Hari Manga (baca Mangga)

Mungkin untuk orang Jepang sendiri tidak banyak yang tahu bahwa tanggal 3 November itu adalah Hari Manga  (dibaca : Mangga) yaitu komiknya Jepang.  Yang biasanya diketahui sebagai hari peringatan tanggal 3 November adalah Hari Kebudayaan, bahkan sampai ditetapkan menjadi hari Libur Nasional di Jepang (makanya Gen kemarin seharian ada di rumah, dan waktu riku telpon dia tanya ,”Kenapa papa tidak ke kantor?”) Banyak fans film anime di Indonesia mencampuradukkan Manga dengan Anime. Memang Anime adalah satu langkah lebih maju daripada Manga.

まんがの日, hari Manga, yang ditulis dengan hiragana ini baru saja ditetapkan, yaitu pada tahun 2002 oleh Asosiasi Pemanga (Pelukis Manga) Jepang dan 5 penerbit komik Jepang, dengan alasan bahwa tanggal 3 November itu merupakan hari Ulang tahun Tezuka Osamu, pemanga Jepang yang terkenal, yang bisa disebut sebagai Bapak Komik Jepang. Saya pernah mengulas salah satu hasil karyanya, BlackJack di sini.  Karya Tezuka Osamu (3 November 1928- 9 Februari 1989) yang legendaris adalah Atom Boy (Astro Boy).  Bapak Manga ini yang membawa gaya “Mata besar” dalam sejarah komik Jepang, karena pengaruh komik-komik masa itu seperti Betty Boop dan Mickey Mouse. Dan dalam karyanya “Kaisar Hutan Leo” ini membawa polemik yang cukup hebat karena melawan tokoh Disney “Lion King”, yang semestinya bila dirunut sejarah (tahun) pembuatannya bisa diketahui bahwa Tezuka Osamu yang terlebih dahulu menciptakan tokoh raja hutan Leo itu.

Selain tokoh Manga Tezuka Osamu, ada beberapa karya akbar yang berhasil dianimasikan dan juga menyebar ke seluruh dunia. Seperti Captain Tsubasa (Takahashi Youichi) dan Kinniku Man (Muscle Man -karya Yude tamago)

Manga memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang Jepang. Dari mulai bisa membaca disuguhi Picture Book, dan kalau bisa membaca sendiri mulai beralih ke Manga. Banyak sekali kita jumpai orang yang membaca manga di kereta, bahkan mereka yang perlente memakai jas pun membaca manga. Dan manga juga ada banyak tingkatan kelasnya…karena ada pula manga yang jorok, yang saya juga merasa risih jika si bapak perlente itu membaca mangga begituan di dalam kereta tanpa ada rasa malu sedikitpun.

Adakah manga yang menarik hati saya? Sayangnya belum ada, meskipun ada beberapa manga tentang remaja atau sejarah yang disarankan oleh Gen. Mungkin kelak kalau Riku sudah bisa baca sendiri, dan membeli mangga kesukaannya, saya akan coba intip hehhehe.

18 gagasan untuk “Hari Manga (baca Mangga)

  1. Donny Verdian

    Wah, saya jadi inget teman saya yang sangat gandrung dengan manga. Saya sendiri tak terlalu suka entah kenapa..

    Ada juga teman saya yang sangat suka dengan hentai ahuahuahua, dan saya tau kenapa ia suka meski saya tetap tak suka 🙂

    HENTAIIIIII gawat…
    Jangan suka deh …bisa kebablasan hahahaaha
    pasti yang ngga tahu kata hentai jadi penasaran.
    shoul I make a post about this? hmmm please advise ahahaha
    EM

    Balas
  2. mang kumlod

    Berarti ini adalah salah satu hari besarnya para otakus dong…

    Pas banget yah harinya sama hari kebudayaan. Di Kemayoran juga lagi ada festival budaya Jepang. Kalo ada waktu pengen bgt ke sana.

    Iya aku juga tadinya pengen ke kemayoran , mau bertemu dengan mantan dubes di sini Pak Wisber. Dulu sempat dekat dengan ibu Wisber, dan kebetulan beliau juga teman papa waktu di London. Sayang waktu tidak mengijinkan.
    Otakus ya…. kamu jangan jadi otak-otak ya F:)
    EM

    Balas
  3. ernut

    wah…di Jepang, setiap hari ada namanya ya mbak…susah juga ngapalinnya! qiqi

    weks …ya jangan dihapali atuh…saya juga ngga mau tuh ngapalin.
    EM

    Balas
  4. Yoga

    Duluuu saya suka baca komik Jepang, lama-lama nggak mau mengikuti lagi, karena takut kecanduan tak habis-habis… Sama halnya dengan game, dan film seri sekarang saya menghindarinya, karena waktu yang 24 jam itu tak cukup dipeta-petakan untuk itu semua.

    Hai.. nice picture (di about me) mbak..
    I love you like it! 😉

    the picture
    I REALLY LIKE IT
    very much
    Thank You Yoga.

    Balas
  5. nh18

    HHmmm Mangga …
    Ini pengetahuan baru bagi saya

    Thanks ya EM …
    BTW …
    Hati-hati di jalan ya …
    Hari ini pulang ke Jepang kan ?
    Salam buat semua …
    Take Care Will ya …

    anak-anak ngga suka baca manga mas?
    EM

    Balas
  6. Lala

    Manga mulai bikin heboh Indonesia sejak awal 1990-an ya, Sis. Aku masih inget pertama kali baca Manga yang judulnya Candy Candy. Sejak itu, setiap ada terbitan Manga terbaru, pasti beli. Cuman lama kelamaan, kebiasaan ini musti berhenti juga.
    Kenapa?
    Karena akhirnya jadi banyak banget yang terbit dan duit untuk ngebeli kagak ada.. hihihi…

    awal 1990-an aku sudah hengkang ke jepang sih. Jadi tidak tahu bahwa manga begitu pesat berkembang di Indonesia. otomatis s/d tahun 1996 saya tidak ada hubungan dnegan jakarta, kecuali pulang sebentar-sebentar.

    enaknya di jepang, banyak orang sesudah baca jual ke toko buku bekas dengan kondisi baik, jadi lebih baik beli di toko buku bekas. dan setelah baca jual lagi heheheh re-use
    EM

    Balas
  7. indahjuli

    Candy-Candy, Sailor Moon, Kapten Tsubasa, Dragon Ball, Kungfu Boy, beberapa favorit manga saya 🙂
    Oh pantes ada pameran Manga di Kemayoran Mbak, kemarin minggu saya nonton.

    Iya, Fans manga di seluruh dunia meningkat pesat. Bahkan ada cosplay segala.Kapan Indonesia mulai ikutan cosplay ya? Kayaknya tinggal tunggu waktu aja deh. Kalau ada yang tahu, kasih tau saya ya.

    FYI: cosplay adalah memakai baju dan atribut yang sama dengan tokoh2 di manga itu.
    EM

    Balas
  8. ai

    gomennasai sensei, oot (out of topic) sebentar. ai skrg lagi baca buku Yakuza Moon, sejauh ini menurut ai keras sekali kehidupan di jepang sebagai seorang yanki. tapi apa hal2 itu ga berpengaruh sama pertumbuhan dan pergaulan anak sensei…????

    wah ai aku ngga tau soal komik itu. cerita ttg Yakuza? Kalau gangster mereka hanya berkeliaran di daerah perkantoran, jarang ada yang sampai ke perumahan, kecuali kalau ada anggota geng lain yang tinggal di daerah perumahan. Makanya kada ada peristiwa tembak menembak di jalan besar
    EM

    Balas
  9. Hery Azwan

    Manga?
    Nggak banyak tahu karena aku seringnya baca buku yang berbentuk teks.
    Kalau dulu waktu SD sampe SMP memang sering baca komik Indonesia seperti Petruk Gareng, Golok Setan, Godam, Gundala, dsb.

    aku komik terbatas pada om pasikom dan GARTH (hmmm ada yang ingat ngga ya?)
    EM

    Balas
  10. Denok

    suka baca tapi yg gratisan..Hehe..ada yg mo minjemin??

    disini banyak nih…kapan mau ambil? boleh aku kasih kok hihihi (padahal bukan punya saya)
    EM

    Balas
  11. Chimod

    Semoga manga saiah kelak bisa menarik hatinya ibu guru 😛

    Keren ya ada hari manga^0^

    kirim dong kalo udah jadi ya…
    EM

    Balas
  12. syphot

    asik ya di jepang, suatu saat nanti aq akan ke jepang.

    ngomong2 tentang manga masih ada gak ya komik DESPERADO di Jepang. Aq dah nyari 6 tahun dah gak da lagi yg jual, cariin dunk yg versi bhs.inggrisnya……

    Wahhh kalo versi bahasa Jepang mungkin masih ada. Kalau bahasa Inggris sih sulit
    EM

    Balas
  13. Daniel Mahendra

    Dulu aku nggak tahu sama sekali tentang Manga. Aku pikir ini genre apa lagi. Tapi setelah sempat kerja di media yang salah satu divisinya menerbitkan produk itu, baru ngeh.

    Apalagi kini di tempak kerjaku ada ilustratorku yang doyan banget sama manga. Sampai karakter coretannya sangat Manga sekali. Jadi makin mengenal tokoh-tokohnya.

    “Punteeen”
    “Manggaaaaaa”
    EM

    Balas
  14. mascayo

    menanti-nanti laporan kpdarannya di indonesia .. kok belum muncul ya?
    btw, di indonesia sekarang sepertinya mulai giat dengan manga, dan para penggiat manga sudah mulai menggunakan latar budaya indonesia .. bagus deh buat pendidikan anak-anak kita, supaya ndak lupa sama budayanya.

    hehehe, sesuai komentar mascayo, saya sudah tulis ttg kopdar di Indonesia.
    Ah… saya ingin melihat manga asli Indonesia nih seperti apa.
    EM

    Balas
  15. ayik

    waaa…Mbak Imel, anakku Aizs lagi gandrung sama manga ini…dibela2in beli buku buat panduan dia belajar gambarnya….

    manga yang mana? Kalau tidak salah di jakarta ada sekolah manga yang gurunya orang Jepang loh.
    EM

    Balas
  16. nancy

    saya mawu nanya nih,,,
    mbak tawu ga situs manga yg teksnya dalam hiragana n katakana???
    kbtulan saya lagi mmperdalam kmmpuan saya dalam tulisan jepana,,mknnya saya nyari manga yg teksnya hiragana biar bisa sekalian bljr,,

    Balas
  17. niya

    manga…manga…manga itu jenis gambar di komik jepangkan?? gw juga suka komik jepang. ada yang tau komik yang judulnya my heavenly hocky club ga??

    Balas
  18. niya

    manga… manga itu kalo ga salah (berarti bener) jenis gambar komik jepang,ya?? gw lumayan suka komik jepang. ada yang tau komik yang judulnya “my heavenly hocky club” ga??!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *