TTS dan Palindrome

Apa sih kepanjangan TTS.…. Ya memang saya sudah tahu, tapi waktu iseng nyari di mas Google, saya bertemu dengan situs keren yaitu http://www.all-acronyms.com. Asyik juga loh bisa tahu segala macam singkatan (tentu saja bahasa Inggris). TTS ada singkatan dari  Transaction Tracking System, Text To Speech, Total Training System (nah ini mungkin penting untuk mas Trainer), dan yang cukup bikin geli adalah Tiny Tit Syndrome. Tapi TTS yang saya maksud di sini adalah singkatan bahasa Indonesia Teka Teki Silang atau bahasa kerennya Crossroad Crossword.

Dulu sebelum mama saya sakit, dia paling suka isi TTS begitu, tapi tentu banyak nanyanya. Dan waktu mama saya masuk RS, selalu ada buku TTS di kamarnya yang dikerjakan oleh tante Diana, yang menjagai mama. Dulu saya juga ingat, saya sering mengisi TTS yang ada di koran-koran, tapi belum pernah satu kalipun mengirimkannya. Mungkin ada teman yang sudah pernah? dan mendapat uang hadiah?

Kadang pertanyaannya aneh-aneh. Dari bahasa asing yang pasti tidak kita ketahui kalau tidak bertanya. Bayangkan waktu itu sudah sering ditanya kata dalam bahasa Jepang, Italia, Spanyol, Latin dan lain-lain. Atau kadang-kadang ditanya bahasa Jawa juga (Untung tidak ditanya bahasa daerah lainnya ya). Belum lagi nama kantor berita (karena belum ada internet, harus punya buku pintar deh), atau nama kota (kalau ini sih gampang), nama kepala negara dll.

Tapi TTS ini memang bisa dipakai sebagai pencegah kepikunan, sehingga saya lebih setuju ibu-ibu rumah tangga mengisi TTS daripada menonton sinetron dan bergosip dengan tetangganya (kalau jaman sekarang sih ibu RT udah main komputer dan online mel….hehhehe – bukan begitu Jeng Rhainy?)

TTS Jepang? saya belum pernah coba, tapi kok rasanya ribet. Abis mereka kan tidak pakai alfabet. susah jeh…. nanti saya tanya deh sama ibu mertua saya. Tapi meski TTS tidak begitu populer di Jepang, hari ini tanggal 21 Desember disebut sebagai hari TTS. Sebabnya pada tahun 1913, Di dalam surat kabar New York World edisi hari Minggu ditampilkan TTS untuk pertama kalinya.

Nah, hari ini juga hari untuk Palindrome. Sejenis makanan apa lagi tuh Palindrome? Mungkin saudaranya Syndrome ya? hehehehe. Saya yakin teman-teman blogger baru pertama kali dengar kata Palindrome. Dalam bahasa Jepangnya Kaibun 回文。 Plaindrome adalah suatu kata yang jika dibaca dari kiri ke kanan sama dengan dari kanan ke kiri. Atau dalam bahasa Jepang juga bisa dari atas ke bawah sama dengan dari bawah ke atas.  Contohnya dalam bahasa Inggris adalah Race Car. Nurses run. Sedangkan dalam bahasa Indonesia seperti katak, kodok dan kakak. (Ada lagi yang lain ngga ya?)

Dalam bahasa Jepang ada beberapa jenis, yaitu yang kanjinya sama, seperti merek sebuah teh 山本山 atau hiragana atau katakana nya yang sama しんぶんし, まさこさま、トマト. Sedangkan yang huruf latinnya sama seperti AKASAKA, IKAYAKI dan NISSIN. Ada pula yang berbentuk kalimat panjang (bukan satu kata).

Kenapa Palindrome diperingati hari ini? Karena hari ini jika ditulis berdasarkan cara Jepang (bulan dulu baru tanggal) menjadi 1221, palindrome juga kan. Dan memang palindrome juga bisa terjadi pada angka, bukan hanya pada kata. Jadi coba perhatikan tanggal dan bulan lahir Anda… mungkin palindrome juga. (Yang pasti saya bukan)

11 gagasan untuk “TTS dan Palindrome

  1. npsasaki

    Saya pernah dapat hadiah dari TTS Kompas.
    Hadiahnya bukan uang tetapi beberapa buah buku terbitan Gramedia.Saya kirim kartu pos itu dengan ekspres.
    Sejak nama saya diumumkan di Kompas sebagai pemenang, kira-kira 10 pucuk surat datang dari sana-sini di Indonesia. Karena yang diumumkan alamat saya yang lengkap.
    Kenang-kenangan indah bagi saya pada tahun 1980-an.

    Iya ya bu, saya juga pernah dengar cerita ibu.
    BTW bu sudah dengar kabar dari NH Dini? Cukup gawat keadaannya loh.
    EM

    Balas
  2. aminhers

    anak saya si Amin, pinter ngisi TTS, tapi isinya gak karuan, sa enake dewek 😀

    aminhers´s last blog post..no comment

    Nama anak bapak juga Amin??????
    EM

    Balas
  3. Yoga

    Hari ini isi TTS Kompas Minggu, tapi gak selesai, masih kurang tujuh, malas banget mau nyari jawabannya.
    ##
    Tentang palindrome, aku pernah baca diblognya Pak Yari NK. Mau ngarang palindrome sendiri susah eui. Agoyyoga bukan palindrome, habis Agoy dan Yoga beda makna. ##
    Hehehe ini dia komentar paling gak penting 😀

    heheheh bukan beda makna Yoga… agoyyoga bukan kata bermakna yang dapat dimengerti umum. itu saja kan?
    satu tambahan palindrome bahasa Indonesia: MAKAM
    EM

    Balas
  4. ekoph

    palindrome… hmmm lucu juga ya…
    katak, malam, kodok, dibaca dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri, memiliki makna yang sama…
    trims jadi nambah deh pengetahuan saya

    ekoph´s last blog post..Maryamah Karpov, sebuah Review

    Iya saya juga ngga ngeh ada palindrome kalo ngga dikasih tahu bahasa jepangnya
    hehehe
    EM

    Balas
  5. edratna

    Hallo EM…saya dulu pernah ketagihan mengisi TTS, namun juga tak pernah mengirimkannya, padahal hadiahnya lumayan lho. Belakangan saya lebih suka membaca buku.

    Palindrome, saya jadi ingat novelnya Sidney Sheldon (The Doomsday Conspiracy), disitu janjian ketemu seseorang dengan menggunakan kode palindrome…..agar tak dipahami orang lain. Palindrome yang digunakan disitu adalah ” Able was I, ere I saw Elba”.
    Itu berupa kalimat panjang, yang sama antara A dan A di depan dan di belakang.

    edratna´s last blog post..Doa dan kasih sayang seorang ibu penting dalam mengantar kedewasaan anak-anaknya

    Satu lagi kebiasaan kita yang sama ya bu…saya juga tidak pernah kirim TTS yang sudah jadi itu.
    Memang Palindrome itu juga bisa berupa kalimat. Yang saya rasa bisa diingat terus adalah “Was it a rat I saw?”. Tapi yang ibu sebutkan itu ternyata masuk ke dalam salah satu dari 3 palindrome yang terkenal. Begini diulas di wiki:
    Three famous English palindromes are “Able was I ere I saw Elba”[3] (which is also palindromic with respect to spacing), “A man, a plan, a canal—Panama!”,[4] and “Madam, in Eden I’m Adam,”.[5] The last example is still palindromic if “in Eden” is left out, as is often the case.

    EM

    Balas
  6. Reti

    🙂 TTS mmmm suka sich cuma ga begitu banget,cuma iseng aja sich 🙂 Bener banget tante, kalau sekarang sich Ibu-ibu rumah tangga udah pada online koq 🙂 seperti saya 😉 seharian saya online, kalau laper dan capek aja baru off 🙂
    Ngerumpinya ganti di YM tante 🙂

    Reti´s last blog post..Selamat Hari Ibu…

    Hahhaahha ngerumpinya di YM…dan itu bahaya loh Reti…
    karena dunia maya itu jauuuuh lebih jahat dari pada dunia real.
    Hati-hati ya
    EM

    Balas
  7. sonyssk

    Palindromenya orang batak adalah Marga NABABAN, oke punya tuh pak Asmara Nababan yang Pemimpin Umum Majalah Kawanku, dan pak Panda nababan yang salah satu Ketua DPP PDIP.

    Iyaaaaaaaaaa bener banget Nababan. Wah kiki yang di belanda marga Nababan nih…
    EM

    Balas
  8. Melati

    Bikin palindrome pernah jadi trend waktu saya anak SD, entah di daerah tempat saya tinggal aja atau di mana-mana.
    Kebanyakan sudah saya lupa, tapi ada satu yang teringat di kepala saya.
    Begini,

    Mamaredo ha dore mama?
    マーマレードはどれ ママ?
    ( mana sih marmaradenya, ma?)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *