my journey from dawn to dusk

Salada dan Sayur Lodeh

Wah ngga matching banget ya? Tapi emang tidak dalam satu kali makan dong. Pagi saya persiapkan makan paginya ala Japanese tuh…. yaitu NATTO, si kedelai busuk hehhehe. Yang makan Riku dan papanya, saya hanya makan salada dan mentaiko. Biar gimana juga males deh makan Natto…. selama masih ada yang lain dan kalau tidak terpaksa sekali.

Lalu untuk makan malam saya masak sayur lodeh…. dan ini sayur lodeh beneran bukan sayur lodeh jieee kayak mas trainer hehehe.  Sayur lodeh ala Tokyo ini isinya disesuaikan dengan sayur yang ada aja.  Nangka mudanya dari kalengan, terong dan cabe hijau, cabe merah lalu pakai jagung. Tidak lupa ikan asin jambal dan sambal lombok goreng…. (ayo Melati san ….semoga masih ada sisanya untuk hari selasa ya hehehe)

Hari ini harus makan SAYUR!!!. Karena hari ini tanggal 31 Agustus adalah peringatan untuk Sayur. Kenapa? Karena 8-31 bisa dibaca menjadi YA (dari Yatsu), SA (dari San) dan I (dari Ichi)…. Maksaaaaaa banget ya. Rupanya sejak 1983 berbagai organisasi pangan di jepang merasa perlu menekankan pentingnya sayur dalam kehidupan manusia.

Saya mah suka makan sayur… Apa juga hayuuuk. Mungkin karena mama juga begitu ya. Kata mama, “Saya dilepas di hutan juga bisa hidup, kan kambing …. (padahal dia kerbau tuh bukan kambing. yang kambing saya karena capricorn” heheheh. Saya paling benci kalau ada orang yang bilang, “Aduh aku benci daun bawang… aduh aku ngga bisa makan wortel…. dll” (Kayaknya ada asunaro yang kena deh nih hehehhee). Untung saja Riku suka makan sayur, bahkan peaman (paprika) juga bisa makan. Tapi memang kalau daun bawang masih terasa pedas kalau ditabur begitu saja.

Sesuai dengan hari sayur ini, ada angket yang diadakan secara online yang bisa menggambarkan kesukaan orang Jepang terhadap sayuran. Ternyata sayuran yang menempati ranking nomor 1 sebagai sayuran yang paling disukai adalah TOMAT, dan Tomat ini disukai baik oleh wanita maupun pria. Hmmm memang tomat enak ya… padahal dulu saya tidak suka spaghetti dnegan bumbu tomat karena menganggap kecut, tapi sekarang OK ok aja. Apalagi tomat yang ada di pipi anak-anakku hihihi. Empuk untuk dicubit dan dicium.

Selanjutnya di ranking 2, [kentang] bagi pria dan [terong] bagi wanita. Ranking ke tiga, [kol] bagi pria dan [kentang] bagi wanita. Yang paling aneh sebetulnya KOL, karena bagi pria dia masuk nomor 3 tapi bagi wanita cuman nomor 9. Kenapa ya? Tapi memang saya juga tidak begitu suka KOL.  Awal-awal datang ke Jepang saya pasti tidak makan kol iris yang segunung di sebelah daging/ayam goreng (Tonkatsu/Chicken Katsu) Tapi sekarang…. saya makan irisan kol itu cuman tidak suka jika dimasak menjadi Rol Cabbage (Kol rebus didalamnya ada daging giling). Sayuran lain yang masuk dalam kategori disukai adalah waluh (labu), ketimun, ubi, bawang bombay, Lobak, daun bawang dan bayam.

Nah sayuran apa yang yang paling tidak disukai? Nomor satunya tidak ada karena 41% responden mengatakan [tidak ada yang tidak disukai], tapi ranking yang kedua adalah SELEDRI (hmmm sledri disini memang besar dan punya rasa yang khusus sih…tapi u know, sledri sangat berkhasiat menurunkan darah tinggi loh —- bener kan la?),  ranking ke tiga adalah PARE. Moroheiya, Shungiku (daun yang sering dipakai dalam sukiyaki), zuccini (biasa ada di masakan Italia seperti ketimun), shishito (cabe yang tidak pedas, lebih kurus dari paprika), wortel, peaman (paprika), daun bawang…. Hmmmm ternyata banyak juga yang tidak suka wortel dan paprika ya?

So… untuk teman-teman, terutama yang akan menjalankan ibadah puasa mulai besok, jangan lupa makan sayur ya… demi kesehatan loh. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.



Tag:

7 Comments to “Salada dan Sayur Lodeh”

Add Comments (+)

  1. daffa berkata:

    Nte Imelda, white and red tu Poland ato Sekolah Dasar (SD),
    red and white tu Indonesia… sorry nTe ngaco Daffa nih.

    Daffa, tante sampai pikir Daffa itu komentari Tomat karena warna tomat itu merah….. Kamu bener-bener ngaco Daffa!!!!

  2. Yulis berkata:

    Tomat memang segar, apalagi di buat greek salad, atau dimakan pakai buffalo chees. Dijamin semua orang suka. terimakasih

    Aku sekarang lagi suka buat Tomat pake Mozarella dan Basil trus virgin oil+black pepper… yummy

  3. Lala berkata:

    Eh, eh.
    Yang kesindir ada dua orang Asunaros neh! Hehehe….

    Benci banget sayuran mentah atau setengah matang! Nggak, deh, I’ll pass!

    Kecuali udah dibikin sup, capcay, oseng… Yuukkk, maarrreee….

    Sayuran favorit Lala? TAUGE! Enak banget…….

    Tauge banyak mengandung vitamin E dan membantu kesuburan loh hihihihi.

  4. nh18 berkata:

    Aku ?
    Sayuran ?
    mmm … asal udah dibuat gado-gado … pasti aku sikat … hihiihih…

    Tapi kalo yang lepasan …
    1. Kembang Kol
    2. Brocolli …

    Entah kenapa gua demen banget ! (mungkin karena kribonya ya )(hihihihihihi)

    hmmm kribo dan berulat banyak tuh hihihi. but di jepang kembang kol jauh lebih mahal daripada brocoli.

  5. Lala berkata:

    Jadi kesimpulannya..
    Si Om doyan sama yang kribo-kribo.

    AHMAD ALBAR, WATCH OUT!!!
    Hahahahaha

    duo kribo

  6. Melati berkata:

    Masih ada nggak ya sayur lodeh?
    Maunya lekas-lekas datang ke rumah mbak deh.
    Kalo mbak mau ngusir gue, taruh aja natto di depan pintu.
    Apalagi nattonya ditempel di tombol bel pintu.
    Gue nggak berani mencet tuh.
    Dan mampus karena baunya yang hebat itu.
    Aaaaaaah, cuma bayangin aja udah mau pingsan!!

  7. Hery Azwan berkata:

    Aku suka semua sayuran, kecuali yang pahit seperti daun pepaya dan paria.
    Sayur yang langka di Jakarta juga suka, seperti pakis, apalagi kalau ditumis pedas atau digulai.
    Kangkung sering banget, karena di restoran ini yang selalu ada.
    Wortel, kentang, terong (dibalado), daun bawang (nah ini sayur apa bumbu sih?), bawang bombay, bayam, kembang kol…
    Pokoknya aku suka sayur….

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

yang mau cari-cari

yang bersahabat