Nge-blog

Membaca tulisan dari Ibu Enny tentang Menyebarkan Virus Nge-blog, lalu melihat tulisan mas trainer tentang Trainee ngeblog, dan melihat daftar blogwalking saya yang semakin panjang, saya jadi ingin merenung kembali, kenapa sih saya nge-blog?  Dan kapan tuh mulainya?

Kebetulan dua hari yang lalu, saya tidak bisa tidur padahal sudah jam 2 malam (sebetulnya sudah biasa sih). Kemudian saya nyalakan Yahoo Mail saya dan iseng saya konek ke Chat. Dan di sebelah kiri biasanya berderet nama-nama id yang sedang online yang terdapat dalam daftar list saya. Dan waktu itu saya hampir berteriak melihat sebuah nama yang menyala. Id itu termasuk id awal-awal saya mulai chatting di tahun 2002 akhir. Saya mulai chatting juga karena saya hamil dari Riku dan dengan terpaksa saya harus membatalkan tiket mudik saya ke Jakarta, karena kehamilan saya bermasalah. Untuk mengurangi kesepian saya mulai chatting, dan mengenal cyber world di situ.

Id yang menyala itu kepunyaan Kiki, teman saya yang tinggal di Belanda. Kami memang jarang berhubungan tapi tanggal 24 Agustus kemarin saya teringat bahwa itu merupakan ulang tahunnya, dan saya kirim sms padanya. Hampir setahun saya tidak mendengar kabarnya, sejak kematian tantenya di Batam. Dan dua hari yang lalu itu, saya kembali bisa bercakap-cakap dengan dia.

Saya tahu Kiki tidak mau dikasihani, tapi terus terang awal perjumpaan saya dengan dia, karena simpati saya terhadapnya. Siapa yang mau menjadi janda sih? Lagi pula janda di luar negeri dan harus membesarkan dua anak sendiri. Dia bercerai persis kelahiran anak kedua, seorang angel, Felicia. Kiki banyak bercerita atau memperlihatkan fe lewat webcam nya. Such a cute girl!! Dan bersama anak pertama Arend, mereka hidup bertiga di Belanda. Kebanyakan topik pembicaraan kami seputar anak-anak. Meskipun kadang aku dan kiki terlibat juga percakapan yang “off the record”, pembicaraan sesama wanita.

( Fe n Arend  cute children  —– kiki lagi gaya di webcam hihihi)

Mungkin Anda bertanya apa hubungannya Kiki dengan Blog? Kiki mempunyai blog di Blogspot (Blogger.com) dan saya sering, bahkan hampir setiap jam membuka blognya. Hanya untuk tahu keadaan mereka, cerita kiki tentang anak-anak, tentang dia, tentang hatinya, tentang keluarganya, dan semuanya itu dia tulis dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Belanda. Saya salut dengan dia. Dia yang mengaku tidak mengecap pendidikan tinggi, tapi mampu menuliskan cerita-ceritanya dalam bahasa Indonesia dan asing dengan begitu lancar, dan mampu membuat saya sebagai pembaca ikut menangis, ikut tertawa dan ikut berpikir. Hmmm Saya paling pelit memberikan pujian, tapi saya tidak segan-segan memuji dia. Orang yang mau maju, mau belajar terus dan tegar menghadapi cobaannya. Saya lebih respek, lebih hormat pada orang yang mau maju meskipun tidak menyandang “S” di belakang namanya, daripada orang yang S nya berderet tapi mandeg dan sombong.

Karena blog Kiki itulah saya ikut nge-blog di blogspot. Mulai menulis tepatnya tanggal 28 April 2005, meskipun saya sudah punya account di blogger sejak Juni 2003.  Baru saat itu saya tahu blog itu apa, dan sejak itu berangsur-angsur kenikmatan berinternet pindah dari chatting yang hanya berhaha-hihi ke blog yang lebih serius. Sampai saking getolnya saya nge-blog saya mempunyai 11 blog yang isinya berlainan sesuai maksud dan tujuannya. Tapi yang paling banyak dan teratur adalah 13tahun karena itu merupakan blog-diary saya.

Dan karena itu adalah blog diary saya, saya tidak mau menerima komentar, saya matikan fungsi komentar dengan sengaja. Saya tidak mempromosikan blog saya kepada orang-orang, karena jika saya lakukan itu berarti saya membuka dan menyajikan isi perut saya sendiri. Saya hanya memberitahukan pada orang yang dekat saja, tapi tidak kepada keluarga saya.

Nah, kenapa saya kemudian memutuskan untuk membuat blog yang bisa dibaca umum seperti sekarang ini? Sembari nge-blog di blogspot dan di Multiply, saya punya beberapa domain. Dan saya mau membuat website keluarga saya. Tapi bingung juga isinya apa. Dari sebuah pengumuman di  multiply saya bergabung pada sebuah milis, dan di situlah saya bertemu pada seseorang  yang membuat saya ingin membuka blog pada umum dengan hosting pribadi memakai domain keluarga saya. Orang itu tidak lain adalah mas trainer yang dulu sekarang juga berprofesi sebagai makelar blog dan sekarang sekaligus sebagai penyebar virus cinta ngeblog. Saya membaca tulisan-tulisannya yang serius (awalnya serius loh…entah kenapa sekarang jadi ganjen) mengenai interview kerja, written test, presentation dll pokoknya tips mengenai bagaimana seharusnya jika melamar bekerja di suatu tempat. Karena saya belum pernah melamar orang kerja jadi saya pikir bagus juga kalau nanti saya mau melamar di kantor (duuuh sapa ya yang mau terima tante-tante gini hihihi). Tentu saja tulisan ini merupakan pengalamannya sebagai trainer yang seabrek-abrek itu.

Di situ saya mulai berpikir,  blog saya yang banyak dan beragam itu, yang sengaja saya pilah-pilah mengapa tidak saya jadikan satu saja sehingga akan memudahkan  mengurusnya. Dan dimasukkan dalam Domain keluarga yang saya punyai. Maka jadilah Twilight Express ini….

Karena itu dalam kesempatan ini (kayak pidato aja yah) saya mau mengucapkan terima kasih saya pada Kiki (memberi komentar dengan nama Uly) yang sudah memperkenalkan saya pada blog, dan mendorong saya untuk menulis. Kiki sekarang sedang mulai menulis lagi karena account yang dulu hilang, waktu blogger merging dengan google, dan mengharuskan pemakai untuk mempunyai gmail. Kami tunggu tulisannya ya ki. Juga kepada mas trainer yang membuat saya berani untuk membuka blog saya untuk umum dan menerima komentar. Katanya, “Kamu tidak tahu bahwa tulisan kamu yang kamu anggap tidak berguna ternyata bisa berguna untuk orang yang membacanya.” Yes, indeed… dan saya akhirnya sekarang bisa menikmati blogging dan bisa mempunyai teman blog yang demikian banyak, dan dari segala penjuru dunia dan yang paling utama saya punya 3 sahabat blog (mas trainer, bang hery dan lala) yang akhirnya kita menamakan kelompok 4 sekawan ini sebagai Asunaros (ttg Asunaros tunggu nanti saya akan ceritakan di posting lain ya). Berkat kedua orang ini, kiki dan mas trainer, saya pun menjadi peblogger…dan mungkin kelak juga bisa menyebarkan virus blog pada yang lain.

18 gagasan untuk “Nge-blog

  1. ai

    wah…dah lama juga yah imelda sensei nulis blog….pengalamannya dah banyak…hehhehehe

    pengalaman banyak atau tidak bukan tergantung lamanya Ai-san. Gimana udah sembuh?
    ***EM***

    Balas
  2. edratna

    Hehehe…justru karena suka menulis di blog, kita jadi kenal kan? Siapa tahu suatu saat bisa ketemu tatap muka.

    Saya banyak punya teman, yang berasal dari dunia maya, yang akhirnya malah menjadi berteman baik, dan menjadi sahabat keluarga pula.

    Benar Bu Enny, nanti kalau saya mudik mau juga bertemu dengan ibu…semoga…
    ***EM***

    Balas
  3. dino

    kalo saya jua ngelog karena seseorang teman tapi blum lama sih sseriusnya ngeblog, baru 6 bulanan ini. jadi masih banyak yang kdudu saya pelajari. wah tinggal di tokyo ya, sekarang musim salju ga disna?? disini ujan melulu

    Hallo Dino, salam kenal. Ya saya tinggal di Tokyo, sekarang baru musim gugur. Hari ini berawan/mendung tapi semilir anginnya membuat ngantuk.
    ***EM***

    Balas
  4. Lala

    If I have to thank someone, I should thank Rere a.k.a Bebek a.k.a bawel (http://outofthemind.wordpress.com). Dia teman milis yang ‘maksa’ aku untuk ikutan nulis di blog (karena menurutnya, I can write and I can write good.. haha!). Itu kejadian 28 Februari 2008 –or end of the month– kemarin … Dan alhamdulillah, setelah itu, saya baru nyadar kalau blog itu seru, penyaluran bakat yang tepat, dan ya.. bisa bertemu dengan banyak teman-teman baru.. termasuk The Asunaros! 😀

    Masih baru juga ya La…tapi sepak terjangnya seperti sudah veteran hehehe.
    ***EM***

    Balas
  5. Hery Azwan

    O, begitu toh ceritanya.
    Bos Nh ternyata motivator dan penyebar virus ngeblog yang ulung…
    Wah, terima kasih namaku disebut-sebut juga.
    Hidup Asunaro…
    Kalau saya ngeblog sih setelah akses internet kantor dibuka November 2007. Pedit banget ya?…

    hush bang ngga boleh bilang pedit. buktinya masih boleh ngeblog dan chat loh ….(bosnya abang …maafin abang ya…dia tidak bermaksud bilang pedit loh)
    ***EM***

    Balas
  6. nh18

    Aarrgghh aku paling buncit melulu …

    Hhmmm … virus apa bukan …
    Kebiasaan dan aktifitas yang baik itu selalu worth to be socialized …

    Blogging is contageus indeed

    And By The Way … aku tersanjung …

    Makasih ya EM

    Buncit???? oooh mas perutnya buncit ya? aku baru tahu 🙂
    It’s my honour mas.. You deserved it.
    aku yang terima kasih….
    ***EM***

    Balas
  7. mang kumlod

    Emiko-san senior banget di dunia blogosphere. Terimalah sembah untuk paduka..! 😆

    Saya udah berjuang meracuni temen2 buat ngeblog tapi belum ada yg sukses *hiks* (Eh ngga deng ada yg sukses satu, tapi ga tau apakah saya yg GR padahal dianya ga merasa… 🙂 )

    haiyahhhh mang kumlod ini….
    hmmm meracuni teman? saya rasa kita tidak bisa memaksa orang untuk punya hobi menulis kan? tidak semua orang Indonesia atau sedikit orang Indonesia yang hobi menulis saya rasa. Kasih contoh saja kayaknya udah cukup deh…
    tapi seperti saya yang berprofesi guru/dosen bisa saja memberikan tugas kepada murid untuk membuat blog demi sks hehehe. Tapi saya rasa begitu mereka dapat sks, mereka akan hiatus abadi hihihi.
    Yang penting mang kumlod sendiri terus blogging kan 🙂
    ***EM***

    Balas
  8. Oemar Bakrie

    kata Benjamin Franklin “either write something worth reading or do something worth writing” … so keep blogging …

    Benar pak…. salam blogger pak!! (sambil hormat ala prajurit :))
    ***EM***

    Balas
  9. hedi

    pengalaman ngeblog nya sudah lama juga mba, ” kekuatan dan karakter tulisan sudah terbentuk ”

    hmmm baru 3 tahun tuh…kayaknya 3 tahun belum lama deh.
    but terima kasih hedi.
    ***EM***

    Balas
  10. uly

    piye toch mbakyu, itu foto lama mejeng disini hahha foto jaman edane YM, kk dpt dr FS yah ;)?

    nah loh,tuh lala pas baca nama si bebek usie jadi bikin aku jd pgn melanglang didunia balik monitor lagi..

    smsin aku nr tlpn rumahmu yah kak,aq pgn ngobrol lewat goedkoper belen (K)

    hehehe iya….tapi kan seru tuh foto… daripada pasang foto yang kamu pasang waktu kita cetting 3 hari yang lalu… bisa batal puasa semua atuh.

    yailah, itu si bebek? aku cuman pernah tahu id bebek sih… dia suka di BaliBorneo?
    aku udah sms no rumah loh ki, but plis itung-itung jam brp di Jepang loh. Jangan tengah malam nelponnya, kecuali kamu sms dulu sebelumnya, biasa aku siap-siap. heheheh
    ***EM***

    Balas
  11. eNPe

    karena blog, ita jadi kenal bunda emy :mrgreen:
    ita juga byk buat account blog tapi gak ada isinya, cm ninggalin jejak eNPe doang, hihihi..
    blog yg pertama di FS dan paling aktif di WP 😀

    ita…ita… kamu kebanyakan plurk sih heheheh.
    aku juga pernah tulis blog di FS, ngga lanjut tuh, akhirnya gulung tikar.
    ayo ita…multiplynya juga diisi dong hehheeh

    Balas
  12. Melati

    Dengan membaca blog mbak, prasangka saya terhadap blog sudah hilang.
    Maklum di sini ada banyak berita jelek yang tersangkut blog atau internet.
    Nggak heran kan kalau saya ogah?
    Tapi di dunia maya juga sama dengan dunia nyata.
    Kualitas blog tergantung penulis dan secara spontan, yang berpikiran mirip dengan si penulis akan menjadi pelanggan.
    Bagi saya, blog mbak ini sangat berguna juga untuk pelajaran bahasa Indonesia.
    Terima kasih banyak ya kuliah online!

    Wah….kuliah online? Nanti saya musti cek dan ricek pemakaian bahasa saya dong…
    ***EM***

    Balas
  13. rifai

    Quote : “..Mulai menulis tepatnya tanggal 28 April 2005, meskipun saya sudah punya account di blogger sejak Juni 2003…”

    Waoo.. udah lama banget nge-blognya yaa..?
    saya sebagai pemula merasa minder nihh… 🙂

    kaburr ahh….

    Balas
  14. Kiki

    Aih kakakku,jadi bernostalgia deh,sayang blogku kututup karena sudah menyakiti salah satu blogger yg janji datang kerumahku dan aku tidak datang, sejak saat itu namaku hancur di dunia maya,hanya karena aku tidak bisa membela diri dan aku juga memang salah telah membuat teman itu menunggu di depan rumahku,selain itu aku tidak bisa selalu hadir di setiap event2 kumpulan ibu2 bloger di tahun 2006.. well paling tidak aku masih memiliki kakak dalam keseharian melalui internet.. pertemanan kita yg sudah 11 thn masih tetap seperti dulu, terkadang ada rasa bangga bisa jadi teman kakak yg pinter dan guru orang jepang di negara orang jepang haha ,dan aku masih tetap kiki yg dulu yg masih tetap bergumul dgn tugas orangtua tunggal di negri yg makmur ini,tapi bagiku tidak ada lagi indahnya karena aku tinggal disini bukan karena keinginan,tetapi keharusan demi anak2ku juga harus mematikan semua impian2 dan rencana2ku sampai anak2ku dewasa kelak dan tidak membutuhkan ku lagi dalam keseharian..

    thanks untuk foto ini kak, semua foto lama sudah hilang ikut kemakan PCku yg sudah mangkat ,love you kak Mel, always!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *