Kanji yang tidak lengket

Kanji yang tidak lengket

Kanji di Indonesia memang lain dengan Kanji di Jepang. Kalau di Indonesia lengket-lengket dan menghasilkan sesuatu yang keras atau kenyal. Tapi Kanji di Jepang biar belajar selama apapun tidak akan lengket di kepala. Tapi sebetulnya saya enjoy sekali dengan huruf kanji. Bayangkan satu buah huruf bisa mewakili satu benda atau satu perasaan yang jika ditulis dalam tulisan romawi/latin perlu memakai beberapa huruf yang menjadi panjang. Coba lihat contoh ini 人 kalau dalam bahasa indonesia menjadi ORANG…panjang kan? Memang untuk awalnya sulit sekali, tapi begitu sudah menemukan “kotsu/kiat”nya mudah saja.

Kanji memang awalnya dari Cina. Meskipun kemudian mengalami beberapa perubahan baik bentuk maupun artinya.  Tapi paling sedikit jika mengetahui Kanji, bisa mengira-ngira apa yang dimaksud. Saya ingat waktu saya pergi ke Perancis, dan masuk restoran china. Wah menunya semua bahasa Perancis, pelayannya juga tapi untung ada kanjinya, sehingga saya bisa kira-kira artinya. Kami pesan ayam bumbu jeruk, tapi waktu pesanan sampai kami agak kecewa soalnya ayamnya manis. Rupanya ayam orange bukan ayam lemon hihihi. sama sama jeruk tapi yg satu orange yg manis dan lemon yang kecut.

Hari ini adalah hari Kanji. Hari peringatan yang lumayan baru karena baru ditetapkan tahun 1995 oleh Asosiasi Sertifikat Kemampuan  Kanji. Dan untuk memperingatinya setiap tanggal 12 Desember ini diumumkan KANJI of the Year…. Kanji yang populer tahun ini yang diumumkan di kuil Kyomizudera, Kyoto. Kanji tahun ini adalah 変 へん・かわる (hen atau kawaru) berarti aneh atau perubahan. Karena tahun ini memang banyak anehnya, terutama menjelang akhir tahun dengan naiknya kurs Yen Jepang terhadap mata uang asing. Selain itu perubahan di Amerika dengan terpilihnya Obama sebagai presiden.

Kanji tahun lalu adalah 偽る itsuwaru atau nise yang berarti pemalsuan. Karena tahun lalu banyak terjadi kasus-kasus pemalsuan produk. tahun 2006 Kanji populernya adalah 命 いのち inochi yang berarti nyawa, karena tahun itu banyak terjadi bunuh diri dikalangan SD/SMP padahal juga terjadi kelahiran seorang putra di kekaisaran Jepang yang menimbulkan polemik putra mahkota.Tahun 2005 kanji populernya 愛 Ai berarti cinta, karena banyak sekali wanita yang bernama Ai yang mengharumkan nama  Jepang. Juga diselenggarakannya EXPO Ai di Aichi ken (Nagoya).

11 Comments

Yang saya tangkap adalah orang Jepang sangat – sangat menghargai budaya bangsa mereka. Hal yang tidak jauh berbeda dengan bangsa kita yang juga sangat – sangat menghargai budaya warisan nenek moyang.

Yang berbeda mungkin adalah di Jepang; budaya bisa berkembang sesuai perkembangan jaman, sementara di Indonesia saya lihat masih adanya penafsiran yang keliru terhadap kata ‘melestarikan budaya’.

Salam ibu mel.

deden´s last blog post..MAKLUM

Dan budaya yang dilestarikan justru budaya feodal hiks
salam juga deden

EM

hahaha ampun kalo udah huruf kanji hahaha kalau hiragana katagana masih teringat lah hahah
selamat hari kanji ya tolong sampein kepada siapa yah hahaha

genthokelir´s last blog post..Selanjutnya Kesempatan

selamatnya disimpen aja pak Tok hehhehe
EM

Ada Kanji yang serem… Kanji Jumping…
Ada Kanji klasik… Kanji Nyolong Timun…
Saya sendiri suka Kenji…
Katakanlah Katakana…
Maaf kalau ndak nyambung, kerana memang ndak lengket…

marsudiyanto´s last blog post..Twain

Ohh saya pikir bapak Kanji Koming
EM

Terbayang oleh saya …
Betapa ribetnya ngafalin kanji yang ini …
ah kutak sanggup …

hehhee

Salam saya EM

nh18´s last blog post..SEDOTAN

Yang AI 愛 mudah tuh mas…. mudah untuk dirasakan bukan untuk ditulis hehehehe
apalagi kalo Ai-chan

EM

yah lumayan dapet pelajaran singkat … jadi lambang mirip mercedes tanpa lingkaran itu artinya “orang” hehehe …
jadi inget andrimeda-san, interpreter di saya, bahasa kanjinya bahkan sampe ngalahin orang jepangnya sendiri … ckckck …

mascayo´s last blog post..seratus persen posting curhat

hahahahah iya bener. itu artinya orang. Lalu kanji yang kayak cacing tiga biji 川 itu sungai (kawa) kanji 品 kotak bertumpuk tiga itu shina atau hin artinya barang. makanya kanji 3 cacing dan 3 kotak Shinagawa 品川  (nama tempat di Tokyo).

Belajar kanji itu ngga sulit sebetulnya. apalagi kalau suka gambar hehehhe
EM

hahaha…
lagi-lagi tentang perayaan… unik… sekali unik…
emang orang jepang sangat cinta pada budayanya sendiri…
harusnya di Indonesia juga pemerintahnya meniru jepang, misalnya buat perayaan hari huruf sunda kuno atau apalah…

tapi btw, emang ribet banget ya belajar kanji…
kalo saya sih gampang aja, karna tinggal hammmm…. (nyummi)
[senyum.com]

ekoph´s last blog post..Maryamah Karpov, sebuah Review

suka kanji yang gimana Pak? heheheh
EM

jadi pengen belajar kanji nih, Mba.. halah… katakana dan hiragana aja belum apal-apal mau belajar Kanji aja si jasp. hmm… baiklah.. kalo gitu saya mau makanan yang pake tepung kanjinya aja mba. *dipentung* salam *masih bingung gimana caranya ngapalin ribuan kanji yang aneh2 itu * -japs-

japs´s last blog post..Selamat Hari Raya Idul Adha, Sahabat

Kamu kan arsitek pasti bisa cepet deh. Si Tina adikku aja dia cuma belajar 2-3 tahun bahasa Jepang, langsung masuk master…. (emang gambariya san sih ngga kayak kakaknya males belajar hihihi).
atau aku bikin widget “Today’s Kanji” ya…. Tapi harus tahu dasarnya yaitu, selalu mulai dari kiri ke kanan atas ke bawah… kalau kebalik maka tulisannya ngga akan bagus)

EM

Orang asing tidak bisa menulis kanji memang wajar.
Orang jepang sendiri pun banyak yang tidak bisa nulis/baca.
Saya juga sudah mulai lupa.

Wah, tanggal kelahiran saya mirip dengan Hari Kanji nih…
Toh, ternyata saya tidak bisa memahami Kanji. Mungkinkah suratan memaksa saya belajar huruf Kanji kelak?
Wah, no comment…

Hery Azwan´s last blog post..Sup dan Tulang

Ayo bang…aku ajarin yang gampang2 aja

ayam 鳥
babi 豚

itu aja udah lumayan hehhee
EM

“Karena tahun ini memang banyak anehnya, terutama menjelang akhir tahun dengan naiknya kurs Yen Jepang terhadap mata uang asing. Selain itu perubahan di Amerika dengan terpilihnya Obama sebagai presiden.”

wa…kalau di indonesia hari apa ya?
tanoshimi – menanti-nantikan – hari ini apa sih 🙂

terima kasih telah mengunjungi blog saya

“Ya Allah, tempatkan dunia di tanganku, bukan di hatiku

basir´s last blog post..Siapa sih Che Guevara itu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :