Ternyata aku terdaftar!!

Ya, aku masih diakui oleh negaraku sebagai warganya. Meskipun aku terlambat mengecek pendaftaran online pemilih luar negeri, ternyata aku tetap dikirimi kartu suara untuk pemilu tanggal 9 April nanti. Padahal saya sempat tulis di suatu komentar, kalau surat suara tidak datang ya golput deh…. Nah sekarang tidak bisa, karena sudah kuterima surat suaranya kemarin dulu, Senin 23 Maret 2009.

Begitu buka amplop yang dikirim lewat kuroneko mail (bukan pos tapi perusahaan pengiriman swasta spt tiki) aku mendapatkan berbagai kertas dan amplop. Kertas untuk mengecek kelengkapan surat suara dan cara mencontreng, kertas pernyataan sudah menerima kertas suara C4 LN DPR, kertas suara itu sendiri yang segede koran dilipat-lipat ada 12 lipatan tuh, bener juga katanya pak Omar, nanti biliknya ngga cukup deh.

Pemilih Tokyo mendapatkan daftar untuk daerah pemilihan DKI II, dan bisa mencontreng satu tanda pada kolom partai. satu tanda pada kolom nama caleg dan satu tanda pada kolom nomor caleg. Yang saya rasa lucu, ada peringatan waktu memberikan tanda pada surat suara harap memakai alat tulis yang hasilnya permanen atau mudah dilihat misalnya, pulpen, bolpen, spidol berwarna merah atau biru. Loh? emangnya ngga disediakan panitia ya? Hehehe tapi baru ingat ini kan surat suara yang dikirim lewat pos, jadi panitia tidak bisa membagikan/mengirimkan bolpen yang sama ke setiap pemilih.(Jangan digambar-gambari ya Mang Kumlod…. hehehe)

Setelah dicontreng, surat suara yang sudah diisi dimasukkan ke amplop suara, dan beserta surat C4 LN DPR (yang sudah dibubuhkan tanda tangan) dimasukkan lagi ke amplop pengembalian yang sudah disediakan. Tanpa membubuhkan perangko langsung masukkan ke kotak pos antara tanggal 9 sampai 13 April 2009.

Proses setelah itu? Saya tidak tahu karena saya tidak termasuk panitia PPLN tahun ini. Dulu sih pernah satu kali menjadi saksi PPLN yang bertugas menjemput surat suara di kantor pos Osaki, memeriksa proses penyerahan surat suara dari pihak kantor pos sampai membawa surat-surat suara itu ke tempat penghitungan serta menjadi saksi dalam proses penghitungan. (hmmm cari-cari fotonya ngga ketemu …ntar deh kalo ketemu dipasang hehehe)

39 gagasan untuk “Ternyata aku terdaftar!!

  1. Didien®

    Pemilu….??? saya juga dpt jatah buat ngoret² tuh kertas suara, tp bingung g ada pilihan yg hebat buat di contreng…mungkin masih butuh waktu lama buat nentuin pilihan hehehee…..^_^

    Balas
  2. whita kutsuki

    Ohh cara memilih di LN dikirimin Lembaran2 yg panajng gileee toh,,Aku pikir datang langsung ke KBRI setempat mba,,Tp ga mgk jg yah kl KBRI nya jauh dr tempat tinggal..hehehe

    Btw,Kox bisa dikirimin surat untuk memilih mba??
    Karna udah lapor di KBRI jd udah masuk data Nya ya mba..??

    Ya kalau kamu sudah lapor pindah, dan sudah tertulis alamat kamu skr di pasport, pasti dikirimi. Aku tidak tidak di meguro-ku sehingga lewat pos. Seandainya aku di meguro-ku then aku harus ke SRIT (Sekolah RI Tokyo) untuk memilih pada tgl 9 April. Tapi hari itu kan tidak libur kantor-kantor Jepang… jadi biasanya yang pasti tidak bisa datang, minta surat suaranya dikirim ke rumah. gitchuuu.

    EM

    Balas
  3. Didien®

    mungkin nanti sambil merem aja deh nyontrengnya..hehehehe… *lirak lirik* [takut ada yg protes]

    Didien®´s last blog post..IBSN : Sedia Payung Setelah Hujan

    Balas
  4. Septian

    Wah..yg jauh diseberang sana udah dapet pemberitahuan…
    aku yg di bekasi belum…hueeeeee

    Septian´s last blog post..Naruto 441 RAW Confirmed Spoiler, The last Naruto VS Pain?

    Balas
  5. nh18

    EM …
    sumpah …
    aku baru pertama kali lihat kertas suara yang beneran ya di Blog mu ini …

    Selama ini sosialisasi di Media massa selalu menggunakan surat suara Dummy … buat contoh saja …

    Nah aku baru lihat surat suara yang asli walaupun gambar fotonya saja …
    ya di blog mu ini … 🙂

    Salam saya

    nh18´s last blog post..DAVID FOSTER

    Balas
  6. mang kumlod

    Weleh segede gambreng…

    Kasihan panitianya ini mah. Mereka mesti nyari-nyari mana nama caleg yg dicontreng. Duh pasti lama deh.

    Tenang mba, ga bakalan saya gambarin. Yoga katanya mau bikin origami… 😛

    mangkum´s last blog post..PEMILU Curat-Coret

    Balas
  7. Oemar Bakrie

    Saya malah belum tahu terdaftar apa tidak … Katanya jumlah bilik suara kurang, kalau kertas suaranya segede itu mah nggak perlu bilik suara, sedain aja tiker untuk menggelar kertas suara sebelum mencontreng … hehehe 🙂

    Oemar Bakrie´s last blog post..Apanya sih yg SULIT ?

    Wah bapak sih pasti terdaftar lah…
    iya juga ya, sediakan tiker hehehe abis itu kenduri-an
    EM

    Balas
  8. DV

    Wah, Imel, aku malah belum tahu sudah terdaftar atau belum. Perasaan waktu itu aku sudah mengisi form secara online, tapi entahlah.

    Kalau diundang ya dateng, kalau nggak ya sudah.. (Padahal hari itu aku janjian ketemu ama Chandra, orang yang sering komentar di blogku dan blognya DM)

    DV´s last blog post..Merpati Berkaki Satu, Sepagi Itu

    Balas
  9. marsudiyanto

    Kartu Suara, Bilik Suara, Kotak Suara…
    Tapi kita sendiri tak pernah dengar suaranya kayak apa.
    Yang sering kita dengar suaranya adalah Calegnya, itupun sumbang, standar, klise, mengada2…
    Caleg Indonesia ada yang pasang baliho di sini apa nggak Bu?.

    marsudiyanto´s last blog post..Campur Aduk

    Balas
  10. fauzan

    tinggal sekrang berfikir mau pilih partai apa..??sesuaikan dengan kata hatinya Mbak..(boleh kan sy panggil mbak sj..)

    fauzan´s last blog post..Terima Kasih Ibu

    Balas
  11. sawali tuhusetya

    wah, ternyata pemilih yang tinggal di luar negeri malah dah dapat kiriman kartu suara. pemilih dari dalam negeri sendiri malah banyak yang belum tahu cara nyontrengnya. sungguh, saya ndak tahu, apakah kakek dan nenek yang sudah usia sepuh, apalagi kalau buta huruf bisa nyontreng dng cara yang bener apa nak?

    sawali tuhusetya´s last blog post..Hacker Gelap Kembali Bergentayangan

    Balas
  12. p u a k

    Selamat yaa..buuk..
    Ternyata pemerintah lebih memperhatikan warga negaranya di luar negri sana.
    Tapi WN yang satu ini kebangetan, udah dikirimin masih minta pulpen. Bukannya di Jepang sono, pulpennya lebih hi-tech?.. hehehe..

    p u a k´s last blog post..Jika puak menjadi boss (1)

    Balas
  13. Didien®

    Mampir lagi bun… ternyata blm ada postingan baru..
    ywd comment disini lg hehehe… ^_^

    Didien®´s last blog post..IBSN : Sedia Payung Setelah Hujan

    Balas
  14. Muzda

    Saya gelisah ni Mbak, sampe diomelim ma Kakak saya, katanya saya sok nasionalis ..
    Masalahnya, tanggal segini belum didata, apa emang gak pake didata ya ..??
    Btw, tu kertas segede gitu dikalikan berapa ratus juta, berapa pohon yang jadi korban ya ..??
    *mikir mode on*

    Muzda´s last blog post..Jomplang !

    Balas
  15. whita kutsuki

    Makasih yah bwt jawabanNya,,tp emg aku blm lapor diri mba sejak dtg sni udah 2 bulan,,hehe,,nunggu barengan nih,,
    Tp tmn ku udah 5 tahun dsni,wlpn udah laor diri kesana,ga dikirimin tuh mba,,hmmmm

    Balas
  16. pakde

    Enak nian ya…nggak harus ngantri….
    Saya nih….ngantri sampai 1 jam. gerah sangat…panas pula nih kepala….
    Awalnya aku juga dimungkinkan GOLPUT. tapi karena pengurus disini tahu peran pakde sangat menentukan calon2 petinggi itu…mereka buatkan undangan resmi sebagai pemilih tambahan. undangannya tetep sama dalam bentuk formulir c4 gitu… 1 suara tetep….saya berikan.

    Now…Akhirnya nyontreng jga..god move my hand..buat yg udh gw contreng..tlong jgn salah gunain suara gw mahal looooh? ga perlu ingat gw,yg penting bangun negeri ini aja…Bangun dengan baik..jangan hanya duduk manis ya!!!

    Sedih aku! Terharu aku menitipkan suara pada mereka.

    pakde´s last blog post..Melihat dari Dalam

    Balas
  17. Tuti Nonka

    Yang saya belum jelas, apakah pemilih di luar negeri juga memilih caleg untuk DPR RI, DPRD Tk I, DPRD Tk II, dan DPD? Atau hanya DPR RI saja? Apakah ada caleg khusus untuk pemilih luar negri?
    Thanks Mbak.

    Tuti Nonka´s last blog post..Contreng! Hidup Demokrasi … !

    Hanya untuk DPR RI saja mbak. dan nanti pemilihan presiden. Kami tentu saja tidak punya caleg khusus luar negeri. Mereka juga akan berkantor di mana? Maximum penduduk Indonesia di sini kan 10.000 orang.

    Balas
  18. Ping-balik: Mengapa Aku Memilih Golput « The Soliloquy

  19. samsul arifin

    gunakan hak pilih Anda dengan bijak bu… :d

    samsul arifin´s last blog post..EMPAT HARI MENCARI “CINTA”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *