Perbedaan Usia

Perbedaan Usia

Seorang teman Jepang saya, Reiko san pernah berkata pada saya. Kalau mencari teman lebih baik yang JAUUUUH lebih muda dari diri sendiri. Karena, jika hanya bergaul dengan yang seumuran, maka jika lanjut usia, dan kebetulan kita adalah termasuk berusia panjang, kita akan mengalami kesepian yang amat sangat. Satu per satu kita harus mengantar kepergian teman kita ke Rumah Abadi. Jadi dia yang lebih tua 15 tahun dari saya, menganggap saya sebagai temannya. Selain unsur usia, berteman dengan yang lebih muda dari kita sendiri, memang seakan memberikan semangat muda, menjadikan kita lebih enerjik, lebih GAUL istilah sekarangnya (tapi saya bukannya menyarankan mencari selingkuhan loh!).

Dulu waktu saya pertama mengajar baik itu di sekolah bahasa atau di universitas di Jepang, murid-murid selalu memanggil dengan sensei, atau BU GURU. Waktu itu terus terang saya tidak suka dipanggil BU GURU. Jadi pada beberapa kelompok itu, saya berkata, “Panggil nama saja deh….” Dan dengan perkataan saya itu, mereka memanggil saya “Imelda san”. Sedangkan untuk mahasiswa meskipun beda usia hanya 6-7 tahun saja, mereka memakai bahasa Jepang, “Sensei”.

Namun seiring berjalannya waktu, tiba suatu saat, mahasiswa saya lahir di tahun saya menjadi mahasiswa. Hmmm beda usia menjadi signifikan. Dan betapa terkejutnya ketika saya mendengar dari salah seorang mahasiswa yang mengatakan , “Ibu saya pernah menjadi murid sensei (di sekolah bahasa, bukan di univ…. kalau di univ aduuuh bener-bener beda banget deh)”.

Hari ini aku senang juga bisa bertemu dengan mahasiswa-mahasiswi ku yang masih muda dan cantik-cakap. (Posting kali ini bener-bener narsis deh…. sebelum diprotes sama Lala dan Yessy)

(Sang Dosen dan Sang Mahasiswi)

Imelda dan Ayu Sakashita san.

Bedanya berapa tahun ya? upss  hampir 18 tahun!! Aku bisa menjadi ibunya …hiks…(sudah lah mel, masak mau muda terus hihihi)

Ayu san ini memang hebat. Dia dulu bercita-cita menjadi PILOT, dan untuk itu perlu belajar bahasa Inggris. Dia sudah berusaha, dan ternyata Toeflnya masih belum memadai. Tapi saya tahu, suatu waktu dia akan bisa mencapainya. Saya kenal Ayu-san ini waktu dia tingkat satu, berarti 4 tahun yang lalu. Bulan Maret nanti dia lulus, tapi sejak 30 Mei lalu, dia sudah mendapatkan kepastian bisa bekerja sebagai pramugari di  JAL dan pegawai ground staff ANA. Dia memilih bekerja di ANA.

Angkatan Ayu san memang istimewa buatku. Jumlah muridnya tidak begitu banyak, dan mereka mudah akrab. Sehingga angkatan ini adalah angkatan yang paling sering datang ke rumah saya atau pergi bersama-sama untuk makan, bermain dan menginap bersama. (Kami pergi menginap Gashuku 1 malam di pemandian air panas Hakone. Riku yang waktu itu baru 3 tahun sangat enjoy) Mereka pulalah yang juga mengikut sertakan Tozu san yang cacat tubuh dalam setiap kegiatan (Baca Kursi Roda dari Jepang) Dan angkatan ini juga yang sebulan lalu menghubungi saya untuk minta kesediaan berfoto bersama untuk dimasukkan dalam buku album kenangan wisuda mereka. (Akhirnya karena saya tidak bisa, mereka memilih salah satu foto kegiatan kami bersama untuk dicetak…. Can’t wait to see the album).

Hari ini saya hanya sempat bertemu dengan Ayu, Takizawa san dan Nino. Nino adalah seorang mahasiswa Indonesia yang sedang mengikuti program pelajaran bahasa Jepang Autum selama 3 bulan di Universitas Senshu. Sayang sekali kami baru bertemu tadi padahal program Nino selesai minggu depan. Nino adalah lulusan Universitas Darma Persada. (Beda usia kami 14 tahun! uuuuhhhh…..)

(kiri: Saya dan Takizawa san di Kantin sekolah  kanan: bersama Nino)

Mudah-mudahan sebelum angkatan ini lulus bulan Maret nanti, kami bisa bertemu sekali lagi… dan sekaligus memperkenalkan Kai pada kakak-kakaknya (om dan tantenya kali heheheh).

24 Comments

Hidup Narsis… hehehe… iya mba, berteman dengan bermacam golongan umur memang menyenangkan, membuka wawasan yang berbeda dari tiap golongannya. kalo sama yang lebih tua jadi sering dapat pelajaran, dan kalo sama yang lebih muda jadi lebih gila dan memberi energi jiwa mudanya… hehehe… kalo sama aku beda berapa tahun mba? *kabur* … -japs-

JAAAAAAAAAAAAPs, awas ya kamu… nanti ngga tak ajak wisata kuliner, nangis lohhhhh.
(tapi okaasan sama musuko memang mustinya lebih dari 18 tahun beda umurnya)
EM

CARI TEMAN YANG LEBIH MUDA AGAR KETULARAN ENERJIK DAN GAUL-NYA…WAHH…KONSEP YANG KEREN MBAK…SAYA SETUJU!
BTW…FOTO *narsis* NYA…KELIATAN BEDA-BEDA TIPIS LHO JARAK UMUR NYA…HEHE…

BTW…SALAM KENAL MBAK…

donapiscesika´s last blog post..Perjalanan ke Lokalisasi Pucuk Jambi (Part-2)

Nahhhh Dona….. KELIATAN BEDA-BEDA TIPIS LHO JARAK UMUR NYA—–ini komentar yang saya tunggu hahahhahahah
Salam kenal juga yaaaaa
EM

Kalau dirimu sama aku kan nggak beda-beda jauh kan, Sis..
Kalau aku sama Om yang jauh banget.. wekekekekek.. *siap-siap ditimpuk sama Om nih! hahaha*

Memang benar, berteman dengan teman-teman yang lebih muda itu akan membuat kita merasa lebih muda.. (inget postinganku yang ini kan, Sis?)

Yaa.. walaupun tetep aja, suka dianggap nggak inget umur kalau sudah cekakak cekikik sama mereka sih.. hehehe… cuekin aja ah! 😀

Lala´s last blog post..Perempuan yang Narsis

hahahahah OOOOOOMMMMM …… tuh ponakan kamu mulai kurang ajar loh (eh dari dulu ya hihihi)
EM

Eh eh..

Tambahan…
Itu bukan narsis, kalee..
Yang narsis itu gaya-gayaku di posting kemarin yang memuat photo-ku yang gaya super aduhai dengan pembokat style itu.. wakakaka…

narsis benel deh pokokna.. 😀

Lala´s last blog post..Perempuan yang Narsis

iya kan sebagai proteksi diri sebelum kamunya bilang narsis, ya aku bilang narsis duluan hihihi.
(soalnya aku juga foto sendiri dan memonyong-monyongkan bibir hahahaha)
EM

Panggil Sensei ajah yah? biar kayak di komik” jepang hehehehe 😛
Kalo saya malah berteman dengan yang lebih tua, akirnya malah dewasa sebelum waktunya, wakakakaka 😛

btw, Nino yang foto bawah kiri itu?
wah, cute, hehehehehehe 😀

Ordinary.One´s last blog post..Teror ‘orang psycho’

Nino itu cewek orang Indonesia, foto yang bawah kanan
EM

Mbak EM yg ini kayanya ga ada hubungan sama ‘isi’ postingannya, tapi lebih fokus ke gambarnya, huehue, untuk menyampaikan bahwa foto2nya bener2 berkesan, sebab teman saya yang saya ajak ‘menonton’ (^^,) blog ini, komentarnya adalah, ‘wah cakepnya, bibirnya bagus’, –bisa ditebak dia pasti berjender lelaki, wadow…. khan… a picture is worth a thousand words, hihihihiiii…. dan mmg bener kok beda2 tipis sama ‘adik2’ yg lebih muda itu.

Haha, saya juga bertemannya sama yang jauh lebih muda, adik ipar saya usianya baru 26 tahun dan itu sahabat baik saya sekarang. Dan yang lebih muda lagi, Jason dan Joshua, umur 3 dan 6 tahun, justru yg mengajarkan kepada saya bagaimana caranya lighten up, wahaha…. jgn uptight teruuus… Memang harus bersyukur untuk ‘daun2 muda disekitar kita’ (Weleh, nnti dikirain ‘daun muda’ yg lain lagi) hahahaaa (^^,)

-G-´s last blog post..Aku Cemburu

hahahaha, bilang temen kamu, Bibirnya kayak Jollie ngga? Kalo iya berarti dia orang ketiga yang bilang aku kayak Jollie (iiiih mamer banget yak…jadi malu aku, kok berani2nya bandingin sama Jollie)
Anyway thanks G, aku juga mau tuh daun muda, enak dimakan ….
maksudnya…daun pepaya yang muda, kalo udah tua kan pahit hihihi
EM

Hehehehe…..Mbak Imel cantik 🙂 Iya lho kok kayaknya selisih umurnya sedikit….
Uhmm…kadang yang lebih muda juga memberikan pelajaran untuk kita mbak. Dari cara mereka berpikir, berbuat dan ngomong. Uhmm….tapi diblogspere ini kebanyakan temen Yaya yang jauh lebih diatas Yaya 🙂 Yaya bisa belajar banyak, dari pengalaman yang dibagi. Termasuk Mbak Imel. Semoga Yaya yang lebih kecil umurnya *halah bilang aja muda hahaha* juga bisa memberi kontribusi yang baik pada teman-teman yang jauh lebih diatas Yaya umurnya.
salam hangat… May God bless you and your family. Amin

Baca komentar-komentar tentang bibir Mbak Imel, saya jadi scroll screen kembali ke atas, lihat potona … uiih, memang bibir Mbak Imel cocok buat iklan lipstik (udah ada yang nawarin belum? … hihi).

Tapi, kalo moto “lebih baik berteman dengan yang lebih muda” itu dipakai setiap orang, berarti yang muda nggak mau dong gaul sama yang tua. Dia cari yang lebih muda lagi, iya kan? Gimana tuh?

tuti nonka´s last blog post..Leave Me Alone, Genie …

Ternyata mbak dan mahasiswi-mahasiswimu tidak terasa bedanya umur kok. Soalnya kulit mbak nggak kalah indahnya dengan mereka yang masih muda.

Kalau saya, lebih suka berteman dengan wanita yang lebih tua daripada saya karena dari mereka yang sudah matang saya bisa banyak belajar sebagai sesama perempuan.
Tapi dengan pria, saya lebih senang berteman dengan yang lebih muda.
hehehe..

Ternyata mbak dan mahasiswi-mahasiswimu tidak terasa bedanya umur kok. Soalnya kulit mbak nggak kalah indahnya dengan mereka yang masih muda.

Kalau saya, lebih suka berteman dengan wanita yang lebih tua daripada saya karena dari mereka yang sudah matang saya bisa banyak belajar sebagai sesama perempuan.
Tapi dengan pria, saya lebih senang berteman dengan yang lebih muda.

Benar nggak sih mbak antara foto dan judul tulisan ini? Coba cek deh mbak, salah judul kali? 😉

😀

Yoga´s last blog post..10th Jiffest

YOGAAAAAAA
kamu menghibur aku aja deh hihihihi
anyway SANKYUU BERY MACHI (bhs JAPLISH) heheheh
EM

Benar juga ya.
Kalau kita bergaul dengan yang lebih muda, kalau teman2 seangkatan sudah berpulang semua, kita masih punya teman.
Nah, di blog ini kita berpeluang untuk bertemu teman2 yang lebih muda.
Bagi teman2 yang lebih tua, ya jangan langsung minder. Berteman dengan yang lebih tua dapat menularkan wisdom dan pengalaman mereka yang sudah makan asam garam dunia ini.

Hery Azwan´s last blog post..Setahun Ngeblog

Temanku sekarang sebagian besar berusia jauh dibawahku, malah cocok jadi anakku….karena jika mengajar, ketemu sesama pengajar (yang sama2 tua) lewat email, nanti rapat sebentar, kemudian saat mengajar kan bergantian, jadi malah ga ketemu.
Dan senangnya, seperti ke Jayapura kemarin, saya ketemu keponakannya teman (di Jakarta) yang sekarang ditempatkan di salah satu Bank di Jayapura, dan juga ketemu mantan muridku 15 bulan lalu, yang beberapa diantaranya ditempatkan di kantor pusat Bank Papua…dengan merekalah saya ketemu dan ngobrol.
Gpp Imel, malah senang kan gaul sama yang lebih muda, dunia terasa cerah….

edratna´s last blog post..Bagaimana peluang usaha jasa penerbangan dalam menghadapi krisis?

mirip sama Ms. Ayu!!! pantesan cocok!!!
iya, Ms. Ayu pasti juga demen banget toeh temenan sama tante!
kalo aku sieh, hampir… sama sekali ga suka temenan sama orang seumuran! adanya, yang paling enggak, 3 taon lebih tua, tapi banyakan tante-tante
hehehe ^>^
nah, ini juga, tante yang satu ini juga pasti asyik banget
sumber pengetahuan + obat awet muda, lutchoe abiez sieh & uashieg buianget postingan2 nyo…
hidup tante Emma…

~LiOnA~

Perbedaan usia …
Emang matter gituh … hehhe

Ya iya lagiiii …

Tapi yang jelas … kalo boleh berkaca pribadi …
Aku harus bergaul dengan mereka yang beusia jauh dibawahku …
Hawong trainee-traineeku usianya beda jauh jeh sama aku …
so … supaya lebih mendalami dunia mereka … yaaa mau ndak mau aku harus berteman dengan mereka …
Supaya tau “slank”-“slank” nya …
hehehe

Salam saya

nh18´s last blog post..BERTAMU

aku sama anak2 tk mbk…….seru…..aku juga lebih coock ma yg lebih tua, klo ma yg seumuran ngrasa mereka ga’ bisa ngerti jalan pikiranku, ato yg lebih muda, ngrasa dihargai, lebih tua itu kali ya…jadi ngrasa jadi Mbk, harus melindungi adik2nya..

dewisang´s last blog post..SELAMAT IDUL ADHA

hehhe kamu termasuk adikku kan?
gimana kabarnya? masih diem-dieman?
EM

klo menrut aq
jaman seorangkan berbeda-beda, ya kalau ingin mengetahui lebih detail tentang zaman mereka , ya kita harus ikut ke zaman mereka,kira2 da yang mo nambahin

basir´s last blog post..Cinta Allah swt

benar sekali tuh pak. Cuman kalau sudah sampe ke sejarah berabad lalu ya ngga bisa heheheh
EM

Eh, aku masih muda belia kan? Jadi bisa membuatmu panjang umur dan selalu energik, ya nggak? 😉

Daniel Mahendra´s last blog post..Seandainya Jakarta Bukan Ibukota Negara

cihuuuyyyy, kamu masih muda?
33 tahun muda?
mustinya udah nimang anak tuh hihihihi.
sorry becanda…
tapi terima kasih untuk pertemanan yang ceria selalu,
sampai display saya selalu penuh debu akibat guling-guling di YM hahahhaa
EM

Wah, tulisan ini keluar pas saya lagi hiatus…
Kurang banyak mba fotonya… 😀
Yang berbaris gitu ga ada yah?
BTW. Orang Jepang kok namanya Jawa ya: Ayu-chan

Tinggalkan Balasan ke Ordinary.One Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :