Stroberi – Ichigo

Buah kecil empuk berwarna merah dengan biji di bagian luarnya. Saya punya cerita sedikit tentang stroberi, yang diingatkan papa waktu saya pulang beberapa waktu yang lalu. Ini terjadi mungkin waktu saya kelas 5 SD. Saya pertama kalinya pergi tanpa orang tua untuk darmawisata bersama teman-teman sekolah + guru dengan tujuan Cibodas. Dan waktu itu saya dibekali sedikit uang. Sampai dengan SMP, saya tidak pernah memegang uang saku atau uang jajan. Jadi kami juga dilarang jajan (Mungkin karena itu kami terlalu steril dan akhirnya adik saya sakit typhus)

Karena selalu menerima oleh-oleh jika papa pergi ke luar kota/luar negeri, jadi saya juga mau membelikan oleh-oleh. Tapi apa sih yang ada di Cibodas? Begitu mau pulang naik bus, ada banyak anak-anak penjual asongan yang datang mengerumuni kami. Mereka menjual kalung/gelang dari bambu, atau wortel dan stroberi. Nah karena saya juga belum pernah lihat stroberi asli ya akhirnya saya beli dengan harga yang cukup mahal (maklum tidak biasa beli jadi tidak bisa menawar). Dan dengan bangganya saya memberikan oleh-oleh itu pada orang tua begitu sampai di rumah. (padahal setelah dicoba makan duuuuh kecuuuuuut banget. Yah abis kecil-kecil dan warna kuning merah gitu pasti kecut lah. Sampai terpikir daripada beli ichigo lebih baik beli wortel deh hehhehe)

Hari ini adalah hari ICHIGO (strawberry dalam bahasa Jepang). Kok ada hari ichigo segala? Karena ichi = 1 dan go = 5. Jadi 15 Januari dibaca ii ichigo, stroberi yang baik. huh ada ada saja jepang. Nah, stroberi di Jepang setiap tahunnya diproduksi sekitar 200.000 ton, dengan waktu produksi dari bulan November sampai Juni (Ya karena musim panas, stroberinya sedikit dengan jenis yang kecut itu). Di Jepang sendiri ada 157 jenis/nama stroberi yang terdaftar. Saya sering melihat nama/jenis yang banyak terdapat di pasaran dan bentuknya besar serta rasanya manis adalah Toyonoka atau tochiotome. Stroberi yang saya beli di Cibodas itu pasti tidak masuk “hitungan” deh… atau mungkin bisa dibilang stroberi burung sebagai padanan pepaya burung atau pisang burung (buah-buahan yang dimakan burung saja, tidak dikonsumsi manusia)

Stroberi sendiri tentu saja ada yang manis sekali, tergantung mutu/ harganya. Tapi memang biasanya di sini juga makan stroberi dibubuhkan susu kental manis. Yang pasti stroberi memang cocok dengan susu sehingga banyak pula kita temukan produk permen (susu) stroberi atau susu stroberi. Dan stroberi memang paling cocok menjadi hiasan kue dnegan whipping berwarna putih yang diberi nama strawberry shortcake. (FYI satu kue stroberi shortcake yang berdiameter 18 cm harganya 3000-an yen — kayaknya ada yang mau beliin kue ini soalnya ya…wita heheheh)

hmmm yummy... meskipun saya akan lebih pilih kue coklat daripada kue stroberi ini

hmmm yummy... meskipun saya akan lebih pilih kue coklat daripada kue stroberi ini

Ada satu cerita yang menarik yang saya dengar di televisi, yaitu seorang peniup flute. Dia berkata bahwa dia punya “larangan” untuk tidak makan sesuatu sebelum konser. Ternyata dia tidak makan stroberi. Alasannya? Biji stroberi yang terdapat di permukaan itu saking kecilnya bisa menyelip di antara gigi dan membuat dia tidak nyaman untuk meniup flutenya. Kalau menurut saya ada satu lagi yang menyebabkan saya cukup berpikir dulu sebelum makan ichigo, yaitu jika dia berada dalam kue mochi. Ya akhir-akhir ini ada trend baru kue mochi ichigo “Ichigo Daifuku”. Tapi sensasi waktu mengunyah dan rasanya? Kenyal, juicy dan manis…. Hmmm lumayan untuk dicoba. Mau coba? Sayang karena tidak tahan lama saya tidak bisa membawakan sebagai oleh-oleh untuk Anda semua….

Kue mochi berisi ichigo/ stroberi

Kue mochi berisi ichigo/ stroberi

sumber informasi dan foto; wikipedia japan.

29 gagasan untuk “Stroberi – Ichigo

  1. Ramdan

    Kayanya enak tuh Kue….

    Salam kenal…!

    enak!
    kalau di Jakarta bisa coba di Pand’or, jl Wijaya jkt selatan. bukan untuk promosi tapi kue buatan mereka persis sama rasanya dengan yang di jepang. Saya tahunya karen awaktu masih mahasiswa, dosen tamu Jepang kalau ulang tahun selalu pesan di sana. Cobain deh hehehe (BUT MAHAL!)
    salam kenal juga
    EM

    Balas
  2. sjahrir

    Ayo, buat tulisan tentang bagaimana pensiunan di Jepang berperan ekstra dan apa pertimbangan dibaliknya. Cocok buat pemerintah Indonesia yang suka membongkar apa yang teratur. Tak ada kesinambungan…
    Salam

    hmmmm tugas yang berat tapi bisa saya rangkumkan sedikit dari pengalaman di sini ya. Salam kenal pak.

    Balas
  3. nh18

    Stroberi ?
    Ah jadi inget mau metik stroberi di Bandung tapi gak jadi …

    Salam saya EM
    udah sembuh ?
    masih nyut-nyutan kah kepalanya ?

    nh18´s last blog post..ASISTEN DOSEN

    Iya mas, aku justru teringat cerita stroberi setelah baca postingan mas kok. Apa aku link ya hehehe.
    sakit kepala sudah tidak terlalu tapi kadang datang kalau dua anak ini teriak di kupingku. susah deh. berantem mulu.

    EM

    Balas
  4. ekoph

    aduh.. jadi kabita sama kue stroberinya..
    di daerah bandung selatan banyak kebun stroberi yang bisa dipetik sendiri, kalo nggak salah sekilonya sekitar 30-45rb

    ekoph´s last blog post..Kampanye

    Balas
  5. Donny Verdian

    Wah strawberry.. kalau di sini dicampur dengan wafel belgia dan coklat.. rasanya yummmyyyy dijual di MaxBrenner, spesialis coklat yang menggemukkan!

    Donny Verdian´s last blog post..Mengapa Mereka Berani Hamil ?

    uuuh aku suka tuh waffel panas, dipakein es krim vanilla + berry berry (campuran segala berry i.e. strwberry, blue berry, rapsberry) waaah bener obat ndut. Dulu aku hamil riku suka beli itu buat makan siang sesudah ke dokter periksa kandungan hihihi (kalo sebelumnya ntar timbangan naik dimarahin soalnya)

    EM

    Balas
  6. Yoga

    Let me take you down, cos I’m going to Strawberry Fields
    Nothing is real and nothing to get hung about
    Strawberry Fields forever

    Living is easy with eyes closed
    Misunderstanding all you see
    It’s getting hard to be someone but it all works out
    It doesn’t matter much to me
    Let me take you down, cos I’m going to Strawberry Fields
    Nothing is real and nothing to get hung about
    Strawberry Fields forever…..

    The Beatles 🙂

    Balas
  7. Yoga

    Mbak, once you’re here let’s have a cup of coffee, enjoy your favorite cake and convenient conversation with me. I’ll note, chocolate cake, do you like opera or chocolate devil? Please let me know. 😀

    Yoga´s last blog post..Oxytocin dan Pertemanan

    Hmmm Yug,
    aku suka coklat tapiiiiiiiiiiiiii bitter. Aku ngga suka yang milk karena manis. Opera kalo irisan tipis masih mending tapi aku suka blenek kalo kebanyakan. Hmmm mungkin memang black forrest yang aku suka ya? Atau anything with caramel… Caramel is also my favorite. U know… something sweet + a little bitter.

    EM

    Balas
  8. Hery Azwan

    Di Bandung ada restoran All About Strawberry. Di sana ada kebun nggak seberapa luas. Syukur kalau kali musim berbuah kita bisa memetik sendiri dan membelinya. Kalau nggak musim, ya cuma liat batangnya doang.

    Hery Azwan´s last blog post..The Last Lecture

    Balas
  9. Melati

    Saya juga setuju daripada kue stroberi maunya kue cokelat.
    Kalau kue, semakin manis semakin oke buat saya.

    Pada mesim srtoberi, kadang-kadang saya membelinya karena sroberi adalah kesukaan nomor satu bagi suami.
    Saya juga ikut makan sedikit.
    Ternyata manis deh stroberi yang sebagian sepertinya busuk atau hancur.

    Balas
  10. anak ilang

    yuuumyy….

    kayak nya enak tuh. stoberi emang seger bngt dr bentuk dan warna nya aja udh bikin ngiler…

    jagoan nya lucu bngt tante. pake tuxedo mirip detektif conan.

    Salam Kenal…

    anak ilang´s last blog post..Salam Kerinduan

    Balas
  11. tanti

    Stroberi?
    Ingat waktu kecil, kebayang-bayang Nirmala dan Oki di Negeri Dongeng yang memetik arbei (=stroberi?).. sampe terbawa mimpi pengin lihat stroberi beneran. Waktu udah gede baru lihat stroberi yang sebenarnya dan rasanya yang ternyata…nggak semanis bayangannya… hehehe…

    Suka sekali dengan jus stroberi,
    khususnya kalo lagi di Bandung ini a must drink item deh 😉

    tanti´s last blog post..Dahsyat !!

    Balas
  12. gus

    nyemm..nyem…jadi ngebayangin strawberry jadi makanan penutup malam ini….hiks

    gus´s last blog post..Dian Safitri, Blogger Bak Buah Simalakama

    Balas
  13. sonyssk

    Waktu aku kecil, kami punya strawberi didekat pondok di ladang. setiap kali ke sana boleh makan stroberi, tapi dia kecil-kecil tidak sebesar yang di supermarket sekarang. Stroberi punya rasa tersendiri, sama istimewanya dengan keunikan rasa permen coklat yang pahit.

    sonyssk´s last blog post..MANA CELANAKU ?????

    Balas
  14. tuti nonka

    Kayaknya, stroberi adalah buah yang tidak mandiri. Soalnya, dia tidak bisa dimakan sendiri, tapi harus dicampur dengan sesuatu yang lain, baru terasa enaknya.

    Saya pernah beli stroberi di supermarket karena terpikat pada bentuk dan warnanya yang merangsang (halah!). Juga pada namanya yang legendaris. Tapi begitu dimakan, ouiiii …. kecuuutnya minta ampun. Hah … hah … hah …

    Trauma saya pada stroberi baru agak tersembuhkan ketika berkunjung ke wisata agro Kusuma di Batu, Malang. Disana kita boleh metik sendiri stroberi di kebun, dan kalau kita pilih yang bener-bener tua dan masak, ternyata manis juga …

    tuti nonka´s last blog post..Pusing-Pusing di Malaysia …

    Balas
  15. rhainy

    mochi isi strawberry??? wah….mesti coba nih…
    aku paling suka mochi…makanya kemaren ke semarang, yang diincer moahci…tapi isinya kacang, ada yang dibalur wijen, ada yang balur tepung, ada yang pake coklat…tapi….belom pernah nemu yang diisi strawberry….ehm…..nyari dimana ya??

    rhainy´s last blog post..DONGKOL…..

    Balas
  16. Daniel Mahendra

    Jadi, bakal mencicipi stroberi kita nanti? 😉

    Daniel Mahendra´s last blog post..Bagaimana Kalian Bertahan Hidup?

    kita bakal mencicipi stroberi? atau
    (kamu) mencicipi stroberi kita (krn kamu ada di bandung)
    atau
    kita (aku dan kamu) akan mencicipi stroberi bersama? hihihi

    interpretasi nya macam-macam ya. Dan sebetulnya stroberi itu juga menimbulkan imej yang erotis loh… (bayangin iklannya Haagen Dazs jadinya heheheh… tapi ada ngga ya di Indonesia…kayaknya ngga deh :))
    EM

    Balas
  17. Lala

    Aku nggak suka stroberi segar..
    Tapi paling suka kalau sudah diolah menjadi es krim, permen, susu, dll…

    satu-satunya stroberi segar *agak segar* yang aku suka adalah… saat menjadi hiasan buat cheese cake yang sangat sangat aku suka itu!!!!

    *ah, emang apa yang elu nggak suka, Adikku yang Gembul??* hihihi…

    Lala´s last blog post..One of the Diamonds

    Sebuah pernyataan
    EM

    Balas
  18. Lala

    Jadi, jadi…
    Kalau Sis maksain aku buat makan cheese cake stroberi, aku mau deh..
    beneran..
    nggak nolak…
    hihihi…

    Lala´s last blog post..One of the Diamonds

    elo apa sih yang ditolak kalo makanan
    ntar aku pasang foto najis kita makan buffet di The Cafe gimana?
    ahhh the Cafe… nostalgia yang manis
    EM

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *