Apa yang bagus dari Orang Jepang?

Apa sih yang bisa dibanggakan sebagai orang Jepang. Menurut orang asing, orang Jepang itu tidak bisa mengekspresikan pemikirannya sendiri. Orang Jepang itu bisa beradaptasi tapi tidak ada kreatiitas. Kalau media luar negeri membicarakan Jepang pasti yang diambil sebagai topik yang jelek-jelek saja….. macam-macam pemikiran orang tentang orang Jepang yang bisa dikatakan negatif. (oh ya kalau saya, yang pernah saya singgung di sini dan selalu ditertawakan Lala dan Bang Hery adalah bahwa orang Jepang itu DINGIN hehehe…. ) Tapi tentu saja ada sifat-sifat orang Jepang (secara keseluruhan) yang bisa dianggap positif ya. Berikut ini adalah hasil angket mengenai “Yang bagus dari orang Jepang itu adalah……”

Pemeran Rurouni Kenshin…. akting tanpa stuntman!

  1. Perasaan tentang 4 Musim (well ini saya akui karena Orang Jepang amat sangat memperhatikan musim dan menggunakan segala yang terbaik dari musim itu untuk dinikmati)
  2. Rajin – serius  (yup, dalam mengerjakan tugas semua dikerjakan dengan rajin sampai tuntas)
  3. Ramah ( meskipun ada sedikit perasaan diskriminasi, pasti tidak dikeluarkan)
  4. Kebudayaan makanan yang beragam (Karena musim tadi, maka jenis makanan juga beragam dan INDAH)
  5. Bisa menciptakan teknologi tercanggih (Yes!! beberapa hari lagi ada satelit buatan warga desa berukuran sekitar 50×50 cm yang akan diluncurkan dari Jepang untuk memonitor kecepatan angin kalau tidak salah….. warga desa loh yang buat)
  6. Tata Krama (sugoi… hebat memang semua ada tata krama nya)
  7. Tahu balas budi (girigatai) hmmm ini agak sulit diterjemahkan. Jadi orang Jepang pasti akan membalas kebaikan yang diterima dna tidak akan lupa.  Loyal. sekali dibaiki orang tidak akan melupakan orang itu.
  8. Perhatian
  9. Memelihara kebudayaannya
  10. Terampil (hmmm ini sih tergantung bidangnya, tapi memang orang Jepang kalau sudah menguasai sesuatu akan trampil memakainya)
  11. Merasa sayang (untuk membuang)( Jadi pasti akan memikirkan apalagi yang bisa dibuat dari bahan yang dibuang itu— ini bagus untuk lingkungan ya)
  12. Tidak mau menonjol (ini cocok nih untuk saya…. ngga bisa promo diri sendiri)
  13. Mendetil (memperhatikan hal yang kecil-kecil termasuk mengucapkan terima kasih sekali lagi pada waktu bertemu…)
  14. Mengekspresikan sesuatu tidak langsung (ambigu) (BENER….muter-muter jadi sulit dimengerti…mbok yo langsung to the point nape)
  15. Percaya/Dipercaya
  16. Kelihatan muda
  17. Mengetahui sense/rasa dengan detil
  18. Rambutnya indah (Benar…hitam legam dan banyak ….terutama wanitanya)
  19. Elegan/Anggun (hmmmm…..)
  20. Manner waktu makan (kecuali berbunyi waktu makan ramen ….memang bagus mannernya)

Hmmm memang semua kembali pada orangnya… Tapi saya amat setuju dengan pendapat Lala yang mengatakan bahwa orang Jepang itu mendetil (nomor 13). Banyak pengalaman saya mengenai itu dan kadang saking mendetil menjadi over-protected.

18 gagasan untuk “Apa yang bagus dari Orang Jepang?

  1. Lala

    Adakah Angket tentang orang Indonesia? Biar bisa buat bahan perbandingan: Lala milih jodoh di negeri sendiri apa eksodus ke Jepang ajeh…
    Hehehehe….

    Eniwei,
    Kalau soal sopan santun, orang Jepang emang jagoan neon deh… Apa-apa minta maaf sih.. hihihi….

    hmmm orang Indonesia tidak ada waktu untuk berangket-angket. Lihat saja BPS, stastistiknya kan itu-itu saja. Tapi memang untuk membuat angket/survey itu butuh biaya.
    Heheheh belum apa-apa emang orang Jepang sudah minta maaf. Perhatikan aja kalo aku telpon kamu pasti akan tanya, apakah kamu sibuk atau tidak…. Dan kalau dalam bahasa Jepang pasti saya akan minta maaf dulu sudah mengganggu dengan telepon saya….
    ***EM***

    Balas
  2. Oemar Bakrie

    untuk yg nomor 18 saya kurang setuju, terutama yg remaja warna rambut-nya lebih banyak blonde, ada juga yg warna-warni kayak burung merak … hehehe

    hheehe namanya juga remaja pak…. Saya juga warna tembaga pak …maklum masih remaja hahahaha. Nanti untuk musim dingin saya mau warnai jadi PURPLE deh pak…
    ***EM***

    Balas
  3. Melati

    Wah, mau kenalin dong kalo ada orang Jepang yang lengkap dengan kelebihan itu semua!
    Pasti kaca mataku bisa diganti.

    Memang tergantung manusialah orang itu baik atau nggak.
    Tapi sayangnya biarpun orang itu baik, bisa jelek juga kalo dalam kumpulan.

    Ya susah lah kalau mau cari yang lengkap itu semua…. Eh ada nih …SAYA huheuheuehue.(rambut ngga hitam dan lebat sih…)
    Memang satu pribadi jika bergabung dalam kelompok bisa berubah. Tapi itu kan di negara manapun sama….
    ***EM***

    Balas
  4. aminhers

    Bagaimana tentang keuangan?
    katanya pelit betul gak sih ?

    betul! Kenapa? Karena orang Jepang mau memberikan/menerima uang jika bekerja. Lihat saja orang Jepang jarang memberi tip di luar negeri, karena menganggap itu sudah pekerjaan mereka (pelayan/petugas hotel). Karena itu orang asing menganggap orang Jepang pelit.
    ***EM***

    Balas
  5. Yulis

    Yang No. 9 benar benar sangat hebat. Kemarin waktu American Next Top Model di Tokyo mereka diajari upacara minum teh. Wow susahnya minta ampun dan semua gerakan dan kalimat yang diucapkan penuh dengan arti. thanks

    Yuliss last blog post..ORTHOREXIA : TEROPSESI OLEH MAKANAN SEHAT

    Iya semua ada artinya. Saya pernah tuh belajar tea ceremony…hasilnya kaki kesemutan dan ngga bisa jalan untuk 10 menit hihihi. Istilah Ichigo-Ichie itu juga dari upacara minum teh.
    arigatou Yulis-san
    ***EM***

    Balas
  6. Hery Azwan

    Yang no 16 itu maksudnya apa sih?
    Orang Jepang kepingin kelihatan muda?
    Atau, mereka memang kelihatan muda?
    Atau, orang asing melihat orang Jepang selalu lebih muda dari umur sebenarnya? (idih, sama aja dengan kalimat no 2)

    Hery Azwans last blog post..Tour de Mosque

    orang asing melihat orang Jepang selalu lebih muda dari umur sebenarnya. Kebanyakan orang asia memang terlihat lebih muda dari sebenarnya. Apalagi orang Jepang kan kecil-kecil, jadi sering dianggap sebagai anak-anak hehehe
    ***EM***

    Balas
  7. nh18

    HHHmmm …
    Yang jelas nomer 2 dan 5 …

    Tapi menurut persepsiku kok ada satu hal yang aku lihat di orang jepang … tetapi tidak masuk dalam hasil angket itu …(apa aku salah ya ?)

    Yaitu … menghormati orang yang lebih tua .. dan juga tradisi …

    Kalo nomer 20 ? … mmm … asal tidak mabok ya … kalo mabok wah …ya gitu deh

    Menghormati orang tua itu mungkin masuk nomor 7 mas. tradisinya masuk ke kebudayaan.
    Nomor 20? kalo mabok mah…buka baju dan nari-nari di atas meja hihihi.
    ***EM***

    Balas
  8. putri

    Kalo rajin dan serius itu bener banget, ya, mbak…

    Soalnya pas main film pun tampang mereka serius semua he….he….

    (maaf, lho, mbak..comen putri memenuhi setiap postinganny mbak imelda he…..he….)

    putris last blog post..September…Kala itu Hujan

    Aih aih putri apa kabarnya…lama tak bersua… aku kangen loh. Hati-hati di musim hujan gini ya.
    ***EM***

    Balas
  9. mang kumlod

    Wah ini pake angket yah… bagus..bagus… :mrgreen:

    Sughoi…
    nomor dua puluh apa bener?
    kalau pake sumpit, mereka makannya langsung “am” dimasukkin ke mulut semua.
    mulutnya jadi ngegembul sambil ngomong pula… halah… terus makan ramen, mienya diseruput, kuahnya muncrat2 dong…
    tapi… saya suka banget dengan gaya makan orang Jepang itu, cuwek aja, cewek juga cuwek ga dibikin sok rapih.
    ada kan tuh acara yg 2 celebrities diwawancara terus ada sesi makannya juga. Terakhir ditentukan koki pemenangnya…. lupa euy acaranya apa yak namanya….?

    Hehehe iya semua yang ada nomor2 nya itu pasti pakai angket. Kalau tidak gimana bisa di rangking dong Mang Kumlot. Semua yang dalam kurung itu pemikiran saya saja …gitchu)
    Soal makan….kalau di anime sih emang gitu, tapi Jepnag juga punya manners dalam makan pakai sumpit. Misalnya tidak boleh ambil makanan langsung dari tengah meja, masuk ke mulut. Harus di taruh dalam piring kecil kita dulu …baru masukkan ke mulut, dengan cara menjepitnya. Tidak boleh mendekatkan mangkok nasi ke mulut, kecuali bubur. dsb dsb….
    apa perlu saya tulis tentang manners makan ala Jepang? hehhehe
    IYa ada acara yang begitu, 2 selebs itu harus menebak makanan apa yang dibenci lawannya. Judul acaranya? Saya juga tidak tahu…(Paling males disuruh nonton tv)
    ***EM***

    Balas
  10. Daniel Mahendra

    Wah, tulisan ini kalau dikembangkan bisa jadi artikel yang dahsyat! 😉
    Serius. Nggak semua orang kan bisa bikin kesimpulan seperti di atas… 🙂

    Hahahaha DM bisa-bisa saja. Itu memang hasil sebuah angket…dan memang sebetulnya menggambarkan keadaan masyarakat Jepang sekarang ini.
    Ditambahi bumbu dan keterangan sana sini bisa masuk koran sih hehhehe…..
    ***EM***

    Balas
  11. Uly

    Hampir samaan dgn negara kincir angin, apalagi untuk keuangan seperti jabawan kk untuk komentnya Aminher, saking beratnya biaya hidup dan pajak sana sini membuat mereka selalu hati2 dalam keuangan.Apalagi kehidupan disini jg individueel//masing2, berat banget kalau kebetulan bokek… di indo kita bisa numpang makan dirumah sodara atau tetangga 🙂

    Dulu banget,jamane sma aku tergila gila dgn jepang karena kebetulan bahasa asing yg kudapat adalah bahasa jepang,sayang banget ekonomi ortu ga mencukupi untukku terbang meneruskan pendidikan ke jepang hehe akhirnya tamat SMA pun kuharus puas.

    Setelah dewasa dan tinggal di LU dan mengenal dunia internet dan media2,,, cintaku ke jepang tetap besar 😉 tapi seperti yg kakak tulis diatas,kebanyakan yg kulihat hal2 yang ga masuk akal haha bener2 weird acting orang jepang di mataku yg cuman bisa lihat dari media/tv/internet dll… tapi aku tetap cinta jepang dan ingin sekali menetap walau hanya setahun disana lol

    Entah kenapa….sekarang aku masih cinta jepang ,terbukti aku cinta buatan jepang haha saat ini lagi rajin DL dan beli film2 jepang lol dari horror sampai film abg sampai hentai pun kuembat (duh jd mo malu) semua itu karena kucinta jepang tapi tidak melebihi indonesiaku!

    doain tahun depan aku bisa kesana yah kak 😉 walau hanya sekedar liburan seminggu xxx

    Ulys last blog post..Hallo dunia…

    waaahhhh hentai hahaha. (nanti pinjemin loh ki hihihi…asal jgn cosplay aku ogah). Bner loh ki tahun depan, aku udah nunggu hampir 4 tahun, kiki ngga datang-datang….
    ***EM***

    Balas
  12. Uly

    banyak macem kan, ada yg disensor..tp jd cantik,soalnya di episode2 tertentu ada pixel warna warni haha..

    4 tahun apaan kak..? fe udah 6 thn july maren, lebih dong. Begini deh nasib ibu2,mo jalan kemana aja pasti ada buntut yang ngekor.

    I will do my best untuk mengunjungi kakakku tercinta xxx

    Ulys last blog post..Hallo dunia…

    Balas
  13. m23

    kayaknya sudah sedikit orang Jepang kayak begitu…… orang Jepang yang saya temui tuh buruk2… apalagi yang soal tidak mau menonjol, weks.. gak bener tuh. keliatan muda pun kagak…………. mereka keliatan lebih tua 10 tahun… oke, OKNUM 🙂

    Balas
  14. rieno

    ada yang benar dan tidak tergantung keindividu masing masing aja….kenyataannya saya punya teman cewek yang menikah dengan orang jepang,hanya karena pertengkaran kecil saja suaminya yang asli jepang meradang dan mengupload foto2 bugil istrinya kefacebook teman2nya…hanya dalam waktu 8jam sang suami meminta maaf karena khilaf pada semua orang termasuk media massa…apakah itu juga termasuk orang jepang yang baik?

    Balas
  15. Fety Fithriya

    Mba imel,,tambahan,,org jepan itu punya imajinasi tanpa batas,,,itu kreatifitas mereka bikin cerita anime, manga, dan bahkan desain sangat luar biasa, tiap tahun bisa ada ratusan atau bahkan ribuan judul cerita baru,,,salut! 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *