Hemat energi -satu usaha

Hemat energi -satu usaha

NHK pada tanggal 4 Desember yang lalu mengumumkan bahwa untuk ikut serta dalam Pencegahan Global Warming, maka pada tanggal 29 Desember nanti akan menghentikan (meliburkan) siaran TV Pendidikannya (NHK chanel 3) selama 13 jam termasuk siaran yang biasanya dilakukan siang hari. Yang diliburkan adalah acara dari pukul  5 pagi sampai 12:30 siang lalu pukul 9 malam sampai pukul 2:50 keesokan harinya. Dengan demikian diharapkan dapat menghemat sekitar 17.000 kilowatt hour, yang senilai 9.4 ton pengurangan CO2.

Hmmm memang kita tidak boleh sinis, dengan mengatakan yahhh baru segitu, sedangkan dibidang lain makan energi sedemikian banyak. Tapi yang terpenting, paling tidak ada sedikit usaha yang dipikirkan mengurangi pemakaian energi berlebihan.

Selama tinggal di Tokyo, saya memang merasakan kota ini terlalu banyak pakai listrik. Dimana-mana terang benderang…dan saya sudah terbiasa, sehingga waktu saya ke Jakarta dan tiba malam hari, saya merasa kota Jakarta itu gelap, dan suram. Penerangannya kurang. Memang manusia Jepang terlalu manja dengan energi. Hmmmm….. (mikir.com)

NHKは4日、地球温暖化防止対策の一環として、29日の教育テレビの放送を、昼の時間帯を含め、約13時間にわたって休止すると発表した。休止するのは、29日午前5時から午後0時30分までと、午後9時30分から翌日午前2時50分まで。定時放送に比べ、約1万7000キロ・ワット・アワーの節電となり、約9・4トンの二酸化炭素削減効果があるという。NHKによると、昼間の放送を休止するのは、1974~76年にオイルショックの影響で総合・教育両テレビの放送を、午後の1~3時間休止した時以来。また、29日には「プラネットアース」など環境問題関連の番組を、教育・総合の双方で放送する。

14 Comments

bisa dimulai dari kita dan dari rumah sendiri lho Mbak, matikan lampu bila tak perlu, racik2 masakan selesaikan dulu sebelum nyalakan kompor gas, bijak menghemat air, pakai lebih banyak genteng kaca…kalau bukan dari kita…siapa lagi ?

ayik´s last blog post..Main logika

you are right
kalau bukan dari kita siapa lagi?
Dan biasanya ibu RT jago soal irit-iritan (kecuali yang pake pembantu loh heheheh)
dan pernah ngga ayik marah sama suami gara-gara lupa matikan lampu, buka lemari es lama-lama dsb dsb heheheh
EM

(^_^) Padahal gelap2an itu kan seru juga (kalo sekali2 siy) nyalain lilin trus mulai deh cerita serem2an (kok jadi inget waktu masih kecil?). Kok ga nyambung neh komentar saya sama entry-nya ahahaa… tapi udah kadung diketik pantang dihapus kembali, hehe… Bagus juga masih mau usaha, walopun keliatannya sedikit, tapi daripada tidak sama sekali? Ya kan? Mungkin lama2 yg lainnya juga akan ikut berhemat energi.

(^_^)

-G-´s last blog post..hanya di hati

main gelap-gelapan? wah aku ngga bisa G….selain penakut aku cepet panik waktu gelap. Biasa Panic Syndrome. (Tapi kalau sebelahku ada yang melukin —tergantung sapa sih — boleh juga kali yah hihihi)

sedikit-sedikit kan lama-lama jadi bukit ya?

EM

HHmmm salut juga … berani off pada jam-jam itu …
Tapi kok TV pendidikannya ya …

Yang jelas program Directornya bisa istirahat sedikit kali ye …

Salam saya

nh18´s last blog post..SEDOTAN

soalnya kalau NHK utamanya bakal panik warga mas….karena NHK harus standby terus terutama jika terjadi GEMPA…. dalam waktu 1 ~5 menit setelah gempa harus mengumumkan kepada seluruh masyarakat Jepang dan mengumumkan untuk berhati-hati apakah ada tsunami atau tidak. NHK adalah jantung informasinya Jepang.

EM

Saluete pada pemerintahan japon, begitu memikirkan hal yang sangat efektif walaupun sejenak, masyarakat di ajari tuk berhemat.
nice posting !

aminhers´s last blog post..e-learning base society

makasih pak amin
EM

thx for sharing ceritanya mbak. menurut saya, bagus mulai dari yang kecil-kecil. di kantor saja susah banget untuk berhemat listrik, siang bolong, lampu hidup dimana-mana. hebatnya, kantor di depan saya sejak 2 bulan lalu, selalu gelap gulita pas makan siang. tanya punya tanya, mereka berhemat, dan setiap jam istirahat, listrik dimatikan.

ya bagus itu kalau jam makan siang dimatikan… coba dihitung berapa rupiah yang bisa dihemat….
biasakan untuk mematikan lampu di wc juga sudah bagus…kebanyakan orang lupa itu.
EM

kebijakan hemat energinya dah mulai dipake juga nih di indonesia, di pabrik sekarang semua lampu neon yang tadinya satu box dua lampu dikurangi jadi tinggal satu. malah jadi burem …
btw, hemat energi itu memang perlu, malah zia sekarang dah jadi polisi rumah … itu pah lampunya matiin, terus pintunya tutup, handuknya taruh di belakang ..halah cape deh 🙂

mascayo´s last blog post..seratus persen posting curhat

Iya harusnya begitu. Hebat Zia tepuk tangan untuk Zia.

Indonesia mulai mengurangi pemakaian listrik di beberapa kantor, Mal..dan kesannya jadi suram…hehehe….
Untuk rumahku memang dibuat agar kalau siang hari tanpa listrik, tapi tetap aja ada ruangan yang memerlukan tambahan cahaya di siang hari, karena berbatasan dengan pagar tetangga.

edratna´s last blog post..Kondisi “tertentu” yang memaksa untuk berani

Iya bu mestinya waktu desain rumah diusahakan tidka pakai listrik untuk siang hari. Lebih bagus lagi kalau bisa pakai solar system sehingga bisa hemat nergy (tapi perangkat solar systemnya sendiri memang mahal. Investasi demi lingkungan hidup)
EM

Di Indonesia, kampanye hemat energi ini sudah cukup lama dicanangkan. Di teve, sering sekali muncul iklan layanan masyarakat tentang penghematan pemakaian listrik antara jam 17 – 22 (jam 5 sore hingga 10 malam). Nggak tanggung-tanggung, yang kampanye bintang ngetop tahun 80an, Lidya Kandou, dan bintang top 2005an, Rieke Dyah Pitaloka.

Mematikan dua lampu saja di setiap rumahtangga (dari yang biasanya nyala) akan menghemat cukup besar daya listrik. Apalagi Indonesia sekarang sudah mulai kekurangan pasokan listrik.

Saya sendiri suka rumah yang terang benderang (tahu sendiri kan, di rumah saya ada ‘penghuni lain’, jadi kalau gelap rasanya ngeri … hihihi).
Bahkan kalau suami pas pergi ke luar kota, dan saya sendirian di rumah, semua lampu dan teve saya nyalakan sampai pagi. Pemborosan listrik, tapi biar aja, dari pada ketakutan …. 🙁

tuti nonka´s last blog post..Hammurabi, Sang Pencipta Hukum

Siaran NHK dihentikan sementara nggak apa-apa kok bagi saya.
Malah boleh dihentikan semuanya.
Enak dong nggak usah melihat orang-orang yang jelek. hahaha!!
Di sini saya bisa hidup tanpa televisi.

Banyak cara untuk hemat energi…
Tidak masak di rumah mungkin bisa jadi hemat energi karena dengan beli makanan di resto, sudah tercapai skala ekonomi, terutama kalo makanannya banyak seperti nasi goreng kambing kebon sirih yang penggorengannya segede gaban…
He he…
Nggak nyambung ya?

Hery Azwan´s last blog post..Sup dan Tulang

Tapi kalau ke restorannya pake mobil pribadi, lalu pake acara macet, berapa banyak bensin harus dihabiskan bang?
iya sulit sih menghemat tanpa usaha dari kita sendiri.

EM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :