Sudah Dewasakah Anda?

Sudah Dewasakah Anda?

Sebetulnya apa sih ukuran kedewasaan seseorang? Apakah kalau dia sudah menikah? Atau kalau sudah bekerja? Atau sudah merayakan ulang tahun sweet seventeen… buktinya kalau ultah ke 17 biasanya dirayakan (besar-besaran)? Atau mengikuti aturan negara Paman Sam yang bisa nonton bokep adalah yang berumur 21 untuk X-rated film (eh bener ngga ya?…maklum belum pernah nonton sih …. uhuy). Atau kalau sudah masuk dalam daftar pemilih untuk Pemilu? Undang-undang yang menyatakan beda anak dengan dewasa bisa dilihat di Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (UUPA)  memaparkan dalam Pasal 1 bahwa anak adalah orang yang belum berusia 18 tahun. Jadi kalau berumur 18 tahun 1 hari sudah dewasa? Bahkan menurut saya umur 17 tahun sudah punya KTP, jadi semestinya patokan umur 17 tahun yang dipakai.

Lagipula dewasa itu juga tidak hanya ditentukan oleh umur. Bisa saja seorang anak sudah dewasa dalam bersikap atau kebalikannya seorang yang seharusnya sudah dewasa, masih bertingkah dan mempunyai pemikiran seperti anak-anak. Padahal sebetulnya tidak selalu bertingkah atau berpikir seperti anak-anak itu salah kan? Hanya saja agak aneh jika dilalukan oleh seorang yang bukan anak-anak.

Kenapa sih Imelda tiba-tiba bicara soal dewasa-dewasaan. Hanya satu sih sebabnya yaitu hari ini (tanggal 12 Januari 2009) di Jepang adalah hari Dewasa di Jepang. Seijin no hi 成人の日。Dan merupakan hari libur Nasional di Jepang. Tanggal Merah! Sampai dengan tahun 1999 dirayakan pada tanggal 15 Januari, sejak diberlakukan Happy Monday (2000) maka hari dewasa berubah menjadi hari Senin minggu kedua bulan Januari.

Menurut undang-undang mengenai hari libur nasional di jepang, dituliskan bahwa mendukung remaja yang menyadari dirinya telah dewasa dan berusaha hidup mandiri.  Setiap remaja yang telah berumur 20 tahun akan diundang oleh pemerintah daerah yang mengadakan upacara Hari Dewasa di tempat-tempat tertentu. Remaja Putri dan Putra akan datang ke pesta itu dengan memakai kimono atau hakama (kimono laki-laki. Kimono Furisode (berlengan panjang) dipersiapkan khusus untuk dipakai dalam upacara hari dewasa ini. Saya pernah mempunyai murid yang dibelikan kimono oleh ibunya seharga 1.000.000 yen. Memang sih kimono ini bisa dipakai lagi untuk event-event lain (meskipun jarang ada event yang mewajibkan memakai kimono) juga bisa dipotong lengannya sehingga dapat dipakai jika sudah menikah (lengan panjang khusus untuk perempuan muda yang belum menikah)

Umur 20 tahun di Jepang dinyatakan telah dewasa, dan ini berarti mereka boleh minum minuman keras (di tempat umum), boleh merokok dan boleh ikut pemilu.

17 Comments

Duh.. Orang Jepang itu bener2 detil ya, sampai-sampai ada hari Dewasa segala? Tapi masuk akal juga, misalnya, daripada sendiri2 merayakan ulangtahun 17 thn (yg dianggap boleh nonton filem 17thn-an) mendingan sekalian aja ada hari sweet seventeen dan mereka yang pada tahun itu genap atau akan genap 17 tahun bisa merayakannya bersama-sama, mungkin asyik juga! *Membayangkan*

Trus ada hari 40thn-an, huhuiy hari diberi judul Life begins at 40 (^^,) Saya daftar!!!

-G-´s last blog post..I am a Sunflower (^_^)

Hajime mashite..

Tapi tidak semua perayaan ultah ke 17 dirayakan dengan meriah, kebetulan desember kemarin aku dah 17 tahun lho, berarti aku dah dewasa dunk 🙂
menurut aku dewasa bukan terbentuk dari usia tapi dari lingkungannya, aku dulu sering dianggap dewasa sebelum waktunya,karena aku sudah terbiasa mandiri sejak kecil..

Salam hangat ibu..
Dozo yoroshiku..

Sekali lagi, kalau dilihat dari kalender, di Jepang ada berapa hari/tanggal yang telah punya nama dan yang belum?

Dewasa memang berbeda tergantung kategorinya (dewasa secara psikologi beda dengan dewasa secara umur). Namun jelas yang mudah diukur adalah kedewasaan menurut umur, yang di Indonesia sbb;
a) Untuk bisa ujian SIM minimal 17 tahun.
b) Dewasa menurut hukum (yang dianggap cakap hukum)
– telah dewasa, genap 21 tahun, dan atau telah menikah.
– Tidak ditaruh dalam pengampuan.
Jadi, kalau menurut hukum, orang yang sudah menikah, berapapun umurnya dianggap sudah dewasa. namun sebaliknya, berapapun umurnya, namun jika dibawah pengampuan, dianggap tak dapat bertindak secara hukum.

Cakap hukum disini adalah dapat melakukan perbuatan hukum, seperti melakukan perjanjian dengan Bank dsb nya.

edratna´s last blog post..Apa sebaiknya pindah ke pra bayar ?

Dewasa umur mudah dipatok, dewasa pikiran, kepribadian dan etc … itu yang sulit. Semoga silmultan tu dewasanya. Kalau Jepang memang serius deh mengkaji pemaknaan hidup.

Ersis Warmansyah Abbas´s last blog post..Membaca untuk Menulis

Umur 17 dan juga umur 20 sudah lewat jauh.
Secara undang-undang, memang saya termasuk dewasa, bahkan termasuk kalangan ibu-ibu.
Tapi rasanya saya masih punya sifat keanak-anakan.
Malah semakin tua semakin jadinya seperti anak.
Apa karena dulu nggak menikmati masa kecil kali ya.

dewasa emang tidak selalu sejalan dengan bertambahnya umur, belum tentu yang umurnya lebih banyak jadi lebih dewasa. eh, tp knp jadi boleh semuanya ya…klo mislakan ga’ usah diatur, boleh, palingan mereka juga nyoba, apalagi dibolehin….

Aku anak paling kecil di keluargaku dan istriku juga anak bungsu di keluarganya. Dalam keluarga, kami selalu dianggap belum dewasa, dan beban tanggung jawab cebnderung lebih sedikit, karena mereka masih terbayang waktu kami masih kecil, digendong dan diasuh oleh mereka (kakak-kakak).

sonyssk´s last blog post..Pawang Ternalem (Bagian ke Delapan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :