my journey from dawn to dusk

Hari untuk Lansia

Bahasa Jepangnya Keirou no hi 敬老の日 (hari libur nasional)。Sampai dengan tahun 2002, Hari Lansia ini selalu diperingati setiap tanggal 15 September apapun harinya. Tapi sejak ada kebijaksanaan Happy Monday (membuat hari libur beruntun Sabtu, Minggu, Senin ….seperti di Indonesia lah), maka sejak tahun 2003 berubah menjadi Minggu ke 3 bulan September.

Mengapa ada hari libur yang disebut sebagai Hari Lansia itu sih? Kabarnya pada tahun 1947, di sebuah desa di Prefektur Hyogo, menetapkan adanya hari Toshiyori no Hi (Hari orang tua), dengan slogannya “Kita pinjam akal pikiran orang yang tua untuk membangun desa kita”. Karena tanggal 15 September itu dianggap merupakan hari paling cerah, maka setiap tanggal 15 September itu diperingati Hari Lansia, dan dari desa tersebut pada tahun 1950 menyebar ke seluruh prefektur, dan pada tahun 1966 resmi hari Lansia ini menjadi hari libur nasional. (Hebat ya…mulai dari desa tuh..)

Lalu pada hari ini Lansia ngapain? Ya biasa saja sih, tapi biasanya dari pemerintah daerah di tempat tinggalnya, ada hadiah dibagikan pada lansia ini (biasanya berupa kue Jepang Manju merah putih atau Kastela). Bagi lansia yang punya cucu-cucu biasanya hari ini juga bisa diadakan “pertemuan” keluarga. Bila ditanya, yang namanya Lansia itu dari usia berapa? Hmmm susah juga ya. Jawabannya semua orang yang sudah tua = lansia. Semestinya dari usia 60 tahun karena dalam kalender Cina (Shio) manusia itu genap 5 kali mengalami satu putaran kehidupan yang lamanya 12 tahun (Satu putaran itu ada 12 shio) dan dalam bahasa Jepangnya disebut Kanreki. Pada usia 60 tahun ini juga biasanya pegawai akan berhenti pensiun.  Tapi karena usia harapan hidup orang Jepang semakin tinggi, umur 60 tahun belum dianggap tua. Kalau boleh saya menetapkan (menurut saya) Lansianya itu mulai 70 tahun.

Sebagai informasi tambahan Peringatan khusus bagi lansia setelah Kanreki (60 tahun) adalah waktu mereka berusia, 70 th, 77 th, 80 th, 88 th, 90, 100 tahun dan 111 tahun. Menurut laporan pemerintah jumlah lansia sekarang jumlahnya mengalami peningkatan yaitu sudah memecah angka 10% dari jumlah penduduk.




3 Comments to “Hari untuk Lansia”

Add Comments (+)

  1. Yulis berkata:

    McCain sudah 72, lansia juga mustinya dia memperingatinya sekarang. thanks

    Yuliss last blog post..MOBIL CONVERTIBLE TERCEPAT DIDUNIA

    Hehehe semoga dia sehat aja terus ya.
    ***EM***

  2. trijokobs berkata:

    oo..
    pensiunnya umur 60 tahun…
    pantesan boss sy dah tua belum diganti-ganti, ternyata nunggu usia 60 thn.

    ikkyu_san, bagi-bagi ilmu biar fit boleh..?
    ini bbrp japan member kalau begadang smpe malem, tp paginya langsung on dan fit banget..

    Emang di Indonesia pensiun umur berapa? bukannya sama 60 tahun?
    Hmmm ilmu spy fit? Tidur yang berkualitas meskipun pendek. Makan jangan berminyak, sedapat mungkin bakar/rebus… kayaknya gitu aja kok…
    ***EM***

  3. Hery Azwan berkata:

    Di Indonesia pensiun umur 55, kecuali untuk jabatan tertentu seperti dosen.
    Tapi, kalau jabatan publik seperti presiden, anggota DPR dan menteri nggak ada batasnya…
    Asal ada yang mendukung, ya hayooh aja…

    Makan jangan berminyak? wah nggak bisa makan goreng2an dan tumis2an lagi dong…
    Kalau semua makanan direbus atau bakar, wah hilang deh salah satu kenikmatan dalam hidup..Wkakkak…

    Hery Azwans last blog post..Dokter Ngantuk

    IC 55 tahun ya…. Hmmm masih muda tuh 55 tahun hehehe.
    Iya sedapat mungkin jangan gorengan. Orang Jepang jarang menggoreng bahan makanannya, dan yang paling sehat adalah sashimi hihihi.

September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

yang mau cari-cari

yang bersahabat