Si Virus Noro

Ternyata diagnosis dari dokter tentang penyakit kami bertiga adalah Norovirus. Penyakit yang ringan-ringan berat, karena gejalanya biasanya “hanya” muntah-muntah dan buang air. Norovirus adalah RNA virus (sejenis SARS, influenza dan hepatitis), jadi menular sekali. Dan kabarnya virus ini menguasai 90% penyebaran epidemi penyakit perut di seluruh dunia.

Virus ini mudah menyebar pada komunitas kecil, seperti Rumah Sakit, penjara, sekolah dll. Dan jika menyerang anak-anak serta lansia, bisa menyebabkan kematian juga, yang lebih disebabkan karena dehidrasi. Penyebaran virus ini lebih banyak terjadi akibat sentuhan langsung dengan penderita atau makan makanan yang terkontaminasi virus akibat penanganan yang tidak steril. Diperkirakan sumber penyakit dari Kai, yang saya titipkan di Himawari hari Kamis lalu, kemudian menular ke Riku dan Saya. Kabarnya tidak ada obat yang ampuh kecuali istirahat dan minum yang banyak (meskipun dapat obat dari dokter untuk stabilisasi keadaan perut).

Di Jepang sendiri setiap tahun pada musim dingin ternyata sering mengalami wabah Norovirus. Pada tahun 2006, dikabarkan ada 10 juta orang di Jepang menderita Norovirus ini. (Saya juga sering melihat berita mengenai Norovirus di TV, selain berita mengenai bakteri e-coli pada musim panas).

Kami yang di Tokyo menderita Norovirus, sedangkan teman-teman di Indonesia (antara lain Yoga) banyak yang menderita penyakit Typhoid (katanya Thypus adalah nama untuk penyakit yang lain tapi kita sering rancu memakainya), yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Memang menjelang akhir tahun, dengan kesibukan yang bertubi-tubi menyebabkan ketahanan badan menjadi berkurang, dan dengan faktor cuaca yang tidak mendukung mudah menjadi sakit. Semoga semua teman-teman blogger yang lain dapat menjaga kesehatan dengan baik dan bisa menyambut Natal, tahun baru dan libur panjang akhir tahun dengan baik.

Salam dari Imelda-Riku-Kai di Nerima (BTW Gen juga sedang flu…jadi sekeluarga sakit deh… tapi… blogging jalan terus heheheh)

==== Kai belajar pakai sumpit ====

17 gagasan untuk “Si Virus Noro

  1. nh18

    Iya nih EM …
    Mau natalan kok pada sakit sih …
    Please Istirahat yaaa …
    Jaga kondisi …
    Obatnya diminum …

    (aku ndak pernah bosan mengingatkan …)

    Salam saya
    NH

    Terima kasih mas
    (dan aku ngga pernah bosan diingetin….soal menjalankannya kan lain lagi hihihihi)
    EM

    Balas
  2. Qizink

    turut prihatin juga, karena virus udah nyerang satu keluarga. Nama virusnya keren juga… NORO?
    Tapi salut juga, walau lagi nggak fit, masih sempat ngepost!

    Qizink´s last blog post..Ke Bali Harus Berjinah

    Iya nih pak…namanya Keren tapi rasanya ngga ada yang suka berkenalan dengannya hihihi
    EM

    Balas
  3. tanti

    Semoga cepet sembuh yah Imelda-Riku-Kai-Gen…

    eh,
    Kai yang diperkirakan adalah ‘sang pembawa’ virus, sama sekali tidak tampak sebagai the bad guy…tetep aja adorable… Aduh, lucunya…..gemes deh !!

    tanti´s last blog post..What a Small World

    Terima kasih Tanti…
    wah si Kai mah, sakit ngga sakit tetap aja nakal…. dan dia sudah mulai jalan…horay
    EM

    Balas
  4. japs

    baru mendengar jenis penyakit itu mba, dan baru tahu kalo penyakit typhoid itu beda dengan typhus?

    semoga lekas sembuh ya Mba, jadi sekeluarga dapat merayakan natal dan tahun baru dengan sehat dan bugar. amien…

    salam hangat dari bandung untuk tokyo yang sedang dingin…

    -japs-

    japs´s last blog post..Cirebon dan Keraton

    Iya ya, di Indonesia lebih banyak dengar penyakit Kolera yang sebetulnya berasal dari bakteri, sedangkan Norovirus ini kan memang virus. Dan saya juga baru sadar di Tokyo, bahwa kalau virus tidak bisa pakai antibiotik, kalo bakteri baru bisa dikasih antibiotik. Hmmm pelajaran biologi aku kemana ya?
    But banyak hal yang tidak kita pelajari sih di sekolah. Seperti gini Japs…
    aku baru tahu bahwa saikoro, dadu itu matanya setiap permukaan dan lawannya (belakangnya) itu pasti 7, jadi dadu mata satu pasti belakangnya 6 sehingga jumlahnya 7. Kamu tahu?
    Aku bener-bener merasa kok bego amat aku ya? Emang dulu diajari ginian?
    Dan Gen dengan tenangnya bilang, di tets masuk banyak banget soal kayak ginian loh…. Huh kayaknya aku musti belajar lagi bersama Riku nih (terutama matematika)
    Jepang emang suka kuiz sih. Aku enjoy banget nonton kuiz di sini, banyak variasinya. Dan berasa banget sesudah acara selesai tuh kita jadi pinter hihihi.
    Makasih banyak ucapannya Japs.

    EM

    Balas
  5. erna

    Lam kenal lebih dulu Imel or Ikkyu_san..
    Yha.. nama virusnya keren banget yha..! wah sekeren apapun siapa yang mau kenalan juga yha..

    okey semoga semua segera lebih baik, maem yang banyak, istirahat yang cukup, karena hanya itu yang bisa bantu memperbaiki sistem imun tuk melawan virus , apapun namanya..

    Eh yha.. setahuku thypus dan Thypoid sama.. hanya istilah thypus itu dipakai oleh orang awam sedangkan bahasa kedokterannya Thypoid fever.. Tapi entahlah jika au salah ya?

    erna´s last blog post..Sariawan….uuuihhh…!

    Balas
  6. Melati

    Minta ampun ya kena penyakit Noro.
    Dalam udara dengin-dingin begini dengan tubuh yang lagi sakit sering-sering harus duduk di WC adalah suatu siksaan.
    Saya sudah kapok deh.
    Apalagi saya untuk pertama kalinya muntah sesudah hampir 20 tahun tidak muntah.
    Semoga cepat sembuh ya mbak sekeluarga.

    Balas
  7. shierly

    Wuaduh….

    nama penyakit yang keren, tar kl mba EM punya anak ke 3, ada bagusnya pake nama Noro itu… biar inget :p

    Errr… ngomonk2 tipes, saya baru aja sembuh setelah 3 kali kena 🙁
    sakit itu memank tidak enak ya???

    shierly´s last blog post..Motivational through Total Reward, a case study of Royal bank of Scotland Group

    Balas
  8. Yoga

    Ah, ada namaku disebut di sini.Mbak Imel, terima kasih atas supportnya selama ini. Belum tahu bagaimana cara membalasnya.

    Semoga saat ini, sekeluarga sudah sehat ya dan siap berlibur hingga tahun baru tiba. 🙂

    Balas
  9. basir

    semoga mbak dan sekeluarga sabar:)

    “Semoga semua teman-teman blogger yang lain dapat menjaga kesehatan dengan baik dan bisa menyambut Natal, tahun baru dan libur panjang akhir tahun dengan baik.”

    terima kasih do’anya mbak

    tapi saya heran kenapa diri saya merayakan semua itu
    padahal tahu, umur diri saya berkurang di dunia ini

    teima kasih telah mengunjungi blog saya

    “Ya Allah, tempatkan dunia di tanganku, bukan di hatiku”

    basir´s last blog post..Siapa sih Che Guevara itu?

    Balas
  10. Karisa Flin

    Salmonella poisoning affects thousands of individuals each year. The good news is that it can be prevented. It is only a matter of proper hygiene and the practice of food safety in the kitchen. Here is a list of ways to prevent it: Wash hands frequently Dirty hands can bring about cross contamination.^^^:

    My favorite web page
    ^:,,

    My personal web-site
    <http://www.healthwellnesslab.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *