Percakapan Dalam Keluarga di Jepang

Riku akhir-akhir ini cerewet sekali. Yang pasti memang dia suka mengikuti cara saya bicara. Dan kadang isinya jadi tidak sesuai dengan umurnya. Kadang saya dimarahi dia atau dinasehati.

Berikut adalah sebuah percakapan “khas” keluarga Jepang:

(Ttg Mama)

Riku : “Papa, saya pikir mama merasa papa tidak pernah perhatikan dia loh!”

Papa: “Mungkin karena papa selalu kerja, kerja, dan kerja terus ya?”

Riku : “Tanya dong sama mama!”

Papa: “Ogah!”

(日本人の家庭)
R:パパはママのことかんがえてないって、ママは思ってると思うよ。
俺:パパ、仕事のことばっかだから、そうかもしれないな。
R:ママにきいてみたら?
俺:やだ。
(Pekerjaan)

Riku : “Papa, besok kelihatannya akan hujan, Jadi cepat-cepat kerja dan cepat pulang ya!

Papa: “OK”

Riku : “Papa, kalau papa mengerjakan kerjaan yang menyebalkan dulu, baru kerjaan yang disukai, pasti kerjanya cepat selesai loh!. Riku juga selalu makan yang nggak enak dulu, baru makan yang enak loh!”

Papa: “Ok …Ok… nanati papa kerjakan pekerjaan yang ngga suka duluan deh”

(いい仕事)
R:パパ、あした雨みたいだからいい仕事してはやく帰ってきてね。
俺:ああ、そうするよ。
R:パパ、いやな仕事をさっさとやっちゃってからすきな仕事だったらすぐにおわれるでしょ。Rちゃんもおいしくないの先にたべちゃってからおいしいのたべるようにしてるんだよ。
俺:わかったわかった。いやなしごとからかたづけることにする。

10 gagasan untuk “Percakapan Dalam Keluarga di Jepang

  1. mang kumlod

    Hahahaha…
    Sedikit ga percaya, ini omongan kayak kakek sama anaknya ini mah.. 😀

    hehehe boleh ngga percaya juga hehehe
    ***EM***

    Balas
  2. nh18

    Hehehehe …
    Riku pintar sekali …
    Pasti Kecerdasan bahasanya bagus …
    Seperti Mamah nya …

    Salam EM

    nh18s last blog post..KHOTIB DAN LISA

    Hmmm seperti aku?dia bilang gini,
    ” mama selalu tidur laat tapi bangun selalu pagi…. aku mau seperti mama”
    “Jangan…mama kan udah besar tidak perlu tidur banyak”
    “Hmmm aku mau cepet besar…Aku mau seperti mama. Mama kan Hakase (professor) ”
    ***EM***

    Balas
  3. nh18

    BTW …
    Tips nya Riku boleh juga …
    Kerjakan yang tidak disukai dulu … baru yang disukai …

    (berfikir … )
    (benarkah begitu ???)

    Hihihi Riku ada-ada saja ..

    nh18s last blog post..KHOTIB DAN LISA

    hmmm mungkin benar…Save the best for last.
    Karena kalau kita tunda terus yang engga enak, dalam otak kita akan nyangkut terus dan itu kan tidak enak. Yang ngga enak akan terus terus ditunda sampai akhirnya mungkin tidak dikerjakan hehehe. (Ngomong sih bisa, ngejalaninnya …belum tentu)
    Sa…. gambatte ne mas..jangan bete terus hehehe
    ***EM***

    Balas
  4. Hery Azwan

    Riku : “Papa, kalau papa mengerjakan kerjaan yang menyebalkan dulu, baru kerjaan yang disukai, pasti kerjanya cepat selesai loh!. Riku juga selalu makan yang nggak enak dulu, baru makan yang enak loh!”

    Benar itu, save the best for last.
    Ini adalah salah satu tanda orang yang kecerdasan emosionalnya tinggi.
    Jadi, Riku kecil2 sudah memiliki EQ yang baik.

    Buah memang tidak akan jatuh jauh dari pohonnya.

    pohonnya yang mana ya bang? (celingukan cari kiri kanan)
    sibuk terus ya bang?
    ***EM***

    Balas
  5. uly

    anak2 jaman sekarang bener2 lebih terbuka dari jamane kita yah kak..

    baca omongan Riku aku jd inget sama Fe,pas dia ga ngerapihin boneka2nya aku bentak2 hehe pas lg PMS mo dateng bulan… lagi galak2nya ngomel gitu eh si Fe datangin aku dgn muka serius dan manyun,,, ” Mam!! kalau ngomong jgn teriak gitu dong,pecah gendang telingaku..sakit tau! ,tus aku mlotot karna anak kecil ngelawan sama bos hehe mama kan biasanya de bos bagian ngomel2 😛 ,tus fe ajuin telunjuk seperti gaya polisi, “..dan kalau mama nanyanya ga manis dan lembut seperti mama mama yg di cerita disney,aku ga bakalan dengarin mama!!” tus melengos dia jalan ke kamarnya.. duh kalau inget itu aku mo ngakak sendiri,tapi aku jd belajar untuk lebih sopan kalau nyuruh anak2ku,, after all,mereka juga kan human being 😉 hehe ini jg aku kutip dari lanjutan percakapan dgn Fe tadi… katanya,””aku jg kan sama seperti mama, sama2 manusia””!! nah loh :O bengong dah akunya.

    ulys last blog post..Anak2ku buah hatiku!

    semakin modern, semakin pintar
    atau kitanya semakin bodoh ya ki…hehhee
    zoentjes voor fe en jij
    ***EM***

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *