IBSN: Kapan Anda Merasa Orang Indonesia?

Ya sebuah pertanyaan yang mudah, tapi mungkin agak sulit dijawab oleh orang Indonesia. Karena belum ada standar yang pasti ciri-ciri khas orang Indonesia. Adanya ciri khas orang dari suku Jawa, Sumatra, Bali dll. Mungkin sebuah survey yang dilakukan pada orang Jepang ini bisa menjadi semacam “referensi” bagi kita. Ini adalah sebuah hasil angket terhadap pertanyaan, Kapan Anda merasa bahwa ternyata Anda memang orang Jepang.

  1. Merasa bahagia waktu minum sup miso.
  2. Merasa relaks waktu masuk ke dalam pemandian air panas (hot spring)
  3. Merasa bahagia waktu minum teh hijau
  4. Merasa “at home” waktu mencium bau tatami
  5. Makan acar Jepang
  6. Tidur di kasur Jepang di lantai/tatami
  7. Mendukung tim Jepang dalam pertandingan olah raga
  8. Berkata,”Kereennnn ” waktu melihat orang memakai kimono
  9. Kalau terus menerus makan roti, jadi ingin sekali makan nasi
  10. Membungkuk -bungkuk waktu menelepon
  11. Memperhatikan kapan waktu sakura mekar
  12. waktu makan umeboshi (buah plum kering)
  13. Merasa senang waktu mendengar suasana festival (matsuri)
  14. Merasa minder waktu diajak omong orang asing
  15. Menyesuaikan dengan orang lain pada waktu rapat
  16. Merasa bersyukur waktu melihat gunung Fuji
  17. Memperhatikan kapan waktunya bisa melihat pemandangan daun berubah di musim gugur
  18. Secara tidak sadar memilih rasa Maccha (Green tea) misalnya es krim dsb.
  19. Selalu mengatakan “Barang tidak berguna” waktu menyerahkan hadiah pada orang lain
  20. merasa senang waktu bisa duduk menekuk lutut meskipun di atas kursi (Seiza= duduk ala jepang atau ala pendeta buddha)

Kadang kala saya merasa saya sudah menjadi orang Jepang, yaitu waktu masuk hot spring (2), makan acar Jepang (5), suka melihat orang pakai kimono (8), membungkuk waktu menelepon (10), senang mengikuti festival terutama taiko -gendangnya (13), melihat gunung Fuji (16) , dan (18) serta (19). Tapi nomor 10 memang sering dikatakan ibu saya, karena saya tidak sadar melakukannya.

Nah, sebagai orang Indonesia, kalau mengacu pada angket itu, apa ya? Makan sambal, mendukung tim Indonesia, senang melihat orang berkebaya, merasa bersyukur melihat pohon kelapa (di Jepang tidak ada pohon kelapa) dan bertelanjang kaki. Mungkin masih ada yang lain, tapi untuk sementara cukup sekian. Bagaimana teman-teman, kapan Anda merasa bahwa Anda itu orang Indonesia (terutama dalam pergaulan dengan orang asing)?

35 gagasan untuk “IBSN: Kapan Anda Merasa Orang Indonesia?

  1. angga erlangga

    sya merasa orang Indonesia ketika Upacara Bendera setiap hari senin.. (ga’ nanya?!)

    Salam kenal mba… nice blog… 😉

    Balas
  2. mascayo

    bagus juga ada angket seperti itu bu.
    Sebentar saya mikir dulu, .. hmmm ..
    saya merasa sebagai orang Indonesia :
    1.Makan nasi (bos paham betul tabiat yg satu ini)
    2.Minum kopi tapi manis
    3.Pakai batik
    4.Merokok DjiSamSoe <—- hehehe belum bisa berenti euy ..
    dah ah 🙂

    mascayo´s last blog post..Harta Karun itu

    Balas
  3. aminhers

    Saya bangga jadi orang Indonesia (right or wrong is my country), dan selama saya 2 thn lebih di bangkok hanya masakan Ind lah yang paling enak di lidah saya.Sampai2 saya malas makan karena saking bingungnya cari makan yg seselera di lidah hee..he.. 😀
    Gimana sudah sembuh kah ?

    aminhers´s last blog post..prediksi soal UN 2009

    udah sembuh pak. terima kasih.
    EM

    Balas
  4. sonyssk

    Aku merasa orang Indonesia, ketika berebut saat mengambil uang di ATM, ketika membaca berita banyak orang meninggal ketika berebut uang zakat, ketika hampir menabrak orang bersepeda motor karena ybs menerobos lampu merah, ketika penumpang angkot(kebanyakan ibu-ibu pedagang sayur) ikut memprotes polisi lalu lintas karena polisi tersebut menilang angkot yang mereka tumpangi melanggar peraturan lalu lintas, dan ketika minyak goreng langka di daerah perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia.

    sonyssk´s last blog post..Pawang Ternalem (Bagian ke Delapan)

    kesabaran yang diuji ya bang
    EM

    Balas
  5. omoshiroi

    kalo saya merasa sudah menjadi orang indonesia ketika saya melakukan korupsi..
    ^satir rules!!^

    jangan salah di Jepang juga ada korupsi loh. CUMA jumlahnya gede hehehehe (ngga mau nanggung-nanggung)
    EM

    Balas
  6. -G-

    Jawaban saya mbak, merasa bangga waktu denger Obama masih ingat bahasa Indonesia, wahahahaa.. Kayaknya mmg cuma itu yg mempersatukan indonesia dan mencirikan org indonesia, ya bahasanya, harusnya siy (^^,) Karena walaupun mata kita tidak warna-warni (kecuali pake softlense warna), rambutpun secara genetik tidak warna-warni (kecuali di cat hihi) tapi budaya kita mmg warna-warni, satu2nya yg mengikat jadi satu ya bahasa indonesia, jadi saya bangga Obama aja masih bisa bahasa indonesia tuh (walopun cuma seipit) saya suka kasian ketemu anak2 indonesia di mal yg ngobrol sama papa-mama-nya, yg dua2nya org indonesia dan setelah ngobrol2 ternyata tinggalnya di Bintaro, tp mereka ga bisa pake bahasa indonesia loh mbak.. pakenya bahasa inggris.. *hiks hiks* saya kasian… tinggal di indonesia dan org indonesia tapi ga bisa bahasa indonesia, huhu.. itu kan ironis, ya ga siy???

    -G-´s last blog post..kesal

    U know…makanya aku ngga mau ngeblog pake bahasa Inggris atau bahasa Jepang, biarpun bisa.
    Karena aku cinta bahasa Indonesia.
    EM

    Balas
  7. krismariana

    saya merasa jadi orang indonesia saat makan nasi kuning atau makan nasi tumpeng. hehehe. makanan mulu nih mbak yang ada di pikiran saya! 🙂

    krismariana´s last blog post..

    Tidak apa kan. memang makan juga budaya
    EM

    Balas
  8. bocahbancar

    Saat merasa menjadi orang Indonesia:
    1. Saat telat alias tidak tepat waktu
    2. Suka males kalo disuruh belajar/bekerja
    3. Bangga memakai produk orang lain
    4. Pengen cepet kaya tanpa adanya usaha(cari tuyul di gunung)
    5. Mmm….Apa lagi yaw…?????

    Eh ngaco nich comment, kok ga ada bagus bagusnya sama sekali..

    Eh Ga dink itu mah cuman becandaan ajah..

    Nich, saya tuwh bangga dan merasa menjadi orang Indonesia sebab :
    1. Saya sangat suka bergotong royong dan saling tolong-menolong
    2. Saya senang mengikuti acara kesenian karena kesenian di Indonesia itu amat beragam
    3. Saya bangga memiliki bangsa yang kaya akan hutan, tambang dan minyak buminya
    4. …….(udah mulai bingung mau nulis apa lagi)

    bocahbancar´s last blog post..MENGHAPUS BUDAYA KKN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

    Jawaban yang bagus. Memang kita merasa orang Indonesia bukan hanya sisi bagus/buruknya saja tapi keduanya.
    Trims Joe
    EM

    Balas
  9. Ersis Warmansyah Abbas

    Pikiran saya dibentuk sebagi orang Indonesia, jadi ya selalu menjadi Indonesia, walau kadang ada sebelnya juga he he …

    Ersis Warmansyah Abbas´s last blog post..Endorsement

    nah sebelnya apa tuh pak?
    EM

    Balas
  10. tanti

    Sebentar-sebentar….aku mikir dulu..
    setiap apa yg kulakukan rasanya Indonesia banget.. kaya’nya aku nggak pernah merasa bukan orang Indonesia deh.. hihihi…

    tanti´s last blog post..Aduh…. Lupa !!

    Waktu ke luar negeri gimana Tanti?
    EM

    Balas
  11. Melati

    Satu pun dari semua angket di atas nggak sesuai dengan saya!
    Artinya saya bukanlah orang jepang.
    Hahaha!!!!
    Kalau saya, merasa senang melihat baju tradisional Indonesia, suka menyeberang jalan di sela-sela mobil.
    Masih ada banyaklah.
    Makan nasi putih dengan sambal aja sudah puas.
    Lebih-lebih ada lauk seperti rendang….

    Tidak ada satupun??????
    Kamu bener salah lahir deh. Tukeran aja deh
    EM

    Balas
  12. -G-

    Hwaa… Iya, itu dia tuh yg katanya bu Enny, suka pakai batik, karena sekarang ragam batik sudah bukan lagi batik Jawa saja, cihuiiy, akhirnya ada juga ‘ciri endonesa’.

    Balas
  13. vizon

    saya merasa menjadi orang indonesia bila:
    1. berbicara bahasa indonesia dg baik, meski bisa berbahasa asing dan bahkan tinggal di luar negeri (kayak pemilik blog ini, hehe…)
    2. peduli dg tetangga, meski tinggal di apartemen sekalipun
    3. memberi sapaan hormat, terutama kepada orang tua
    4. ikutan ronda (haiyah… tadi malam aku ngeronda soalnya, hehe…)

    vizon´s last blog post..well-prepared?

    hahahaha
    NO 1 OK tuh Uda.
    No 2 aku ngga bisa …dari sononya udah cuek sih
    3. Itu KUDU
    4. Ngga ada ronda di sini heheheh

    EM

    Balas
  14. nh18

    Kapan aku merasa menjadi orang Indonesia ? …
    1. Ketika Indonesia Raya dikumandangkan dan aku menangis ..
    2. Ketika mencium aroma kretek … (what else … ini khas )
    3. Tersenyum !!!
    4. Mencium bau sambel di goreng …
    5. Berkata … “Ini sekedar untuk uang kopi … atau uang rokok …”

    MMmmmm itu aja yang bisa kepikiran saat ini …

    nh18´s last blog post..TRAINER’S EYES

    Balas
  15. tuti nonka

    Kapan merasa jadi orang Indonesia? Wah, kayaknya sejak lahir deh. Meskipun suka sebel dan frustasi melihat keadaan negara dan ulah para pemimpin saat ini, saya tidak pernah ingin ganti menjadi ‘bukan orang Indonesia’ (habis, mau jadi orang apa dong? orang Mars? Wahahaha … ntar nggak bisa makan kerupuk 😀 )

    tuti nonka´s last blog post..Melon Berusia 2 Tahun

    Balas
  16. Daniel Mahendra

    Sebentar-sebentar. Aku mikir dulu.
    (ikut-ikut mbak Tanti)

    Emh, jujur: ketika mampir ke blog ini dan membaca rawian-rawiannya ini, aku merasa orang Indonesia banget. Sumprit!
    (ini jawaban sejujur-jujurnya! :p )

    Balas
  17. Yoga

    Aku kapan ya? Setiap kali ada yang tanya, aku asalnya dari mana? Pasti aku jawab, aku dari Indonesia, padahal yang nanya mengharap aku jawab dari Jawa, Makasar, atau Bali barangkali?

    😀

    Yoga´s last blog post..Blog Oh Blog

    Balas
  18. wita

    Merasa sangat Indonesia kalo cium tangan orang yang lebih tua, entah itu orang tua, om, tante, nenek, kakek hehehee atau cium tangan orang tua sebelum mereka pergi kerja atau kita pergi dr rumah hihihih jadi inget pelajaran PMP jaman SD dulu…

    Hmm..emang budaya cium tangan cm ada di Indonesia, kan ya? hihih

    wita´s last blog post..Katak yang Tuli

    Balas
  19. Ben

    Saya merasa jadi orang Indonesia itu sewaktu saya melihat dan menyadari ada orang bukan warga negara Indonesia yang faseh bahasa dan tradisi budaya Indonesia … 🙂
    Suenengnya jadi orang Indonesia tiada terkira hehehe

    Salam hangat
    Ben

    Balas
  20. Yusahrizal

    Benar tuh! Aku ngerasa jd orang Indonesia kalau pas makan sambal.
    Biarpun makan sambal di restoran masakan Indonesia, tetap aja masih ngomel2 sambil protes, “kurang pedas nih!” 😆

    Yusahrizal´s last blog post..Congratulation for The Graduation

    Balas
  21. mei

    ahahaha..no 20 roommateku banget deh…ini pengalaman pertamaku punya roommate orang jepang n mula-mula emang agak syok ngeliat dia menekuk lutut walaupun duduk di atas kursi atau di tempat tidur…ajaib bgt mengingat saya menekuk gt setengah jam saja pasti waktu berdiri uda gemetaran…memang lain padang lain ilalang ya..beda negara beda pula kebiasaannya 😉

    hihihi si Kai tuh sampai sekarang duduk ya begitu. Mungkin karena dia kurus ya. Kalau gemuk kan susah tuh duduk gitu
    hahaha
    EM

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *