my journey from dawn to dusk

The Lady wants to know

The Lady wants to know
she wants to know the reason
got to know the reason why
this man has got to go
this man is always leavin’
how he hates to say goodbye
but what she doesn’t know
(is) there really is no reason
really is no reason why……

Hmmm salah satu dari sekian banyak lagu dari Michael Franks yang saya suka. Dan lucunya saya berkenalan dengan si Michael Franks ini lewat adik saya. Dia banyak mendengar lagu-lagu smooth jazz begini, sehingga akhirnya saya juga ikut suka. (Lahhh waktu itu kamu sukanya apa mel? …Well aku sebelum itu sukanya lagu “papamama” seperti Nini Rosso (eh ini instrumental ya) Julio Iglesias, Elvis etc etc pokoknya yang jadul deh….opa oma sekaliiii). Dari si Novi ini juga aku berkenalan dengan Dian PP, 2D deh. Memang hoby kita dulu tidak pernah sama. Saya kutu buku, dia kutu kaset.

Dan yang juga membedakan saya dengan dia adalah dia jenius saya tidak. Waktu SD saja, IQ nya 150 je. Saya selalu kalah dalam nilai. Tapi untung saja  orang tua saya tidak pernah membanding-bandingkan.  Dan untung saya juga tidak pernah merasa minder karena dia lebih pintar.Karena kadang kala saya melihat hidupnya sebagai “weird” aneh. Dia akan tidur cepat tapi bangun tengah malam untuk belajar. Jangan pernah membangunkan dia waktu sedang tidur. Misalnya ada telepon pun, lebih baik kasih tahu, “Oh maaf Novi sedang tidur”, daripada bangunkan dia. Ngedumelnya akan berlanjut satu hari. Dan jangan juga coba mengetik di kamar waktu dia sedang tidur. Aneh sebenarnya, kalau tidur benar, mestinya suara ketikan yang halus tidak terdengar kan? Itu juga yang menyebabkan saya tidak bisa tidur sekamar dengan dia. Dia mendapat kamar sendiri, sedangkan saya berbagi dengan Tina, adik saya yang nomor dua, yang sekarang “juga” di Tokyo.
Tapi memang dia rajin dan pintar. Pernah suatu kali di kelas 5 SD, dia menderita Tifus stadium tinggi, sehingga harus mendekam di RS selama 2-3 bulan. Karena setelah Tifusnya sembuh, ternyata ada virus
menyerang tulangnya, arthritis. Karena itu dia dibom dengan vitamin dan calsium sehingga menjadi gemuk.
Sedangkan waktu itu saya kurus sekali….kalau saya bezoek dia, semua heran, siapa yang sakit ya. (wah musti cari fotonya sebagai bukti saya kurus sekali dulu hihihi) Dan otomatis dia tidak ke sekolah 6 bulan. Sehingga Untuk mengejar ketinggalan, mama meminjam buku catatan dari teman-temannya, untuk menyalin dan belajar di rumah. And u know what? Dia bisa masuk ranking 1… tapi karena dia “cuti sekolah” 6 bulan, maka rankingnya diturunkan menjadi ranking 2!!  Benar-benar melongo deh.

di Eigamura (Kampung Film) Kamakura, tempat ini sudah tutup sekarang

di Eigamura (Kampung Film) Kamakura, tempat ini sudah tutup sekarang

Dia juga sangat pembersih. Kami bertiga memang penderita alergi. Bersin-bersin selalu jika berdebu. Tapi saya dan Tina “bebal” sehingga biarpun bersin dijalani saja. Tapi kalau Novi dia merasa sengsara jika harus bersin. Mungkin karena kulitnya sensitive dan cepet “bonyok” maka sedapat mungkin jangan sampai bersin. (kulit sensitif ini benar-benar mahal. Karena dia tidak bisa pakai perhiasan kalau bukan emas 18 karat ke atas. Jangan kasih perhiasan imitasi untuk dia, karena kulitnya akan menjadi merah dan luka.

Sifat pembersih itu merambat juga sampai ke masalah kedaluwarsa bahan makanan. Berlainan dengan saya yang “tutup mata” pada tanggal yang tertera selama masih bisa dimakan, dia akan segera membuang makanan atau bahan makanan jika sudah lewat tanggalnya. (Tapi sekarang setelah menjadi ibu dari tiga anak, saya lihat sifat ini sudah mulai mengendur). Karena dia juga sensitif, kami selalu menyuruh dia mencicip suatu makanan, apakah masih laik dimakan atau tidak (Soalnya kalo saya, pasti Ok saja heheheh).

Dengan otak dan sifatnya itu, dia diterima masuk ke FMIPA UI tanpa test, atau yang dulu istilahnya PMDK. Biologi bidangnya, dan setelah lulus, dia memperdalam mikrobiologi di Australia. Dia mendapat gelar PhD (doktor) dari Universitas Melbourne setelah mempunyai anak dua ( 4tahun lalu, I think). Sekarang dia sedang meneliti malaria sehingga sering harus pergi ke Sumba dan Belanda. Selama dia pergi mengadakan penelitian, dia bisa menitipkan ke tiga anaknya pada oma-opa-atau yangti di jakarta. Pfff suatu kondisi yang membuat iri saya…. gelar doktor, dan bisa pergi bekerja/meneliti dengan tenang tanpa direpoti anak (sedikit).

di matsumoto castle

di matsumoto castle

Meskipun saya sering tidak “akur” dengan dia, I love her (mana ada sih kalajengking akur dengan kambing hihihi). Dia  yang mendukung saya waktu saya bilang, “….. tapi dia tidak seagama dengan kita”. Katanya, “Kalau kamu menikah dengan orang seagama, berarti kamu tidak menyelamatkan seseorang, tapi dengan orang yang tidak seagama, kamu ada kemungkinan untuk menyelamatkan satu orang… atau bahkan lebih. Sebarkanlah kabar baik!”. Satu pemikiran khas peneliti mungkin ya? Tapi amat sangat menguatkan saya waktu itu. Terima kasih banyak sis!

So, sister …. Farah Novita Coutrier PhD … di hari ulang tahunmu ini aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun. Semoga tambah sukses dengan penelitianmu, tambah bahagia dengan Chris, Dharma, Sophie dan Kaivayla….dan aku titip mama papa di Jakarta.  From the Big Sister with love….

de dewantos

de dewanto's



Category: Diary

21 Comments to “The Lady wants to know”

Add Comments (+)

  1. Lala berkata:

    Wah…
    Ulang tahun ya?
    Happy Birthday, Kak Novi…!
    Semoga Tuhan selalu memberkati setiap langkah yang Kakak ambil…
    You have a very lovely sister who loves you with her own way… Yang walaupun Kalajengking dan Kambing tidak pernah akur itu, tapi I know she loves you!

    Selama ini aku cuman dengar sedikit cerita tentang Kak Novi, Sis..
    Kini aku semakin kagum aja sama kakak beradik Coutrier.. 🙂

    …khususnya buat si Kakak Imelda a.k.a My Own Wonder Woman…
    dan seorang penjelmaan Darius Sinatria itu.. hehehehe…

    Sampaikan salamku ya, Sis… *buat Kak Novi, maksudnya.. kalau sama si Andy, boleh minta no hp-nya aja? hihihi…*

    nomor HP? eh aku juga ngga tau tuh heheheh
    EM

  2. Yoga berkata:

    Selamat ulang tahun Mbak Novi…Sukses selalu. Ternyata keluraga mbak, anggotanya wonder women dan superman (hayah sok teu.

    ..as if aku kenal beliau, tapi disinilah letak keindahan persahabatan via Blog.

    🙂

    Indah dan cerah harimu mbak Imel.

    hahahah, keluargaku Fantastic Four nih kayaknya
    emang anaknya 4 sih
    terima kasih banyak Yoga
    EM

  3. edratna berkata:

    Selamat ulang tahun buat Novi….

    Imel, dalam satu keluarga memang sifatnya bisa bermacam-macam, karena perpaduan orang tua akan memberikan peluang yang berbagai macam. Tapi tetap ada unsur yang menyamakan, atau saling mengcover. Saya tiga bersaudara sifatnya juga sangat berbeda, demikian juga kedua anakku….hehehe…

    Btw, senang mendengar cerita Imel….perbedaan itu memang indah

    Benar ya bu, perbedaan itu indah ya
    EM

  4. ayik berkata:

    cara menyatakan cinta kepada sodara yang hmmmm…so sweet…

    happy b’day Novi

    memang saya suka coklat (eh ngga ada hub nya ya?)
    EM

  5. dewisang berkata:

    Happy Birthday juga MBk Novi, hebat bgt sih..iri..keluarga yg hebat..

    makasih dewi
    EM

  6. Hery Azwan berkata:

    Wah, ini adiknya top banget deh…
    Memang keluarga yang hebat…
    Selamat ulang tahun juga deh Novi…(kayaknya seumuran aku deh)…

    Kayaknya tuaan dikit heheheh
    Makasih bang
    EM

  7. tuti nonka berkata:

    Meskipun belum kenal, saya ngucapin selamat ultah juga buat Novi (boleh kan?).
    Saya memiliki empat kakak perempuan, dan kami semua berbeda sifat, bakat, maupun minat. Waktu masih serumah dulu sering juga berselisih paham, tapi setelah masing-masing berumahtangga, sering saling kangen dan persaudaraan semakin erat. Begitulah yang namanya saudara : kalau dekat berantem, kalau jauh kangen …

    Terima kash mbak…. bener ya memang kalau saudara terlalu deket juga rasanya gimana gitu heheheh Dan satu lagi, ngga akan pernah bisa sabaran ngajar ke saudara padahal kalau ke orang lain bisa sabaaaaaarrr banget
    EM

    EM

  8. nkusuma berkata:

    Oalah…pantesan IQ ane tinggi banget, keseringan denger Jazz, heheh.
    Btw, bentar lagi akan ada gelaran JAK JAZZ, nonton ah…
    Kalau liat fotonya, jadi pengen banget ke Jepang sis, susah ndak ya kesana?

    Jak Jazz ya? sayang aku ngga bisa nonton.
    Ayoooo nepho ke jepang, ntar aku anter-anter…. ngga susah kok. Tapi musti punya tabungan sbg garansi kamu ngga akan cari kerja di sini …gitchu
    EM

  9. -G- berkata:

    Wiiy tinggi banget IQ-nya, sama dengan keponakan saya yg umurnya 6 tahun itu, mereka sama sekali ga perlu susah2 belajar ya? Karena keponakan saya itu ga perlu susah2 diajarin, hehe, tiba2 bisa baca sendiri, dan dia senang sekali sekolah, ck ck ck.. Kebayang bhw sakit 6 bulan tetap bisa jadi rangking 1. Astaga, HEBAT! Salam dan selamat Ultah buat mbak Novi (^_^)

    Susahnya orang-orang seperti itu jadi ngga sabaran pada orang yang IQnya tidak tinggi. Dianggap lelet, sehingga dianya juga dianggap pemarah dan tidak sabaran. EM

    • nique berkata:

      Jadi penasaran mau tes iq mba hahaha apakah aifat ga sabaran l ku ini ada kaitannya dengan iq ku ya? Jangan aja pas dites malah jongkok hahaha

  10. Melati berkata:

    Selamat ulang tahun mbak Novi!
    Mbak Imelda sekeluarga cendekia semua ya.
    Saya kagum.

    Perkataan mbak Novi bahwa mbak Imelda ada kemungkinan untuk menyelamatkan seseorang, bahkan lebih dari satu orang ternyata benar.
    Di sini ada buktinya juga.
    Terima kasih banyak ya, mbak!

    terima kasih Melati… sampai besok ya
    EM

  11. Kimiyo berkata:

    Wah Novi ulang tahun ya, omedeto Novi !
    Iya Novi memang agak LAIN dengan Imelda dan Tina sifatnya, aku rasa, tapi aku sayaaang juga sama Novi yang cantik, pintar dan baik. Aduh baca blog Imelda jadi kangen sama Mtb deh. Salam manis buat Novi dari aku ya.

    Aku rencana februari mudik…mau ikut? heheheh
    EM

  12. mascayo berkata:

    hahaha ada yaa kutukaset?
    tapi kok jadi bingung, yang kutu kaset jenius, yang kutubuku malah ngga .. masa sih .. yaa ngga dong. dong ya? .. ngga kan?
    btw, met ultah yaa buat mbak novi ..

    iya tuh yang kutubuku udah jadi kutubusuk kali..jadinya ngga jenius heheheh
    EM

  13. japs berkata:

    Selamat Ulang Tahun juga buat mba Farah Novita… wah wah wah… kakaknya dosen adiknya peneliti, hehehe… hebat hebat… kalo saya ama kakak saya dulu juga ndak pernah akur, baru setelah pisah kota dan dewasa dua duanya bisa akur. hehehe…
    salam mba…

    -japs-

    emang ngga boleh hidup deketan kali ya hehehe (dan ngga boleh sering ketemu juga kali ya)
    EM

  14. yessy muchtar berkata:

    titip salam aja deh kak

    selamat ulangtahun:)

    terima kasih yess
    EM

  15. aminhers berkata:

    happy b’day tuk mba novi.
    sepertinya bu Ikkyu emang periang kalu di lihat dari photo jadul itu 🙂

    yaaah bapak kok liatnya yang jadul aja hehheeh
    EM

  16. Donny Verdian berkata:

    Wuih PhD… ngewiii..
    pasti pintarnya kayak Habibie..:)

    waaah ngga tau deh kayak habibie atau ngga hhehehe
    EM

  17. nh18 berkata:

    Untuk Novi …
    Selamat Ulang Tahun …
    You have a great sister that loves you with her own way …

    Salam saya …
    NH18

    atas nama novi, makasih mas
    EM

  18. cahaya berkata:

    Waaahh…iya ya mbak setiap saudara itu macam-macam sifatnya, itulah kebaikan TUhan jadi bisa saling melengkapi dan menguatkan 🙂
    Selamat Ulang tahun untuk mbak Novi 🙂

    Terima kasih cahaya
    EM

  19. Daniel Mahendra berkata:

    Waduh, ada yang ulang tahun, berarti makan-makan? Hehehe…

    Jadi makan kambing guling nggak?

    :-”

    Selamat ya… 😀

    Aku kirim kambing guling ke alamat bandung hahahahah
    (eh ngga deh special delivery aja, aku yang bawa …setuju?)

    Thanks Danny

    EM

  20. Farah NO-vita Coutrier berkata:

    I love you too, Sis!
    I’m always amazed at your ability to see good things in people… and write it down! Thanks dear.
    Anyway, kalau boleh ralat sedikit, aku belajarnya soal molecular biology waktu di Aussie, dan waktu abis sakit itu aku naik ke kelas 6 bukan juara 1 tapi 3…
    Jadi… ngga jenius jenius amat… Agak autis mungkin…. he he he..
    Thanks to all the well wishes. GOD bless you all!
    NO vita

    hehhehe autis..kok kata autis lagi trend ya di Indonesia? emangnya tau arti sebenarnya autis itu apa?
    EM

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

yang mau cari-cari

yang bersahabat