Kucing dan Ikan = Untung dan Malang

Wiiiiihhhh judulnya aneh amat. OK kenapa saya pilih judul begitu. Tidak lain dan tidak bukan karena hari ini tanggal 29 September , ada 2 peringatan (ada 3 sebetulnya) yaitu peringatan untuk KUCING dan IKAN.

Pertama Ikannya dulu ya. Hari ini tanggal 29 dibaca sebagai FUGU. Ikan Fugu adalah ikan beracun… nama latinnya Tetraodontidae.   Dan ternyata Ikan Fugu ini ada 185 jenis, dan diantaranya masih ada beberapa jenis yang bisa dimakan seperti Tora Fugu dan Mafufugu. Sedangkan yang bernama Kusafugu, racunnya berada di seluruh bagian tubuh sehingga tidak tepat dijadikan hidangan (kecuali yang mau bunuh diri kali ya). Ikan ini kalau kita ganggu maka perutnya akan mengembang dan duri-duri yang tidak kelihatan akan beridir menjadi seperti landak. Karena itu ikan ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai “Pufferfish”.

Ikan yang mengandung racun ini biasanya dikonsumsi pada musim dingin dan dimakan sebagai sashimi. Tahun lalu pada waktu tahun baru, keluarga Miyashita menikmati ikan mewah itu sebagai sashimi, dan siripnya biasanya dimasukkan lagi ke dalam sake, dan diminum bersama sake sehingga sake akan beraroma fugu. Tidak sembarang orang bisa memotong Fugu ini, hanya mereka yang mempunyai sertifikat saja yang berhak menjual Ikan Fugu ini. Rasanya? Saya sendiri tidak merasakan keistimewaan pada rasanya, tapi memang ikan Fugu ini muahaaaaal sekali. Saya tidak mau membuang uang hanya untuk makan ikan Fugu. Memang Orang Jepang suka bercanda dengan maut!

gambar dari Wikipedia Japan

Nah, Kucingnya bagaimana? Mungkin Anda pernah melihat ada patung Kucing dengan salah satu tangan (kaki) terangkat, berwarna putih yang dihias di rumah orang Jepang, atau toko Jepang? Atau mungkin pernah mendapatkannya sebagai oleh-oleh? Kucing itu disebut sebagai Maneki-Neko. Maneki = mengundang… wah mengundang apa ya? Yang pasti dia mengundang keselamatan dan keberuntungan.Katanya kalau kaki kanan yang diangkat berarti mengundang keberuntungan (uang), sedangkan kalau kaki kiri yang diangkat mengundang tamu. Kalau dua-duanya? RAKUS hehhee, sehingga dikatakan sebagai BANZAI saja. Biasanya memang berwarna putih, tapi ada pula Kucingnya berwarna hitam dan dianggap sebagai Kucing Rejeki dan pengusir bala.  Karena sekarang banyak yang memberikan hadiah kepada orang asing maka patung kucing ini disebut sebagai Dollar Cat atau Welcome Cat. (Teman-teman jangan minta saya bawakan patung kucing ini ya…karena semakin besar patungnya semakin mahal…nanti sayanya tidak beruntung malah buntung hihihi) Saya sih lebih suka memiliki patung kucing yang sederhana terbuat dari tanah liat yang ada lubang di bagian belakangnya…. Dulu banyak tuh berbentuk ayam jago atau malah kendi…iihhh kangen deh…nanti kalo pulang ke Jakarta mau cari ahhh.

Yang pasti Kucing ini tidak bisa makan ikan Fugu begitu saja, karena duri-duri dan juga racunnya. Kali ini Si Ikan menang dari Kucing deh.

NB: ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk sepupu kami, Amelia… yang berulang tahun hari ini. Mel…kapan ke Tokyo? aku tunggu loh.

9 gagasan untuk “Kucing dan Ikan = Untung dan Malang

  1. Melati

    Benar nggak ya lidah terasa agak kesemutan kalau makan ikan fugu?
    Katanya, itu yang membuat orang ketagihan..

    Wah waktu saya makan tidak perhatikan ada semut tidak di lidah saya hihihi…
    saya terus terang tidak akan ketagihan untuk makan Fugu…mahal sih…
    mending makan okonomiyaki aja deh ehhehehe.
    EM

    Balas
  2. tuti nonka

    Saya sering lihat boneka kucing Maneki-Neko itu di toko-toko Tionghoa. Di Singapura juga banyak sekali dijual Maneki-Neko. Dulu saya pernah punya, bentuknya jam (di perut kucing itu ada jamnya). Ada Maneki-Neko yang tangannya bisa bergoyang-goyang. Memang saya dengar, kucing ini untuk mengundang keberuntungan bagi orang yang memasangnya di toko/rumah.

    Ya memang berasal dari kebudayaan China sih ya mbak…
    EM

    Balas
  3. Hery Azwan

    Ikan Fugu ini sama dengan ikan buntal ya, Ime-chan? Waktu kecil aku pernah mancing dan mendapat ikan ini. Mula2 besarnya sejempol kaki, tapi kalau dipukul-pukul tubuhnya membesar seperti balon seukuran kepalan tangan…
    Di Indonesia belum ada yang berani makan ikan ini karena racunnya…
    Jadinya, nggak bakal deh pernah merasakan makan ikan buntal sambil kesemutan…

    Yup itu dia nama indonesianya…saya lupa. Memang musti hati2 sekali lebih baik jangan makan kalo tidak yakin. Nanti kalo Bang Hery ke Tokyo, saya akan traktir ikan buntal (kasih tahu jauh hari ya…seorangnya minimum 1 jutaan rupiah hehehe)… OK?
    Tapi…jangan lupa masuk asuransi ya…
    EM

    Balas
  4. Daniel Mahendra

    Saat membaca bagian tengah, baru saja terpikir: minta bawain patung itu ah… Hehe. Tapi lantas nggak jadi. Selain Mbak Imel nanti bisa buntung, lha aku sendiri buat apa patung itu. Hehehe.

    Hahaha, saya sendiri tidak begitu suka kucing sih, jadi tidak berniat beli… Nanti kalau kebetulan lihat berapaan harganya saya laporin ya hihihi.
    But ada sebuah patung yang namanya Daruma-san…hmmm nanti saya ulas juga deh. (Biasanya beli di akhir tahun for make a wish for the new year…..
    EM

    Balas
  5. Lala

    Kalau kucingnya dipasang di blog gitu, bakal banyak yang dateng ga ya? Hehehe

    Hmmm kayaknya ngaruh juga tuh la. Aku kasih satu, lalu dipasang di widget sebelah kanan yuuuk…
    Apa bagiin ke asunaros semua, supaya menarik tamu? hihihi

    EM

    Balas
  6. Yoga

    Di Indonesia ikan ini dikenal dengan nama ikan buntal berduri, dari tulisan mbak Imel ini saya baru tahu kalau ternyata ada 185 varian fugu, untung orang Indonesia kurang doyan berwisata kuliner-maut… 🙂

    Iya…semestinya ada juga di Indonesia ya. mau coba makan sama saya? tapi di sini ya….
    EM

    Balas
  7. 1nd1r4

    Maneki-neko bisa ditemui hampir disemua toko saat ini, entah pemilik toko warga keturuan China atau JEpang maupun bukan…nah kalau aku pasang dirumah yang datang apa ya mbak? bisa ga mendatangkan calon suami yang ganteng, baik hati dan gemar menabung? 😀

    nah loh…bisa ngga ya calon suami yang ganteng dan baik hati datang dgn maneki neko. Bisa mungkin kalo terbuat dari emas…. tapi dia tidak gemar menabung mungkin…tapi gemar mengutil hihihi…
    eh eh eh In…. bisa datang calon suami tapi bukan untuk kamu tapi untuk si kucing hihihi.
    EM

    Balas
  8. mang kumlod

    Pernah nemu tuh ikan fugu waktu perpisahan SMA di Ujung Genteng. Pagi-pagi ikan banyak yang terjebak di karang yang panjangnya hampir 200m dari pantai ke laut. Baru tau ikan itu beracun. Untungnya ga jadi kita bakar waktu itu, bisa tewas kita… 😀

    Itulah susahnya kalau tidak ada pengetahuan umum ttg alam. Dianggap semua bisa dimakan hehehe.
    EM

    Balas
  9. Clara

    Ikan buntal itu namanya,, 🙂

    Wah saya suka cerita tentang kucing pemanggil.. suka ada di toko2 karena dianggap akan memanggil orang2 untuk datang berkunjung ke toko.. dan toko yang ramai kan biasanya bawa rejeki juga.. jadi si kucing boleh dikatakan membawa keberuntungan.. saya pengen punya juga suatu hari nanti.. meski belum tau mau dipake buat manggil siapa :p

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *