Bagi bagi duit

Eits jangan salah dulu… saya tidak mau membagi duit kepada mereka yang sudah membaca TE (Twilight Express). Tapi mau menceritakan kegiatan bagi-bagi duit pemerintah Jepang.

Kenapa musti pemerintah membagi-bagi duit? Mungkin kalau di Indonesia sekarang kegiatan membagi duit dilakukan kepada para korban bencana. Atau sedikitnya membagi makanan kepada mereka yang harus kehilangan tempat tinggal atau sanak keluarga. Atau program raskin dll.

Tapi saya bukannya mau menceritakan proyek kemanusiaan yang dilakukan pemerintah Jepang. Tapi bagi-bagi duit ini sebetulnya benar-benar dilakukan pemerintah Jepang gara-gara krismon. (Uda Vizon, inget ngga ada anak bernama Krismon di desa Kweni? Aku sampe tertawa geli waktu memanggil namanya. Kasihan juga ya dia, sampai tua ngga pernah bisa kaya, krismooooon melulu. Semoga saja tidak ya Uda. Salam saya khusus untuk dia)

Masa sih benar-benar bagi duit? Namanya Teigaku Kyufukin ” Pembagian Tunjangan Jumlah Tetap”, dengan penghitungannya adalah seorang anak 20.000 yen (bukan rupiah). Untuk Gen, dihitung 12.000 …dan katanya saya juga dapat dengan jumlah yang sama dengan Gen (cuma kok di daftar yang diterima kemarin namaku ngga ada…. hiks) . Uang itu nantinya akan masuk ke rekening bank kami, jadi tidak terima langsung berupa uang.

Tentu ada maksudnya pemerintah membagikan duit begini. Ya, supaya orang Jepang BERBELANJA. Karena krisis, maka jalannya perekonomian tersendat. Orang lebih suka menabung, daripada membelanjakan uangnya. Jadi diharapkan dengan membagi duit begini, warga Jepang bisa pakai untuk berbelanja. Yang saya tidak tahu, bagaimana atau apa konsekwensinya jika uang yang diberikan itu tidak dibelanjakan.

Gen bilang, sepertinya pemerintah maunya kita membeli pesawat televisi berdisplay tipis baru deh. Karena 2 tahun lagi pesawat tivi yang lama tidak bisa dipakai. Seluruh siaran televisi di Jepang akan memakai digital (siarannya loh, frekuensinya yang digital bukan analog lagi). Jadi perlu pesawat tv khusus yang bisa menerima frekuensi digital ini. Tapi pemasaran pesawat tv digital ini seakan “melempem”. Jadi kita warganya dibagi-bagikan duit. hehehe. Kalau saya sih daripada dipakai untuk membeli sesuatu, lebih baik ditabung saja, atau dijadikan tiket pesawat ke Indonesia heheheh (Maunya sih  gitu)

Selain bagi-bagi duit, satu lagi usaha pemerintah Jepang untuk menggiatkan perekonomian adalah menurunkan biaya pemakaian jalan tol berbayar yang ada. Khusus untuk weekend saja, mulai hari Sabtu tgl 28 Maret lalu, mau ke daerah mana saja asal terjangkau oleh jalan tol itu, biayanya hanya 1000 yen saja dengan menggunakan mesin ETC (Electronic Toll Collection). Misalnya dulu biaya tol dari Tokyo -Osaka sebesar 10650 yen, maka mulai sabtu lalu itu menjadi 1000 yen saja! Hebat ngga tuh? Tapi ya tentu saja resikonya jalan tol jadi macet cet cet deh…. heheheh.  Sekali lagi maksud pemerintah adalah supaya warga menggunakan sarana publik (parking area) , restoran, obyek wisata dll supaya roda perekonomian tetap berjalan.

Saya ngga bisa bagi-bagi duit…jadi saya bagi-bagi informasi aja ya (tadinya mau bilang mau bagi-bagi cinta aja, tapi nanti diprotes my 3 boys susah deh heheheh)

31 gagasan untuk “Bagi bagi duit

  1. Ersis Warmansyah Abbas

    Ah yang bener nich … pemerintah Jepang saja mampu, masyak sih mBak Imel ngak he he … kalau untuk korban jebolnya waduk bisa aja kali. Salam buat keluarga.

    Ersis Warmansyah Abbas´s last blog post..Kenangan Direktur PMPTK Depdiknas

    Balas
  2. Ade

    Yay.. senengnya..
    BTW, di sini stasiun TV bakalan pindah ke digital semua bulan Juni ini mbaa.. tapi ga diharuskan ganti TV sih karena bisa nambahin alat converter aja buat TV biasa.

    Ade´s last blog post..Meebo

    Balas
  3. DV

    Di sini kemarin Kevin Rudd juga bagi-bagi duit 900 AUD untuk semua pekerja.

    Tujuannya supaya belanja, tapi dasar tukang belanja, aku pikir uang segitu tidak pernah cukup untuk dipakai belanja.

    Hehehe…

    DV´s last blog post..Lampu Hati

    Balas
  4. vizon

    Krismon? hehehe… anak itu emang selalu membuatku tertawa setiap kali mengingat namanya. ekspresiku juga sama dg neechan waktu pertama kali berkenalan. sempat kutanyakan ke ibunya soal pemberian nama itu, ibunya bilang: “buat kenang2an”, halah!

    baik betul pemerintah jepang itu ya, bagi2 duit buat belanja… pemerintah indonesia malah “minta2 duit” ke rakyatnya… 🙂

    vizon´s last blog post..birah i

    Balas
  5. Japs

    Program stimulus ya, Mba? Kalo disini stimulusnya kayanya bru sebatas subsidi di beberapa sektor, itupun ngga langsung bagi2 uang, tp subsidi sektor2 penting supaya lebih terjangkau, yang rasanya masih blom kerasa aja bwt rakyat soalnya gak kejangkau2 tetep. hehe. (Japs yang so’ tau)

    Balas
  6. AFDHAL

    kasihan banget sih pemerintah jepang…
    kurang kerjaan banget, sampe punya program bagi-bagi duit..

    kalo pemerintah jepang bagi-bagi duit
    pemerintah indonesia Ambil-Ambil Duit 🙁

    Balas
  7. Eka Situmorang-Sir

    Weeits..pemerintah Indo juga lagi bagi-bagi duit tapi bukan niat mulia agar perekonomian jalan, namun biar tgl 9 nanti coblos eh salah, contreng nomor tertentu… 😉

    Jalan kemana mbak pas weend kemaren ? mumpung tarif tol turun..

    Balas
  8. Didien®

    Kalo melihat angkanya, Indonesia bagi² duitnya lebih gede di bandingkan jepang. Jepang cuma 12.000 sedang kan indonesia 300.000/3wulan.. *o’on mode on*
    tp cukup g adil kalo di bagi duit (read, blt) cuma 300.000, semntara harga² sembako lebih mahal,, sama aja bodong… ^_^

    Didien®´s last blog post..iPhone OS 3.0, Dilengkapi dengan Copy Paste

    Balas
  9. Didien®

    jepang memiliki kebijakan lumayan bagus walopun tujuannya agar di belanjakan uang yg dari pemerintah, kalo di indonesia untuk mengurangi orang² miskin di negeri ini (read, korban antri BLT), coba sistemnya di samakan dg jepang lgsg masuk rekening..hehehe ^_^

    Didien®´s last blog post..iPhone OS 3.0, Dilengkapi dengan Copy Paste

    Balas
  10. Didien®

    bun..namaku tolong daftarin yah disana..siapa tau dpt juga hhahahahaha… *kaburrr*

    Didien®´s last blog post..iPhone OS 3.0, Dilengkapi dengan Copy Paste

    Balas
  11. p u a k

    Mantaaaap..enaknya tinggal di Jepang.
    Kalo disini udah ada BLT. Walaupun daku nggak dapet,..paling nggak Indonesia bisa nyama2in Jepang dikit.. hehehe

    p u a k´s last blog post..Lagi sok repot

    Balas
  12. imo

    wahhh senaneg dong dapat duit nya….
    kita di indo juga bagi-bagi duit tuh mbak, namanya BLT Bantuan langsung tunai, tapi ngambil dan antrinya mesti bertarung hidup dan mati, bahkan juga ada yang sampai mati, padahal duitnya kagak seberapa…kasiannnn

    imo´s last blog post..…pemenangnya adalah (UPDATE)…

    Balas
  13. Hp

    Sebenarnya Indonesia juga dapet kok. Lha kemarin kan baru neken surat utang baru sama sodara tua. Bahasa diplomatisnya, pinjaman lunak. 😀

    Balas
  14. Daniel Mahendra

    Jadi, apa sudah diputuskan? Tiket pesawat JAL atau perangkat lain? Hihihi.

    Sampai segitunya masyarakat Jepang ya?
    Kalo di Indonesia kan, krisis nggak krisis, mall tetap ramai, setiap bulan pengajuan STNK baru malah lipat kali dari bulan sebelumnya, dan seluruh benda yang ada di bumi Indonesia ini bisa dicicil (kecuali cinta. Haha!).

    3 boys, oh, 3 boys… :p

    Daniel Mahendra´s last blog post..Ya, Sebaiknya Kita Memang Berpisah

    Balas
  15. Ria

    asyiknya tinggal disana…
    pemerintah indonesia bagi2 duitnya ke koruptor mba…:D

    Ria´s last blog post..Menikmati Hujan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *