritaku.

    “aku dan bakpau”
    di pipi, dada, dan pantat.. hihihi..
    saru ya, mbak..
    Maaf..maaf..

    p u a k™´s last blog post..[Lou] Rasakan beban hatiku

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *